Beli Mobil Baru atau Bekas, Cek Dulu 7 Tips Berikut Ini

Juni 15, 2023  |  Kategori: Gaya Hidup & Kesehatan

Beli Mobil Baru atau Bekas, Cek Dulu 7 Tips Berikut Ini

Memiliki mobil idaman tentunya hal yang sangat kamu tunggu-tunggu. Namun ternyata, mau beli mobil baru atau bekas bukan perkara yang mudah, apalagi banyak faktor yang harus disesuaikan juga seperti apakah mobil tersebut sudah sesuai dengan kebutuhanmu dan apakah harga mobil tersebut masuk ke dalam anggaranmu.

gar tidak salah pilih, kamu perlu cek 7 tips di bawah ini sebelum memilih apakah akan beli mobil baru atau bekas. 

Ketahui tipe tipe mobil untuk pilih yang sesuai kebutuhan

Sebelum menentukan mau beli mobil baru atau bekas kamu bisa mempertimbangkan model mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu sudah berkeluarga, kamu bisa mempertimbangkan tipe tipe mobil multi-purpose vehicle (MPV) dengan kapasitas yang dapat menampung cukup anggota keluarga tapi irit bahan bakar. Hindari memilih tipe tipe mobil yang memiliki kapasitas penumpang lebih sedikit seperti sedan atau city car. Baik memilih beli mobil baru atau bekas, tipe tipe mobil yang berbeda dari merk mobl yang berbeda akan memiliki harga yang bervariasi pula, oleh karena itu simak terus informasi berikutnya ya. 

Sesuaikan harga mobil dengan kemampuan finansial

Selain mempertimbangkan untuk beli mobil baru atau bekas, hitung juga kembali biaya pembelian mobil dari pertimbangan metode pembelian – cash atau kredit/cicilan. Jika kamu memilih cicilan, pastikan cicilan mobil tidak menguras anggaran biaya lainnya. Agar pengeluaran tetap aman, disarankan pengeluaran untuk cicilan mobil tidak lebih dari 25% dari gaji bulanan. Sebagai contoh, kalau kamu punya budget sebesar Rp200 juta, pilihan tipe mobil baru yang bisa kamu beli lebih terbatas, seperti Daihatsu Rocky dengan tipe terbawah. Tapi, jika kamu mencari mobil bekas, Xpander bekas tahun 2018 sampai 2019 tipe Exceed sampai Ultimate tahun bisa didapatkan dengan harga Rp 200 jutaan. 

Lihat review mobil

Setelah menemukan model-model mobil yang kamu inginkan, lihat video review mobil oleh pencinta otomotif di internet. Pastikan video yang kamu tonton adalah review mobil yang jujur dari pengguna bukan untuk kebutuhan promosi supaya kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil secara mendalam. Namun, jika kamu ingin membeli mobil bekas, mau tidak mau kamu perlu mendatangi penjual mobil untuk mengetahui kondisi mobil tersebut secara langsung. Kalau kamu jeli, kamu bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas dan terawat loh! 

Pertimbangkan biaya servis mobil dan pemeliharaan mobil lainnya

Jika kamu sudah mengetahui mobil mana yang ingin dibeli, jangan lupa untuk ketahui biaya pemeliharaan mobil tersebut, seperti berapa rata-rata biaya servis, oli jenis apa yang baik digunakan, suku cadang, dan lain-lain. Jika kamu membeli mobil baru, biasanya kamu mendapatkan keuntungan untuk servis mobil gratis dalam jangka waktu tertentu, sehingga biaya pemeliharaan awal mobil baru bisa lebih irit. Sedangkan jika kamu membeli mobil bekas, kamu perlu memperhitungkan secara rinci biaya pemeloharaannya. Jangan terkecoh dengan harga mobil bekas yang sangat miring tapi setelah dibeli, biaya pemeliharaannya sangat tinggi sampai menguras pengeluaranmu tiap bulan.

beli mobil baru | roojai.co.id

Pertimbangkan biaya bahan bakar

Pengeluaran terbesar setelah memiliki mobil adalah bahan bakar minyak (BBM). Semakin mahal harga mobil dan besar CC-nya, mobil akan membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, sehingga cenderung lebih boros bahan bakar. Untuk itu, jika kamu akan menggunakan mobil untuk mobilitas sehari-hari, direkomendasikan untuk kamu cari mobil yang irit BBM, contohnya mobil Low-Cost Green Car (LCGC). Mobil yang irit BBM ini hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk jarak minimal 20KM, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Mobil LCGC tidak hanya lebih hemat BBM secara teknis, selain itu juga merupakan jenis mobil yang dapat subsidi BBM.  

Mobil listrik – Hemat dan sustainable

Apabila kamu juga memiliki visi untuk memiliki kendaraan yang lebih ramah lingkungan, maka mobil listrik atau Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) bisa jadi pertimbangan yang baik. Selain fakta bahwa teknologi mobil listrik ini akan semakin digunakan masyarakat luas, efek penghematannya bisa segera kamu nikmati, bahkan lebih hemat dari mobil yang irit bbm seperti LCGC sekalipun. 
 

Cek harga premi asuransi mobil

Tips terakhir adalah, pastikan nantinya mobil barumu terlindungi dari berbagai risiko yang bisa merugikanmu secara finansial dengan memiliki asuransi mobil. Kamu bisa mulai mencari asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu, kemudian bandingkan premi dan juga manfaatnya. 

Di Roojai, kamu bisa mengatur sendiri pertanggungan dan juga premi asuransinya sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu, sehingga pembayaran asuransi mobil tidak akan mengganggu finansialmu. Jangan khawatir juga kalau kamu beli mobil bekas, karena Roojai bisa mengcover mobil hingga usia 12 tahun.

Siap Beli Mobil Idamanmu?

Mau beli mobil baru atau bekas keputusan ada ditanganmu, tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan tips di atas supaya kamu bisa mendapatkan kualitas mobil yang sesuai dengan harganya. 

Jangan lupa, baik mobil bekas maupun mobil baru, kamu perlu memiliki proteksi Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia yang menghindarkan kamu dari berbagai resiko finansial apabila terjadi kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, pencurian, bencana alam dan lainnya.