Syarat dan Ketentuan Asuransi Kecelakaan Diri

Maret 29, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Syarat dan Ketentuan Asuransi Kecelakaan Diri

Seperti apa manfaat hingga syarat dan ketentuan asuransi kecelakaan diri saat membeli dan melakukan klaim? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini. Tapi sebelum kita mendalami lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu apa itu Asuransi Kecelakaan Diri.

Definisi Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang memberikan perlindungan kecelakaan diri, diperluas dengan biaya pemakaman, mengendarai kendaraan roda dua, kecelakaan karena dibunuh atau diserang, dan kecelakaan saat melakukan olahraga ekstrem. 

Asuransi ini menjamin tertanggung dari risiko kecelakaan selama 24 jam dalam periode pertanggungan. Adapun risiko yang dianggap kecelakaan termasuk: 

  • Keracunan karena terhirup gas atau uap yang beracun perbuatan jahat orang lain 
  • Penjangkitan dengan zat-zat yang mengandung hama penyakit 
  • Mati lemas atau terbenam 
  • Pengasingan di tempat sunyi karena bencana dari luar 
  • Terjadinya sengal pinggang (lumbago) atau radang kandung urat.   

Manfaat asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan diri seperti yang dijelaskan sebelumnya menjamin berbagai risiko kecelakaan. Adapun jenis manfaat yang diberikan asuransi kecelakaan diri Roojai adalah sebagai berikut: 

1. Perlindungan Kecelakaan Diri 

Polis ini menjamin risiko kematian, cacat tetap, biaya pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh kekerasan fisik atau kimia, kecelakaan, tiba-tiba atau tidak terduga, eksternal, kecelakaan yang terlihat yang telah terjadi secara langsung pada tertanggung dan menyebabkan tertanggung langsung menderita cedera badan yang sifat dan letaknya yang dapat diidentifikasi oleh ilmu kedokteran. 

Manfaat: 

1.A Kematian 

Jaminan kematian akan diberikan dalam hal tertanggung: 

(a) meninggal dunia dalam batas waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan,atau 

(b) hilang dan tidak diketemukan dalam waktu sekurang-kurangnya 60 (enam puluh) hari kalender sebagai akibat langsung dari kecelakaan yang dipertanggungkan. 

1.B Cacat tetap keseluruhan 

Cacat tetap keseluruhan meliputi: 

(a) kehilangan penglihatan kedua belah mata, atau 

(b) hilang atau tidak berfungsinya kedua lengan, atau 

(c) hilang atau tidak berfungsinya kedua tungkai kaki, atau hilang atau tidak berfungsinya: penglihatan satu mata dan satu lengan; penglihatan satu mata dan satu tungkai kaki; atau satu tungkai kaki dan satu lengan. 

Dapat diartikan pula sebagai cacat tetap keseluruhan, dalam hal kegilaan atau kelumpuhan total yang diderita tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis. 

Cacat tetap ini harus terjadi dalam rentang waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan. 

1.C Cacat tetap sebagian 

Cacat tetap sebagian berupa hilang atau tidak berfungsinya sebagian dari anggota tubuh. Hak atas santunan ini berlaku setelah dokter menetapkan keadaan cacat tetap yang diderita. 

1.D Biaya perawatan atau pengobatan 

Jaminan ini akan diberikan dalam hal manfaat cashless biaya pengobatan akibat kecelakaan yang diderita tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu Kecelakaan yang dijamin polis. 

2. Biaya pemakaman 

Pertanggungan ini diperluas dengan manfaat biaya pemakaman bagi peserta akibat dari kecelakaan yang menyebabkan peserta meninggal dunia, dalam periode polis. 

3. Kecelakaan saat mengendarai kendaraan roda 2 (dua) 

Pertanggungan ini diperluas terhadap resiko kecelakaan fisik saat mengendarai sepeda motor. Perluasan ini berlaku untuk seluruh manfaat yang dipilih oleh peserta dan berlaku selama periode polis, dengan tunduk pada ketentuan peraturan lalu lintas yang berlaku. 

4. Accident karena dibunuh atau diserang 

Pertanggungan ini diperluas terhadap resiko kecelakaan fisik saat pembunuhan atau percobaan pembunuhan atau penyerangan. 

Perluasan ini berlaku untuk seluruh manfaat yang dipilih oleh peserta dan berlaku selama periode polis. Semua syarat dan ketentuan lain dari polis asuransi ini tetap tidak berubah. 

5. Kecelakaan saat melakukan olahraga ekstrem 

Pertanggungan ini diperluas terhadap resiko kecelakaan fisik saat melakukan olahraga ekstrem. Olahraga ekstrem mengacu pada balap semua jenis mobil atau perahu, pacuan kuda, bersepeda, balap ski termasuk jet-ski, balap skate, tinju, lompat parasut (kecuali untuk tujuan menyelamatkan nyawa), saat menaiki atau bepergian di tempat yang panas. balon udara, gliding, bungee jumping, menyelam dengan tangki oksigen dan peralatan pernapasan di bawah air (scuba diving).

Syarat dan Ketentuan Asuransi Kecelakaan Diri

Syarat dan ketentuan membeli asuransi kecelakaan diri

Untuk mendapatkan asuransi kecelakaan diri, kamu harus membelinya dari agen atau broker asuransi terpercaya. Selain itu, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan asuransi kecelakaan diri dalam hal pembelian. 

Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan yang umum ditetapkan perusahaan asuransi dalam menetapkan premi: 

  • Kondisi fisik 
  • Riwayat penyakit 
  • Aktivitas sehari-hari dan hobi 
  • Usia 
  • Pengalaman atau peristiwa kerugian atau kecelakaan yang pernah dialami. 

Bagaimana cara untuk membeli asuransi Kecelakaan Diri online di Roojai? 

Adapun syarat dan ketentuan asuransi kecelakaan diri di Roojai untuk pembelian secara online adalah sebagai berikut: 

1. Jawab pertanyaan dalam 30 detik 

Klik tombol dapatkan penawaran dan jawab pertanyaan dalam beberapa detik. Pihak Roojai akan memberikan kamu proteksi yang sesuai untukmu dengan harga yang terbaik di kelasnya berdasarkan jawaban yang diberikan, dan kamu tidak perlu memberikan bukti rekam medis untuk mendapatkan asuransi di Roojai. 

2. Atur proteksi sesuai kebutuhan dan budget kamu 

Roojai menawarkan kamu pilihan proteksi yang bisa kamu atur sesuai dengan budget dan kebutuhanmu, atau kamu bisa meminta tim kami untuk membantu kamu dalam memilih asuransi yang tepat. 

3. Pilih metode pembayaran dan dapatkan proteksi yang kamu inginkan 

Roojai memberikan opsi pembayaran yang memudahkan kamu! Kamu bisa pilih satu kali pembayaran atau cicilan 12 bulan di website resmi Roojai menggunakan kartu kredit atau virtual account. 

Bagaimana cara mengetahui proses pembelian asuransi telah selesai? 

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan asuransi kecelakaan diri, Roojai akan mengirim email berisi konfirmasi pembayaran dan nomor polis. Polis akan berlaku satu hari setelah pembayaran dikonfirmasi. Semua dokumen tersedia secara online selama 24/7 di MyAccount. Kamu akan mendapatkan dokumen hardcopy jika diminta. 

Kapan dokumen polis akan dikirimkan? 

Terkait pengiriman dokumen polis, Roojai akan mengirimkan email berisi link ke Roojai MyAccount kamu untuk mengakses e-policy setelah kamu membeli asuransi kecelakaan diri. Jika kamu memilih opsi non e-policy, Roojai akan mengirimkan dokumen ke alamat kamu paling lambat 10 hari kerja setelah pembayaran premi. 

Syarat dan ketentuan asuransi kecelakaan diri ketika klaim

Selain mengetahui cara membeli asuransi kecelakaan diri, kamu tentunya wajib memahami syarat dan ketentuan asuransi kecelakaan diri ketika klaim. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika mengalami kecelakaan: 

  1. Segera melaporkan kejadian klaim begitu terjadi kecelakaan diri. Semakin cepat akan semakin baik karena ada masa kadaluarsa klaim. 
  2. Menulis kronologis kecelakaan selengkap-lengkapnya. Catat waktu dan lokasi kecelakaan dengan detail. Lampirkan foto bila ada. 
  3. Lengkapi berkas dokumen yang menjadi persyaratan klaim, seperti formulir klaim, identitas diri, dokumen polis, dan lain-lain. 
  4. Mengirimkan dokumen-dokumen tersebut ke penyedia asuransi, bisa melalui agen, datang langsung ke kantor cabang, atau mengirimkan lewat email. 
  5. Tim asuransi akan mengevaluasi klaim. 
  6. Apabila disetujui, uang pertanggungan akan dikirimkan ke rekening bank nasabah. 

Dokumen klaim 

Ketika melakukan klaim asuransi kecelakaan, dokumen menjadi salah satu syarat dan ketentuannya. Berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan ketika klaim: 

  • Formulir pengajuan klaim asuransi kecelakaan diri 
  • Surat kronologis kecelakaan diri 
  • Polis asli dan fotokopi 
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Jika tertanggung meninggal dunia: 
  • Surat keterangan pemeriksaan jenazah atau Visum et Repertum 
  • Salinan surat keterangan meninggal dunia dari lurah atau kepolisian 
  • Surat keterangan dari saksi 

1. Klaim jika tertanggung hilang 

Berikut ini dokumen yang menjadi syarat dan ketentuan klaim asuransi kecelakaan jika tertanggung hilang: 

  • Surat keterangan tentang kecelakaan dan penghentian pencarian dari pihak yang berwenang 
  • Surat pernyataan dari ahli waris akan mengembalikan santunan apabila tertanggung ditemukan kembali dalam keadaan hidup. 

2. Jika tertanggung mengalami cacat tetap 

Berikut ini dokumen yang menjadi syarat dan ketentuan klaim asuransi kecelakaan jika tertanggung mengalami cacat tetap: 

  • Surat keterangan pemeriksaan dari dokter yang melakukan pengobatan atau perawatan (visum) 
  • Surat keterangan dari saksi 
  • Kwitansi asli dari rumah sakit, dokter, apotek, laboratorium, apabila tertanggung menjalani pengobatan atau perawatan. Bisa juga menggunakan fotokopi kwitansi yang sudah dilegalisir 
  • Dokumen lain yang diminta oleh penyedia asuransi. 

Kenapa membeli asuransi kecelakaan diri di Roojai?

Salah satu alasan membeli asuransi kecelakaan diri di Roojai adalah kemudahan prosesnya. Berikut ini beberapa keunggulan membeli asuransi kecelakaan diri di Roojai: 

  • Kamu bisa pilih satu atau lebih proteksi yang kamu inginkan 
  • Bebas atur proteksi dan uang pertanggungan sesuai dengan budget dan kebutuhanmu 
  • Roojai memiliki berbagai proteksi tambahan yang bisa kamu pilih sesuai dengan gaya hidup, seperti: proteksi untuk olahraga ekstrim dan kecelakaan akibat kendaraan roda dua 
  • Kami memiliki produk yang terjangkau dengan harga terbaik di kelasnya yang dirancang khusus untuk kamu.

Demikian ulasan mengenai syarat dan ketentuan asuransi kecelakaan diri. Pastikan dirimu terlindungi dengan asuransi sesuai kebutuhan dan budget, ya. Cek lebih banyak artikel-artikel terkait Asuransi Kecelakaan Diri untuk pelajari lebih lanjut, atau kunjungi laman produk Asuransi Kecelakaan Diri. Semoga bermanfaat!