Menu

tips menjaga kesehatan tubuh
Image by jcomp on Freepik

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap orang. Dengan memiliki tubuh yang sehat, kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman. 

Tubuh yang sehat tentunya menjadi dambaan semua orang. Tapi, memiliki tubuh sehat berarti kita harus konsisten dalam menjaga kesehatan tubuh. Apa saja tips dan cara menjaga kesehatan tubuh? Berikut 12 cara mudah menjaga kesehatan tubuh kamu!

1. Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi sayuran hijau

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dengan mudah dan murah adalah mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan sawi kaya akan vitamin yang mendukung diet seimbang. Sayuran hijau juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Dalam suatu penelitian terhadap tikus, sayuran hijau terbukti membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang dibutuhkan dan mengoptimalkan kerja sistem imun tubuh. 

2. Memperbanyak minum air putih

Hampir 60 persen berat badan orang dewasa terdiri atas cairan. Itu sebabnya memperbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari membantu menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh. Ketika cairan tubuh terpenuhi, diet yang dijalani hingga kesehatan tubuh akan terjaga. 

Memperbanyak minum air putih jadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang cukup mudah, bukan? Jadi, mulai sekarang kurangi minum kopi, boba, atau minuman kemasan lain dan beralih ke air putih, ya! 

3. Mengonsumsi vitamin D

Salah satu alasan vitamin D penting dalam menjaga kesehatan tubuh adalah manfaatnya yang cukup banyak seperti menjaga pertumbuhan tulang, kesehatan jantung, dan sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin D dan baik bagi tubuh antara lain kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin D. 

Untuk memilih yang mengandung D3 (cholecalciferol) karena baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Jangan lupa konsultasikan dulu terkait suplemen ini kepada dokter. 

4. Cara menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga rutin

Berolahraga rutin adalah salah satu syarat dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dengan berolahraga rutin, bentuk tubuh ideal dan kesehatan organ tubuh seperti jantung akan terjaga. 

Kamu bisa memilih olahraga yang sederhana seperti berjalan kaki 30 menit, lari, bersepeda atau berenang. Olahraga ini juga akan membantu mencegah peradangan dan risiko penyakit kronis, mengurangi stres, dan mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan berbagai penyakit. 

Menurut beberapa penelitian, olahraga senam juga cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena gerakan senam memiliki berbagai manfaat seperti: 

  • Memperkuat otot tangan dan kaki. 
  • Memperlancar peredaran darah. 
  • Menjaga berat badan tubuh. 
  • Mengurangi stres. 

5. Minum teh hijau

Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang sering dikonsumsi orang Jepang karena sering dikaitkan dengan minuman yang baik bagi kesehatan tubuh. Itu sebabnya, mengonsumsi teh hijau tanpa pemanis atau susu sangat baik dalam menjaga kesehatan kamu. 

Teh hijau bermanfaat karena tinggi antioksidan yang disebut flavonoid. Zat ini terbukti bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tapi, jangan berlebihan mengonsumsinya karena air putih lebih dibutuhkan tubuh. 

6. Tidur cukup bisa menjaga kesehatan tubuh

Siapa yang sering merasa lelah ketika bangun tidur di pagi hari? Bisa jadi penyebabnya adalah kamu kurang tidur. Tidur cukup terbukti menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh dan imun. 

Dalam berbagai penelitian, orang yang tidur minimal 8 jam memiliki tubuh yang lebih kebal dari serangan virus dan bakteri. Sementara, orang yang kurang tidur akan empat kali lebih mudah mengalami flu. Hal ini disebabkan oleh sitokin yang dilepaskan tubuh selama tidur yang lama. 

Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, jangan kurang tidur lagi agar kesehatan tubuh kamu terjaga! 

7. Mengelola stres

Stres terbukti dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat orang menjadi mudah terserang penyakit. Hormon kortisol sangat berperan dalam memengaruhi respons tubuh terhadap stres, baik secara fisiologis maupun psikologis. 

Stres yang terus-menerus dan tidak terkendali bisa membuat tubuh lebih rentan penyakit. Untuk mengatasi stres, kamu bisa pilih berolahraga, menonton film, berlibur, atau kegiatan menyenangkan lain seperti yoga.

bersosialisasi untuk menjaga kesehatan

8. Bersosialisasi

Dalam penelitian yang diterbitkan American Psychological Association menyebutkan bahwa isolasi sosial bisa meningkatkan stres, memperlambat respons kekebalan tubuh, hingga kemampuan pemulihan tubuh setelah sakit. 

Itu sebabnya, bersosialisasi bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh karena rasa kesepian bisa menjadi pemicu beragam penyakit. Bertemu teman, berkumpul bersama keluarga, atau ikut dalam komunitas, bisa menjadi obat mujarab untuk kamu menjaga kesehatan tubuh dan mental. 

9. Menjaga kebersihan

Cara lain menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memiliki tubuh dan lingkungan yang bersih. Dengan tubuh dan lingkungan bersih, tentunya kamu bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit. 

Beberapa cara yang bisa diterapkan dalam menjaga kebersihan adalah: 

  • Mandi setiap hari. 
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah makan. 
  • Membersihkan kamar dan seisi rumah. 
  • Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin. 

10. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan saluran pencernaan. Bakteri baik ini bisa diperoleh dari makanan, minuman, atau suplemen. 

Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan dua contoh bakteri probiotik yang paling umum. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami stres dan mendapatkan probiotik, tidak akan sakit dalam jangka waktu panjang. 

11. Menghindari alkohol dan berhenti merokok

Alkohol dan asap rokok menjadi dua hal yang bisa memicu berbagai macam penyakit kronis seperti kanker. Alkohol terbukti merusak sel dendritik, yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Seiring berjalannya waktu, sering minum alkohol dapat meningkatkan seseorang terhadap infeksi bakteri dan virus. 

Sementara rokok dan asapnya berpengaruh bagi kesehatan terutama paru-paru. Untuk itu berhenti merokok dan menghindari diri dari asap rokok menjadi cara untuk menjaga kesehatan tubuh. 

12. Cek kondisi kesehatan secara berkala

Terakhir, lakukanlah pengecekan kesehatan tubuh secara berkala seperti setiap 6 bulan sekali. Hal ini penting untuk mendeteksi risiko penyakit sejak dini yang dapat berakibat fatal pada kesehatan.

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai cara yang telah dijelaskan di atas, proteksi diri kamu dengan beragam produk asuransi yang membantu menjaga kesehatan finansial. Diantaranya yaitu Asuransi Penyakit Kritis dari Roojai Indonesia yang memberikan perlindungan terhadap risiko finansial akibat penyakit kritis. Proteksi ini mengcover 5 penyakit kritis yang dapat kamu atur benefitnya dengan fleksibel, dan dengan fleksibilitas tersebut, otomatis kamu juga dapat mengatur premi yang kamu bayarkan. Selamat mencoba! 

Dian Pusparini

Ditulis oleh

Dian Pusparini

Head of Claim

Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!