Membeli mobil baru merupakan pengalaman yang menyenangkan, apalagi jika mobil yang kamu beli adalah mobil impianmu selama ini. Tetapi sebelum mobil tersebut bisa sampai ke tempatmu, mobil harus mengalami berbagai hal, seperti selama di dealer mobil mungkin diparkir di luar ruangan yang mungkin terkena panas atau hujan, atau jika kamu membeli mobil dari luar kota, mobil harus dikirim jalur darat atau laut selama beberapa hari.  

Cara cek mobil baru dari dealer yang tepat akan membantu kamu untuk fokus pada hal-hal yang mungkin terlewatkan oleh mata konsumen awam. Meskipun sudah lulus inspeksi di pabrik, karena sebab yang kadang tidak kita ketahui pasti, mobil baru mungkin memiliki beberapa cacat seperti goresan di bodi mobil, lembab pada beberapa bagian atau sistem yang tidak berfungsi dengan baik. Untuk dapat memastikan mobil barumu dalam kondisi yang baik, berikut beberapa cara mengecek mobil baru untuk membantu mencegah masalah yang terjadi pada mobil sehingga kamu bisa menikmati kualitas mobil baru yang maksimal.

Konten:
  1. Eksterior mobil 
  2. Interior mobil 
  3. Mesin mobil 
  4. Transmisi mobil 
  5. Ban mobil 
  6. Sistem kelistrikan 
  7. Dokumen mobil 
  8. Kelengkapan mobil baru 
  9. Bonus-bonus menarik

Berikut adalah cara cek mobil baru dari dealer, termasuk beberapa hal yang harus kamu periksa ketika menerima mobil baru dari tangan kurir/dealer: 

Eksterior Mobil

Pastikan kamu memeriksa setiap bagian eksterior mobil barumu. Pengecekan meliputi cek body mobil, pintu, kap mesin, serta jendela dan kaca spion. Pastikan tidak ada goresan atau baret pada bodi mobil dan semua panel dalam posisi yang benar. Periksa juga pintu mobil dan pastikan mereka terkunci dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa wiper dan lampu mobil. Hal ini penting untuk memastikan mobilmu siap digunakan dalam kondisi apapun. 

Interior Mobil

Selanjutnya, pastikan untuk memeriksa interior mobil. Pengecekan meliputi cek kualitas jok dan karpet, serta pastikan tidak ada bau tidak sedap di dalam mobil. Periksa juga semua kontrol, termasuk lampu dasbor, konsol tengah, kursi pengemudi dan penumpang, serta fitur-fitur lainnya. Pastikan juga AC bekerja dengan baik dan suhu dingin bisa diatur.

Baca juga: Salah Paham Asuransi Kendaraan yang Sering Terjadi, Apa Saja sih?

Mesin Mobil

Kamu bisa meminta mekanik dealer untuk membantumu memeriksa mesin mobil tersebut. Pengecekan meliputi cek oli mesin, air radiator, baterai, dan sistem kelistrikan. Pastikan semua berjalan dengan baik dan kondisinya sesuai dengan standar. 

Transmisi Mobil

Pastikan untuk memeriksa transmisi mobil baru dengan cek pedal gas, rem, dan kopling (jika mobil menggunakan transmisi manual). Pastikan semua berfungsi dengan baik dan mudah dioperasikan. 

Ban Mobil

Pastikan ban mobil baru dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan standar. Jadi kamu juga perlu tahu cara cek ban mobil baru seperti cara cek tekanan udara pada ban. Pastikan tekanan udara pada ban tidak kurang atau lebih. Periksa juga kondisi tapak ban mobil baru tersebut. Pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada ban. Jangan lupa untuk juga memeriksakan cadangan ban mobil baru tersebut. 

Sistem Kelistrikan

Kamu bisa cek sistem audio, power window, power door lock, power mirror, dan lainnya. Pastikan semua kontrol dan sistem elektronik bekerja dengan baik. 

Dokumen Mobil

Khusus dalam hal dokumen-dokumen kepemilikan mobil, kemungkinan besar, kamu tidak akan menerima dokumen-dokumen ini saat pertama kali mobil baru kamu terima. Jadi, kapan stnk mobil baru keluar? Bagaimana dengan plat nomor, kapan plat mobil baru keluar? Tergantung pada cara pembayaranmu (cash atau kredit) ketika membeli mobil baru, baik STNK maupun BPKB biasanya tidak langsung kamu terima. Ada proses mekanisme yang harus dilalui secara administratif sebelum akhirnya kamu menerima STNK dan BPKB.

Itulah beberapa hal yang perlu diperiksa sebelum mengambil mobil baru kamu. Pastikan untuk memeriksa dengan cermat setiap bagian mobil sehingga kamu bisa yakin mobil barumu dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Jangan ragu untuk meminta bantuan mekanik dealer jika kamu tidak yakin atau tidak bisa melakukan pengecekan sendiri.

Baca juga: Cara Mengecek Plat Nomor Kendaraan, Cek Infonya di Sini

Kelengkapan mobil baru

Diluar hal-hal teknis mobil seperti interior dan eksterior, mobil yang baru keluar dari dealer umumnya memiliki beberapa kelengkapan, yang bahkan beberapa diantaranya merupakan wajib untuk ada. Kelengkapan mobil baru tersebut diantaranya: 

  1. Kotak P3K 
    Kelengkapan mobil baru ini merupakan alat pertolongan pertama pada korban kecelakaan yang bahkan diwajibkan sebagaimana diatur dalam Pasal 57 butir 3 huruf G Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 
  2. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
    Direktur Jenderal Perhubungan tanggal 20 Februari 2020 lalu menandatangani peraturan yang mewajibkan pabrik mobil untuk menyediakan APAR pada setiap kendaraan yang mereka produksi mulai tahun 2021. Oleh karena itu, sebagai pembeli mobil baru, kamu perlu memastikan keberadaan APAR dalam mobil ketika menerimanya dari dealer. 
  3. Dongkrak
    Dongkrak sangat penting untuk melepas ban yang kempes atau bocor untuk kemudian memasang ban cadangan. Setiap mobil baru yang keluar dari dealer biasanya dilengkapi dengan dongkrak yang umumnya ditempatkan di bawah jok penumpang depan. Disarankan untuk tetap menjaganya di tempat tersebut dan tidak mengeluarkannya dari mobil agar selalu siap digunakan ketika diperlukan. 
  4. Segitiga Pengaman / Safety Triangle
    Item yang satu ini juga biasanya sudah termasuk dalam hal-hal yang ada dalam mobil baru. Sangat dibutuhkan saat kamu terpaksa berhenti dipinggir jalan karena keadaan darurat. Cara menggunakannya adalah dengan meletakkan segitiga keselamatan setidaknya 3 meter di belakang mobil. 

Bonus-bonus menarik

Selain hal-hal yang perlu diperhatikan diatas, pembelian mobil baru juga biasanya disertai bonus-bonus yang diberikan oleh pihak leasing. Hal ini banyak terjadi pada periode-periode promo. Cek dibawah ini kalau mau tahu saat kamu beli mobil baru dapat apa saja: 

  1. Cashback angsuran / potongan harga 
  2. Bonus aksesoris baik interior maupun eksterior 
  3. Bunga kredit yang lebih rendah 
  4. Lucky dip berhadiah langsung atau grand prize 
  5. Servis gratis 
  6. Bonus asuransi atau perluasan benefit asuransi mobil 

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu untuk memastikan kualitas mobil baru yang akan kamu beli dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Selain semua langkah di atas, untuk memastikan bahwa kamu tidak akan mengalami kesulitan jika hal yang tak terduga terjadi ketika berkendara, kamu bisa mulai berikan proteksi untuk mobil barumu dengan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia.  Dengan layanan Emergency Roadside Assistance yang tersedia 24/7 kamu jadi tidak perlu khawatir jika mobilmu mengalami masalah saat di jalan, selain itu kamu juga bisa dapatkan harga premi yang kompetitif serta pelayanan terbaik dari Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) Roojai Indonesia. 

Bagikan:

Sebelumnya

Menambal Ban Tubeless, Begini Metode yang Umum Dilakukan

Berikutnya

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Hitam, Biru? Penyebabnya?
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu