cara cek oli mobil

Oli adalah salah satu komponen penting yang membantu pelumasan dan melindungi mesin agar dapat berfungsi secara efektif. Namun, setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, kualitas oli tentu saja akan memburuk dan jumlahnya akan berkurang karena terbakar. Oleh karena itu, cara cek oli mobil yang tepat dan teratur harusnya menjadi pengetahuan dasar bagi semua pengemudi untuk memastikan bahwa oli masih dalam keadaan yang baik dan jumlahnya cukup untuk melumasi seluruh sistem mesin pada kendaraan. Apabila kuantitas dan kualitas oli sudah menurun, jelaslah bahwa hal tersebut adalah tanda oli mobil harus diganti.

Konten:
  1. Cara cek oli mobil
  2. Kapan harus ganti oli mobil?
  3. Apa tanda oli mobil kurang?

Cara cek oli mobil

Cara cek oli mobil dan memastikan kelayakan kondisinya tidaklah sulit. Setiap pengemudi dapat melakukannya sendiri dengan mudah hanya dengan menarik tongkat pengukur atau dipstick. Namun, terdapat perbedaan pendapat mengenai kapan waktu yang tepat untuk memeriksa kualitas oli, apakah saat mesin mobil sudah dingin selama semalaman atau tidak lama setelah mesin mobil dimatikan.

Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil yang Benar agar Awet dan Tidak Mudah Soak.

Pendapat yang berbeda-beda seringkali terjadi di antara para ahli. Beberapa mengatakan bahwa yang terbaik adalah menunggu semalaman dan memeriksa kualitas oli pada pagi hari setelah mesin dingin, karena pada saat itu oli akan mengalir kembali ke bak oli dan akan memberikan hasil pengukuran yang lebih akurat. Namun, ini tergantung dengan apa yang ingin kamu periksa. Bisa sangat merepotkan dan memakan waktu bagi pengemudi yang ingin memeriksa kualitas oli dengan cepat. 

Cara cek oli mobil jika kamu hanya ingin mengecek kualitasnya, cukup mudah dan tidak perlu menunggu semalaman. Kamu dapat memeriksa kualitas oli setiap saat selama mesin dalam keadaan mati, atau bahkan setelah beberapa menit mesin dimatikan, karena yang perlu kamu lakukan adalah melihat warna oli. 

Kapan harus ganti oli mobil?

Untuk menjawah pertanyaan tentang kapan harus ganti oli mobil, setelah melakukan pengecekan warna oli mobil, jika oli mesin mobil sudah berwarna kecoklatan atau kehitam-hitaman, itu berarti kualitas oli sudah buruk, tidak layak pakai, dan tanda mobil harus ganti oli. Jangan anggap enteng tanda oli mobil harus diganti, selain agar performa mesin mobilmu tetap terjaga, juga agar tidak menimbulkan masalah-masalah lanjutan lainnya. 

Apa tanda oli mobil kurang?

Sedangkan jika kamu ingin memeriksa volume oli, memang disarankan untuk menunggu mesin mobil sudah dingin, misalnya pada pagi hari sebelum mesin mobil dinyalakan. Hal ini karena oli sudah turun secara merata ke bak oli, sehingga pengukuran volume oli bisa lebih akurat. 

Untuk memeriksa apakah ada tanda oli mobil kurang atau masih mencukupi, langkah yang harus dilakukan adalah: 

  1. Memastikan mobil dalam posisi datar dan tidak miring. 
  2. Pastikan mesin mobil sudah mati minimal 10 menit atau saat di pagi hari. 
  3. Kemudian, buka kap mobil dan tarik dipstick keluar dari tempat oli. 
  4. Perhatikan indikator pada dipstick berupa dua titik kecil yang berada di ujung dipstick. Jika volume oli berada di antara dua titik tersebut, berarti volume oli masih aman, tidak kurang atau tidak terlalu banyak.

    Apabila kamu menemukan tanda oli mobil kurang, terlalu sedikit atau terlalu banyak, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Oleh karena itu penting untuk secara teratur memeriksa level oli setiap 1-2 minggu/kali atau setidaknya sekali dalam sebulan 2. Oli yang terlalu sedikit mungkin bukan tanda oli mobil harus diganti, namun umumnya dapat ditambahkan. Namun perlu diingat bahwa volume oli yang sudah terlalu sedikit, apalagi jika hal ini terjadi secara tiba-tiba, dapat menjadi indikasi adanya masalah lain pada mobilmu. Ada baiknya kamu segera periksakan lebih lanjut ke bengkel resmi, atau bengkel terdekat pilihanmu.

    Baca juga: Pengaturan Suhu AC Mobil yang Benar Agar Hemat BBM.

    Nah mudah-mudahan penjelasan diatas menjawab beberapa pertanyaan tentang cara cek oli mobil, kapan sebaiknya ganti oli mobil , atau kapan perlu menambahkan oli mobil. Walaupun, secara keseluruhan, tidak ada waktu yang benar-benar salah atau benar-benar tepat untuk memeriksa oli, tapi tergantung dengan kebutuhanmu. Selama mesin mati atau dalam keadaan tidak terlalu panas, pengemudi dapat dengan mudah memeriksa kualitas oli untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik.

    Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan rasa tenang dalam perjalanan dengan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia, asuransi mobil dengan benefit yang mencakup layanan darurat (Emergency Roadside Assistance) 24/7. Dengan harga premi yang terjangkau, fleksibel, dan bisa cicilan, kamu bisa dapatkan proteksi untuk mobilmu secara online.

    Bagikan:

    Sebelumnya

    Indikator Bensin Menyala, Sejauh Apa Mobil Bisa Berjalan?

    Berikutnya

    5 Tanda Aki Mobil Soak Untuk Kamu Perhatikan dan Atasi
    Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

    Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

    Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

    |

    Lihat premi dalam 30 detik.
    Gak perlu kasih info kontak!

    Menu