Menu

knalpot mobil keluar asap putih dan air | roojai.co.id

Saat berkendara kamu mungkin pernah melihat mobil yang mengeluarkan asap begitu tebal dari knalpotnya. Warna asap knalpot yang kita lihat juga bervariasi dari berwarna putih, abu-abu hingga hitam. Ternyata, dari warna asap knalpot tersebut, kita dapat mendeteksi masalah atau kerusakan apa yang terjadi pada mobil. Melalui artikel ini, kamu bisa mengetahui apa.

Arti warna asap knalpot mobil dan penyebabnya

Knalpot mobil keluar asap putih 

Warna asap putih merupakan salah satu warna asap knalpot mobil yang paling sering terlihat dan sering kali dianggap normal. Knalpot mobil keluar asap putih dan air pun tidak jarang terjadi, terutama di pagi hari saat mobil baru dinyalakan. Warna asap putih biasanya muncul ketika mesin mobil baru dihidupkan atau saat suhu mesin masih dingin. Hal ini karena air yang terkandung dalam emisi belum menguap sepenuhnya. Namun, jika warna asap putih masih terlihat setelah mobil berjalan beberapa kilometer atau terus muncul bahkan setelah mesin sudah panas dan asap yang keluar cukup tebal, bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem pendingin atau oli merembes (oli mesin yang bocor) ke ruang pembakaran.

Asap berwarna hitam

Asap hitam pada mobil yang keluar dari knalpot adalah tanda bahwa mesin mobil sedang mengalami masalah serius. Knalpot mobil keluar asap hitam biasanya terjadi karena adanya kerusakan pada ruang bakar mesin mobil atau ketika bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna masuk ke dalam knalpot, atau ketika mesin mobil terlalu kaya akan bahan bakar. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti busi yang rusak, filter udara yang kotor, atau injektor yang bermasalah. Knalpot mobil keluar asap hitam juga bisa disebabkan oleh kebocoran pada sistem bahan bakar atau masalah pada sistem emisi mobil. Jika warna asap hitam terus muncul saat mobil berjalan, sebaiknya segera periksakan mobil ke bengkel terdekat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. 

Asap berwarna abu-abu atau biru muda

Warna asap abu-abu atau biru muda mungkin terlihat kurang serius dibandingkan dengan warna asap hitam, namun sebenarnya tetap harus diwaspadai. Asap knalpot berwarna abu-abu atau asap biru pada mobil bensin biasanya muncul ketika ada minyak atau cairan lain yang bocor ke dalam ruang bakar atau saat suhu mesin terlalu panas. Hal ini dapat disebabkan oleh oli mesin yang berlebih sehingga yang menetes ke ruang bakar, atau masalah pada sistem pendingin yang menyebabkan mesin terlalu panas. Jika warna asap abu-abu atau biru muda terus muncul saat mobil berjalan, sebaiknya segera periksakan mobil ke bengkel terdekat untuk menemukan sumber masalahnya.

bau asap knalpot mobil menyengat | roojai.co.id

Karakter asap lain yang perlu diperhatikan

Selain knalpot mobil keluar asap putih, hitam, maupun biru, ada juga faktor lain yang perlu diperhatikan ketika memperhatikan asap yang keluar dari knalpot mobil, yaitu konsistensi dan bau asap. Konsistensi asap dapat memberikan petunjuk tentang seberapa banyak emisi atau gas buang yang dihasilkan oleh mesin mobil. Semakin banyak asap atau semakin tebal yang keluar dari knalpot, semakin besar kemungkinan ada masalah pada mesin. Sementara itu, bau asap bisa memberikan petunjuk tentang masalah khusus yang terjadi pada mesin, seperti bau asap knalpot mobil menyengat bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem bahan bakar. Selain bau menyengat, saat terjadi masalah pada sistem bahan bakar juga bisa menyebabkan asap knalpot bau bensin. 

Tanda masalah mesin menilai dari asap dan dampaknya

Penting untuk diingat juga bahwa masalah pada mesin mobil bisa berdampak serius pada performa kendaraan dan bahkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu, jika kamu melihat warna asap yang mencurigakan atau konsistensi dan bau asap yang tidak biasa, segera periksakan mobil ke bengkel terdekat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. 

Pastikan juga untuk miliki asuransi mobil sebagai perlindungan dari kerugian finansial jika masalah terlanjur terjadi pada mobilmu. Perbaikan mobil pasti akan merogoh kocek yang cukup dalam. Dengan memiliki asuransi mobil, kamu jadi lebih tenang jika terdapat kerusakan pada mobilmu karena biaya perbaikan akan dicover oleh asuransi. Di Roojai Indonesia, Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) bisa kamu dapatkan dengan premi mulai dari Rp225ribu/bulan. Dapatkan juga layanan Emergency Roadside Assistance yang tersedia selama 24/7 untuk membantumu kapan saja jika kamu mengalami masalah ketika berkendara. 

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!