Menu

cara menghilangkan noda bandel di cat mobil | roojai.co.id

Ketika memiliki mobil, kita harus siap untuk menghadapi berbagai macam noda yang mungkin menempel pada mobil kita. Noda-noda ini memang sangat menjengkelkan dan sulit untuk dihindari, terlebih lagi jika kita harus menggunakan mobil setiap hari di kondisi lingkungan yang berbeda-beda, dan jika kamu tidak melakukan sesuatu untuk menghilangkan noda pada cat mobil dengan segera, maka noda-noda tersebut akan semakin sulit dihilangkan dan merusak penampilan mobil kesayangan.

Oleh karena itu, Roojai akan membagikan 5 noda yang perlu segera dihilangkan agar tidak merusak cat mobil berserta dengan tips cara menghilangkan noda bandel di cat mobil tersebut. 

Noda kotoran burung

Noda burung adalah noda yang paling sering ditemukan pada mobil kita dan sangat sulit untuk dihindari. Menghilangkan noda kotoran burung di mobil harus dilakukan sesegera mungkin, karena asam yang terkandung dalam kotoran burung dapat merusak lapisan cat mobil kita dan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu cara menghilangkan noda bandel di cat mobil berupa noda burung pada mobil kita yaitu dengan segera bersihkan dengan air bersih atau cairan pembersih mobil. Namun, pastikan untuk tidak menggosok terlalu keras karena bisa merusak lapisan cat mobil. 

Selain itu, ada beberapa cara untuk mencegah noda burung menempel pada mobil kita. Salah satunya adalah dengan selalu memarkir mobil di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari dan jauh dari pohon yang menjadi sarang burung. Kalaupun kamu harus parkir di yang banyak burung, pastikan kamu selalu membawa kain bersih dan air untuk membersihkan noda burung secepat mungkin sebelum merusak cat mobil.

Noda getah pohon

Noda getah pohon juga cukup menjengkelkan dan sulit untuk dihilangkan. Noda ini biasanya menempel dengan kuat pada mobil kita dan sulit dihilangkan jika dibiarkan terlalu lama. Cara menghilangkan noda bandel di cat mobil yang berwujud noda getah pohon, adalah segera bersihkan dengan air hangat yang dicampur dengan sabun atau cairan pembersih mobil. Pastikan kita menggosok dengan lembut menggunakan kain microfiber dan membilasnya dengan air bersih.  

Setelah kamu mengetahui cara menghilangkan noda getah pohon di cat mobil, selanjutnya ada baiknya kamu juga selalu mencegah noda getah pohon menempel pada mobil kita. Usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang jauh dari pohon tempat getah pohon biasa keluar. Jika kita sering melewati daerah yang banyak pohon, pastikan kita selalu membawa kain microfiber bersih dan air untuk membersihkan noda getah pohon secepat mungkin sebelum getah pohon tersebut mengeras atau menjadi kerak dan akhirnya merusak cat mobil. 

Noda serangga

Noda serangga biasanya muncul pada mobil yang sering digunakan di malam hari atau berkendara jauh, terutama bagi pengendara yang harus melewati daerah pertanian atau perkebunan. Noda ini dapat merusak lapisan cat mobil jika dibiarkan terlalu lama karena pada serangga terdapat zat asam.  

Untuk menghilangkan noda serangga, gunakan air bersih jika noda masih baru atau belum mengering, kemudian gosokkan dengan perlahan menggunakan kain microfiber. Jika noda berada di mobil cukup lama dan sudah mengering, kamu bisa coba gunakan cairan pembersih khusus, seperti bug and tar remover. Caranya adalah dengan menyemprotkan bug and tar remover ke noda lalu diamkan selama 1-2 menit, kemudian seka noda menggunakan kain microfiber hingga noda hilang pada permukaan mobil.  

Untuk mencegah noda serangga menempel pada mobil kita, usahakan untuk selalu membersihkan mobil secara rutin dan hindari melewati daerah pertanian di malam hari jika memungkinkan. Selain itu, penggunaan penghalang serangga, seperti jaring serangga pada grill depan mobil juga dapat membantu mengurangi jumlah serangga yang menempel pada mobil.

Noda aspal

Noda aspal di bodi mobil juga sulit dihindari, apalagi jika kita sering berkendara di jalan raya, jalan yang sedang dalam perbaikan atau berkendara dekat dengan proyek konstruksi. Noda aspal di bodi mobil ini juga harus segera dibersihkan, karena jika dibiarkan terlalu lama akan membuat warna mobil menjadi kusam atau bahkan merusak cat permukaan mobil. Noda aspal dapat dihindari dengan bisa memperlambat laju mobil jika melewati jalan yang sedang diperbaiki. 

Cara menghilangkan noda bandel di cat mobil yang berupa noda aspal dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mencuci mobil dengan air dan sampo khusus mobil. Namun, jika cara menghilangkan noda aspal di mobil  ini tidak membuahkan hasil, kemungkinan besar kamu perlu menyiapkan cairan khusus untuk mobil seperti tar remover. Cairan kimia secara khusus dibuat untuk menghilangkan noda aspal pada permukaan mobil. Tuang atau semprotkan tar remover ke kain microfiber atau spons, kemudian usapkan ke bagian permukaan mobil yang terkena noda dengan arah memutar secara lembut. Setelah noda terangkat, lap kembali bagian permukaan mobil dengan kain microfiber yang bersih dan kering.

cara menghilangkan noda oli | roojai.co.id

Noda oli mesin mobil

Noda oli dapat menempel pada mobil dan meninggalkan bercak hitam yang sulit dihilangkan. Noda oli dapat terjadi jika mesin mobil bocor atau saat melakukan pergantian oli, permukaan mobil yang terkena percikan oli tidak langsung dibersihkan. Jika tidak segera dihilangkan, noda ini dapat merusak lapisan cat mobil. 

Cara menghilangkan noda oli juga cukup mudah, yaitu cukup gunakan cairan pembersih khusus mobil yang bisa kamu dapatkan di toko atau e-commerce. Pastikan untuk menggosok noda tersebut dengan lembut menggunakan lap microfiber atau spons pembersih mobil, kemudian bilasnya dengan air bersih. Perlu diingat bahwa jangan menggosok noda terlalu keras karena bisa merusak lapisan cat mobil. 

Ketika menangani noda di mobil, kita harus selalu memperhatikan jenis bahan pembersih yang digunakan. Gunakan cairan pembersih mobil yang dirancang khusus untuk membersihkan noda pada mobil. Hindari menggunakan bahan kimia keras yang dapat merusak lapisan cat mobil atau meninggalkan bekas noda pada mobil. 

Menjaga penampilan mobil agar tetap bersih dan bebas dari noda adalah suatu kewajiban bagi setiap pemilik mobil. Selain memberikan penampilan yang lebih baik, mobil yang bersih dan bebas dari noda juga dapat meningkatkan nilai jual mobil. Oleh karena itu, usahakan perawatan mobil dilakukan secara teratur.

Untuk memberikan rasa ketenangan dan keamanan selama berkendara dari berbagai risiko kerusakan hingga kehilangan, kamu juga perlu memiliki asuransi mobil. Dengan harga premi mulai dari 225 ribu rupiah per bulan, kamu sudah bisa mendapatkan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai dengan manfaat yang bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu. Layanan darurat yang tersedia selama 24/7 juga bisa kamu nikmati bikin berkendara jadi makin tenang. 

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!