Menu

Cara Memilih Asuransi Mobil All Risk yang Sesuai Kebutuhan Kamu | roojai.co.id

Ada begitu banyak risiko yang harus kita hadapi dalam keseharian kita. Bukan hanya terjadi pada diri sendiri, tetapi juga terhadap aset yang kita miliki. Dan ketika risiko tersebut terjadi, bukan nggak mungkin kestabilan kondisi keuangan kamu jadi terganggu. Untuk itulah diperlukan asuransi yang bisa menanggung risiko dan melindungi kondisi finansial kamu. Salah satu asuransi yang perlu dimiliki adalah asuransi mobil. Pasalnya, kendaraan merupakan aset yang nggak murah. Begitu pula kejadian kecelakaan pada kendaraan, risikonya sangat tinggi. Asuransi mobil all risk bisa membantu memberikan perlindungan yang luas ketika terjadi kecelakaan yang membuat mobilmu rusak, baik kerusakan kecil maupun besar. Untuk mendapatkan perlindungan terbaik, kamu perlu tahu cara memilih asuransi mobil all risk sesuai kebutuhan kamu.

Kenapa perlu asuransi mobil all risk?

Memiliki asuransi mobil bisa membuat kamu lebih nyaman dan tenang saat berkendara. Salah satu alasan kenapa  kamu perlu asuransi all risk karena asuransi ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang terjadi pada kendaraan, atas sebab-sebab yang tidak kita duga sama sekali. Misalnya saja ketika ditabrak mobil lain, banjir, kebakaran, atau bahkan pencurian. 

Mobil merupakan aset yang nilainya cukup besar dan sangat diperlukan dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Jika kendaraan mengalami kerusakan atau bahkan hilang, bukan cuma kerugian finansial yang dirasakan tapi juga immaterial. Oleh sebab itu, melindungi kendaraan dengan asuransi yang tepat merupakan hal yang ideal dilakukan. 

Saat ini ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih, yaitu: 

  • Asuransi mobil Total Loss Only (TLO): asuransi mobil yang memberikan perlindungan terhadap kehilangan dan kerusakan total yang terjadi pada mobil karena tabrakan, kejatuhan benda, kebakaran, pencurian, perampasan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Asuransi ini hanya memberikan pertanggungan jika mobil mengalami kerusakan atau kerugian total yang nilainya di atas 75% dari nilai mobil tersebut.
  • Asuransi mobil All-Risk: asuransi mobil ini memberikan perlindungan yang lebih luas, oleh sebab itu juga dikenal dengan nama asuransi mobil comprehensive. Asuransi mobil all risk memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan kecil maupun menyeluruh pada kendaraan, yang diakibatkan berbagai jenis kecelakaan pada kendaraan. Asuransi ini juga memberikan jaminan jika mobil dicuri, hangus karena kebakaran, atau rusak karena perampasan/perbuatan jahat. 

Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi mobil all risk bisa menanggung biaya perbaikan kerusakan yang minor sekalipun sehingga kamu bisa menjaga kondisi mobil dengan lebih baik. Mobil baret atau penyok akibat tabrakan bisa segera diperbaiki tanpa biaya yang memberatkan. Dengan demikian, kondisi kendaraan kamu bisa terjaga dan harga jual kembalinya tidak berkurang dari yang seharusnya. Untuk kamu yang selalu ingin memiliki kendaraan terbaru, hal ini tentu lebih menguntungkan. 

Selain itu, kerusakan minor yang di-cover oleh asuransi mobil all risk, cenderung lebih sering terjadi dibandingkan kecelakaan mobil dengan kerusakan total. Apalagi jika kamu berkendara di kota besar dengan kondisi lalu lintas yang padat. Padahal untuk memperbaiki kerusakan minor tersebut juga diperlukan biaya yang nggak sedikit. 

Memilih asuransi mobil all risk yang sesuai kebutuhan

Memilih asuransi mobil all risk sesuai kebutuhan | roojai.co.id

Memiliki asuransi kendaraan all risk artinya kamu lebih tenang karena perlindungannya yang lebih luas. Namun supaya perlindungan yang diperoleh jadi lebih maksimal, pastikan kamu menerapkan tahap-tahap ini ketika memilih asuransi mobil all risk

Perhatikan kredibilitas penyedia asuransi mobil all risk 

Penyedia asuransi adalah perusahaan yang mengelola asuransi, termasuk mengatur dan membayar proses klaim nasabah. Oleh sebab itu, kita perlu memastikan perusahaan asuransi yang kredibel, dengan melakukan survei dan mencari informasi mengenai perusahaan asuransi. Di era informasi sekarang ini, kita bisa dengan mudah mencari tahu reputasi perusahaan asuransi secara online. Kamu bisa melakukan pengecekan melalui website perusahaan asuransi tersebut maupun melalui ulasan di forum-forum online. Kamu juga bisa bertanya kepada teman atau orang-orang terdekat yang sudah menggunakan asuransi dari perusahaan tersebut.

Pelajari premi asuransi dan fitur layanan yang diberikan

Premi asuransi mobil all risk memang sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga perusahaan asuransi perlu mematuhi ketentuan tersebut. Premi asuransi mobil ditentukan berdasarkan beberapa hal seperti jenis kendaraan, tahun kendaraan dan wilayah kendaraan.

Semakin luas perlindungan asuransi mobil, semakin besar pula premi yang harus dibayar. Meski demikian, perusahaan asuransi bisa mengatur fitur dan layanan yang diberikan kepada nasabahnya. Sehingga kamu bisa menghemat premi asuransi mobil. Itu sebabnya, tidak ada produk asuransi mobil all risk yang sama persis. Pastikan kamu sudah mempelajari apa saja manfaat yang diberikan oleh produk asuransi mobil all risk tersebut dan fitur, perlindungan dan keuntungan tambahan yang diberikan. 

Mempelajari polis asuransi

Semua ketentuan tentang produk asuransi bisa dibaca di dalam polis asuransi. Untuk itu, penting bagi pemilik polis untuk mempelajari penjelasan asuransi secara terperinci. Dengan demikian, kamu tahu apa saja yang bisa diklaim, kapan asuransi berlaku, perluasan apa saja yang menjadi manfaat pemilik polis, dan bagaimana cara melakukan klaim.

Selain mempelajari polis, nasabah juga bisa mencari informasi secara jelas dari perusahaan penyedia asuransi tersebut. 

Pastikan jaringan bengkel rekanan yang luas dengan jaminan suku cadang asli dan garansi perbaikan

Perusahaan asuransi bekerja sama dengan bengkel rekanan untuk perbaikan kerusakan kendaraan yang penyebabnya ditanggung asuransi tersebut. Oleh sebab itu, memastikan rekanan bengkel yang luas dan kredibilitas bengkel rekanan perlu jadi salah satu faktor penentu dalam memilih asuransi mobil all risk. Hal ini akan membantu memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam menjangkau bengkel mobil terbaik saat kendaraan memerlukan reparasi. 

Asuransi mobil all risk dari Roojai Indonesia memiliki lebih dari 700+ bengkel mobil rekanan, dengan sekitar setengahnya adalah bengkel dealer resmi. Semua bengkel rekanan ini memberikan jaminan penggantian suku cadang asli sesuai dengan jenis dan merek mobil yang diasuransikan. 

Selain itu, bengkel rekanan ini memberikan garansi perbaikan selama 6 bulan setelah mobil selesai diperbaiki dan diserahterimakan kepada tertanggung. Artinya, kalau mobil kamu mengalami kerusakan setelah perbaikan di bengkel rekanan Roojai yang diakibatkan oleh kelalaian pengerjaan dan masih dalam masa garansi, kamu bisa meminta perbaikan ulang tanpa dikenakan biaya.

Ketahui ada tidaknya perluasan jaminan yang disediakan asuransi mobil all risk

Cek apakah asuransi mobil all risk memiliki asuransi tambahan atau rider. Asuransi tambahan ini memberikan perluasan jaminan pertanggungan dengan tambahan premi.

Beberapa pilihan perluasan jaminan asuransi mobil adalah:

  • tanggung jawab hukum pihak ketiga
  • kecelakaan diri
  • proteksi dari kerugian akibat bencana alam seperti banjir, badai, gempa, erupsi vulkanik, dan tsunami
  • proteksi dari kerugian yang disebabkan oleh huru-hara atau kerusuhan. 
  • proteksi untuk aksesoris mobil

Beberapa asuransi memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memilih dan menambah perluasan jaminan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian, nasabah bisa menambahkan rider yang sesuai dengan kondisinya. Misalnya jika kamu tinggal di wilayah yang rentan banjir, kamu perlu menambahkan perluasan perlindungan banjir. 

Selain itu, beberapa produk asuransi memberikan layanan ekstra. Asuransi mobil all risk dari Roojai Indonesia misalnya, memiliki layanan darurat yang tersedia 24/7 dan santunan uang transportasi kalau mobil kamu sedang diperbaiki di bengkel lebih dari 5 hari. 

Proses klaim mudah dan transparan

Pastikan kamu memilih produk asuransi mobil all risk dengan kemudahan proses klaim yang sesuai dengan preferensi kamu. Selain itu, pastikan prosesnya bisa dipantau secara realtime. Sehingga kamu akan langsung mendapatkan kabar jika proses klaim di tolak. Setiap perusahaan asuransi memiliki proses klaim yang berbeda-beda. Umumnya, nasabah diminta mengisi formulir klaim, menyertai dokumen seperti SIM, STNK dan polis asuransi, serta barang bukti. 

Asuransi mobil all risk dari Roojai memungkinkan proses klaim dilakukan melalui handphone dan email. Survei klaim juga bisa dilakukan melalui video call untuk menghemat waktu. Selain itu, status terkini terkait klaim juga selalu terinfo kepada nasabah melalui Whatsapp. 

Bandingkan beberapa produk asuransi mobil all risk 

Saat melakukan survei, jangan terpaku pada satu produk asuransi mobil all risk saja. Lakukan perbandingan beberapa produk asuransi mobil all risk dengan melihat berbagai aspek seperti: harga, reputasi dan kredibilitas perusahaan asuransi, fitur asuransi, pelayanan, dan aspek lain yang menurut kamu penting. 

Ketahui bagaimana cara membeli asuransi mobil all risk yang sesuai kebutuhan kamu

Saat ini ada banyak cara untuk membeli asuransi mobil all risk yang sesuai kebutuhan kamu. Selain melalui agen asuransi dan langsung dari perusahaan penyedia asuransi, cara praktis membeli asuransi mobil all risk adalah secara online. Salah satu asuransi mobil all risk yang bisa dibeli online adalah asuransi mobil all risk dari Roojai Indonesia. 

Memilih asuransi mobil all risk terbaik dari Roojai Indonesia

Asuransi mobil all risk dari Roojai Indonesia mencakup perlindungan utama yang kemudian bisa kamu sesuaikan dengan manfaat tambahan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan pertanggungan hingga 2 milyar rupiah, asuransi ini menawarkan kenyamanan dalam proses pembelian dan klaim yang mudah, yang dapat dilakukan secara online dengan didukung layanan contact centre yang bisa diakses 24 jam setiap hari. 

Cara membeli asuransi mobil all risk di Roojai Indonesia sangatlah praktis. Berikut ini langkah yang bisa kamu terapkan: 

  1. Kunjungi Roojai.co.id kemudian klik ikon Asuransi Mobil di halaman utama. Ada beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab terkait profil dan mobil kamu. 
  2. Kamu akan diarahkan ke halaman penawaran, silakan pilih dan atur manfaat asuransi yang sesuai kebutuhan, budget, dan kebiasaan kamu menyetir. Penawaran akan dikirim ke email kamu. 
  3. Kalau sudah cocok, kamu tinggal melakukan pembayaran langsung di website. Kamu juga bisa mendapatkan bantuan dengan klik tombol “Hubungi Saya”. Tim Contact Centre Roojai akan menghubungi kamu untuk membantu proses pembayaran polis asuransi mobil all risk. 
  4. Polis asuransi mobil all risk akan diaktifkan setelah inspeksi mobil dilakukan melalui video call dan disetujui. Detail polis dapat kamu akses 24/7 di website Roojai pada menu MyAccount. 

Itu tadi cara memilih asuransi mobil all risk sesuai kebutuhan kamu. Pastikan mobil kamu terlindungi dengan asuransi mobil all risk terbaik dari Roojai Indonesia.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!