Menu

asuransi penyakit kanker | roojai.co.id

Tren jumlah pengidap penyakit kanker di Indonesia menunjukkan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini seharusnya perlu dibarengi dengan upaya pencegahan, deteksi dini, dan perawatan yang tepat untuk mengatasi beban kanker. Untuk mengantisipasi beban finansial yang ditimbulkan penyakit kanker, memiliki asuransi penyakit kanker adalah salah satu langkah bijak. Apa manfaat asuransi penyakit kanker di segala usia?

Kanker di Indonesia

Secara global, jumlah kasus kanker terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan total kasus baru sebanyak 19,3 juta dan angka kematian sebanyak 10 juta pada 2020. Prediksi statistik memperhitungkan, angka tersebut terus meningkat, bahkan mencapai 47 persen kasus baru pada 2040. 

Bagaimana dengan Indonesia? Dilansir dari data Riskesdas yang tercantum di situs Kemenkes RI, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia mencapai 136 per 100.000 penduduk, atau berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, dan 23 di Asia. Data ini juga memperlihatkan kecenderungan peningkatan kasus kanker dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013, prevalensi kanker di Indonesia berada di angka 1,4 per 1000 penduduk. Angka ini kemudian meningkat menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. 

Peningkatan ini disebabkan beberapa faktor penyebab kanker seperti perubahan gaya hidup, pola makan yang tidak sehat, polusi lingkungan, perubahan demografis, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan medis rutin. 

Padahal seperti sudah umum diketahui, kanker merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian mengingat sifat sel kanker yang berkembang dengan ganas. Akan tetapi, perawatan kanker bukanlah hal yang sederhana. Sampai saat ini, setidaknya 6 jenis pengobatan kanker yang paling umum.

Penanganan kanker melibatkan serangkaian perawatan yang kompleks, seperti operasi, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, terapi target dan obat-obatan biologis. Setiap metode perawatan ini memakan biaya yang cukup besar. Misalnya saja kemoterapi yang biayanya bisa mencapai 20 juta sekali prosedur. 

Di luar itu masih ada biaya medis yang meliputi biaya konsultasi dokter, tes diagnostik, obat-obatan, perawatan inap atau rawat jalan, prosedur-prosedur medis lainnya. Dan juga biaya non-medis yang mencakup transportasi, akomodasi, perawatan paliatif, dukungan psikologis, dan layanan pendampingan. 

Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang paling umum untuk penyakit kanker. Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa ada berapa jenis kemoterapi yang bisa digunakan. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

Apa itu Asuransi Kanker

asuransi kanker | roojai.co.id

Asuransi kanker tidak sama dengan asuransi kesehatan biasa. Pada dasarnya asuransi kanker adalah perlindungan dan dukungan finansial yang diberikan kepada pemilik polis jika ia terdiagnosa mengidap kanker. Ada dua tipe asuransi kanker: 

  • Ketika pemilik polis didiagnosa mengidap kanker, nasabah akan menerima sejumlah uang seperti yang tercantum dalam polis. Uang tersebut bisa digunakan untuk membiayai pengobatan ataupun membiayai kebutuhan lain, baik yang terkait secara langsung maupun tidak langsung, dengan penyakit kanker tersebut. 
  • Ketika nasabah terdiagnosa dengan kanker, ia mendapatkan perlindungan finansial atas biaya-biaya yang terkait langsung dengan kanker. 

Manfaat ini bisa diperoleh pemilik polis setelah perusahaan asuransi menerima dokumentasi diagnosis kanker. 

Manfaat Asuransi Kanker di Segala Usia

Asuransi penyakit kanker bisa memberikan perlindungan yang signifikan bagi pasien kanker sekaligus menyediakan keamanan finansial dan akses ke perawatan yang tepat untuk segala usia. Berikut ini beberapa manfaat utama asuransi penyakit kanker: 

Perlindungan Finansial Mendesak

Penyakit kanker bisa menyerang siapa pun, tak peduli usia. Asuransi penyakit kanker memberikan perlindungan finansial yang penting untuk menanggung biaya perawatan medis yang mahal. Diagnosis kanker bisa menimbulkan beban finansial yang besar pada keluarga, termasuk biaya perawatan, obat-obatan, dan terapi yang diperlukan. Asuransi kanker membantu menanggung biaya finansial ini, memungkinkan fokus utama pada pemulihan tanpa khawatir tentang biaya yang harus ditanggung.

Akses ke Perawatan Terbaik

Asuransi kanker bisa membuka akses yang lebih mudah dan cepat ke fasilitas perawatan terbaik. Pemegang polis bisa mendapatkan layanan medis yang komprehensif, mulai dari pemeriksaan rutin sampai terapi canggih dan perawatan jangka panjang. Ini memungkinkan pasien mendapatkan perawatan yang tepat secara cepat, meningkatkan peluang kesembuhan dan kualitas hidup.

Perlindungan Tanpa Batas Usia

Asuransi kanker tidak memandang usia. Perlindungan ini bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan, dari anak-anak sampai lansia. Di usia muda, asuransi kanker dapat memberikan perlindungan jangka panjang yang membentuk dasar keuangan yang kuat dan memberikan kepastian bahwa mereka terlindungi di masa depan. Di usia lanjut, asuransi ini memberikan keamanan finansial bagi mereka yang mungkin lebih rentan terhadap risiko kanker.

Manfaat Tambahan

Selain memberikan perlindungan finansial, beberapa polis asuransi kanker juga menyediakan manfaat tunai yang bisa digunakan untuk membayar kebutuhan di luar medis, seperti konseling psikologis, dukungan emosional, atau bantuan keuangan selama masa perawatan. Ini memberikan bantuan yang luar biasa bagi pasien dan keluarga mereka, membantu mereka menjalani proses pengobatan dengan lebih kuat secara mental dan emosional.

Perlindungan Jangka Panjang

Asuransi kanker bisa memberikan perlindungan finansial jangka panjang karena memberikan tanggungan finansial ketika di masa mendatang pemilik nasabah terdiagnosa penyakit kanker. 

Asuransi kanker memiliki manfaat yang tak ternilai dalam menyediakan perlindungan finansial dan akses ke perawatan yang diperlukan bagi individu dari segala usia. Memiliki perlindungan semacam ini bisa menjadi langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan dan keamanan finansial bagi masa depan yang lebih baik.

Asuransi kanker tidak hanya tentang menanggulangi risiko kesehatan yang mungkin terjadi, tetapi juga memberikan rasa aman dan ketenangan pikiran yang sangat diperlukan dalam menghadapi ketidakpastian yang terkait dengan kesehatan.

Asuransi Kanker dari Roojai Indonesia merupakan asuransi kanker yang terjangkau dan mudah. Kamu bisa memilih santunan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kamu. Sebaliknya, jika memang diperlukan, kamu bisa menambahkan proteksi lainnya seperti Penyakit Jantung, Penyakit Saraf, Penyakit akibat Gigitan Nyamuk dan Penyakit Gagal Ginjal. 

Asuransi Kanker dari Roojai memberikan santunan tunai untuk kanker invasif, dari stadium awal sampai lanjut. Jika pemilik polis mengalami kanker stadium awal, maka ia akan menerima santunan sebesar 25 persen dari uang pertanggungan. Sisa uang pertanggungan sebesar 75 persen akan diterima jika pemilik nasabah didiagnosa kanker stadium lanjut. Sementara uang pertanggungan sebesar 100 persen akan diterima jika pemilik polis didiagnosa kanker stadium lanjut.

Manfaat Asuransi Kanker dari Roojai ini bisa kamu  dapatkan dengan premi mulai dari Rp20 ribu per bulan saja. Kamu juga bebas memilih uang pertanggungan yang diinginkan, dari 100 juta sampai 1 milyar rupiah.

Ditulis oleh

Dr. Amalia Ika N

Medical Claim Manager

Sebagai lulusan fakultas kedokteran di Universitas Atma Jaya, dr Amalia sudah bekerja dibidang Kesehatan selama 2 tahun dan pernah memiliki sertifikat dibidang Kesehatan seperti ACLS dan Hiperkes. dr Amalia juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 11 tahun dan memiliki beberapa sertifikat untuk Underwriting & Claim, Basic Sharia dan Risk Management . Saat ini dr Amalia sebagai Medical Claim Manager senang berbagi tips dan pengetahuan seputar asuransi dan kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!