Menu

asuransi mobil fleet untuk bisnis

Perusahaan yang memanfaatkan armada kendaraan untuk bisnis, seperti perusahaan rental kendaraan ataupun logistik, sudah pasti sangat bergantung pada kondisi kendaraannya. Operasional bisnis yang sangat bergantung pada kendaraan, membuat asuransi mobil fleet untuk bisnis sangat diperlukan.  

Apa yang perlu diperhatikan ketika memilih asuransi mobil fleet untuk bisnis? Mengapa asuransi ini penting untuk dimiliki perusahaan?

Manfaat asuransi mobil fleet untuk bisnis

Pada perusahaan yang mengandalkan kinerja armada kendaraan, seperti logistik maupun rental kendaraan, mobil merupakan aset yang sangat berharga. Mobil yang rusak karena kecelakaan atau hilang akibat pencurian bisa merugikan perusahaan, mengganggu operasional perusahaan dan membuat kerugian. Asuransi mobil fleet untuk bisnis bisa membantu perusahaan menanggung kerugian tersebut, sekaligus memiliki manfaat untuk operasional perusahaan. 

 Asuransi mobil fleet untuk bisnis diperlukan karena beberapa alasan ini:  

1. Manfaat yang diberikan lebih besar dari harga premi yang harus dibayar  

Kebanyakan asuransi preminya nggak sampai 5% dari harga mobil yang diasuransikan. Mengingat nilai manfaat yang lebih besar dari premi yang harus dibayarkan, perlindungan asuransi menawarkan keuntungan untuk bisnis.  

Apalagi jika dibandingkan dengan risiko yang dihadapi kendaraan armada. Mulai dari kecelakaan akibat penggunaan mobil yang kurang bertanggung-jawab sampai kehilangan kendaraan bisa terjadi pada kendaraan fleet. 

2. Bisa mengurangi kerugian 

Seandainya terjadi kerusakan atau kehilangan unit kendaraan, maka perusahaan akan mengalami kerugian akibat berkurangnya pemasukan dari unit tersebut. Dengan asuransi mobil fleet untuk bisnis, kerugian yang harus ditanggung perusahaan akan berkurang karena ada tanggungan dari pihak asuransi. Proses perbaikan ataupun penggantian kendaraan pun bisa dilakukan secara cepat dan mudah dengan melakukan klaim ke perusahaan asuransi.  

3. Tidak perlu khawatir akan risiko dari pihak ketiga 

Risiko kendaraan fleet untuk bisnis tentu lebih tinggi dari risiko penggunaan kendaraan pribadi. Pada kendaraan rental misalnya, ada risiko dari penyewa yang nggak bertanggung-jawab. Sebagai pemilik usaha tentu kita sudah melakukan usaha maksimal untuk meminimalisir risiko tersebut dengan penerapan prosedur yang rigid. Akan tetapi, risiko tersebut nggak bisa dihindari begitu saja.  

4. Membantu mengatasi risiko tak terduga lainnya 

Terlepas dari risiko penggunaan pihak ketiga, ada juga risiko tidak terduga lain seperti bencana alam. Asuransi bisa menanggung kerusakan kendaraan yang disebabkan oleh hal tak terduga seperti ini.  

Manfaat dasar asuransi mobil fleet untuk bisnis 

Perlindungan seperti apa yang perlu dimiliki mobil fleet untuk bisnis? Kendaraan yang digunakan untuk operasional bisnis perlu mendapat perlindungan atas risiko dasar berikut ini:  

  • Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir atau terperosok 
  • Perbuatan jahat  
  • Pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan 
  • Kebakaran, termasuk kebakaran akibat sambaran petir, kerusakan karena air dan atau alat-alat lain yang dipergunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran. Dimusnahkannya seluruh atau sebagian kendaraan bermotor atas perintah pihak berwenang dalam upaya pencegahan kebakaran itu.  
  • Atau sebab lain yang dijamin oleh PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor). 

Perluasan jaminan pada asuransi mobil fleet untuk bisnis

Selain perlindungan dasar tersebut, pertimbangkan juga untuk menambah perlindungan dengan perluasan jaminan berikut ini:  

  • Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan terhadap kerusakan pada kendaraan yang disebabkan oleh angin topan, hujan es, badai, banjir, genangan air dan atau tanah longsor. 
  • Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan terhadap kendaraan bermotor yang dipertanggungkan yang diakibatkan oleh gempa bumi, tsunami, dan atau letusan gunung berapi. 
  • Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan terhadap kerusakan pada kendaraan yang disebabkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat tanpa penggunaan senjata api, dan revolusi tanpa penggunaan senjata api. 
  • Jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan terhadap kerusakan pada kendaraan yang disebabkan oleh terorisme dan atau sabotase. 
  • Jaminan cedera badan yang mengakibatkan cacat tetap/kematian terhadap pengemudi dan/atau penumpang di dalam kendaraan yang dipertanggungkan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor tersebut.

Kecelakaan pada kendaraan juga bisa menyebabkan cedera pada pengemudi dan penumpang. Asuransi Kecelakaan Diri bisa menjadi pelengkap perlindungan dari risiko kerugian jangka panjang akibat kecelakaan. 

Fitur tambahan yang diperlukan asuransi mobil fleet untuk bisnis

Perluasan jaminan memberikan kenyamanan bagi bisnis karena dapat memberikan jaminan terhadap kerugian yang terjadi di luar kehendak. Namun untuk kenyamanan yang lebih, ada beberapa fitur tambahan yang bisa dipertimbangkan:  

  • Memiliki bengkel rekanan resmi dengan jaminan kualitas pengerjaan, keahlian dan suku cadang.  
  • Tunjangan transportasi pemberian biaya transportasi jika kendaraan diperbaiki di bengkel melebihi jumlah hari yang ditentukan dalam polis.  
  • Biaya derek jika kendaraan rusak di jalan dan perlu dibawa ke bengkel untuk perbaikan 
  • Layanan pelaporan klaim selama 24 jam.  
  • Perlindungan terhadap pencurian oleh supir pribadi atau orang yang bekerja pada tertanggung yang dengan sepengetahuan atau seizin tertanggung mengemudikan kendaraan yang ditanggungkan, sebesar harga sebenarnya atau harga pertanggungan.

Kebanyakan asuransi mobil menanggung kerusakan akibat kecelakaan ataupun kehilangan mobil. Sebelum mendalami asuransi mobil fleet untuk bisnis, yuk ketahui manfaat dan cara memilih asuransi mobil.

asuransi mobil fleet untuk  bisnis
Image by ASphotofamily on Freepik

Kenapa mobil fleet untuk bisnis perlu asuransi?

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang mobil fleet atau armada kendaraan, mobil merupakan aset perusahaan yang perlu dilindungi. Dari segi harga, kendaraan adalah produk yang nggak murah. Oleh sebab itu, perlindungan atas berbagai kerusakan yang disebabkan kecelakaan, bencana alam maupun kehilangan, wajib diperhitungkan.  

Belum lagi, perusahaan juga perlu memperhitungkan kondisi jalanan yang berpotensi bahaya, serta kondisi infrastruktur yang buruk yang bisa menyebabkan kerusakan pada kendaraan yang digunakan sehari-hari. Ancaman pun bisa hadir dari pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab, misalnya pembajak atau pencurian mobil.  

Dengan mempertimbangkan risiko-risiko tersebut, asuransi mobil fleet untuk bisnis membantu perusahaan menghindari kerugian di masa depan dengan mengalihkan risiko ke perusahaan asuransi.  

Asuransi mobil fleet untuk bisnis akan menanggung segala kehilangan atau kerusakan pada kendaraan perusahaan yang disebabkan oleh pencurian, kecelakaan, dan tanggung jawab pihak ketiga. Ketika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan, perusahaan asuransi akan membantu menanggung kerugian tersebut. Sementara, bisnis tetap bisa berjalan dengan semestinya.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!