Menu

perempuan muda tersenyum sambil mengangkat kepal tangan bersemangat

Siapa yang nggak ingin mencapai financial freedom atau kebebasan finansial? Semua orang sudah tentu menginginkannya. Ketika mencapai financial freedom, maka kamu nggak perlu cemas lagi dengan kondisi keuangan di masa kini dan masa depan karena sudah terpenuhi.  

Kondisi ideal ini memang banyak dicita-citakan, sayangnya nggak semua orang bisa mencapainya. Bahkan banyak juga yang terpaksa bergantung dengan anaknya untuk membiayai hidupnya, yang akhirnya menjadi beban finansial anaknya. Kondisi anak yang terhimpit beban finansial orangtuanya ini dikenal dengan generasi sandwich.  

Terus, gimana caranya menggapai financial freedom?

Definisi financial freedom

Sebelum mengetahui cara mencapai financial freedom, yuk pahami lebih dulu makna dari kebebasan finansial itu sendiri. Financial freedom adalah kondisi kemapanan finansial yaitu saat kamu nggak merasa khawatir akan kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan kamu ataupun saat membeli barang-barang yang kamu inginkan.  

Dengan kata lain, saat mencapai kebebasan finansial, kamu nggak merasa terkontrol oleh kondisi keuangan, melainkan kamu yang mengontrol keuangan kamu. Pada kondisi ini kamu terbebas dari kekhawatiran untuk memenuhi kebutuhan kamu karena kamu sudah memiliki cukup simpanan, terbebas dari utang, punya investasi yang cukup, dan memiliki uang untuk mencukupi gaya hidup yang kamu inginkan dalam jangka waktu yang lama.  

Bagaimana mencapai financial freedom

Nggak ada cara instan untuk mencapai kebebasan finansial. Yang pasti, kamu harus lebih melek finansial dan menerapkan beberapa langkah finansial secara konsisten. Tapi, percaya deh, usaha nggak akan mengkhianati hasil. Ini beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mencapai financial freedom yang kamu cita-citakan.  

Belajar bikin anggaran

Financial freedom nggak mungkin tercapai kalau kamu nggak mengatur pengeluaran kamu. Atur ke mana uang kamu akan dibelanjakan supaya kamu tahu ke mana uang kamu pergi setiap bulan. Bikin anggaran sebelum kamu menerima gaji, setelah itu catat pengeluaran kamu selama sebulan. Kamu nanti bisa lihat di mana kamu terlalu banyak menghabiskan uang dan pada area mana kamu perlu melakukan pengetatan. 

Membuat budget adalah hal yang penting supaya keuangan kamu tetap pada jalurnya. Berapapun uang yang kamu terima setiap bulan, membuat rencana keuangan merupakan hal yang penting dilakukan.  

Ikuti aturan 50-30-20 ketika membuat budget, di mana 50% dari penghasilan untuk kebutuhan, 30% untuk yang kamu inginkan, dan 20% untuk kamu sisihkan sebagai investasi dan membayar utang/cicilan. .  

Singkirkan utang dari hidupmu 

Kamu nggak akan merasa merdeka secara finansial kalau masih punya utang yang harus dibayar setiap bulan. Jangan sampai setiap habis gajian, uang yang kamu terima habis untuk membayar cicilan.  

Lakukan prioritas untuk melunasi utang-utang kamu. Namun sebelum melunasi utang tersebut, pastikan kamu memiliki dana darurat di dalam rekening tabungan. Jangan sampai upaya melunasi cicilan terganggu karena ada kondisi finansial yang bersifat darurat. Melunasi cicilan memang bukan pekerjaan mudah, tapi bisa kamu mulai dan lakukan secara konsisten.  

Buat akun auto-saving  

Sisihkan uang dari penghasilan kamu untuk dua hal: dana darurat dan dana pensiun. Buatlah akun auto-saving untuk memastikan kedua dana tersebut terpenuhi setiap bulan, bahkan sebelum kamu membayar semua tagihan kamu.  

Mulai investasi sekarang 

Kondisi pasar modal yang sedang nggak menentu, bikin bertanya-tanya, apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi? Nyatanya, bahkan sejarah menunjukkan kalau inilah saat yang tepat untuk ‘mengembangkan’ uang kamu.  

Investasi adalah salah satu langkah penting untuk mencapai financial freedom. Dengan investasi nilai uang kamu akan terus berkembang dan nggak tergerus inflasi yang terus meninggi.  

Akan tetapi, untuk kamu yang baru mulai berinvestasi, lakukan secara hati-hati. Pilihlah portofolio investasi yang dirasa aman terlebih dahulu. Ingat, investasi bukanlah upaya untuk menjadi kaya, melainkan cara untuk mencapai tujuan finansial kamu yaitu kebebasan finansial.

Masa resesi bukan saat yang tepat untuk mulai berinvestasi? Ternyata nggak juga. Ini cara bijak melihat peluang dan mencapai sukses di masa resesi.

tangan-tangan terangkat memegang uang, celengan, kalkulator, dan tanda terima pembayaran
Image by rawpixel on Freepik

Menerapkan gaya hidup frugal living 

Artinya, kamu perlu memastikan pengeluaran kamu setiap bulan nggak lebih dari apa yang kamu hasilkan. Untuk mencapai financial freedom, kamu harus punya disiplin yang kuat dan bersedia untuk bilang ‘nggak’ pada hal-hal yang memang nggak mampu kamu beli ataupun nggak kamu butuhkan.  

Lakukan pertimbangan yang matang sebelum membeli barang, masak di rumah daripada membeli makanan di luar, gunakan barang second jika kondisinya memungkinkan, travel dengan sistem cost sharing, dan banyak lagi yang bisa kamu lakukan.  

Jaga kesehatan 

Kesehatan kamu adalah aset yang paling berharga. Tanpa kesehatan, kamu nggak bisa bekerja dan menikmati hasil keringatmu sendiri. Menjaga kesehatan badan kamu, sama dengan menjaga kesehatan keuangan kamu juga.  

Berinvestasi pada kesehatan badan bisa kamu lakukan dengan melakukan check-up, berolahraga secara teratur, menerapkan pola makan sehat, dan menghindari gaya hidup yang nggak sehat. Ingatlah, kalau sakit dan harus dirawat di rumah sakit, kamu harus mengeluarkan biaya yang nggak sedikit, yang bisa mengganggu tujuan finansial kamu.  

Lindungi diri dengan asuransi 

Tim sepak bola bisa memenangkan pertandingan kalau fokus dengan teknik serangan sekaligus memiliki pertahanan yang kuat. Asuransi adalah layaknya strategi pertahanan yang melindungi kondisi keuangan kamu.  

Tanpa asuransi yang tepat, satu kejadian yang berisiko finansial seperti kecelakaan, bisa menguras tabungan kamu. Mengatur anggaran, menabung dan berinvestasi membantu mencapai kebebasan finansial, sementara asuransi membantu kamu untuk tetap bertahan di zona aman tersebut. Dengan asuransi, semua aset finansial yang sudah susah-payah kamu kumpulkan, bisa utuh tanpa terdampak kejadian seperti kecelakaan.

Setiap orang melewati beberapa fase dalam kehidupannya dan dalam setiap fase tersebut diperlukan pengelolaan keuangan yang berbeda, termasuk perlindungan asuransi yang berbeda.

Langkah-langkah di atas nggak akan secara instan mengatasi semua masalah keuangan kamu, tapi bisa membantu kamu menerapkan kebiasaan keuangan yang sehat untuk mencapai financial freedom di masa depan. Mulailah dari langkah yang kamu rasa paling mudah, misalnya menetapkan sejumlah kecil uang untuk disisihkan setiap hari. Kemenangan-kemenangan kecil tersebut bisa memotivasi kamu untuk meraih kemenangan yang lebih besar. Dengan demikian, tanpa kamu sadari target kebebasan finansial semakin mudah diraih. Semangat mencoba!

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!