mobil paling irit bbm | roojai.co.id

Apa saja rekomendasi mobil paling irit BBM dengan harga terjangkau pada 2024? Jika kamu salah satu yang mencari mobil dengan kategori ini, maka pilihan terbaik kamu adalah mobil-mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC), atau dikenal juga Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2).

Sekadar informasi, mobil LCGC didesain sebagai mobil terjangkau bagi masyarakat di Indonesia. Tapi, pada tahun ini harganya sudah semakin melambung. Berdasarkan pemberitaan Medcom.id, per Januari 2024, hanya ada tiga pabrikan otomotif yang memproduksi mobil berstatus LCGC yaitu Daihatsu, Honda, dan Toyota. Untuk Suzuki, sudah tidak memproduksi kategori tersebut, sedangkan Datsun telah pamit sejak beberapa tahun silam dari pasar Indonesia. Jika dulu waktu diluncurkan pada 2011 atau 2012 masih dibanderol dengan harga jual mulai dari di bawah Rp100 juta, tahun ini harga mobil LCGC mulai dari Rp130 jutaan.

Namun, tenang saja, berikut ini ada rekomendasi sejumlah mobil dengan kapasitas 5–7 orang yang telah disebutkan di atas, termasuk Suzuki dan dan kembaran Toyota Raize, Daihatsu Rocky. Yuk, simak!

Konten

  1. 1. Honda Brio
  2. 2. Daihatsu Ayla, salah satu mobil irit BBM
  3. 3. Toyota Agya
  4. 4. Mobil hemat BBM Selanjutnya, Daihatsu Sigra
  5. 5. Toyota Calya, pilihan untuk mobil hemat bensin
  6. 6. Daihatsu Rocky
  7. 7. Suzuki Ertiga

1. Honda Brio

Sebagai salah satu mobil terlaris di tahun 2022, Honda Brio pertama kali diluncurkan pada 2012. Mobil ini bersaing pada segmen LCGC dan city car dengan jenis hatchback. Brio menjadi salah satu mobil yang digemari masyarakat karena termasuk mobil irit BBM dengan harga terjangkau.

Di samping harga mobil yang murah, mobil ini memiliki desain yang keren dan sporty yang kekinian. Mobil ini juga memiliki fitur yang sangat melimpah dan performa yang lumayan baik untuk mobil harian.

Untuk tipenya, Honda Brio Satya merupakan mobil yang dibanderol dengan harga paling terjangkau, yaitu:

2. Daihatsu Ayla, salah satu mobil irit BBM

Daihatsu Ayla adalah mobil hatchback yang diproduksi oleh Daihatsu, perusahaan manufaktur mobil asal Jepang. Daihatsu ayla termasuk mobil teririt di Indonesia, karena mobil ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kelas kendaraan ringan.

Daihatsu Ayla dilengkapi dengan pilihan mesin yang efisien dan handal. Tersedia dengan dua pilihan mesin yaitu 1.0 liter Dual VVT-i yang mengoptimalkan pembakaran untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan 1.2 liter Dual VVT-i yang juga menawarkan performa yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi daripada versi 1.0 liter.

Untuk tipe Ayla yang ditawarkan oleh Daihatsu yaitu:

3. Toyota Agya

Toyota Agya adalah salah satu mobil yang masuk kategori LCGC dan menjadi favorit di Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, Toyota agya juga termasuk mobil hemat bensin. Mobil yang diluncurkan kali pertama pada 2012 ini telah mengalami perubahan hingga sekarang.

Pada produksi terbarunya, terdapat varian TRD yang lebih terkesan sporty. New Agya masih menggunakan dua opsi mesin, yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc dengan penggerak depan. Berikut pilihan Toyota Agya yang bisa kamu pertimbangkan:

4. Mobil hemat BBM Selanjutnya, Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra memiliki dua pilihan kapasitas mesin tersedia untuk Sigra, yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc terbukti irit. Mesin 1.000 cc milik Sigra memiliki jantung mekanis yang mampu menghemat bahan bakar hingga 18,6 Kpl. Jika tangki bensin diisi penuh dengan 36 liter, mobil ini dapat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Semarang dan berkeliling di Ibu Kota Jawa Tengah tanpa perlu mengisi bensin tambahan.

Sementara itu, mesin 1.200 cc memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 17,1 Kpl dalam kondisi jalan normal. Sigra dilengkapi dengan teknologi katup variabel (VVT-i) dan daya 1.200 cc miliknya sudah Dual VVT-i, sehingga performanya tidak perlu diragukan.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa menghemat bensin, tidak hanya dengan membeli mobil irit BBM, tetapi juga merawat kendaraan dengan baik, termasuk mengatur suhu AC mobil dengan benar.

Bagi kamu yang mempertimbangkan membeli Sigra, berikut rekomendasinya:

5. Toyota Calya, pilihan untuk mobil hemat bensin

Toyota Calya tetap menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari dan mau membeli mobil pertama. Toyota Calya juga termasuk mobil hemat BBM dan memiliki harga yang terjangkau. Diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor pada 2016, harga Calya terus mengalami kenaikan yang diiringi dengan penambahan fitur-fitur pada mobil 7-seater tersebut.

Jika membahas irit, angka konsumsi BBM yang bisa dicatatkan Calya mencapai 1:14 km/liter untuk penggunaan normal di kota macet seperti Jakarta. Jika kamu mempertimbangkan membeli Calya, berikut tipe-tipe dan harga terbarunya:

6. Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky bukan kelompok mobil LCGC. Tapi, jika kamu mencari mobil yang irit BBM dengan tipe SUV, dan harganya masih terjangkau, maka Rocky adalah jawabannya. Berdasarkan mode pengujian terbaru, dengan tampilan gagah nan sporty mobil satu ini mengonsumsi bahan bakar sekitar 18,6 km/liter hingga 23,4 km/liter.

Selain karena mesinnya yang canggih, kehadiran teknologi pemakaian gigi split turut membantu pengiritan bahan bakarnya. Jika Rocky adalah pilihan kamu, maka pertimbangkan harga terbarunya berikut ini:

7. Suzuki Ertiga

Pilihan lain yang tak kalah menarik untuk kategori mobil irit BBM dan harga masih terjangkau adalah Suzuki Ertiga. Sama seperti Rocky, bukan kategori LCGC, tapi MPV yang satu ini memang diakui oleh pemiliknya sebagai kendaraan “bandel”.

Itu sebabnya, Ertiga cukup populer sebagai mobil keluarga Indonesia dan merajai kelas MPV di Tanah Air. Bahkan, Ertiga yang punya sejarah unik sebagai mobil konsep yang mulanya diberi nama RIII ini menjadi pesaing berat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Ertiga yang diperkenalkan ke publik pada 2012 memiliki kapasitas mesin 1,400 cc dengan DOHC-VVT yang terkenal irit bahan bakar. Jika kamu hendak membeli mobil ini, berikut harga terbarunya:

Walaupun mobil-mobil di atas tergolong irit BBM dan harganya terjangkau, kamu jangan lupa harus ada biaya perawatan rutin seperti servis berkala dan ganti oli. Biaya ini bisa menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.Untuk itu, pastikan selalu merawat mobil kamu agar tidak mengalami kerusakan mesin yang parah. Kamu juga perlu melindungi mobil kesayangan dengan asuransi mobil all risk terbaik untuk menghindari risiko keuangan tidak terduga akibat kecelakaan atau musibah lain yang tidak terduga. Dengan asuransi all risk, risiko kerusakan kecil hingga besar akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Semoga bermanfaat!

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Sebelumnya

Cara Mengurus STNK Hilang Serta Syarat dan Biayanya 2024

Berikutnya

Berapa Lama Umur Aki Mobil? Ini Cara Memperpanjangnya!
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu