Asuransi Mobil Tanpa Survei Terpercaya

Maret 27, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Asuransi Mobil Tanpa Survei Terpercaya

Asuransi mobil tanpa survei terpercaya adalah salah satu pilihan mudah mendapatkan asuransi untuk kendaraan roda empat. Ada banyak pilihan asuransi mobil yang memberikan opsi tanpa harus survei kondisi mobil terlebih dahulu. 

Dalam ulasan kali ini, kamu akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenai keuntungan membeli asuransi mobil tanpa survey, tips memilihnya, jenis asuransi mobil, hingga besaran preminya. Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

Keuntungan membeli asuransi mobil tanpa survei

Apa yang menjadi keuntungan membeli asuransi mobil tanpa survei? Seperti yang kita ketahui, ketika membeli mobil baru, terutama secara kredit, akan dilengkapi asuransi all risk (comprehensive) untuk jangka waktu tertentu dan total loss only (TLO). 

Dengan kondisi mobil masih baru, tentunya pembelian asuransi mobil tidak dilakukan survei lagi. Berbeda ketika kamu membeli asuransi mobil terpisah dari paket pembelian mobil. Umumnya, pihak perusahaan asuransi akan melakukan survei untuk melihat kondisi mobil kamu. 

Tentunya survei ini akan merepotkan ketika kamu memiliki kesibukan seperti bekerja. Nah, salah satu keuntungan membeli asuransi mobil tanpa survei terpercaya adalah tidak perlu bertemu pihak asuransi dan biasanya dilakukan secara online di website atau aplikasi perusahaan asuransi maupun perusahaan insurtech. 

Roojai Indonesia membantu kamu untuk bisa memperoleh asuransi mobil tanpa survey dengan fitur video inspection, sehingga kapanpun kamu siap, kamu bisa melakukannya tanpa harus menunggu datangnya tim surveyor dirumahmu. 

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dari metode pembelian asuransi mobil dengan cara ini, yaitu: 

  1. Memudahkan konsumen karena dilakukan secara online dari pendaftaran hingga klaim. 
  2. Memudahkan konsumen membandingkan produk asuransi mobil yang tersedia, dari premi, manfaat, hingga bengkel rekanan. 
  3. Praktis dan hemat waktu karena konsumen tidak lagi menunggu pihak asuransi datang untuk melakukan survei terhadap kendaraan yang akan diasuransikan. 

Tips memilih asuransi mobil tanpa survei terpercaya

Untuk mendapatkan asuransi mobil tanpa survei terpercaya dan terbaik, tentunya kamu harus melakukan perbandingan terlebih dahulu. Poin apa saja yang bisa jadi perbandingan agar kamu mendapatkan asuransi mobil terbaik? Berikut beberapa tipsnya: 

1. Pilih yang sesuai kebutuhan

Apakah kebutuhan asuransi mobil kamu all risk atau TLO? Dua jenis asuransi ini wajib jadi pertimbangan kamu ketika akan memilih asuransi mobil. Berikut penjelasan singkatnya: 

  • Asuransi all risk preminya lebih mahal, tetapi pertanggungan atau manfaatnya lengkap dari goresan kecil pada mobil hingga kerusakan besar atau kehilangan. 
  • Asuransi TLO preminya jauh lebih murah, tetapi kamu hanya bisa klaim jika mobil hilang karena pencurian atau kerusakannya minimal 75 persen dari harga kendaraan. 

2. Memiliki bengkel rekanan luas 

Bengkel rekanan luas bukan hanya bengkel resmi dari merek mobil yang kamu miliki. Bengkel rekanan luas berarti bengkel lain dan terdapat di sejumlah kota di Indonesia. Hal ini memudahkan kamu ketika klaim. 

Kenapa bengkel rekanan luas penting untuk klaim? Misalnya ketika keluar kota dan mengalami kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Jika di kota tersebut ada bengkel rekanan, tentunya perbaikan kendaraan lebih cepat. 

3. Fitur layanan yang disediakan 

Mungkin beberapa dari kita berpikir layanan call center 24 jam tidak terlalu penting. Tapi, apa jadinya jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada malam hari dan di hari libur, sementara layanan call center tutup? Tentunya ini bisa merepotkan, bukan? 

Selain call center, perhatikan juga fitur layanan towing dan derek, hingga layanan pengantaran bensin ketika mengalami habis bensin saat dalam perjalanan. Lebih nyaman jika asuransi mobil yang kamu beli memiliki sejumlah fitur tersebut, ya! 

4. Layanan online 

Seperti yang kita ketahui, zaman sekarang semua serba online. Begitupun pelayanan asuransi dari pembelian, pembayaran premi, hingga klaim. Jika asuransi yang kamu beli tidak memiliki layanan ini, tentunya agak repot jika klaim harus dilakukan ke kantor cabang. Karena itu, pastikan asuransi mobil yang kamu pilih memiliki fitur layanan online.

Keuntungan membeli asuransi mobil tanpa survei
Image by peoplecreations on Freepik

Jenis asuransi mobil tanpa survei

Apa saja jenis asuransi mobil tanpa survei terpercaya yang tersedia saat ini? Berikut penjelasannya: 

1. Asuransi mobil all risk (comprehensive) 

Seperti penjelasan sebelumnya, asuransi all risk memberikan jaminan klaim atas semua jenis kerusakan, dari kerusakan ringan seperti goresan hingga kerusakan berat, dan kehilangan. Jika kamu membeli jenis asuransi mobil jenis ini, tentunya akan merasa semakin nyaman dan aman, terutama yang sering berkendara di jalanan padat dan macet. 

2. Asuransi TLO 

Asuransi TLO berarti menjamin kerugian atas kendaraan yang rusak minimal 75 persen atau kehilangan karena pencurian atau perampasan. Kekurangan dari asuransi ini adalah tidak menanggung kerusakan yang kurang dari syarat tersebut. Tapi, preminya memang lebih murah. 

Berapa premi asuransi mobil tanpa survei?

Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan membeli asuransi mobil, premi adalah poin yang harus jadi pertimbangan kamu. Untuk mendapatkan asuransi mobil, premi biasanya dibayarkan setahun sekali dengan masa pertanggungan satu tahun. 

Besaran premi ini tergantung jenis yang kamu pilih dan manfaat tambahan yang kamu inginkan. Premi asuransi telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 sehingga umumnya akan sama di semua jenis perusahaan asuransi yang terdaftar di Indonesia. 

Adapun premi asuransi all risk mulai dari Rp2 juta per tahun dan asuransi TLO mulai dari Rp400 ribu per tahun. Nominal premi juga ditentukan oleh harga mobil dan pelat mobil sesuai wilayah yang telah diatur otoritas. 

Apakah kamu sudah memilih asuransi mobil yang tepat? Kalau kamu masih belum tahu asuransi mobil yang kamu mau beli, pelajari juga artikel-artikel bertemakan asuransi mobil di blog Roojai untuk insight bermanfaat lainnya.