asuransi mobil baru | roojai.co.id

Memilih asuransi mobil baru adalah langkah penting untuk melindungi kendaraan mu dari risiko yang tidak diinginkan. Dengan banyaknya pilihan polis yang tersedia, penting untuk memahami jenis-jenis asuransi mobil baru yang ada dan cara memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Ketahui di sini jenis polis serpti apa yang cocok untuk mobil barumu dan bagaimana cara memilihnya.

Konten

  1. 1. Pahami Perbedaaan Jenis Asuransi Mobil All Risk dan TLO
    1. 2. Pahami Perluasan Jenis Asuransi Mobil
    2. 3. Pahami Cara Kerja Asuransi Mobil Baru Kredit
    3. 4. Pahami Biaya Preminya
    4. 5. Pahami Syarat Daftar Asuransi Mobil

      1. Pahami Perbedaaan Jenis Asuransi Mobil All Risk dan TLO

      Berdasarkan manfaat pertanggungannya, jenis asuransi mobil umumnya terbagi menjadi dua, yaitu all risk dan TLO. Secara garis besar perbedaan kedua asuransi ini ada dicakupan perlindungan dan biaya premi. Bukan hanya itu, kedua asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut perbedaan lainnya:

      Asuransi All Risk

      Asuransi Mobil All Risk (atau comprehensive) adalah jenis polis yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. 

      Keuntungan Asuransi All Risk: Risiko yang ditanggung asuransi sangat lengkap, mulai dari kerusakan kecil seperti penyok dan lecet, hingga rusak total bahkan hingga kendaraan tidak dapat dikendarai sama sekali lagi.

      Kekurangan: Hanya menanggung hingga usia mobil maksimal sampai 15 tahun.

      Asuransi TLO

      Asuransi mobil TLO (total loss only) adalah jenis polis yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan. Jadi, nasabah TLO hanya dapat mengajukan klaim jika biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil atau mobil rusak total hingga tidak bisa dikendarai lagi.

      Keuntungan Asuransi TLO: Premi lebih rendah dibandingkan asuransi all risk.

      Kekurangan: Hanya menanggung kerusakan total atau parah saja.

        2. Pahami Perluasan Jenis Asuransi Mobil

        Selain dua jenis asuransi mobil di atas, ada juga polis tambahan atau rider yang bisa kamu dapatkan sebagai pelengkap dari manfaat all risk dan TLO. Untuk bisa mendapatkan rider, ada biaya premi tambahan yang perlu kamu bayarkan setiap bulan atau tahunnya.

        Beberapa pilihan perluasan jaminan asuransi mobil, yaitu:  

        Jenis perluasan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, rumah atau kantor kamu berada di kawasan rawan banjir. Kamu dapat mempertimbangkan untuk menambah manfaat asuransi yang mengcover kerusakan akibat banjir.  

          3. Pahami Cara Kerja Asuransi Mobil Baru Kredit

          Ketika membeli kendaraanl secara kredit, biasanya akan disertakan paket asuransi mobil untuk jangka waktu tiga tahun. Namun, penting untuk memahami jenis perlindungan yang diberikan dalam setiap tahun. Pada umumnya, paket asuransi ini mencakup:

          Jadi, jangan heran jika di tahun pertama klaim untuk kerusakan kecil seperti goresan disetujui, tetapi di tahun kedua klaim serupa ditolak karena hanya dilindungi oleh asuransi TLO. Inilah alasan kenapa kamu harus mempertimbangkan memiliki asuransi mobil pribadi yang dapat memberikan perlindungan lebih komprehensif sesuai kebutuhanmu.

          Sebagai contoh, Toyota Auto2000 yang menawarkan paket asuransi mobil baru yang biasanya mencakup perlindungan all risk untuk tahun pertama dan TLO untuk tahun kedua dan ketiga. Toyota memiliki mitra seperti Auto2000 yang menyediakan layanan klaim asuransi yang mudah dan efisien.

          4. Pahami Biaya Preminya

          Saat memilih asuransi untuk mobil baru mu, penting untuk memahami biaya premi yang akan dibayarkan. Biaya premi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti nilai mobil, tahun pembuatan, lokasi tempat tinggalmu, dan riwayat klaim (jika ada).

          Asuransi komprehensif (All Risk) cenderung memiliki premi lebih tinggi karena cakupan yang luas meliputi berbagai risiko seperti kecelakaan, pencurian, dan kerusakan lainnya. Di sisi lain, polis Total Loss Only (TLO) menawarkan premi yang lebih rendah karena cakupannya terbatas hanya pada kerusakan total mobil.

          Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan opsi pembayaran premi, apakah tunai atau dengan skema cicilan, serta membandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi untuk mendapatkan yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mu.

          Cek besaran premi sesuai dengan profil mobilmu di sini!

          5. Pahami Syarat Daftar Asuransi Mobil

          Sebelum mendaftar asuransi mobil baru, ada beberapa syarat yang perlu kamu ketahui dan penuhi. Pertama, pastikan kamu memiliki dokumen-dokumen kendaraan lengkap, termasuk surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan bukti kepemilikan (bila perlu).

          Kedua, persiapkan informasi yang diperlukan seperti data pribadi, informasi kendaraan, dan riwayat klaim asuransi sebelumnya jika ada. Selain itu, kamu perlu memahami syarat dan ketentuan polis asuransi yang ditawarkan, termasuk cakupan perlindungan, batas tanggung jawab, prosedur klaim, dan pengecualian yang berlaku.

          Dengan memahami syarat dan ketentuan ini, kamu dapat memastikan bahwa asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan memberikan perlindungan yang optimal untuk mobil baru mu. Kamu dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam melindungi kendaraan mu. Pastikan untuk melakukan riset dan mempertimbangkan semua faktor sebelum menentukan pilihan akhir. Asuransi mobil yang tepat tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga ketenangan pikiran untuk mu sebagai pemilik kendaraan.

          Heru Panatas

          Ditulis oleh

          Heru Panatas

          Motor Vehicle Claim Manager

          Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

          Bagikan:

          Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

          Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

          Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

          |

          Lihat premi dalam 30 detik.
          Gak perlu kasih info kontak!