Menu

Biaya Operasi Ambeien

Dalam terminologi medis, ambeien dikenal sebagai hemoroid. Asal katanya berasal dari bahasa Latin, yaitu “haima” yang berarti “darah” dan “rhoos” yang berarti “aliran”. Setiap individu dilahirkan dengan hemoroid, yaitu struktur vaskular di sekitar anus yang bertugas mengontrol buang air besar.

Penyakit ambeien sering kali disebut sebagai wasir atau bawasir, yang merupakan pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah di dalam rektum atau di bagian luar anus, yang dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan pendarahan. Pembengkakan pembuluh darah di dalam rektum disebut hemoroid internal, sementara jika terjadi di bawah kulit sekitar anus disebut hemoroid eksternal. Pada kasus hemoroid internal, prolapsus (penonjolan) ke luar anus juga bisa terjadi.

Gejala penyakit ini dapat membaik dengan penanganan di rumah. Namun, sebagian pasien mungkin memerlukan penanganan medis di rumah sakit atau klinik, termasuk operasi. Berapa biaya operasi dan apa saja prosedurnya? Baca selengkapnya di sini!

Diagnosis ambeien 

Dalam mendiagnosis penyakit ambeien, dokter kamu akan melakukan pemeriksaan simpel melalui visual atau menggunakan alat tertentu. Dokter dapat melihat hemoroid eksternal secara langsung. Sedangkan untuk mendiagnosis hemoroid internal, dokter membutuhkan pemeriksaan kanal anus dan rektum.  

Mengutip Mayo Clinic, dua metode yang dipakai untuk mendiagnosis ambeien internal adalah: 

  1. Pemeriksaan digital: dokter menggunakan sarung tangan medis yang dilumasi jarinya untuk pemeriksaan rektum. Hal mengganjal seperti pembengkakan pembuluh darah akan diperiksa. 
  1. Inspeksi visual: ketika hemoroid internal terlalu lunak dirasakan pada pemeriksaan rektum, dokter mungkin membutuhkan pemeriksaan lanjutan bagian ujung usus dan rektum dengan alat seperti anoscope, proctoscope, atau sigmoidoscope.  
  1. Colonoscopy: kolonoskopi dibutuhkan untuk pemeriksaan jika terdapat gejala atau tanda kamu mungkin mengalami masalah sistem pencernaan lain, terdeteksi faktor risiko kanker usus, atau karena berusia paruh baya.  

Segera hubungi dokter jika kamu mengalami pendarahan rektum atau ambeien tidak membaik setelah seminggu atau lebih. Pendarahan rektum tidak selalu berarti ambeien, lho, apalagi ketika ada perubahan pola hidup yang mempengaruhi proses pencernaan. Pendarahan tersebut bisa jadi adalah penyakit lain, seperti kanker usus atau kanker anus. 

Pengobatan dan penanganan ambeien 

Untuk ambeien yang masih tergolong ringan dan hanya menimbulkan sedikit ketidaknyaman, dokter akan memberikan obat yang bisa dibeli di apotek, dalam bentuk krim, minyak oles, supositoria, atau pads. Obat-obat tersebut mengandung bahan seperti witch hazel, hydrocortisone dan lidocaine, yang dapat meringankan gejala perih dan gatal di sekitar anus dan rektum. 

Kembali mengutip Mayo Clinic, berikut pengobatan dan penanganan penyakit ambeien ketika obat-obatan yang dijual bebas tidak memberikan efek signifikan atau jika gejala dan kondisi penyakitmu semakin parah: 

Trombektomi Hemoroid eksternal 

Jika terjadi penggumpalan darah (trombosis) pada hemoroid eksternal sehingga menyebabkan perih hebat, dokter dapat memotong dan membuang pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Prosedur ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal dan semakin efektif jika dilakukan dalam rentang 72 jam semenjak terjadinya penggumpalan darah. 

Prosedur Invasif Minimal 

Untuk ambeien yang berdarah dan perih, dokter dapat melakukan prosedur operasi invasif minimal. Penanganan ini dapat dilakukan dengan rawat jalan dan biasanya tidak membutuhkan anestesi, yaitu: 

Rubber band ligation 

Dokter memasang satu atau dua gelang karet medis di sekeliling dasar hemoroid internal untuk memotong aliran darah ke pembuluh darah yang membesar tersebut. Ambeien akan mengecil dan lepas dalam rentang satu minggu. Selama terpasang gelang karet, kamu mungkin akan merasakan ketidaknyaman dan pendarahan sejak dua atau empat hari setelah prosedur.  

Sclerotherapy 

Dokter menginjeksi larutan kimia ke jaringan hemoroid sehingga pembengkakan mengecil. Prosedur penginjeksian mungkin akan menimbulkan sedikit perih atau tidak terasa sama sekali. Namun, penanganan ini kurang efektif dibandingkan rubber band ligation.  

Coagulation 

Metode penanganan penyakit ambeien ini dilakukan menggunakan laser atau inframerah. Dalam pelaksanaannya, prosedur ini menyebabkan pendarahan pada hemoroid internal hingga darah mengeras sehingga dapat diangkat.

Hernia adalah salah satu penyakit yang umum dialami oleh orang Indonesia. Cari tahu berapa biaya operasi hernia dan prosedur penanganannya.

Prosedur operasi ambeien 

Pada beberapa kasus, penderita ambeien membutuhkan operasi atau pembedahan. Operasi ambeien diperlukan jika semua penanganan dan pengobatan sebelumnya tidak berhasil atau ukuran ambeien semakin membesar.  

Mengutip Cleveland Clinic, berikut dua jenis operasi ambeien: 

Hemorrhoidectomy 

Dengan prosedur ini, dokter bedah memotong jaringan hemoroid yang menyebabkan pendarahan. Operasi dilakukan dengan anestesi lokal yang digabungkan dengan sedasi, anestesi spinal, atau anestesi total. Hemoroidektomi adalah cara paling efektif untuk mengobati ambeien yang parah dan kambuhan. Meskipun demikian, prosedur ini dapat menimbulkan komplikasi seperti kesulitan menuntaskan buang air kecil yang dapat berakibat pada infeksi saluran kemih. Komplikasi tersebut umumnya terjadi setelah anestesi spinal.  

Asuransi kesehatan perlu dimiliki oleh setiap orang yang sehat. Tahukah kamu dua jenis metode klaimnya? Cari tahu apa perbedaan mendasar antara asuransi kesehatan cashless dan reimbursement.

Hemorrhoid stapling 

Prosedur ini disebut juga stapled hemorrhoidopexy, bertujuan untuk memutus aliran darah ke jaringan ambeien. Operasi ini dilakukan untuk kasus hemoroid internal saja. Stapling umumnya menimbulkan rasa sakit yang tidak sebesar hemorrhoidectomy, meskipun sering diasosiasikan dengan risiko lebih besar untuk terjadinya kambuh dan prolaps rektum, di mana sebagian rektum prolaps (turun) ke luar anus. Komplikasi juga dapat terjadi, seperti pendarahan, nyeri dan kesulitan buang air kecil, dan juga kasus langka dan membahayakan seperti infeksi darah (sepsis).

Biaya operasi ambeien

operasi ambeien | roojai.co.id

Biaya operasi ambeien cukup bervariasi, tergantung tipe dan lokasi rumah sakit. Perlu diingat, selain biaya operasi, kamu juga perlu menyiapkan dana untuk biaya-biaya lain, seperti kamar rawat inap, obat-obatan, dan konsultasi dengan dokter, baik sebelum maupun sesudah keluar dari ruang bedah. Pemilihan tipe kamar juga akan mempengaruhi biaya totalnya.  

Melansir informasi dari biayatarif.com, biaya operasi ambeien tanpa BPJS bagi pasien umum di rumah sakit wilayah Indonesia, tanpa alat tambahan, adalah pada kisaran Rp4.000.000 sampai Rp8.000.000. Sedangkan jika dibutuhkan tambahan alat, biayanya mulai dari Rp10.000.000 hingga Rp30.000.000. 

Biaya operasi ambeien dengan BPJS

Biaya operasi ambeien sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk menggunakan BPJS Kesehatan.

Prosedur Pemakaian BPJS Kesehatan untuk operasi ambeien:

  1. Pastikan kepesertaan BPJS Kesehatan aktif
  2. Periksa penyakit atau keluhan ambeien di faskes pertama di puskesmas, klinik pratama, atau praktik dokter
  3. Dokter akan membuatkan surat rujukan ke tindakan operasi
  4. Surat rujukan ditujukan pada faskes tingkat lanjutan seperti rumah sakit atau dokter spesialis
  5. Datangi faskes tingkat lanjutan dan dokter spesialis akan menganjurkan tindakan yang diperlukan
  6. Jika operasi diperlukan maka dokter akan membuat jadwalnya
  7. Rawat inap hingga penebusan obat bisa ditanggung BPJS Kesehatan

Melansir dari laman resmi BPJS Kesehatan, pelayanan rujukan tingkat lanjutan mencakup:

– Administrasi, pelayanan

– Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis dasar

– Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi spesialistik

– Tindakan medis spesialistik, bedah maupun non bedah

– Pelayanan penunjang diagnostik lanjutan sesuai indikasi medis

– Rehabilitasi medis

– Pelayanan darah

– Pemulasaran jenazah peserta yang meninggal di fasilitas kesehatan

– Pelayanan keluarga berencana

– Perawatan inap non intensif

– Perawatan inap di ruang intensif.

Nah, kamu sudah mengetahui jenis-jenis operasi ambeien dan kisaran biayanya. Jika kondisi ambeien kamu semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Penyakit ambeien juga dapat dicegah dengan beberapa langkah. Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

image: freepik.com

Dr. Amalia Ika N

Ditulis oleh

Dr. Amalia Ika N

Medical Claim Manager

Sebagai lulusan fakultas kedokteran di Universitas Atma Jaya, dr Amalia sudah bekerja dibidang Kesehatan selama 2 tahun dan pernah memiliki sertifikat dibidang Kesehatan seperti ACLS dan Hiperkes. dr Amalia juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 11 tahun dan memiliki beberapa sertifikat untuk Underwriting & Claim, Basic Sharia dan Risk Management . Saat ini dr Amalia sebagai Medical Claim Manager senang berbagi tips dan pengetahuan seputar asuransi dan kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!