Menu

Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil bagi Pemilik Mobil

Sebagai pemilik mobil yang melek asuransi, kamu tentu memahami bahwa asuransi dimiliki untuk memberikan proteksi finansial dari risiko-risiko yang dapat mengguncang stabilitas keuangan kamu. Bayangkan jika mobil kamu mengalami kerusakan besar. Berapa biaya perbaikannya? Karena itulah kamu perlu mengetahui keuntungan menggunakan asuransi mobil bagi pemilik mobil.  

Asuransi kendaraan atau motor vehicle insurance memberikan jaminan proteksi finansial dari risiko-risiko yang tidak disengaja, seperti kecelakaan, pencurian kendaraan, vandalisme, hingga rusak akibat bencana alam. Asuransi mobil juga memberikan ganti rugi biaya perbaikan jika kendaraan mengalami kerusakan ringan seperti lecet, penyok, hingga rusak total atau parah sekalipun.  

Jadi, perusahaan asuransi akan membayar sebagian atau semua perbaikan kerusakan kendaraan kamu sesuai dengan polis yang kamu miliki. Kamu nggak perlu merogoh tabungan atau dana darurat sampai begitu dalam. Dengan memiliki asuransi mobil, kamu dapat menjalani aktivitas dengan aman dan nyaman.  

Dalam artikel ini kamu akan mengetahui sekurangnya 6 (enam) keuntungan menggunakan asuransi mobil bagi pemilik mobil. Yuk, lanjut baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Melansir Insurance Information Institute, asuransi mobil adalah kontrak perjanjian antara kamu (Pemegang Polis/Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung) yang memberikan proteksi dari kerugian finansial yang dapat terjadi atas risiko kecelakaan atau kehilangan kendaraan kamu. 

Pada umumnya, lingkup pertanggungan asuransi mobil meliputi: 

  • property: contohnya kerusakan atau kehilangan mobil 
  • liability: tanggung jawab hukum terhadap pihak lain atas luka-luka atau kerusakan kendaraan 
  • medical: biaya penanganan luka, rehabilitasi, dan terkadang hingga penggantian pemasukan dan pengeluaran biaya pemakaman 

Kamu dapat memilih jenis asuransi yang memberikan perlindungan mana saja yang kamu butuhkan. Untuk mendapatkan proteksi sebagai Tertanggung, kamu perlu membayar biaya asuransi berupa premi. Sebagai timbal balik, perusahaan asuransi bersedia untuk membayar kerugian finansial jika risiko terjadi sesuai dengan isi polis yang sudah kamu setujui.

Baru beli mobil impian? Saatnya memberikan proteksi terhadap kendaraan kamu. Kenali jenis-jenis asuransi mobil dan lingkup proteksinya.

Berikut keuntungan menggunakan asuransi mobil bagi pemilik mobil yang dilansir dari berbagai sumber: 

Berkendara dengan rasa aman dan nyaman

Setelah kamu sebagai pemilik mobil mulai menggunakan asuransi mobil, perjalanan berkendara kamu akan terasa lebih aman dan menyenangkan. Kamu tidak perlu khawatir apabila mobil kamu mengalami kerusakan.  

Kendaraan kesayangan tersebut sudah memiliki jaminan proteksi dari asuransi mobil. Dengan perasaan aman dan hati tenang, kamu pun selamat sampai tujuan. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati ketika berkendara. Patuhi aturan lalu lintas dan saling menghargai terhadap sesama pengguna jalan.  

Proteksi kendaraan mobil dari kerusakan

Meskipun kamu sudah menjadi pemilik mobil yang taat dan pengendara yang waspada, risiko kecelakaan dapat terjadi tanpa disangka-sangka. Baik kecelakaan ringan maupun berat. Baik kecelakaan tunggal maupun dengan lawan.  

Akibatnya, kendaraan kamu mengalami kerusakan dan butuh diganti komponennya. Kamu tidak perlu khawatir soal biaya perbaikannya. Asuransi mobil akan mengganti pengeluaran tersebut.  

Jika kamu menggunakan asuransi mobil all-risk, setiap kerusakan ringan sampai berat akan diganti. Sedangkan jika kamu memilih asuransi mobil total loss only (TLO), kerusakan mesti minimal 75 persen dari nilai mobil. Kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya, yakni biaya own risk (OR) sekitar Rp300 ribu.  

Proteksi dari kehilangan mobil

Tindakan kriminal pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dapat menimpa siapa saja dan kapan saja. Modus operandi pelakunya pun semakin beragam. Kamu mesti waspada, tetapi asuransi mobil akan membuat kamu tidak perlu khawatir berlebihan. 

Dengan menggunakan asuransi mobil, kamu akan mendapatkan penggantian kerugian secara finansial akibat kehilangan mobil. Dengan demikian, kamu sebagai pemilik mobil yang hilang bisa mendapatkan mobil pengganti.  

Baik asuransi mobil all-risk maupun TLO sama-sama menjamin proteksi kehilangan mobil atau kendaraan kesayangan kamu. Meski demikian, kamu tetap harus berhati-hati dengan memastikan kendaraan aman, terkunci dengan baik, dan berada di bawah pantauan CCTV. Dengan rekaman CCTV tersebut, kamu dapat membuktikan kehilangan jika terjadi. Bukti tersebut dilampirkan ketika kamu melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

Klaim asuransi mobil mudah, kok. Hanya saja kamu perlu perhatikan hal-hal yang bisa membuat klaim asuransi mobil ditolak.

Menjaga keuangan keluarga tetap stabil

Goncangan terhadap stabilitas finansial kamu dapat terjadi jika mobil kamu mengalami kerusakan atau hilang karena pencurian. Kamu perlu merogoh tabungan atau dana darurat. Mungkin saja kamu perlu berutang ke sana kemari untuk menutup biaya perbaikan mobil yang mahal. Belum lagi kebutuhan serta tagihan bulanan tetap perlu dibayar dan dilunasi. Jangan sampai kamu jadi pusing tujuh keliling.  

Nah, beda ceritanya jika kamu menggunakan asuransi mobil. Meskipun tabungan kamu terbatas, biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dana darurat kamu pun aman. Kamu tinggal mengajukan klaim. Dengan demikian, tata keuangan keluarga kamu akan terus stabil. Kamu pun dapat melanjutkan hidup dengan senyuman karena pengeluaran serta pemasukan kamu mengalir tanpa ada gangguan.  

Mendapatkan fasilitas derek dan bengkel rekanan

Satu lagi keuntungan menggunakan asuransi mobil bagi pemilik mobil adalah kamu tidak perlu khawatir jika mengalami kerusakan mobil di jalan tol atau lokasi lainnya. Perusahaan asuransi mobil pada umumnya sudah bekerja sama dengan bengkel rekanan. Bahkan kamu dapat memperoleh fasilitas derek agar mobil segera dibawa untuk perbaikan lebih lanjut di bengkel.  

Proses klaim asuransi mobil di bengkel rekanan tentu lebih mudah dan simpel. Bengkel akan menghubungi pihak asuransi. Jika klaim kamu diterima, perbaikan segera dilakukan. Kamu tinggal duduk manis di rumah, menunggu mobil kamu kembali prima seperti sedia kala. Beberapa bengkel rekanan juga menyediakan fasilitas peminjaman mobil pengganti sementara mobil kamu dalam proses perbaikan.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil bagi Pemilik Mobil
Image by rawpixel on Freepik

Proteksi dari penurunan nilai mobil

Mobil dapat dijadikan aset, bahkan sebuah investasi, lho! Namun, setiap tahunnya harga jual kendaraan mengalami penurunan (penyusutan nilai). Keuntungan menggunakan asuransi mobil bagi pemilik mobil adalah kamu bisa menstabilkan harga jual kendaraan sehingga penurunan tidak terlalu drastis.  

Mobil kamu tetap terjaga dalam kondisi prima karena tiap kerusakan komponen dapat diganti dengan yang baru berkat asuransi mobil. Apabila kamu menjual mobil lengkap dengan asuransi, daya jualnya akan lebih tinggi. Kamu nggak perlu takut merasa rugi menjualnya.

Biaya asuransi mobil dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu. Pelajari di sini berapa biaya asuransi mobil all risk dan TLO. Kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Nah, kamu sudah tahu keuntungan menggunakan asuransi mobil bagi pemilik mobil. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!