beli asuransi online

Teknologi membantu hidup manusia dalam banyak aspek, termasuk dalam memperoleh asuransi. Beberapa keuntungan asuransi yang ditopang teknologi diantaranya adalah, selain membantu proses pengenalan produk asuransi, teknologi juga membantu dalam memberikan kemudahan pembayaran.

Asuransi online merupakan perkembangan paling menarik dalam dunia asuransi. Dengan tersedianya asuransi secara online, akses informasi dan kesempatan masyarakat untuk memiliki asuransi semakin besar. Asuransi bukan hanya bagi segelintir orang, semua orang membutuhkan proteksi asuransi dalam kehidupannya. Berkat maraknya asuransi online, solusi untuk mendapatkan proteksi finansial jadi lebih cepat dan mudah. Dalam level bangsa dan negara pun, kita menginginkan semakin banyak orang yang diproteksi secara finansial dengan memiliki asuransi.  

Dalam istilah digital, perusahaan yang menyediakan asuransi online disebut insurtech, gabungan dari kata insurance (asuransi) dan technology (teknologi). Insurtech semakin pesat berkembang dalam beberapa tahun belakangan. Tidak heran jika makin banyak perusahaan konvensional kini juga menyediakan layanan asuransi online. Selain itu, ada juga situs berupa platform, aggregator, dan broker asuransi berlisensi yang beroperasi secara online. Dengan banyaknya pilihan untuk membeli asuransi online, tentu kita butuh tips apa saja yang harus diketahui ketika proses membeli asuransi online.

Inilah 5 tips yang bagus untuk diperhatikan ketika membeli produk asuransi online. Yuk, kita simak!

1. Pahami Manfaat Asuransi 

Segala hal bermula dari pengetahuan mendasar. Kita perlu memahami apa manfaat asuransi. Pada dasarnya, asuransi adalah produk keuangan yang berfungsi sebagai proteksi diri dari berbagai risiko kerugian finansial ketika terjadi musibah, seperti sakit, sakit kritis, kecelakaan, kematian, dll. Dengan mengetahui manfaat asuransi, kita dapat memilih produk apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, kita tidak ingin terbebani biaya yang besar ketika jatuh sakit, berarti kita membutuhkan asuransi kesehatan.  

Kemudian, perhatikan juga apakah kita membutuhkan asuransi rawat inap saja atau termasuk rawat jalan, atau kita membutuhkan asuransi yang memberikan uang tunai sebagai pengganti penghasilan selama tidak bisa bekerja karena sakit. Mungkin kita juga berpotensi terkena penyakit tertentu karena hidup di perkotaan dengan gaya hidup yang kurang sehat, berarti kita membutuhkan proteksi tambahan, seperti asuransi kanker, penyakit kritis, dan penyakit jantung, dll.

Kenapa beli asuransi kesehatan online? Simak selengkapnya disini: Asuransi Online, Apa Saja Kelebihannya? 

2. Pilih Insurtech Terpercaya 

Berkat semakin tinggi proses digitalisasi beragam industri, asuransi juga masuk industri yang semakin akrab dengan proses bisnis secara online. Perusahaan-perusahaan konvensional pun sudah mulai memiliki layanan pembelian asuransi secara online. Ada juga agen, broker, dan aggregator produk asuransi yang memasarkan produk asuransi secara online. Ada juga insurtech startup yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asuransi besar untuk menyediakan asuransi online dengan harga kompetitif dan pelayanan optimal.

health insurtech

Kita harus memastikan bahwa penyedia asuransi online yang akan kita beli ini dapat dipercaya. Satu langkah mudah adalah dengan memastikan bahwa perusahaan asuransi online ini sudah berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika sudah diawasi OJK, berarti perusahaan ini sudah mengikuti aturan di wilayah hukum Indonesia. Kredibilitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, kita sebagai konsumen asuransi terlindungi dari praktik-praktik perusahaan yang tidak bertanggung jawab.

3. Bandingkan Beberapa Produk Asuransi 

Kelebihan utama dari membeli asuransi online adalah banyaknya pilihan produk asuransi yang bisa kita pelajari. Dengan mempelajari produk-produk secara detail, kita jadi mampu menentukan mana produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan. Luangkan waktu untuk membandingkan beberapa produk sebelum memutuskan membelinya.  

Perhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi calon Tertanggung untuk memiliki produk asuransi tersebut. Kemudian, bandingkan manfaat yang ditawarkan setiap produk asuransi. Pelajari juga bagaimana proses pengajuan klaim di masing-masing perusahaan. Kita menginginkan persyaratan yang tidak menyulitkan, manfaat yang optimal, dan proses klaim yang mudah. Kita bandingkan semuanya untuk memilih yang terbaik.

Istilah-istilah asuransi bikin kamu bingung? Nih bacaan anti-gagal-paham soal Istilah-istilah Asuransi dengan Penjelasan yang Mudah Dipahami.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Keuangan 

Ketika memiliki beberapa produk untuk dibandingkan, kita dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. Asuransi online memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penawaran biaya premi yang tidak membebankan, tetapi dengan manfaat asuransi yang luar biasa.  

Tentu saja, berkat kemudahan akses serta kemajuan teknologi, premi asuransi online cenderung lebih terjangkau. Kita tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak ataupun membayar biaya-biaya yang tidak perlu. Dengan demikian, keuangan kita jadi lebih stabil. Maka, dari beberapa pilihan, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keuanganmu.

5. Pilih yang Menyediakan Contact Center Andal 

Pastikan produk yang kamu pilih disediakan oleh perusahaan yang memiliki contact center yang dapat diandalkan. Kapan pun dan dari mana pun kita memerlukan informasi atau bantuan terkait asuransi online, contact center dapat memberikannya. Pilih juga perusahaan yang memberikan beragam alternatif cara untuk menghubungi contact center asuransi online.  

Pada akhir tahun lalu, layanan contact center Roojai Thailand mendapatkan pernghargaan The Best Contact Center of The Year 2021. Ini adalah kali ketiga Roojai memperoleh penghargaan yang diberikan oleh Thai Contact Center Trade Association (TCCTA). Kini Roojai sudah hadir di Indonesia dan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dalam penyediaan asuransi online untuk masyarakat Indonesia. Ada beberapa pilihan asuransi online yang ditawarkan, seperti penyakit kritis, kanker, hospital cash plan, dll. 

Itulah 5 tips yang perlu kita perhatikan ketika membeli asuransi online. Dengan memperhatikan langkah-langkah tersebut, kita akan memperoleh manfaat asuransi online yang terbaik.

Salah satu manfaat asuransi kesehatan yang banyak dicari adalah ketika seseorang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Asuransi Santunan Rawat Inap (Hospital Cash Plan) mengcover kebutuhan ini dengan berbagai benefit yang fleksibel, diantaranya: Santunan Rawat Inap, coverage ICU, coverage biaya pembedahan, dan santunan perawatan lanjutan. Pelajari lebih lanjut terkait Asuransi Santunan Rawat Inap untuk merasakan keuntungan membeli asuransi kesehatan online di Roojai Indonesia.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!