Menu

mendaftar asuransi mobil online
Image by rawpixel on Freepik

Sebagai pemilik mobil, kamu selalu ingin kendaraanmu dalam keadaan prima sehingga kegiatan sehari-hari dapat berjalan dengan lancar. Namun, bagaimana jika terjadi sesuatu yang tidak terduga sehingga mobil mengalami kerusakan? Mobil pun butuh perbaikan di bengkel dan biayanya tidak sedikit. Apakah kamu mau menggunakan tabungan atau dana darurat untuk membayar? 

Biaya perbaikan kerusakan mobil bisa tidak perlu kamu bayar, lho. Bagaimana caranya? Kamu mengasuransikan mobil milikmu. Dengan asuransi mobil, perbaikan kerusakan mobil yang disebabkan ketidaksengajaan seperti kecelakaan, bencana alam, dan lain-lain dapat diganti oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian, kamu menghemat pengeluaran bulanan. Dana darurat pun masih utuh dan dipakai untuk kebutuhan lain di kondisi yang lebih pelik.   

Lalu, bagaimana cara mendaftar asuransi mobil? Apa saja tips untuk membantumu mendapatkan asuransi mobil terbaik? Yuk, lanjut baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Apa itu asuransi mobil?

Melansir Investopedia, asuransi mobil adalah perjanjian antara kamu (Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung), yang mana kamu bersedia atau setuju untuk membayar premi dengan harapan perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan, kehilangan, atau kerusakan lain atas kendaraan yang diasuransikan.

Apakah biaya premi asuransi mobil itu mahal atau murah? Pelajari di sini berapa biaya asuransi mobil all risk dan TLO. Kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Syarat mendaftar asuransi mobil

Pada umumnya, syarat-syarat mendaftar asuransi mobil adalah: 

  • Usia kendaraan:
    • maksimal 10 tahun untuk asuransi all risk  
    • maksimal 15 tahun untuk asuransi TLO 
  • Nilai mobil ditentukan oleh kebijakan perusahaan asuransi serta disesuaikan dengan harga pasar. 
  • Pelaporan klaim wajib dilakukan dalam jangka waktu 5 hari sejak terjadinya risiko. 
  • Manfaat/pertanggungan mengacu PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia).  

Setiap perusahaan asuransi mobil biasanya memiliki syarat lain yang berbeda, tergantung ketentuan perusahaan tersebut.

Cara mendaftar asuransi mobil

Asuransi mobil memberikan jaminan perlindungan finansial dari risiko yang dapat terjadi atas aset kendaraan kamu, seperti kecelakaan, pencurian kendaraan, vandalisme, maupun kerusakan akibat bencana alam. Asuransi ini memberikan ganti rugi jika kendaraan kamu mengalami kerusakan ringan seperti lecet, penyok, hingga rusak total atau parah sekalipun.  

Sebelum mendaftar asuransi mobil, kamu disarankan melakukan beberapa langkah berikut: 

Baca informasi tentang asuransi mobil 

Sebaiknya kamu melakukan riset dengan mengumpulkan informasi tentang asuransi mobil. Sebelum memutuskan mendaftar asuransi, setidaknya kamu memiliki bayangan.  

Dengan bekal informasi mengenai asuransi mobil, kamu akan mengetahui apa saja manfaat asuransi, jenis-jenisnya, biayanya, bagaimana cara melakukan klaim, sampai hal yang menyebabkan klaim ditolak. Langkah semacam riset ini membuat kamu yakin bahwa asuransi sangat penting dan bermanfaat untuk kamu. 

Baca informasi seputar asuransi mobil di website Roojai Indonesia.  

Bandingkan beberapa perusahaan asuransi mobil 

Di zaman serba online, setiap perusahaan asuransi pasti memiliki website. Kamu bisa memperoleh informasi mengenai asuransi mobil yang setiap perusahaan tawarkan. Kamu dapat juga menghubungi kontak center untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Bandingkan beberapa pilihan asuransi mobil sambil menengok lagi kecocokannya dengan kebutuhan dan budget kamu. Perhatikan berapa banyak bengkel rekanan dan kualitas pengerjaan mekaniknya.  

Setiap produk asuransi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu juga bisa meminta pendapat keluarga dan teman. Namun, jangan terlalu lama bergumul di tahap membanding-bandingkan. Pada saatnya, kamu harus memutuskan sendiri. Pastinya, produk asuransi mobil dari perusahaan kredibel dan bonafit akan memberikan manfaat yang besar bagi kamu.

cara mendaftar asuransi mobil
Image by tirachardz on Freepik

Pilih jenis pertanggungan asuransi mobil 

Setelah menetapkan perusahaan asuransi pilihanmu, kamu memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Berdasarkan jenis tanggungannya, asuransi mobil terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: 

Asuransi all risk 

Merujuk pada PSAKBI, asuransi all-risk (atau disebut juga dengan asuransi comprehensive) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 10 tahun.  

Asuransi TLO 

Jenis asuransi mobil TLO, merujuk PSAKBI, adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Sesuai dengan namanya, jaminan pertanggungan diberikan hanya ketika mobil mengalami kerugian total (total loss) dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil. Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 15 tahun, baik mobil baru maupun mobil bekas. 

Premi asuransi all risk lebih besar daripada premi asuransi TLO, tetapi asuransi all risk menanggung segala jenis kerusakan. Sedangkan TLO hanya menanggung kerusakan total atau di atas 75% nilai kendaraan. Pastinya, biaya asuransi sepadan dengan manfaat yang akan kamu peroleh.  

Perluasan jaminan 

Kamu juga perlu mempertimbangkan asuransi tambahan atau perluasan jaminan pertanggungan. Ada beberapa pilihan perluasan jaminan, yaitu:  

  • banjir dan angin topan 
  • gempa bumi dan tsunami 
  • huru-hara dan kerusuhan 
  • terorisme dan sabotase 
  • tanggung jawab hukum pihak ketiga 
  • kecelakaan diri 

Misalnya, komplek perumahan atau kantor kamu merupakan kawasan rawan banjir. Kamu dapat mempertimbangkan untuk menambah manfaat asuransi yang mengcover kerusakan akibat banjir.  

Jika kamu merasa diri sebagai tipe pengemudi ceroboh dan khawatir mengalami kecelakaan yang melibatkan pengendara lain, mungkin kamu bisa menambah manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga.  

Lengkapi dokumen pendaftaran 

Dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar asuransi mobil antara lain: 

  1. Formulir pendaftaran yang diisi lengkap dengan tanda tangan  
  2. Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 
  3. Fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM) 
  4. Fotokopi KTP dan NPWP (atau SIUP) 
  5. Fotokopi KITAS atau KITAP untuk WNA 

Penerbitan polis asuransi 

Setelah semua persyaratan dilengkapi, perusahaan akan memproses penerbitan polis asuransi kamu. Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan masing-masing dalam proses pembuatan polis. Namun, yang pasti, polis dibuat setelah kamu menyetujui (tanda tangan) dan memahami hak serta kewajiban kamu sebagai pemegang Polis/Tertanggung.  

Semua ketentuan manfaat pertanggungan, pengecualian pertanggungan, dan lain-lain tercantum di dalam polis, termasuk nomor polis kamu, jumlah premi, dan cara pembayaran.  Pastikan kamu sudah membaca dan memahami isi polis untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari. Ketika polis sudah terbit berarti kamu sudah menyetujui semua isinya.  

Pembayaran premi pertama 

Langkah berikutnya dalam proses mendaftar asuransi mobil adalah membayar jumlah premi yang tertera di polis. Pembayaran bisa dilakukan dengan datang langsung ke perusahaan asuransi atau melalui transfer bank. 

Biasanya pembayaran asuransi mobil dilakukan untuk jangka pertanggungan satu tahun (12 bulan). Namun, jika kamu memilih pembayaran bulanan, pastikan kamu ingat jatuh tempo berikutnya. Dengan membayar tepat waktu, kamu menjaga polis tetap aktif. Selama polis aktif, kamu akan mendapatkan proteksi atas kendaraan yang kamu sayangi.

Setelah memiliki asuransi mobil, pelajari bagaimana cara klaim apabila kecelakaan terjadi menimpa kendaraanmu. Biar kamu tetap siaga dan semakin nyaman ketika berkendara.

Nah, kamu sudah tahu cara mendaftar asuransi mobil, dokumen yang diperlukan, sampai soal penerbitan polis dan pembayaran premi pertama. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.  

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!