Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung, Apa Saja?

Maret 24, 2023  |  Kategori: Gaya Hidup & Kesehatan

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jantung, Apa Saja?

Olahraga merupakan salah satu kebiasaan baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain memperkuat otot-otot di tubuh yang membantu pembentukan tubuh ideal, olahraga juga membantu otot jantung menjadi lebih efisien dan memperlancar pemompaan darah ke seluruh tubuh. 

Dengan berolahraga, makan mendorong jantung berdetak stabil, sehingga tekanan darah tetap terkendali. Saat berolahraga, jantung akan bekerja lebih baik dalam menarik oksigen dari darah. 

Seperti apa manfaat olahraga bagi kesehatan jantung? Apa saja jenis olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung? Mari simak ulasan berikut ini!

Manfaat olahraga bagi kesehatan jantung

Olahraga yang teratur dapat memperbaiki faktor-faktor yang berkaitan dengan kesehatan jantung, seperti tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah. Tak hanya itu, olahraga dapat mendorong perubahan fisiologis yang positif, seperti mendorong arteri jantung untuk melebar lebih cepat. 

Dilansir dari Harvard Health Publishing, menurut sebuah artikel ulasan di JAMA Cardiology, bahkan satu kali olahraga pun sudah dapat melindungi jantung melalui proses prakondisi iskemik. 

Bagi kamu yang sudah rutin berolahraga, apakah sudah mengetahui berbagai manfaatnya untuk jantung? Berikut penjelasannya: 

1. Menurunkan tekanan darah 

Manfaat olahraga bagi kesehatan jantung adalah menurunkan tekanan darah. Jantung yang sehat mendorong lebih banyak darah mengalir setiap berdetak, sehingga kerja jantung jadi lebih efisien. 

Jika kamu memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi, ada baiknya melakukan latihan kardio yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tersebut. 

2. Meningkatkan aliran darah 

Masih serupa dengan poin pertama, olahraga membantu meningkatkan aliran darah. Aktivitas berbasis kardio yang rutin dilakukan memungkinkan jantung memompa darah lebih lancar ke pembuluh kecil yang biasa terjadi penyumbatan timbunan lemak. 

Sirkulasi yang lebih baik di pembuluh sekitar jantung dapat mencegah serangan jantung. Bahkan, terbukti olahraga kardio membuat tubuh lebih terkoneksi dengan pembuluh darah kecil sehingga lebih banyak “jalur” untuk mengalirkan darah dan oksigen dalam tubuh. 

3. Meningkatkan efisiensi latihan 

Jantung kita baru bisa beradaptasi dengan olahraga kardio setelah beberapa kali dilakukan. Itu sebabnya, rutinitas olahraga akan membuat tubuh dan jantung menyesuaikan, sehingga akan lebih efisien dalam latihan. 

Semakin rutin dilakukan, semakin cepat tubuh kita menarik oksigen yang dibutuhkan dari darah selama latihan. Karena itu, orang yang berolahraga secara teratur memiliki jantung yang bekerja lebih baik di bawah tekanan dan tidak mudah lelah selama aktivitas olahraga. 

4. Menurunkan kolesterol 

Olahraga juga sangat bermanfaat untuk membantu turunkan kolesterol. Banyak penelitian menunjukkan bahwa olahraga dikaitkan dengan kolesterol yang sehat, seperti meningkatkan jumlah kolesterol baik yakni HDL dan dinilai dapat menurunkan kolesterol jahat yaitu LDL sebanyak 10 persen. 

5. Menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes 

Manfaat olahraga bagi kesehatan jantung adalah menurunkan risiko terkena penyakit kritis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga teratur mengurangi risiko penyakit jantung koroner 21 persen bagi pria dan 29 persen bagi perempuan. 

Selain itu, orang yang aktif memiliki peluang 20 persen lebih kecil terkena stroke. Olahraga teratur juga membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat, dan pada gilirannya, membantu menurunkan risiko pradiabetes dan diabetes tipe 2. 

6. Mendukung kebiasaan sehat bagi jantung 

Menurut American Heart Association, olahraga mendukung kesehatan terkait jantung. Olahraga yang teratur mempertahankan berat badan ideal, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Dengan begitu, detak jantung akan lebih stabil yang tentunya baik bagi kesehatan jantung. 

7. Mengurangi aritmia jantung 

Manfaat lain dari olahraga untuk jantung adalah menurunkan risiko terjadinya aritmia jantung atau detak jantung yang tidak teratur. Masalah irama jantung yang umum terjadi adalah AFib (Atrial Fibrilasi) dengan peningkatan risiko stroke lima kali lipat yang disebabkan oleh bekuan darah. 

Dalam Journal of American Medical Association, para peneliti melaporkan bahwa strategi penurunan berat badan, diet, dan olahraga menghasilkan tingkat AFib yang lebih rendah dan penyakit yang lebih ringan.

manfaat olahraga bagi Kesehatan jantung
Image by Freepik

Jenis olahraga untuk menjaga kesehatan jantung

Setelah kamu mengetahui manfaat olahraga bagi kesehatan jantung, tentunya kamu harus melakukan olahraga rutin. Latihan kardio seperti lari dan bersepeda adalah contoh olahraga yang baik bagi jantung.  

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bermanfaat bagi jantung dan bisa kamu lakukan: 

  1. Senam jantung yang tiap gerakannya fokus menjaga dan meningkatkan performa jantung, menormalkan denyut nadi, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh. 
  2. Berenang adalah salah satu olahraga yang menunjang jantung dan pembuluh darah lebih sehat, serta memperkuat otot jantung. 
  3. Lari pada pagi hari juga tepat untuk merangsang sirkulasi darah agar lebih lancar. 
  4. Bersepeda selama 30-60 menit sehari bisa mengurangi risiko serangan jantung, stres, dan memperkuat kinerja otot jantung. 
  5. Yoga yang memiliki teknik peregangan, pernapasan, dan relaksasi juga sangat baik bagi kesehatan jantung.

Demikian ulasan tentang manfaat olahraga untuk kesehatan, terutama jantung. Selain menjalani hidup sehat, kamu juga perlu melengkapi proteksi dengan Asuransi Penyakit Jantung yang melengkapi manfaat BPJS Kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa rutin berolahraga, ya!