cara memilih oli mobil | roojai.co.id

Oli mesin mobil adalah cairan minyak yang berfungsi sebagai pelumas komponen mesin yang saling bergesekan, sehingga performa mesin mobil tetap terjaga dan tidak mudah turun/rusak. Agar mesin bisa bekerja dengan optimal, kamu jangan sampai salah memilih oli untuk mesin mobil. Seringkali ketika ganti oli mobil, pengemudi memilih jenis oli mobil berdasarkan rekomendasi dari montir di bengkel tanpa benar-benar mengerti, tapi pengemudi tetap wajib mengetahui jenis oli mobil apa yang tepat untuk mesin mobil mereka, termasuk kekentalan oli yang cocok di Indonesia. 

Konten

  1. Oli mobil dan fungsinya
  2. Tips memilih oli mobil

    Oli mobil dan fungsinya

    Tapi tahukah kamu, kalau selain sebagai pelumas komponen mesin pada mobil, oli juga memiliki fungsi penting untuk mobil agar kondisi mobil tetap prima dalam jangka waktu yang lama.  

    1. Oli dapat mencegah kebocoran gas di ruang bakar karena ketika melumasi dinding silinder dan piston, oli bertugas sebagai perekat antara keduanya dan meminimalisir adanya celah agar tidak terdapat kebocoran gas. 
    2. Membuang hasil pembakaran juga menjadi tugas dari oli mesin mobil. Hasil pembakaran mesin akan menghasilkan zat buangan yang akan diangkut oleh oli ke filter melalui sirkulasi di dalam mesin yang dilakukan oleh oli. Dengan begitu kondisi mesin bagian dalam bisa tetap bersih dan performa mesin bisa tetap optimal. 
    3. Volume dan kondisi oli yang baik akan menjaga komponen mesin mobil dari risiko korosi atau karatan. Hal ini karena oli memberikan lapisan menyeluruh pada komponen mesin mobil untuk mencegah polusi, debu, dan air memasuki celah kecil yang ada pada mesin.

    Baca juga: Cara Cek Oli Mobil dan Tahu Kapan Perlu Menggantinya

    Tips memilih oli mobil

    Karena oli memiliki banyak fungsi yang cukup penting bagi performa komponen mesin mobil, saat ganti oli mobil, kamu perlu ketahui cara memilih jenis oli mobil yang tepat untuk mobilmu melalui tips memilih oli mobil di bawah ini. 

    Ketahui jenis oli mesin

    Sebelum mempelajari lebih jauh tentang cara memilih oli mobil, kamu perlu ketahui dulu jenis-jenis oli mesin yang ada di pasaran. Terdapat 3 jenis oli mesin yang terdapat dipasaran, yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan oli sintetik. Perbedaan antara tiga jenis oli mesin ada pada struktur molekul dan bahan bakunya. 

    1. Oli mineral terbuat dari minyak bumi dan dijual dengan harga terjangkau. Oli jenis ini cocok digunakan untuk mobil bermesin diesel. 
    2. Oli semi sintetik merupakan campuran antara oli mineral dan oli sintetik. Mayoritas mobil penumpang jaman sekarang menggunakan oli mesin ini. 
    3. Oli sintetik dibuat dari zat buatan 100% sehingga harganya cukup mahal. Biasanya oli mesin ini digunakan untuk mobil sport atau mobil dengan performa tinggi. 

    Pahami kode kekentalan oli yang tertulis di kemasan 

    Tips memilih oli mobil berikutnya yaitu dengan mengetahui cara baca kode kekentalan oli yang ada pada kemasan oli. Sebagai contoh oli mesin A memiliki nilai kekentalan 10W-40, angka pertama atau 10 menandakan nilai kekentalan oli saat berada disuhu terendah yaitu 0 derajat celcius. Huruf W merupakan tanda untuk winter atau musim dingin. Kemudian, angka terakhir yaitu 40 adalah nilai kekentalan oli saat di suhu tertinggi yaitu 100 derajat celsius.

    Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil yang Benar agar Awet dan Tidak Mudah Soak

    Pilih oli sesuai dengan lingkungan berkendara

    Semakin rendah angka paling depan yang ada pada kemasan oli, maka oli akan semakin sulit untuk membeku di suhu yang sangat dingin, sehingga oli dengan angka depan yang rendah cocok untuk digunakan kendaraan yang berada di daerah yang memiliki musim dingin seperti Eropa atau Amerika. Sedangkan kekentalan oli yang cocok di indonesia atau dengan iklim tropis, yaitu oli dengan kekentalan lebih tinggi seperti 10W-40 atau 20W-50 bisa dipilih.

    Pilih oli yang memiliki sertifikasi

    Agar oli yang kamu pilih memiliki kualitas yang terjamin, pastikan oli tersebut memiliki sertifikasi. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi untuk oli mesin kendaraan antara lain, SAE, API, ACEA, ILSAC, dan JASO. 

    Setelah kamu memahami cara memilih oli yang tepat untuk mobilmu, kamu juga perlu mengecek volume dan kondisi oli secara berkala agar performa mesin mobil tetap optimal untuk jangka waktu yang panjang.

    Pastikan juga kamu untuk memiliki proteksi tambahan untuk mobil kesayanganmu dengan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai. Dengan layanan Emergency Roadside Assistance yang tersedia 24/7, asuransi mobil all risk Roojai siap membantumu di mana pun kamu mengalami keadaan darurat ketika berkendara. Dapatkan penawarannya hanya dalam 30 detik dengan harga premi mulai dari Rp225 ribu/bulan di roojai.co.id!

    Cek harga

    Bagikan:

    Sebelumnya

    Velg Mobil Terbaik Untuk Mobilmu, Tips Lengkapnya di Sini

    Berikutnya

    Cara Cuci Mobil yang Benar – Cuci Di Rumah ala Carwash
    Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

    Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

    Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

    |

    Lihat premi dalam 30 detik.
    Gak perlu kasih info kontak!

    Menu