Tips Membawa Hewan Peliharaan di Mobil untuk Perjalanan Jarak Jauh

November 29, 2023  |  Kategori: Gaya Hidup & Kesehatan

Tips Membawa Hewan Peliharaan di Mobil untuk Perjalanan Jarak Jauh

Memiliki hewan peliharaan bisa dibilang susah-susah gampang. Dari cara merawat hingga memutuskan membawa atau menitipkan ketika hendak bepergian, tentunya sering dialami para pemilik hewan peliharaan.

Ketika bepergian, ada sebagian pemilik hewan peliharaan yang memilih untuk menitipkan hewan kesayangannya kepada keluarga, teman, atau layanan hotel hewan. Namun, jika ingin membawa hewan peliharaan dalam perjalanan jarak jauh, tentunya dibutuhkan berbagai persiapan.

Selain itu, kamu juga perlu mengecek kondisi mobil. Setidaknya lakukan servis di bengkel langganan untuk memastikan kondisi mobil layak melakukan perjalanan jauh agar terhindar dari mobil mogok karena overheat.

Apa saja tips membawa hewan di mobil untuk bepergian jarak jauh? Berikut ini deretan tips, khusus bagi pemilik hewan peliharaan!

Buat rencana perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, tentunya kita perlu membuat rencana perjalanan. Terlebih, jika kamu akan melakukan perjalanan jarak jauh bersama hewan peliharaan. Seperti mudik misalnya.

Mudik membawa hewan peliharaan tentu perlu rencana matang. Tipsnya, siapkan catatan dan buat daftar perjalanan, dari jam keberangkatan, kapan beristirahat dan makan, hingga tiba. Namun, jangan lupakan kesejahteraan hewan kesayangan.

Kamu bisa mencatat apa saja yang perlu dibawa untuk hewan peliharaan. Dari makanan dan minuman, benda atau mainan favorit, hingga bantal atau selimut yang akan memberikan rasa nyaman bagi mereka.

Cek kondisi kesehatan hewan peliharaan

cek kesehatan hewan peliharaan | roojai.co.id

Selain membuat perencanaan, tips membawa hewan di mobil adalah mengecek kondisi kesehatan hewan peliharaan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Kamu perlu memastikan hewan peliharaan kamu dalam kondisi kesehatan yang baik sebelum perjalanan.

Jika perlu, lakukan pemeriksaan hewan peliharaan kamu ke dokter hewan untuk memastikan mereka dalam keadaan fit untuk melakukan perjalanan, terutama jika perjalanan berlangsung dalam waktu yang lama.

Latih hewan peliharaan agar terkendali

Melatih hewan lucu seperti kucing atau anjing merupakan kegiatan yang tepat dilakukan bagi pemilik hewan. Dengan latihan, hewan peliharaan akan memahami perintah pemiliknya, termasuk urusan “kamar kecil”.

Latihan ini juga diperlukan untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil bersama hewan kesayangan. Ini bertujuan agar hewan terkendali dan tidak mengganggu pengendara selama perjalanan. Dengan begitu, kamu bisa fokus dalam menyetir mobil, terutama bagi kamu yang masih pemula.

Sedikit tips, sebelum memulai perjalanan jauh, mulailah melatih hewan peliharaan melakukan perjalanan agar terbiasa. Misalnya lakukan untuk 20 menit dan lanjutkan dengan 1 jam, dan seterusnya. Dengan begitu, hewan peliharaan akan terbiasa berada di dalam mobil.

Siapkan kebutuhan hewan lucu kesayangan

Tips membawa hewan di mobil selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan hewan. Dari makanan, minuman, camilan, obat-obatan, mangkuk untuk makan dan minum, hingga mainan dan berbagai perlengkapan lain untuk menjaga kenyamanan hewan peliharaan.

Ada baiknya sebelum berangkat, kamu memberi makan binatang peliharaan dengan makanan ringan tiga hingga empat jam sebelumnya. Saat kamu sedang dalam perjalanan, selalu berhenti untuk memberi makan untuk memastikan mereka tidak kelaparan yang bisa menyebabkan gusar.

Di samping itu, pastikan tidak memberi makan saat mobil bergerak. Hal ini untuk menghindari kemungkinan mual pada hewan peliharaan, serta fokus yang teralihkan ketika memberi makan hewan.

Jangan meninggalkan hewan peliharaan di mobil

Ketika bepergian dengan hewan di dalam mobil untuk jarak jauh, ada kemungkinan kamu turun untuk membeli makan, ke toilet, atau lainnya. Untuk menghindari hewan gelisah, atau orang lain yang mengira hewan kamu dalam bahaya, sehingga memecahkan kaca mobil, ada baiknya tidak meninggalkan hewan sendirian dalam mobil.

Jika kaca mobil kamu dipecahkan orang lain karena ingin menyelamatkan hewan peliharaan, tentunya akan menambah biaya ekstra dalam perjalanan jarak jauh kamu. Untuk itu, pastikan juga mobil kamu telah terproteksi dengan asuransi mobil all risk yang memberi ganti rugi menyeluruh atas berbagai risiko.

Gunakan pet carrier sebagai tambahan pengamanan

Selama perjalanan, kenyamanan hewan peliharaanmu menjadi salah satu prioritas. Tetapi, jika kondisi hewan terlalu aktif dan berisiko mengganggu fokus kamu selama berkendara, kamu bisa menggunakan pet carrier sebagai tambahan pengamanan selama perjalanan.

Penggunaan pet carrier akan membantu mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan atau pengereman mendadak. Pastikan pet carrier aman dan cukup besar untuk hewan peliharaan bergerak dengan nyaman.

Jangan membuka jendela mobil selama perjalanan

Hewan peliharaan lucu seperti anjing terlihat menggemaskan ketika berkendara di dalam mobil dan mengeluarkan kepalanya seperti menikmati hembusan angin. Tapi, hal ini justru berisiko karena bisa saja hewan peliharaan melompat keluar hingga tertabrak kendaraan atau benda lain di luar mobil.

Hewan peliharaan juga bisa saja terlempar keluar ketika kamu melakukan pengereman secara tiba-tiba. Jadi, pastikan selama berkendara, kaca mobil tidak terbuka lebar. Jika berada di daerah sejuk dan ingin menikmati udaranya, cukup buka jendela secukupnya dengan ukuran yang tidak memungkinkan hewan peliharaan kamu keluar dari jendela.

Jangan biarkan hewan peliharaan duduk di kursi depan

Untuk alasan keamanan, hindari membiarkan hewan peliharaanmu duduk di bangku depan mobil. Selain mengganggu konsentrasi pengemudi, ada risiko cedera yang lebih tinggi jika terjadi tabrakan atau pengereman mendadak.

Tenang dan sabar selama perjalanan

Membawa hewan peliharaan dengan mobil bisa menjadi pengalaman yang menantang, terutama jika hewan peliharaanmu cemas atau tidak nyaman. Tetap tenang dan sabar selama perjalanan akan membantu mengurangi stres pada kamu dan hewan peliharaanmu. Dengan begitu perjalanan menjadi lebih menyenangkan bagi semua orang.

Siapkan mobil sebelum perjalanan jarak jauh

Tips membawa hewan di mobil untuk bepergian jarak jauh yang terakhir adalah menyiapkan dokumen mobil sebelum keberangkatan. Pastikan STNK dan SIM kamu masih berlaku, kamu juga bisa melakukan perpanjangan STNK jika diperlukan.

Di samping itu, beli aksesoris mobil yang dibutuhkan seperti penutup jok mobil dan lantai mobil agar ketika hewan peliharaan membuang kotoran atau makan tidak mengotori mobil kesayangan kamu.

Demikian 10 tips yang bisa membantu kamu dalam melakukan perjalanan jarak jauh bersama hewan peliharaan menggunakan mobil. Pastikan juga kamu tidak terburu-buru mencapai tujuan, tapi menikmati proses perjalanannya. Semoga bermanfaat!