Menu

tangan agen asuransi menjelaskan investasi dalam asuransi

Pada dasarnya, fungsi asuransi adalah sebagai perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi pada seseorang. Misalnya kalau kamu sakit, maka asuransi kesehatan akan memberikan santunan atau pertanggungan biaya untuk pengobatan atau perawatan penyakit tersebut.  

Tapi seiring berjalannya waktu, perusahan asuransi berinovasi dengan menyediakan asuransi yang juga mengandung unsur investasi di dalamnya. Produk investasi dalam asuransi ini nggak hanya melindungi pemegang polis dari risiko finansial, tetapi juga memberikan sejumlah hasil investasi yang bisa diperoleh dalam jangka waktu tertentu, tergantung kesepakatan dalam polis.  

Tapi apakah hal ini tepat? Yuk, simak pembahasannya.

Definisi investasi dalam asuransi

Sudah sempat disinggung di awal kalau asuransi dan investasi sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Asuransi merupakan produk keuangan yang tujuannya melindungi kamu dari risiko keuangan, sedangkan investasi adalah kegiatan menanamkan modal berupa dana atau aset, dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan.  

Dua-duanya memang penting dalam pengelolaan keuangan. Oleh sebab itu, penyedia asuransi pun menghadirkan produk keuangan yang merupakan gabungan antara keduanya, yaitu Asuransi Investasi.  

Asuransi investasi merupakan produk keuangan yang menggabungkan manfaat dari asuransi dan investasi. Produk ini menjawab keinginan nasabah yang ingin memiliki perlindungan namun juga mendapatkan nilai tunai dari premi yang dibayarkan rutin.  

Apakah investasi dalam asuransi sudah pasti lebih menguntungkan? Seperti halnya produk investasi lain, risiko yang datang dari penurunan nilai investasi juga bisa terjadi pada produk ini. Artinya, nilai tunai yang diiming-imingi oleh penyedia produk ini sifatnya sangat kondisional, tergantung dari keberhasilan investasi itu sendiri. 

Ya, pada dasarnya setiap produk keuangan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Supaya bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang asuransi investasi ini, silakan simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Investasi merupakan cara untuk meningkatkan nilai aset supaya bisa mengikuti laju inflasi. Tapi bagaimana caranya berinvestasi di masa inflasi tinggi, bahkan ketika ada resesi? Ternyata, kalau dilakukan dengan cermat, sukses di masa resesi bukan cuma impian.

Kelebihan investasi dalam asuransi

Produk asuransi dengan investasi dilirik karena menawarkan dua keuntungan sekaligus, perlindungan sekaligus investasi. Selain itu, produk ini memiliki kelebihan lain, yaitu:  

Perlindungan tambahan  

Jenis asuransi investasi ini biasanya menawarkan berbagai jenis asuransi tambahan atau rider yang bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Hal ini tentu menarik karena dengan satu produk asuransi kamu bisa mendapat berbagai perlindungan.  

Preminya nggak hangus  

Salah satu yang membuat produk asuransi ini menarik adalah premi yang dibayarkan nggak ‘hilang’ semuanya. Berbeda dengan asuransi murni yang nggak memberikan nilai tunai ketika masa kontrak sudah habis, walaupun nggak ada klaim.  

Masa pertanggungan panjang  

Asuransi investasi biasanya menawarkan masa pertanggungan yang lebih panjang dibanding produk asuransi lainnya. Asuransi investasi ini menawarkan masa pertanggungan sampai pemilik polis berusia 75 tahun, bahkan ada yang sampai 100 tahun, tergantung kebijakan penyedia asuransi.  

Mempermudah akses untuk berinvestasi 

Nggak  bisa dipungkiri, banyak yang belum melek investasi, bahkan nggak tahu bagaimana cara berinvestasi. Keberadaan produk investasi dalam asuransi ini bisa membantu mereka yang nggak terlalu paham tentang investasi. Melalui produk ini, kamu bisa sekaligus berinvestasi, dan dana investasi akan dikelola oleh pengelola profesional.  

Penambahan dan penarikan dana yang fleksibel  

Nggak seperti asuransi murni, asuransi investasi memperbolehkan nasabahnya untuk menarik sejumlah dana atau menambahkan dana investasinya. Kamu juga diberikan kemudahan mengalihkan dana investasi ke investasi jenis lain yang disediakan oleh penyedia asuransi.

Bukan hanya asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi. Yuk, kenali juga perbedaan antara asuransi kesehatan murni dengan asuransi unit link.

emoji wajah menggambarkan reaksi positif dan negative
Image by DilokaStudio on Freepik

Kekurangan investasi dalam asuransi

Selain memiliki keuntungan, asuransi investasi juga punya beberapa kekurangan. Apa saja kekurangannya?  

Manfaat asuransi nggak maksimal  

Dengan jumlah premi yang sama, nilai pertanggungan antara asuransi investasi dan asuransi murni akan berbeda, di mana asuransi murni punya nilai pertanggungan  yang lebih besar.  

Premi lebih tinggi  

Dibandingkan dengan premi asuransi murni, premi asuransi investasi jauh lebih tinggi. Pasalnya sebagian premi tersebut akan dialihkan sebagai modal investasi.  

Nggak ada jaminan keuntungan  

Keuntungan atau nilai tunai yang digambarkan dalam ilustrasi sifatnya hanya perkiraan saja, alias nggak pasti. Belum tentu nilainya mencapai apa yang digambarkan dalam ilustrasi tersebut. Jadi, jangan berharap terlalu tinggi.  

Komponen biaya asuransi terus meningkat  

Di luar nilai investasi yang mungkin diperoleh, ada komponen biaya asuransi yang besarannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Biaya asuransi ini tentunya akan dibebankan kepada pemilik polis.  

Nggak bisa memilih instrumen investasi  

Investasi akan dilakukan oleh perusahaan asuransi, sehingga kamu nggak bisa menentukan pilihan kamu sendiri. Pihak asuransi akan memilihkan instrumen investasi yang dianggap menguntungkan.  

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan asuransi investasi yang perlu kamu ketahui. Pada dasarnya, ketika kita memilih produk asuransi, yang perlu dipertimbangkan pertama kali adalah kebutuhan kamu. Setiap orang melalui tahap hidup yang berbeda dan nggak ada satu produk asuransi yang bisa menjawab kebutuhan semua orang.  

Kalau kamu merasa investasi dalam asuransi merupakan hal yang praktis, maka produk ini bisa menjadi pilihan. Sebaliknya kalau kamu ingin memaksimalkan perlindungan dan investasi kamu, maka ada baiknya memisahkan investasi dengan asuransi.

Untuk asuransi murni yang mudah dijangkau dan memberikan perlindungan optimal, Asuransi Penyakit Kritis dari Roojai Indonesia merupakan pilihan yang baik. Selain memberikan perlindungan yang kamu butuhkan, premi dan manfaatnya bisa kamu atur dengan fleksibel. Roojai menawarkan produk asuransi yang mudah, terjangkau dan dapat diandalkan. Jadi tunggu apa lagi, segera lindungi diri kamu dengan asuransi yang mengerti kamu, sekarang juga.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!