pentingnya asuransi kecelakaan

Ketika bekerja, bepergian, atau melakukan hobi seperti bersepeda, kamu selalu menghadapi risiko kejadian yang tak diinginkan, seperti kecelakaan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui fakta pentingnya asuransi kecelakaan. Asuransi kecelakaan merupakan proteksi yang kamu butuhkan sebagai pelengkap asuransi kesehatan.  

Menurut laporan Korlantas Polri, selama tahun lalu terjadi peningkatan jumlah kecelakaan hingga 34,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Selama Januari hingga September 2022 saja ada 94.617 kasus kecelakaan. Dari laporan yang sama, dicatat korban meninggal dunia akibat kasus kecelakaan berjumlah 19.045 jiwa atau naik sekitar 3,72 persen dibandingkan tahun sebelumnya.  

Dampak kecelakaan bisa beragam dan biasanya fatal. Terkadang efeknya temporer atau sementara, terkadang juga permanen. Selain berdampak terhadap fisik, kecelakaan juga memberikan dampak negatif dalam segi finansial dan kesehatan mental. Kondisi akibat kecelakaan dapat mengganggu kemampuan kamu bekerja. Akibatnya penghasilan kamu berkurang atau hilang selama masa pengobatan dan penyembuhan. 

Dalam konteks itulah muncul fakta pentingnya asuransi kecelakaan dalam proteksi finansial atas diri kamu dan keluarga yang kamu sayangi. Meskipun kamu sudah memiliki asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan akan memberikan beberapa manfaat yang lebih spesifik. Yuk, lanjut baca untuk menambah pemahaman kamu.

Apa itu asuransi kecelakaan?

Melansir Forbes, asuransi kecelakaan merupakan jaminan proteksi finansial atas risiko terjadinya kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian, cacat tubuh, atau disabilitas temporer ataupun permanen.  

Asuransi kecelakaan mengcover kamu dari risiko kematian, cacat tetap, biaya pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh kekerasan fisik atau kimia, kecelakaan (yang tiba-tiba dan tidak terduga), sehingga menyebabkan kamu menderita cedera badan yang sifat dan letaknya dapat diidentifikasi oleh ilmu kedokteran. 

Jika kecelakaan menyebabkan kematian, maka 100 persen uang pertanggungan diberikan kepada ahli waris yang sudah ditunjuk sesuai polis yang sudah disepakati sebelumnya. Asuransi kecelakaan juga dapat menanggung biaya-biaya rumah sakit, bahkan memberikan santunan tunai harian selama kamu dirawat. Kamu dapat memilih sendiri manfaat-manfaat sesuai dengan kebutuhan kamu.  

Fakta pentingnya asuransi kecelakaan

Dari berbagai sumber, berikut adalah 5 (lima) fakta pentingnya asuransi kecelakaan:  

  1. Asuransi kecelakaan merupakan asuransi tambahan yang melengkapi asuransi kesehatan atau BPJS kamu. Dalam beberapa kasus, biaya rumah sakit selama kamu dirawat setelah kecelakaan melebihi limit atau plafon asuransi kesehatan kamu. Jika demikian, asuransi kecelakaan dapat mengcover sisanya.  
  2. Asuransi kecelakaan juga mengcover kebutuhan yang tidak termasuk dalam asuransi kesehatan atau BPJS kamu. Contohnya: dalam proses penyembuhan kamu mungkin memerlukan kursi roda atau alat bantu gerak lainnya. Kebutuhan ini dapat kamu sediakan dengan manfaat dari asuransi kecelakaan. 
  3. Asuransi kecelakaan dapat menjadi pengganti penghasilan yang hilang bagi kamu yang bekerja sendiri, termasuk entrepreneur dan freelancer. Selama kamu fokus dalam penyembuhan, kamu tetap dapat mengatur keuangan dengan hati tenang.  
  4. Biaya asuransi kecelakaan lebih murah dibandingkan asuransi kesehatan. Fakta ini penting karena kamu tentu ingin manfaat yang besar dan sesuai dengan budget kamu. Selain itu, untuk membeli asuransi kecelakaan kamu tidak perlu melalui proses underwriting yang ketat seperti asuransi kesehatan. Kamu tidak perlu menunjukkan rekam medis apa pun untuk membuktikan cedera akibat kecelakaan.  
  5. Asuransi kecelakaan juga dapat mengcover risiko kecelakaan yang terjadi ketika kamu melakukan hobi atau olahraga ekstrim kegemaran kamu. Olahraga Ekstrim termasuk balap mobil, balap perahu, pacuan kuda, bersepeda, balap ski termasuk jet-ski, balap skate, tinju, lompat parasut, balon udara, gliding, bungee jumping, hingga scuba diving.

Sudah paham pentingnya asuransi kecelakaan? Yuk, pelajari juga cara mengurus asuransi kecelakaan dari daftar hingga klaim.

Jenis-jenis asuransi kecelakaan

Masih melansir Forbes, secara umum terdapat dua jenis asuransi kecelakaan, yaitu asuransi kecelakaan diri kelompok dan asuransi kecelakaan diri personal. 

1. Asuransi kecelakaan diri kelompok 

Perusahaan atau pemilik bisnis membeli asuransi kecelakaan kelompok untuk pekerja mereka, terutama yang termasuk ke dalam industri manufaktur dan konstruksi. Para pekerja industri tersebut terekspos oleh berbagai risiko kecelakaan. Dengan asuransi kecelakaan, pekerja yang mengalami kecelakaan di tempat kerja akan tercover secara finansial. 

2. Asuransi kecelakaan diri individu 

Sesuai dengan namanya, asuransi kecelakaan diri individu dibeli untuk proteksi personal dari risiko kecelakaan, seperti kecelakaan lalu lintas, hobi atau olahraga ekstrim, yang mengcover kematian akibat kecelakaan, disabilitas permanen atau temporer, dan lain-lain sesuai dengan manfaat yang dipilih. 

Bedanya dengan asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan membayar biaya-biaya perawatan kamu selama di rumah sakit. Pada dasarnya, perusahaan asuransi membayar langsung ke penyedia fasilitas kesehatan atau rumah sakit, baik dalam bentuk cashless maupun reimbursement.  

Sedangkan uang pertanggungan asuransi kecelakaan langsung diberikan kepada kamu sebagai Tertanggung atau ke ahli waris kamu (jika Tertanggung meninggal dunia dalam rentang waktu 12 bulan dari kecelakaan terjadi) 

Asuransi kecelakaan merupakan asuransi tambahan. Artinya, asuransi ini melengkapi asuransi kesehatan utama kamu atau BPJS. Dengan kombinasi dua asuransi tersebut, proteksi kamu akan semakin hebat.  

Sesuai dengan sifatnya yang saling melengkapi, maka asuransi kecelakaan akan membayar pengeluaran yang tidak dicover oleh asuransi kesehatan kamu, seperti biaya deductible (bayar sendiri) atau copayment. Selain itu, uang pertanggungan asuransi kecelakaan dapat dipakai untuk biaya lain, termasuk biaya sewa atau cicilan rumah, maupun pengeluaran bulanan seperti membayar tagihan, utang, dan lain-lain.  

Asuransi kecelakaan yang fleksibel

Nah, kamu sudah mengetahui fakta pentingnya asuransi kecelakaan. Kamu tidak perlu jauh-jauh mencari karena Roojai menyediakan asuransi kecelakaan yang fleksibel dan dapat kamu atur sesuai kebutuhan. Kamu dapat pilih satu atau lebih proteksi yang diinginkan. Kamu juga bebas atur besarnya uang pertanggungan sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.  

Selain itu, Roojai memberikan berbagai pilihan proteksi tambahan yang sesuai dengan gaya hidup kamu, seperti: proteksi untuk olahraga ekstrim dan kecelakaan akibat kendaraan roda dua.

Suka berolahraga? Kenali apa saja jenis cedera dalam olahraga dan apa saja pertolongan pertama saat cedera karena olahraga.

Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia dapat memberikan kamu proteksi dari risiko kerugian jangka panjang akibat kecelakaan. Asuransi ini memiliki berbagai manfaat, yaitu  santunan tunai sebagai pengganti pemasukan yang hilang akibat kecelakaan atau biaya perawatan di rumah sakit/klinik rekanan yang ditanggung secara cashless. Untuk kamu yang aktif, asuransi ini akan melindungi kamu dari risiko berbagai aktivitas seperti mengendarai kendaraan roda dua, hobi olahraga ekstrim, dan lainnya.  

Pastinya, Roojai memberikan harga terjangkau dan terbaik di kelasnya yang dirancang khusus untuk kamu. Yuk, luangkan waktu kamu untuk mempelajari lebih lanjut. Berikan proteksi terbaik untuk diri dan keluarga yang kamu sayangi.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!