Rekomendasi Tempat Cuci Mobil di Jakarta Selatan | roojai.co.id

Salah satu perawatan mobil yang nggak boleh skip dilakukan adalah mencuci mobil. Rutinitas ini tidak hanya menjaga kondisi mobil tetap bersih tapi juga sekaligus membantu menjaga penampilan mobil. Mencuci mobil bisa dilakukan sendiri di rumah atau di tempat cuci mobil di sekitar rumah kamu. Untuk kamu yang tinggal atau sering beraktivitas di daerah Jakarta Selatan, berikut ini rekomendasi tempat cuci mobil terpercaya di Jakarta Selatan.

Konten

  1. Pentingnya mencuci mobil
    1. Komponen mobil lebih awet
    2. Menjaga keselamatan pengendara
    3. Menghemat biaya perawatan
    4. Menjaga kesehatan pengemudi dan penumpang 
    5. Menjaga nilai jual kembali 
  2. Mencuci mobil di mana?
    1. Keuntungan mencuci mobil di rumah
    2. Keuntungan mencuci mobil di tempat cuci mobil
  3. Jenis-jenis pencucian mobil
    1. Cuci manual
    2. Cuci mobil hidrolik 
    3. Cuci mobil robotik 
    4. Cuci mobil touchless
  4. Rekomendasi tempat cuci mobil terdekat di Jakarta Selatan
    1. Rainbow Car Wash
    2. Yellow Car Wash, Lebak Bulus
    3. Steam Mobil Cling Car Wash
    4. Carmax Car Wash and Auto Detailing
    5. Cucian Mobil 44

Pentingnya mencuci mobil

Mencuci mobil bisa dilakukan secara rutin untuk terus menjaga kebersihan bagian dalam dan luar mobil. Biasanya pemilik mobil memilih untuk mencuci mobil secara terjadwal. Namun ada juga yang lebih suka mencuci mobil secara kondisional, yaitu ketika mobilnya sudah kotor. 

Namun selain menjaga tampilan mobil tetap enak dipandang, mencuci mobil punya banyak manfaat lain yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Komponen mobil lebih awet

Selain disebabkan oleh pemakaian, kerusakan komponen mobil juga bisa disebabkan oleh faktor kebersihan. Pasalnya ada beberapa material komponen mobil yang rentan mengalami korosi. Misalnya komponen berbahan aluminium. Oleh sebab itu, mencuci mobil juga bisa mencegah komponen menjadi lapuk akibat kotoran yang menempel. 

Menjaga keselamatan pengendara

Manfaat lain dari mencuci mobil adalah menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam mobil. Loh, apa hubungannya? Contohnya kalau kaca depan mobil tidak dibersihkan. Hal ini bisa mengganggu jarak pandang pengemudi dan berisiko menyebabkan kecelakaan. Selain itu, kotoran di kaca spion dan kaca belakang juga berpotensi menghalangi pandangan pengemudi sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. 

Menghemat biaya perawatan

Mencuci mobil bisa mencegah kotoran menumpuk yang pada akhirnya berpeluang menyebabkan kerusakan pada komponen. Kotoran yang menumpuk bisa menambah biaya perawatan karena akan sulit dibersihkan. Bahkan, bisa saja diperlukan alat atau metode khusus untuk menghilangkannya, yang tentunya membuat biayanya lebih mahal. 

Menjaga kesehatan pengemudi dan penumpang 

Kondisi mobil yang kotor membuat debu, jamur, dan bakteri betah menempel pada kabin mobil kamu. Begitu pula AC yang tidak pernah dibersihkan, bisa jadi tempat persinggahan bakteri. 

Kondisi ini tentu kurang ideal bagi penumpang mobil karena berisiko terkena penyakit yang dibawa bakteri dan debu. Apalagi bagi kamu yang mengidap alergi debu. Salah satu tanda jika AC mobilmu kotor ialah AC mobil tidak terasa dingin lagi.

Menjaga nilai jual kembali 

Mobil yang bersih karena rutin dicuci tentunya terlihat lebih terawat dan menarik dibanding mobil yang jarang dicuci. Ditambah lagi dengan kondisi mesin yang terawat, hal ini bisa menjaga harga jual mobil tetap tinggi di pasaran. 

Mencuci mobil di mana?

Rutinitas mencuci mobil bisa dilakukan di rumah ataupun di tempat cuci mobil yang kamu percaya. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri-sendiri. 

Keuntungan mencuci mobil di rumah

Keuntungan mencuci mobil di tempat cuci mobil

Jenis-jenis pencucian mobil

Sebelum meluncur ke tempat cuci mobil untuk membersihkan mobil kamu, kamu perlu tahu beberapa jenis cuci mobil dan perbedaannya. 

Cuci manual

Banyak jasa pencucian mobil yang menawarkan pembersihan secara manual. Merupakan cara cuci mobil yang paling konvensional, pencucian atau pembersihan mobil dilakukan oleh satu atau dua orang, masing-masing dengan tugas sendiri-sendiri. 

Jangan salah, pencucian ini juga bisa menghasilkan kondisi mobil yang bersih secara mendetail. Akan tetapi karena dikerjakan secara manual, metode ini memerlukan waktu yang lama. Selain itu, cuci manual biasanya tidak termasuk membersihkan bagian kolong mobil. 

Biaya cuci mobil manual berkisar di angka 35 ribu rupiah. 

Cuci mobil hidrolik 

Metode cuci mobil yang juga umum ditemui adalah menggunakan hidrolik. Berbeda dengan cuci mobil cara manual, cara ini menggunakan alat bantu untuk mengangkat mobil yang dinamakan hidrolik. 

Metode ini mampu menjangkau bagian kolong mobil sehingga lebih bersih menyeluruh. Membersihkan bagian kolong mobil khususnya perlu dilakukan pada mobil yang sering melewati jalan yang punya banyak kubangan atau pernah melewati daerah banjir. 

Biaya cuci hidrolik biasanya sekitar 50 ribu rupiah. 

Cuci mobil robotik 

Jenis cuci mobil ini terhitung canggih karena tidak lagi menggunakan tenaga manusia. Pembersihan mobil dilakukan oleh mesin cuci mobil yang bergerak mengikuti bentuk mobil, sehingga prosesnya lebih cepat dibanding metode manual. 

Untuk membersihkan mobil, pengemudi tidak perlu keluar dari kabin. Mobil hanya perlu masuk ke dalam sejenis terowongan dalam kondisi semua jendela tertutup. Pembersihan dengan mesin ini akan dilanjutkan dengan pembersihan manual untuk bagian interior mobil. 

Walaupun praktis dan cepat, perlu dilakukan pengecekan secara manual untuk memastikan seluruh permukaan kendaraan sudah bersih sempurna. 

Biaya cuci mobil robotik berkisar di angka 50 ribu rupiah. 

Cuci mobil touchless

Cara mencuci mobil ini terbilang cukup baru di Indonesia dan belum terlalu banyak jasa cuci mobil yang menyediakannya. Metode cuci mobil ini disebut touchless atau minim sentuh karena menggunakan alat-alat cuci modern, salah satunya High Pressure Washer, jet air bertekanan tinggi yang mampu merontokkan kotoran di permukaan cat mobil secara efektif, tanpa merusak cat.

Biaya cuci mobil dengan cara touchless di Jakarta Selatan ada di kisaran 50 ribu rupiah. 

Rekomendasi tempat cuci mobil terdekat di Jakarta Selatan

Setelah tahu cara-cara mencuci mobil, kamu bisa lanjut mencari tempat cuci mobil terpercaya. Khusus untuk kamu yang tinggal atau sering beraktivitas di Jakarta Selatan, berikut ini rekomendasinya: 

Rainbow Car Wash

Untuk warga Jakarta Selatan di kisaran daerah Bintaro, Rainbow Car Wash merupakan salah satu tempat cuci mobil yang direkomendasikan. Menyediakan jasa cuci dengan metode robotik dan manual, pencucian mobil bisa cepat diselesaikan, sekitar 30-45 menit, karena dikerjakan oleh 3-4 orang. Selain cuci mobil biasa, fasilitas ini juga menyediakan jasa wax, ganti oli, dan jasa perawatan untuk mobil lainnya. 

Di sini juga disediakan tempat tunggu ber-AC, coffee shop, dan laundry, sehingga pelanggan merasa nyaman. 

Biaya cuci mobil di Rainbow Car Wash berada di kisaran harga 60 ribu rupiah untuk cuci dan vacuum interior. 

Jl. Kesehatan Raya No.28A,Bintaro,
Kec. Pesanggrahan
Jakarta Selatan

Yellow Car Wash, Lebak Bulus

Untuk kamu yang tinggal di sekitar daerah Lebak Bulus, tempat cuci mobil ini bisa menjadi pilihan. Terletak di jalan Adhyaksa, tempat cuci mobil ini memberikan hasil yang memuaskan, terlihat dari ulasan berbintang 4,3 di Google Maps. 

Selain memberikan hasil cuci yang bersih, steam mobil ini menawarkan tempat tunggu yang nyaman, mini market ber-AC, dan toilet yang bersih. Selain menyediakan jasa cuci mobil robotik dan manual, Yellow Car Wash juga menyediakan jasa cuci mesin, glass wax, hand wax, antijamur untuk kaca, dan fogging. 

Biaya cuci mobil di Yellow Car Wash dibanderol Rp50.000 dengan garansi 1x cuci gratis jika mobil kotor karena hujan yang berlaku sehari setelah dicuci. 

Jalan Adhyaksa Raya Blok M No.9
Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Steam Mobil Cling Car Wash

Satu lagi rekomendasi tempat cuci mobil terpercaya di Jakarta Selatan adalah Cling Car Wash yang berlokasi di jalan Antasari. Memposisikan diri sebagai car wash mobil premium, tempat cuci mobil ini mengedepankan detailing untuk hasil yang bersih sempurna. Dari ulasan di Google Maps, sebagian pelanggan merasa puas walaupun pembersihan mobil dilakukan dalam waktu yang lebih lama.

Tempat cuci steam mobil ini juga dilengkapi dengan ruang tunggu dengan AC, wifi, TV satelit, toilet yang bersih dan juga menjual minuman. Pembersihan mobil dilakukan oleh 1-2 orang dengan dibantu mesin cuci mobil hidrolik untuk membersihkan kolong mobil. 

Cling Car Wash menyediakan 3 jenis jasa cuci mobil dengan harga yang berbeda-beda yaitu cuci biasa dengan harga 65 ribu rupiah (untuk mobil kecil),  premium wash dengan harga 100 ribu rupiah, luxurious wash dengan harga 275 ribu, dan extra luxurious wash dengan harga 650 ribu rupiah. 

Jalan Pangeran Antasari No.8A,
Cipete Selatan,
Cilandak Jakarta Selatan

Carmax Car Wash and Auto Detailing

Untuk kamu yang berdomisili di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Tebet, tempat cuci mobil ini bisa jadi pilihan. Dengan pelayanan yang cepat, tempat cuci mobil ini menyediakan tempat yang luas yaitu bisa memuat 8 mobil sekali cuci. Dilengkapi dengan tempat tunggu indoor ber-AC dan tempat tunggu outdoor bagi yang merokok. 

Tempat cuci mobil ini menawarkan 4 macam paket cuci mobil yaitu basic wash, premium wash, super wash, dan hyper wash. Harga paket cuci mulai dari 45 ribu rupiah sampai 250 ribu rupiah. Kamu juga bisa melengkapi mobil dengan car protection dan autodetailing. 

Jalan Tebet Barat IX, No. 32
Tebet, Jakarta Selatan 

Cucian Mobil 44

Rekomendasi tempat cuci mobil di Jakarta Selatan selanjutnya adalah Cucian Mobil 44 yang berada di Jalan Karang Tengah, wilayah Lebak Bulus dan Cinere. Tempat cuci mobil ini menawarkan pilihan paket cuci mobil yang cukup lengkap, dari semir ban, vakum, cuci mesin, dan cuci kolong mobil. 

Memiliki karyawan yang banyak, tempat cuci mobil yang buka sejak pukul 6 pagi sampai 11 malam ini menawarkan servis cuci mobil dan perawatan mobil lain dengan harga terjangkau. Harga cuci mobil dibanderol mulai Rp35.000 saja. 

Jalan Karang Tengah Raya No.55
Lebak Bulus, Cilandak
Jakarta Selatan

Itu dia 5 rekomendasi tempat cuci mobil terpercaya di Jakarta Selatan. Untuk kamu yang sering beraktivitas di daerah tersebut atau bahkan anak Jaksel sejati, tidak perlu bingung lagi kalau ingin menjaga kebersihan mobil kamu. 

Tapi selain menjaga kebersihan dan penampilan mobil kamu, menjaga mobil dari risiko kerusakan akibat kecelakaan juga penting loh. Untuk itu, peran asuransi mobil sangat berarti. Asuransi mobil akan menanggung risiko kerugian finansial atas kerusakan pada mobil. Artinya, kamu akan terhindar dari kerugian finansial jika terjadi risiko yang tidak diinginkan pada mobil kamu, misalnya mobil yang lecet akibat kecelakaan atau mobil hilang karena pencurian. 

Dapatkan perlindungan mobil terbaik dari Roojai Indonesia dengan mendaftarkan mobil kamu sekarang juga!

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!