indikator bensin menyala

Kehabisan bensin sering kali terjadi jika kita sedang terjebak di tengah kemacetan lalu lintas, atau berpergian jarak jauh dan sulit menemukan pom bensin. Sebelum mobil kehabisan bensin, biasanya akan muncul peringatan di indikator mobil, di mana jarum bahan bakar yang ada di dashboard menunjukkan tanda di huruf E. Jika bensin tidak segera diisi tapi mobil terus dikendarai, mobil bisa segera mati dan mungkin bisa memberi masalah lain pada kondisi mobilmu di kemudian hari. Oleh karena itu, Roojai memiliki beberapa tips yang dapat membantumu memperpanjang jarak tempuh ketika mobil kehabisan bensin.

Konten:
  1. Kapan indikator bensin menyala? 
  2. Indikator bensin menyala sisa berapa liter? 
  3. Mobil dengan Jarak Tempuh Terjauh Saat Bahan Bakar Hampir Habis 
  4. Apa yang perlu dilakukan jika lampu indikator menunjukkan bahan bakar segera habis? 
  5. Jika mobil benar-benar kehabisan bahan bakar, apa yang harus dilakukan?

Kapan indikator bensin menyala?

Indikator mesin menyala apabila bahan bakar di dalam tangki sudah tersisa sekitar 10-15%, hal tersebut merupakan pertanda agar pengemudi segera mengisi ulang bahan bakar mobil. Pada saat indikator bensin mobil menyala, pengemudi masih memiliki waktu untuk mencari pom bensin terdekat untuk melakukan pengisian bahan bakar. Hal ini membantu untuk memberikan peringatan kepada pengemudi sehingga isi bahan bakar didalam tangki tidak sampai kosong. 

Indikator bensin menyala sisa berapa liter?

Dari informasi yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa pada umumnya, peringatan kehabisan bensin pada mobil akan muncul ketika bensin di dalam tangki tersisa kurang dari 10 liter dan bisa digunakan untuk berkendara sejauh kurang lebih 60 km asalkan kondisi jalan lancar dan tidak macet. Namun hal itu juga bergantung pada kapasitas tangka bahan bakar masing-masing mobil. 

Fitur perhitungan jarak tempuh setelah lampu indikator kehabisan bensin menyala, tentu akan sangat membantu pengemudi mobil. Namun, fitur ini tidak 100% akurat karena perhitungan ini tidak didasarkan pada kebiasaan konsumsi bensin oleh pengendara mobil yang berbeda-beda.  

Executive Coordinator Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengungkapkan bahwa saat bahan bakar yang tersisa ditunjukkan dengan indikator E sebenarnya masih ada rest atau cadangan yang bisa digunakan oleh kendaraan. “Rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 sampai 45 liter. Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer,” tutur Bambang kepada media online Kompas.com.

Baca juga: Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Membeli Mobil Bekas

Mobil dengan Jarak Tempuh Terjauh Saat Bahan Bakar Hampir Habis

Hasil survei dari perusahaan asuransi terkemuka di Inggris membuat peringkat mobil yang paling sering dibeli oleh orang Inggris berdasarkan jarak yang dapat ditempuh saat bahan bakar hampir habis. Pengukuran dimulai saat lampu indikator bahan bakar memberikan peringatan bahan bakar akan habis. Hasil survei menunjukkan bahwa mobil peringkat pertama yang dapat menempuh jarak paling jauh adalah Mercedes-Benz C-Class dengan jarak tempuh 74 km. Berikut adalah 8 mobil paling popular di Inggris dengan jarak tempuh terjauh ketika bahan bakar habis. 

  1. Mercedes-Benz C-Class: 74 km 
  2. Mini Cooper: 72 km 
  3. Nissan Qashqai: 69 km 
  4. Volkswagen Golf: 67 km 
  5. Audi A3: 67 km 
  6. Ford Focus: 64 mil 
  7. Volkswagen Polo: 62 km 
  8. Ford Fiesta: 59 km 

Untuk mobil lain yang ada di pasaran, dari hasil survei yang sama mengindikasikan bahwa mobil-mobil tersebut masih dapat berkendara hingga bahan bakarnya habis dan hanya tersisa sedikit dalam tangka sejauh sekitar 40-50 km. Meskipun begitu, pengemudi tidak boleh menunggu sampai bahan bakar benar-benar habis. Ketika lampu indikator menunjukkan bahan bakar segera habis atau bahkan sebelum itu, sebaiknya mencari pom bensin terdekat untuk mengisi ulang bahan bakar.  

Apa yang perlu dilakukan jika lampu indikator menunjukkan bahan bakar segera habis?

Membiarkan lampu indikator bahan bakar hampir habis muncul terlalu sering bukanlah hal bijaksana dan perlu diwaspadai. Hal ini menandakan bahwa pompa bensin sedang bekerja keras untuk mengalirkan bahan bakar ke mesin, sehingga memerlukan lebih banyak tenaga daripada biasanya. Jika pompa bensin bekerja terlalu keras sedangkan bahan bakar tidak memadai, mesin bisa menjadi terlalu panas dan lama kelamaan bisa rusak. Jika ini terjadi, mesin mungkin tidak dapat dinyalakan meskipun bahan bakar telah diisi.

Tapi, jika terlanjur bahan bakar mobilmu akan segera habis, langkah pertama yang harus dilakukan agar kamu tetap bisa berkendara dan mencapai pom bensin terdekat adalah dengan mengontrol kecepatan kendaraan agar sesuai dengan kekuatan mesin. Usahakan untuk menjaga kecepatan tetap stabil dan hindari percepatan dan perlambatan secara tiba-tiba untuk mengurangi pemborosan bahan bakar.  

Langkah selanjutnya adalah hindari menggunakan perangkat listrik di dalam kendaraan, seperti pendingin udara dan radio, yang dapat mempercepat habisnya baterai. Hindari juga rute jalan yang padat dan jalan yang berlubang, karena hal ini akan memaksa mesin kendaraan bekerja lebih keras dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

Baca juga: Harga Premi Asuransi Mobil Berdasarkan Tipe Mobil

Jika mobil benar-benar kehabisan bahan bakar, apa yang harus dilakukan?

Sebelum mesin mobil mati akibat kehabisan bahan bakar, mobil akan bergetar serta suara mesin dan knalpot tidak normal. Ketika ini terjadi, segera arahkan mobil ke jalur yang aman atau jika sedang di jalan raya, segera pindah ke sisi kiri dan hentikan mobil.  

Jangan mematikan mesin secara paksa, karena bisa membuat masalah lebih parah. Kemudian, segera cari pom bensin terdekat dan isi tangki bahan bakar. Selain itu, jika mengalami masalah di jalan tol, bisa langsung menghubungi nomor darurat seperti 14080 (Hotline Jasa Marga) untuk mendapatkan bantuan.

Terakhir, pastikan juga memiliki asuransi mobil yang tepat seperti Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia yang menyediakan bantuan darurat di jalan yang tersedia 24/7, sehingga jika kendaraanmu bermasalah di jalan, kamu bisa mendapatkan bantuan kapan saja dan di mana saja. 

Bagikan:

Sebelumnya

Supaya Tetap Aman di Jalan, Ini Tips Menyetir Mobil untuk Pemula

Berikutnya

Cara Cek Oli Mobil dan Tahu Kapan Perlu Menggantinya
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu