cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus | roojai.co.id

Kebanyakan mobil kini sudah dilengkapi dengan sensor dan lampu indikator yang canggih. Kenali apa arti lampu indikator mobil agar kamu selalu aman berkendara di jalan.

Lampu indikator pada mobil biasanya akan otomatis memberikan informasi mengenai kondisi kendaraan kamu selama di jalan. Jadi, kamu dapat memantau kondisi mobilmu tanpa perlu mengecek mesinnya secara langsung satu persatu. 

Semakin banyak lambang di dashboard, artinya mobil kamu termasuk ke dalam kategori kendaraan canggih. Sebab, bagian ini merupakan penanda kualitas mobil. Agar kamu semakin paham, simak informasi lebih lanjut mengenai lampu indikator pada mobil agar tetap aman berkendara.

Konten

  1. Mengenal lampu indikator pada mobil
  2. Lampu indikator mobil berdasarkan warnanya
  3. Arti lampu Indikator Mobil Menyala
    1. Indikator Check Engine
    2. Lampu Indikator Oli
    3. Indikator Aki
    4. Indikator Rem Tangan
    5. Indikator Airbag
    6. Indikator Bahan Bakar
    7. Indikator Anti-Lock Braking System
    8. Indikator Electric Power Steering
    9. Indikator Pada Temperatur Mesin
    10. Lampu Indikator Tekanan Ban

Mengenal lampu indikator pada mobil

Terdapat beberapa lampu indikator yang tertera pada dashboard mobil. Biasanya, berada di cluster meter yang menyatu dengan speedometer.

Sebenarnya, lampu indikator adalah bahasa yang digunakan mobil untuk berkomunikasi dengan pengemudi. Jadi, indikator ini berupa lambang-lambang yang menunjukkan atau menginformasikan kondisi mobil saat itu.

Lampu indikator mobil berdasarkan warnanya

Tidak hanya melalui lambang, lampu indikator juga memberikan informasi melalui berbagai warna. Umumnya, ada tiga warna pada lampu indikator mobil, yaitu hijau, kuning, dan merah. Warna-warna tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. 

Berikut arti dari warna pada lampu indikator pada mobil.

1. Warna hijau menunjukkan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau digunakan.

2. Warna kuning berarti adanya kondisi yang membutuhkan perhatian, baik untuk melakukan pengecekan ataupun hanya sekadar peringatan agar berhati-hati. Akan tetapi, biasanya petunjuk warna kuning ini memungkinkan pengemudi untuk meneruskan perjalanan.

3. Warna merah menandakan sebuah peringatan mendesak yang dapat berakibat fatal. Apabila warna merah sudah muncul, sangat disarankan untuk segera berhenti dan mengatasi masalah tersebut. Sebab, warna ini memberi peringatan adanya risiko atau bahaya.

Arti lampu Indikator Mobil Menyala

Masing-masing lampu indikator mobil memiliki arti yang berbeda-beda. Saat pertama kali kita menyalakan mobil, lampu indikator mobil biasanya akan menyala sesaat untuk kemudian mati Kembali ketika mesin sudah menyala. Namun, jika terjadi masalah atau gangguan pada salah satu komponen mobil, yang akan terjadi adalah lampu indikator mobil menyala terus, bahkan ketika mobil sudah dikendarai. 

Jika lampu indikator mobil menyala terus, ini artinya kamu harus segera mengecek bagian komponen mobil yang mengalami gangguan agar tidak menyebabkan masalah yang lebih parah pada mobilmu. Untuk itu, pada artikel kali ini Roojai akan menjelaskan mengenai arti lampu indikator pada mobil, penyebab, dan cara mengatasi lampu indikator mobil menyala terus.

Indikator Check Engine

Jika lampu indikator check engine menyala terus, itu berarti ada kerusakan pada mesin mobil. Meskipun ketika berkendara kamu merasa seperti tidak ada gangguan pada mesin, dan jika dibiarkan mobil bisa mengonsumsi bahan bakar secara tidak normal agar menjaga mesin bisa tetap hidup yang akhirnya akan menyebabkan kerusakan mesin yang parah. Oleh karena itu, jika lampu indikator check engine menyala ketika mobil dikendarai, segera menepi dan cek mesin mobil, atau hubungi mekanik profesional untuk memeriksa mesin secara menyeluruh untuk menghindari kerusakan pada mesinmobilmu. 

Lampu Indikator Oli

Saat mesin hidup, lampu peringatan ini seharusnya tidak menyala. Jika lampu indikator oli menyala berkedip, itu artinya oli akan segera habis. Jika dibiarkan terus, akan menyebabkan kerusakan parah pada mesin mobil dalam waktu singkat. Jika lampu indikator oli menyala terus, segera matikan mesin mobil, buka kap mesin untuk periksa level oli. Cek volume oli menggunaka dipstick, jika volume oli kurang, berarti kamu perlu mengganti oli yang baru. Setelah oli diganti, cek kembali lampu indikator. Jika tidak menyala setelah mesin hidup, berarti kamu sudah aman untuk kembali berkendara. 

Indikator Aki

Penyebab lampu indikator aki menyala terus adalah adanya masalah pada sistem pengisian arus listrik pada aki mobil atau alternator yang tidak mengisi. Jika lampu indikator aki menyala ketika kamu berkendara, segera matikan perangkat listrik pada mobil seperti radio, AC, dan lain-lain. Hal ini untuk menjaga mesin bisa tetap hidup, sehingga kamu masih bisa berkendara beberapa kilometer lagi untuk menemukan bengkel atau pom bensin terdekat untuk mengisi daya aki atau memperbaiki aki yang rusak. Jangan lupa melakukan pengecekan aki secara rutin dan pelajari juga tanda aki mobil soak untuk mengetahui kondisi aki mobilmu.

Indikator Rem Tangan

Indikator rem tangan pada dashboard mobil menggunakan tanda seru. Lampu indikator rem tangan menyala dapat berarti rem tangan mobil belum sepenuhnya terlepas ketika kamu sudah berkendara. Namun, jika kamu sudah menurunkan rem tangan namun lampu indikator rem tangan menyala terus, itu bisa berarti beberapa hal, yaitu reservoir minyak rem yang terlalu rendah, atau coba amati pedal rem. Jika rem terasa terlalu dalam, mungkin sistem rem mengalami kebocoran atau keausan pada bantalan rem. Namun, jika kamu merasa pedal remnya rusak, segera pergi ke bengkel terdekat atau hubungi mekanik profesional untuk memperbaikinya demi menghindari bahaya ketika berkendara.

Indikator Airbag

Lampu indikator ini menggunakan gambar orang yang sedang duduk dengan balon berbentuk lingkaran di depannya. Jika lampu indikator airbag menyala ketika kamu berkendara, maka sedang terjadi gangguan atau kerusakan pada komponen airbag di mobilmu. Hal ini perlu diwaspadai terutama jika berkendara karena bisa jadi airbag tidak bisa berfungsi. Jadi, jika lampu indikator airbag menyala sebaiknya segera periksakan ke dealer atau bengkel terpercaya agar tidak terjadi malfungsi. 

Indikator Bahan Bakar

Lampu indikator ini mungkin yang paling sering diperhatikan oleh pengendara mobil. Jika lampu indikator bensin menyala terus berarti menandakan bahan bakar harus segera diisi karena jumlah bahan bakar yang tersisa di tangki kurang dari 7-8 liter, tergantung merek mobil. Walaupun saat lampu indikator bensin menyala terus, tidak berarti bahan bakar mobilmu sudah habis, namun mengisi kembali bahan bakar sebaiknya tidak ditunda-tunda karena dapat mengurangi kinerja mesin mobil. 

Indikator Anti-Lock Braking System

Indikator yang menggunakan simbol ABS ini berfungsi untuk membantu mencegah roda terkunci dan tergelincir saat mengerem dengan keras, sehingga mobil tetap dapat terkendali. Jika lampu indikator abs menyala ketika mobil sedang dikendarai menandakan bahwa sistem anti-lock bermasalah, kendaraan harus diperiksa di bengkel oleh mekanik professional untuk menghindari bahaya ketika kamu berkendara dan kerusakan pada komponen mobil. Jadi jangan pernah anggap remeh keadaan lampu indikator abs menyala, segera periksakan ke bengkel terpercaya.

Indikator Electric Power Steering

Indikator ini menggunakan simbol seperti bentuk stir mobil yang berfungsi untuk mempermudah pengemudi menggerakan sistem kemudi kendaraan. Gangguan pada system kemudi kendaraan yang biasanya disertai dengan stir yang terasa berat ketika hendak membelokkan mobil, merupakan penyebab lampu indikator power steering menyala atau berkedip ketika mobil dikendarai.  

Indikator Pada Temperatur Mesin

indikator ini berfungsi untuk memberikan peringatan jika mesin mobil terlalu panas. Mesin yang terlalu panas atau overheat merupakan penyebab lampu indikator temperatur menyala. Apabila ini terjadi, kamu perlu menurunkan kecepatan atau berhenti sejenak untuk menurunkan temperatur mesin demi menghindari kerusakan mesin.

Lampu Indikator Tekanan Ban

Lampu indikator ini berfungsi untuk memberi peringatan jika tekanan angin pada salah satu ban atau beberapa ban mobilmu berkurang. Segera isi tekanan angin ban mobilmu di bengkel atau pom bensin terdekat. 

Nah itu tadi adalah 10 lampu indikator yang ada pada mobil penyebabnya jika menyala. Sebagai pengemudi yang baik memang sudah seharusnya kamu lebih sering memperhatikan kondisi mesin dan komponen pada mobil dari lampu-lampu indikator yang ada pada dashboard mobil.

Selain itu, jangan lupa untuk berikan perlindungan untuk mobil kesayanganmu dari berbagai risiko kerusakan atau keadaan darurat yang mungkin terjadi ketika berkendara dengan miliki Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai. Dengan premi mulai dari Rp225 ribu/bulan kamu sudah bisa dapatkan perlindungan finansial dengan manfaat asuransi yang bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan, gaya hidup, dan budgetmu.QUOTATION URL

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!