cara menyetir mobil

Bagaimana perasaan kamu waktu belajar menyetir pertama kali? Yang pernah mengalaminya, mungkin akan teringat rasa deg-degan dan gugup saat pertama kali mengendarai mobil ke jalan raya. Walaupun sudah mendapat bekal dan ilmu dari kursus mengendarai mobil, memang diperlukan waktu dan pengalaman untuk bisa mengendarai dengan nyaman dan percaya diri. Apa saja yang perlu diperhatikan? Ini tips dan cara menyetir mobil untuk si pemula.

Konten:
  1. Belajar menyetir di tempat kursus berlisensi dan dapatkan SIM
  2. Kenali kendaraan kamu 
  3. Sebelum mengemudi, cek ini dulu  
  4. Hindari gangguan saat mengemudi 
  5. Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan
  6. Tenang dan percaya diri saat mengemudi  
  7. Hanya mengemudi pada jalur yang sudah kamu kenali
  8. Mengemudi dengan pendamping
  9. Jaga kondisi mobil
  10. Sempurnakan keterampilan parkir
  11. Lengkapi mobil dengan peralatan yang diperlukan 
  12. Tetap tenang dengan asuransi

Belajar menyetir di tempat kursus berlisensi dan dapatkan SIM

Menyetir mobil di jalan raya merupakan kegiatan yang berbahaya. Apalagi kalau si pengemudi tidak mendapat ilmu dan keterampilan yang diperlukan. Itulah fungsi sekolah mengemudi. Namun pastikan kamu dilatih oleh instruktur yang memiliki lisensi mengajar ya. Di sini kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang safety driving dan bagaimana menyetir dengan baik dan benar.  

Setelah mendapatkan ilmu dan praktik latihan menyetir mobil di jalan raya, kamu bisa mengambil ujian untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Selalu bawa SIM ketika mengemudi di jalan ya.  

Kenali kendaraan kamu

Apakah kamu mengemudi mobil matic atau mobil manual? Keduanya memiliki cara kerja yang berbeda, sehingga cara mengemudi mobil matic untuk pemula berbeda dengan manual. Ketahui bagaimana cara menyetir mobil sesuai jenis mobil kamu.  

Kendaraan matic dan manual memerlukan pengoperasian yang berbeda. Pada kendaraan manual, kamu perlu mengoperasikan tiga pedal dengan dua kaki. Sebaliknya dengan kendaraan matic, hanya memerlukan satu kaki untuk mengoperasikan dua pedal. Membiasakan pengoperasian sesuai kendaraan merupakan salah satu cara melatih feeling mengemudi mobil.  

Salah satu tips mengendarai mobil matic adalah dengan memahami pengaturan transmisi pada kendaraan. Pastikan kamu sudah memahami fungsi tuas transmisi tersebut sehingga tidak terjadi kesalahan saat memindahkan gigi transmisi.  

Sebelum mengemudi, cek ini dulu

Kenyamanan pengemudi merupakan kunci aman mengendarai kendaraan loh. Nah, saat duduk di kursi kemudi, kamu bisa melakukan beberapa perubahan kecil untuk memastikan posisi duduk yang nyaman.  

Pastikan punggung kamu menempel di sandaran kursi pengemudi. Posisi ini memastikan kamu tidak cepat lelah saat menyetir. Berikut ini beberapa penyesuaian untuk pengemudi pemula:  

Pastikan posisi lutut kamu tidak terlalu terbuka untuk dapat lebih mudah mengontrol pedal rem, gas, dan kopling.  

Hindari distraksi saat mengemudi

Mengemudi memerlukan konsentrasi penuh. Gangguan perhatian saat mengemudi bisa membahayakan diri sendiri maupun penumpang mobil kamu. Ada banyak gangguan yang perlu kamu hindari, nggak cuma handphone, makan dan minum, berbicara, mengoperasikan radio atau melihat peta, walaupun perlu dilakukan, juga merupakan gangguan.  

Itu sebabnya ada aturan yang jelas menyebutkan pelarangan penggunaan handphone saat sedang menyetir. Jika memang kamu harus melakukan panggilan telepon atau membaca pesan, sebaiknya menepi di tempat yang aman terlebih dahulu. Meskipun jalanan sedang macet, ada baiknya tetap hindari menggunakan ponsel. Pelarangan aturan ini juga bisa dikenakan sanksi tilang.  

Selain itu, selama berkendara sebaiknya kamu nggak mendengarkan musik terlalu kencang atau bahkan menggunakan earphone. Kamu tetap harus mendengar situasi di sekeliling kamu supaya tetap waspada dengan kondisi sekitar.  

Biasakan posisi tangan tetap memegang setir meski mobil sedang melaju pelan di jalanan yang lurus. Posisi tangan ini bisa membantu kamu bertindak cepat saat ada kejadian yang memerlukan reaksi pengemudi. Berbagai riset memperlihatkan, posisi memegang kemudi yang paling baik adalah tangan kanan di arah jarum jam tiga dan tangan kiri di arah jarum jam sembilan.

Asuransi mobil memang bisa menanggung perbaikan kerusakan akibat kecelakaan. Tapi apa saja risiko yang tidak ditanggung asuransi mobil?

Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan

Bagi pengemudi pemula diharapkan tetap berkendara secara hati-hati dan selalu menjaga jarak dengan kendara di depan.  

Utamanya di jalan tol, biasanya sudah ada ketentuan kecepatan minimal dan maksimal yang perlu dipatuhi. Jika kondisi jalanan macet, tetap hindari memposisikan mobil kamu terlalu rapat ya. Ini untuk menghindari jika ternyata mobil di depan mengerem mendadak atau mundur secara tiba-tiba, yang biasanya kerap terjadi di jalanan menanjak.  

Lalu berapa jarak ideal antar mobil? Dikutip dari situs Auto2000, berikut ini jarak aman yang direkomendasikan oleh Kementerian Perhubungan Indonesia:  

Tenang dan percaya diri saat mengemudi

Wajar kalau kamu merasa gugup saat pertama kali belajar mengemudi. Nggak ada salahnya, kok. Bahkan perasaan gugup itu yang akan membuat kamu tetap waspada. Menyetir memang kegiatan yang berbahaya, namun risiko tersebut tetap perlu kita lalui kan? 

Namun, jika perasaan gugup tersebut malah membuat kamu nggak bisa berpikir jernih, belajarlah untuk mengontrol emosi. Akan ada banyak momen di mana kamu perlu mengatur emosi kamu ketika menghadapi suatu situasi di jalan, jadi berlatihlah terus. Bangun kepercayaan pada diri sendiri, dan cobalah untuk menikmati kegiatan mengemudi ini.

Hanya mengemudi pada jalur yang sudah kamu kenali

Untuk pengemudi pemula, sebaiknya hindari dahulu mengendarai mobil di jalur yang belum kamu kenali. Eksplorasi jalur yang sudah kamu ketahui, barulah setelah merasa percaya diri dengan kemampuan menyetir kamu, perluas ruang jelajah kamu.  

Pasalnya ketika mencoba jalur baru, ‘jam terbang’ yang masih minim akan membuat kamu sulit untuk beradaptasi dengan cepat. Apalagi kalau ternyata kamu menghadapi jalur sulit, seperti tanjakan yang curam.  

Hindari pula jalan tol atau jalan besar dengan kendaraan yang hilir mudik dengan kecepatan tinggi. Kondisi ini bisa membuat pengemudi pemula merasa stres dan gugup.  

Tahu cara mengendarai mobil di tanjakan

Jalan yang menanjak bisa jadi tantangan yang mendebarkan bagi si pengemudi newbie. Apalagi ketika macet! Waduh…  

Oleh sebab itu, penting banget tahu cara naik tanjakan mobil manual dan cara bawa mobil matic di tanjakan. Walaupun sudah diajarkan saat belajar mengemudi, menguasai teknik yang satu ini memang perlu jam terbang tersendiri. Jadi, jangan takut mencoba dan tetap tenang saat melakukannya.  

Berkendara dengan pendamping

Nggak ada salahnya mengajak seorang yang bisa kamu percayai untuk mendampingi kamu mengemudi. Lakukan sampai kamu merasa aman dan nyaman berkendara sendiri. Pastikan pendamping kamu itu adalah seseorang yang memiliki keterampilan mengemudi yang baik.  

Pendamping nggak hanya berperan membuat kamu lebih nyaman, tapi juga mengingatkan kamu untuk selalu waspada dan menerapkan apa yang sudah kamu pelajari dalam kursus mengemudi. Pun sebaiknya, pendamping bukanlah orang yang cepat panik ya. Sebaliknya, dia harus bisa membuat kamu lebih tenang selama mengemudi.

Asuransi kendaraan akan memberikan penggantian biaya untuk perbaikan mobil yang rusak akibat kecelakaan. Coba cek apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi mobil terbaik.

Jaga kondisi mobil

Memastikan kondisi mobil dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan merupakan hal yang penting. Cek fungsi vital mobil secara berkala. Setidaknya kamu tahu kalau ada masalah dengan kendaraan kamu dengan membaca indikator pada dashboard mobil.  

Pengemudi juga perlu membekali dirinya dengan keterampilan mekanis sederhana, seperti misalnya mengganti ban, mengganti minyak oli, menambah air radiator, atau membuka kap mesin. 

Sempurnakan keterampilan parkir

Memarkirkan kendaraan memang memerlukan keterampilan khusus yang akan menjadi sempurna seiring waktu. Meski menakutkan, keterampilan ini perlu diasah terus. Coba berlatih memarkir sampai menjadi baik, tidak perlu ahli. Dengan keterampilan parkir ini kamu akan merasa lebih nyaman dan aman saat bepergian.  

Lengkapi mobil dengan peralatan yang diperlukan

Kondisi jalan nggak bisa selalu diprediksi, begitu juga keadaan darurat. Misalnya kempes ban yang sering terjadi tanpa kita duga. Oleh sebab itu, lengkapi kendaraan dengan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan pada kondisi darurat.  

Ini perlengkapan yang perlu kamu sediakan di mobil:  

Tetap tenang dengan asuransi

Supaya ekstra tenang selama berkendara, lengkapi perlindungan kamu dengan asuransi kendaraan dan asuransi kecelakaan diri. Asuransi bisa memberikan rasa tenang untuk menghadapi kondisi tidak terduga seperti kecelakaan yang merusak mobil kamu atau bahkan melukai kamu.  

Asuransi kecelakaan diri adalah bentuk perlindungan finansial dari kerugian keuangan yang bisa terjadi karena kecelakaan. Asuransi kecelakaan diri akan memberikan ganti rugi jika pemegang polis mengalami luka yang memerlukan perawatan, maupun cacat tetap atau bahkan kematian.  

Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai bisa memberikan santunan untuk biaya perawatan akibat kecelakaan. Dengan lebih dari 2.000 rumah sakit di Indonesia, kamu nggak perlu merasa khawatir karena perawatan akibat kecelakaan bisa ditanggung secara cashless.  

Dengan memiliki asuransi kecelakaan diri, kamu akan merasa lebih aman saat berkendara, karena mengetahui bahwa kamu dan keluarga sudah terlindungi. Jadi tunggu apa lagi, pastikan proteksi sudah kamu miliki sebelum mudik bawa kendaraan sendiri, ya.

Selain Asuransi Kecelakaan Diri untuk melindungi dirimu, Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mencari proteksi dengan benefit yang lebih menyeluruh tidak hanya bagi kamu namun juga bagi mobilmu. 

 Dengan Uang Pertanggungan hingga 2 Miliar Rupiah, Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia juga menawarkan sejumlah benefit perluasan yang fleksibel, yang bisa kamu pilih sesuai budget dan kebutuhan.

Bagikan:

Sebelumnya

Sistem Suspensi Mobil dan Part-nya yang Rentan Kerusakan

Berikutnya

Indikator Bensin Menyala, Sejauh Apa Mobil Bisa Berjalan?
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu