Cat Full Body Mobil – Bagini Cara Klaim Asuransinya 

April 14, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Cat Full Body Mobil – Bagini Cara Klaim Asuransinya 

Katanya don’t judge a book by its cover. Tapi untuk urusan kendaraan, kondisi cat mobil kerap kali juga mencerminkan kondisi kendaraan. Namun kondisi cat mobil bisa jadi nggak sempurna ketika terjadi kecelakaan yang menggores mobil kamu. Nah kalau kamu punya asuransi, bagaimana cara klaim asuransi cat full body dan berapa perkiraan harganya?

Biaya cat mobil full body

Kondisi cat mobil yang lecet-lecet dan kusam memang mengganggu penampilan mobil. Selain dipandang kotor dan nggak terawat, mobil yang seperti ini juga menimbulkan asumsi kondisi mesin yang juga nggak terawat. Padahal, belum tentu kan?  

Jika kondisi cat yang rusak ini terjadi pada keseluruhan mobil atau sebagian besar mobil kamu, maka diperlukan cat full body mobil untuk mengembalikan kondisi mobil seperti sedia kala. Cat ulang ini perlu dilakukan pada kondisi cat mobil yang yang sudah sangat kusam, goresan cat yang cukup dalam yang nggak mungkin untuk direstorasi. Tapi berapa kira-kira biaya cat mobil full body? 

Biaya cat mobil full body ditentukan dari tingkat kerusakan, jenis cat yang digunakan dan seberapa luas body mobil yang perlu dicat ulang. Harga juga bisa berbeda-beda jika pengerjaannya dilakukan di bengkel body mobil yang resmi atau nggak resmi. Bengkel body mobil yang punya fasilitas lengkap, memiliki kualitas pengerjaan yang lebih baik.

Adapun estimasi biaya pengerjaan cat full body di bengkel body umum, kurang lebih seperti ini: 

  • Siram full body harga mulai dari Rp4.000.000, tergantung kondisi body mobil dan warna cat yang dipilih.  
  • Siram full body dengan bahan cat merek premium seperti Spies Hecker atau Sikkens, harga mulai dari Rp6.500.000 sampai 9 juta rupiah, tergantung dari besar body kendaraan yang dicat dan pilihan warnanya.  

Biaya tersebut tentu hanya untuk biaya cat mobil full body saja. Kalau mobil kamu juga mengalami penyok atau baret yang cukup dalam, maka biaya reparasi body atau bagian yang tergores tersebut belum termasuk.

Mau pelajari lebih jauh tentang asuransi mobil, tips dan berbagai dinamika nya? Simak artikel-artikel lainnya seputar asuransi mobil.

Memilih bengkel untuk cat full body

Dimana bisa melakukan cat full body untuk mobil kamu? Secara garis besar, pilihannya ada dua, bisa dikerjakan di bengkel resmi atau non resmi. Masing-masing punya keuntungannya sendiri-sendiri, tergantung dari preferensi kamu.  

Mengerjakan cat full body di bengkel resmi memang lebih disarankan. Alasan pertama, pilihan cat sudah pasti sama dengan yang sebelumnya. Ini penting saat kamu hanya ingin mengecat bagian body yang rusak saja. Berbeda hal kalau kamu memang ingin cat full body, maka perbedaan merek cat nggak akan terlalu bermasalah.  

Selanjutnya dari segi lama pengerjaan. Untuk pengerjaan di bengkel resmi biasanya memerlukan waktu antre yang lebih lama. Dengan jumlah bengkel resmi yang terbatas, antrean memang nggak bisa dielakkan. Berbeda kalau kamu ingin mengerjakan pengecatan ini di bengkel non-resmi yang pilihannya lebih banyak. Kamu pun lebih leluasa memilih bengkel yang antreannya lebih sedikit.  

Bagaimana dengan fasilitas pengerjaan, seperti alat cat dan pilihan catnya? Baik bengkel resmi maupun non-resmi bisa jadi memiliki fasilitas yang sama lengkap dan modern. Untuk memastikan hal ini sebaiknya kamu bertanya kepada customer service yang melayani. Pengerjaan dengan alat memberikan hasil yang lebih baik daripada pengerjaan secara manual.  

Yang penting dilakukan adalah mengecek kualitas hasil pengerjaan bengkel tersebut. Untuk mengetahuinya, sebaiknya kamu cari referensi dari pengguna yang sudah masuk terlebih dahulu. Kamu juga bisa cek review dari pelanggan sebelumnya melalui google maps atau forum otomotif.  

Cara klaim asuransi cat full body mobil

Kamu yang memiliki asuransi mobil bisa bersenang hati karena kerusakan cat mobil yang disebabkan oleh kecelakaan atau penyebab lain sesuai dalam polis, bisa ditanggung oleh asuransi.  

Ketahui juga kalau secara umum ada dua jenis asuransi mobil, yaitu Asuransi Mobil Total Loss Only dan Asuransi Mobil All Risk. Pada asuransi mobil TLO, pertanggungan hanya diberikan pada kerusakan yang nilainya lebih dari 75% dari nilai mobil itu sendiri. Sementara untuk asuransi mobil All Risk, sekecil apapun kerusakan atau risiko yang terjadi, maka asuransi akan dapat menanggungnya. 

Mengacu pada istilah cat full body, artinya kerusakan yang terjadi bisa diasumsikan lebih dari 75% nilai mobil. Terutama kalau kerusakan cat ini juga ditimbulkan dari kerusakan pada body. Jika demikian, maka baik asuransi mobil TLO maupun All Risk bisa mengganti kerugian dan mengganti biaya cat full body mobil.  

Lalu bagaimana cara klaim asuransi cat full body mobil? Yang pertama perlu kamu ingat adalah adanya batas waktu pelaporan atau pengajuan klaim, yang biasanya di kisaran 1 minggu setelah kejadian. Jadi segera lakukan pelaporan, sebelum batas waktu yang ditentukan. Apa saja yang perlu dilaporkan?  

Berikut ini cara klaim asuransi cat full body mobil: 

  1. Lampirkan bukti
    Segera setelah kejadian yang membuat cat mobil kamu rusak, ambil dokumentasi kondisi mobil tersebut. Bukti ini merupakan salah satu syarat pengajuan klaim ke perusahaan asuransi maupun kepolisian jika memang diperlukan.  
  1. Isi formulir pengajuan klaim
    Pengajuan klaim perlu dilakukan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh penyedia asuransi. Formulir bisa dalam bentuk digital, melalui aplikasi, ataupun manual. Dalam formulir tersebut kamu perlu menjelaskan kejadian yang menyebabkan kerusakan pada cat body mobil. Isi formulir dengan teliti, sesuai fakta yang terjadi. Lampirkan bukti-bukti yang bisa mendukung atau menjelaskan kejadian.  
  1. Lengkapi dokumen yang diperlukan
    Lampirkan dokumen-dokumen yang diminta pihak asuransi, seperti formulir klaim yang sudah diisi, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan surat keterangan polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan yang melibatkan pihak lain ataupun kerusakan fasilitas umum.  

Setelah pengajuan klaim dilakukan, pihak asuransi akan melakukan pengecekan atas pengajuan klaim dengan melakukan survei. Proses ini merupakan bagian dari persetujuan klaim, selain pengecekan atas keabsahan dokumen yang dilampirkan.  

Jika klaim kamu disetujui, pihak asuransi akan memberikan surat perintah kerja kepada bengkel untuk memperbaiki kerusakan pada mobil. Bengkel adalah fasilitas yang kamu pilih ketika mengajukan klaim.  

Pengerjaan perbaikan kerusakan sangat bergantung dari kebijakan bengkel yang kamu pilih.

Bagaimana dengan mobil yang masih dalam proses kredit, seperti apa klaim mobil yang masih kredit supaya cepat diproses? 

Ini pentingnya punya asuransi mobil

Harga cat mobil memang nggak murah. Sebab itu, asuransi mobil yang bisa menanggung kerusakan cat mobil akibat kecelakaan sudah pasti sangat menolong keuangan kamu. Apalagi kita nggak bisa memprediksi kapan kecelakaan terjadi, meskipun kita sudah berusaha untuk menghindarinya.  

Nggak hanya sebagai pengganti perbaikan cat mobil akibat kecelakaan, asuransi mobil juga punya manfaat lain, yaitu: 

  1. Perbaikan kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan
    Asuransi akan memberikan pertanggungan atas biaya atau kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan maupun pencurian.  
  1. Menjaga kestabilan keuangan
    Kecelakaan merupakan suatu kejadian yang nggak terduga, yang bisa datang kapan saja. Pengeluaran yang disebabkan oleh kecelakaan juga bisa sangat bervariasi, dari ratusan ribu sampai ratusan juta, jika kecelakaan menyebabkan kerusakan yang signifikan. Nah, di sinilah peran asuransi mobil bisa menjaga kondisi keuangan kamu. Dengan membayar asuransi, kamu bisa mengantisipasi kondisi emergensi. Jikapun terjadi kecelakaan parah, pertanggungan dari asuransi bisa melindungi kondisi finansial kamu.  
  1. Memberi rasa tenang dan nyaman
    Mengetahui adanya perlindungan dari asuransi, kamu bisa lebih tenang dalam beraktivitas. Meskipun kecelakaan terjadi, ada asuransi yang bisa menanggung kerugian finansial yang terjadi.  
  1. Adanya layanan tambahan
    Penyedia asuransi biasanya menyediakan layanan lebih yang bisa membantu kamu saat mengalami kecelakaan. Misalnya layanan derek, mobil pengganti ketika kendaraan kamu diperbaiki di bengkel, atau contact center yang bisa dihubungi 24 jam, dll.
Biaya cat mobil full body | roojai.co.id
Image by standret on Freepik
  1. Ekstra perlindungan, sesuai kebutuhan
    Kamu bisa menambahkan perluasan perlindungan supaya merasa lebih aman. Pilihan perluasan perlindungan yang bisa kamu tambahkan misalnya perlindungan dari pihak ketiga (third party liability)  atau perlindungan dari kerusakan akibat huru-hara atau bencana alam.  

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara klaim asuransi cat full body mobil kamu. Informasi mengenai cara klaim asuransi mobil biasanya sudah dijelaskan di dalam polis asuransi yang kamu terima dengan pembelian asuransi mobil. Penyedia asuransi juga menyediakan kontak layanan yang bisa kamu hubungi untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Selamat mencoba!

Nah kalau kamu sudah membaca dan paham seputar cara klaim asuransi cat full body mobil, jangan lupa untuk memastikan bahwa mobilmu sudah terlindungi proteksi Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia yang memberikan perlindungan finansial kepada pengemudi kendaraan untuk kendaraan mereka dan penumpang di dalamnya – dalam hal apabila terjadi kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, pencurian, bencana alam dan lainnya.