Menu

cara jumper aki mobil | roojai.co.id

Cara jumper aki mobil perlu diketahui pemilik kendaraan. Ketika mobil jarang digunakan, maka akan sulit distarter sehingga membuat aki menjadi soak. Kalau sudah seperti ini, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan jumper aki mobil.

Jumper aki bisa dilakukan dengan  mengalirkan listrik dari sumber lain ke lokasi aki mobil yang sudah soak atau tekor. 

Bahkan, jumper aki juga bisa dilakukan ketika mobil tiba-tiba mogok di tengah jalan lantaran aki bermasalah. Penasaran seperti apa cara jumper aki mobil yang aman? Berikut ini ulasannya.

Persiapan sebelum jumper aki mobil

Jumper aki ini sebenarnya hanya solusi sementara sebagai salah satu upaya untuk memancing aki mobil yang tekor atau soak. Saat kondisi akinya sudah menyala, sebaiknya kamu segera membawa mobil ke jasa jumper aki mobil terdekat yang lebih professional untuk diperbaiki. Ada baiknya kamu mempelajari cara merawat aki mobil yang benar agar tidak mudah soak. 

Sebelum melakukan jumper aki mobil, kamu perlu mempersiapkan peralatan pendukungnya. Cara jumper dan menghidupkan mobil yang akinya soak atau tekor ini sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, harus dengan hati-hati. 

Sebelum melakukan jumper aki mobil, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, antara lain:

  • Cari mobil lain dengan kondisi aki yang sehat
  • Siapkan kabel yang cukup panjang untuk menghubungkan dua mobil dan alat jumper aki mobil lain yang yang diperlukan.
  • Pasang penjepit untuk hubungkan antar aki mobil.

Jika kamu sudah menyiapkan penjepit ini untuk jaga-jaga sebelumnya, maka tinggal dipakai. Kalau tidak, kamu bisa meminjamnya sekaligus ke mobil lain yang biasanya sudah menyiapkannya.

Kalau kamu belum punya, jangan khawatir karena kamu bisa membelinya di marketplace dengan harga mulai dari yang Rp50 ribu hingga Rp150 ribu. Simpan baik-baik di mobil kamu karena pasti akan diperlukan.

Cara jumper aki mobil baik untuk sedan atau truk, semuanya sama. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa untuk tidak sembarang mobil bisa melakukan jumper aki mobil truk

Perlu dicatat, daya aki truk besar, sehingga harus mendapatkan daya dari aki lain yang sama besar atau lebih besar. Jadi, gak boleh sembarang ya, lebih baik mempersiapkan aki cadangan jika sering terjadi.

Bukan cuma aki yang perlu diganti, oli juga penting bagi kendaraan kamu. Pelajari juga cara cek oli mobil agar kamu tahu kapan perlu menggantinya.

Kalau sudah tahu peralatannya, begini langkah persiapan jumper mobil aki mobil agar aman:

1. Posisikan tuas mobil dengan tetap

Langkah pertama adalah dengan menyesuaikan posisi tuas mobil untuk memperoleh tegangan aki yang sama dengan aki mobil yang soak tadi. Posisikan tuas mobil ini sesuai dengan jenis transmisi mobilnya.

Misalnya untuk mobil matic, maka cara jumper aki harus memastikan posisi tuas berada pada posisi P.  Sementara itu, jika transmisi mobil manual, kamu harus memastikan agar posisi tuas mobil berada di posisi netral.

2. Aktifkan rem tangan sebelum Melakukannya

Setelah menyesuaikan posisi tuas mobil, jangan lupa aktifkan rem tangan pada mobil yang akinya tekor untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yang mungkin saja bisa terjadi.

3. Nonaktifkan mesin dan seluruh perangkat kelistrikan

Matikan mesin dan seluruh komponen kelistrikan mobil sebelum melakukan jumper aki untuk meminimalisir resiko konsleting. Kalau sudah siap, baru nyalakan mesin untuk melakukan proses jumper.

4. Cabut perangkat di pemantik rokok

Langkah selanjutnya adalah mencabut semua perangkat yang terpasang di pemantik rokok seperti bluetooth receiver atau atau aksesoris lainnya untuk meringankan daya kelistrikan yang dibutuhkan mobil.

Kini beberapa produk mobil baru ada yang tidak dilengkapi dengan pemantik api mengingat adanya larangan merokok di dalam mobil agar lebih ramah lingkungan.

Cara jumper aki mobil yang tepat dan aman

Proses jumper aki mobil harus dilakukan dengan cara yang tepat dan aman agar tidak menyebabkan konsleting. Jadi, kamu perlu melakukan cara jumper aki mobil sesuai prosedur untuk memperkecil risiko tersebut selain masa guna aki lebih panjang.

Oh iya, tidak semua lho mobil tekor karena aus, bisa juga disebabkan karena pengendara lupa mematikan lampu dan mencabut kunci saat turun.

Jika kamu melakukannya dengan benar, masa pakai aki akan lebih awet lagi mengingat harga aki juga termasuk mahal. Lalu, bagaimana cara jumper aki mobil yang aman untuk mengatasi aki yang tekor atau soak?

1. Gunakan kabel jumper berkualitas

Gunakan kabel jumper atau kabel pemancing untuk memancing aki yang kondisinya lemah, tekor atau soak karena agar kelistrikan dalam mobil bisa berfungsi dengan baik, aki harus terisi daya.

Aki yang lemah atau aus, saat di awal menghidupkannya tidak mampu menyimpan daya. Oleh karena, aki butuh pertolongan dari kabel pemancing agar kembali terisi.

Jika kabel penghantar yang memiliki berkualitas, maka arus listrik yang terhantar pun akan semakin baik dan tidak habis karena kebocoran daya. Jadi, pakailah kabel jumper yang mempunyai kualitas baik dan besaran arusnya sudah tepat, seperti cara jumper aki mobil 24 volt.

Perlu diketahui, kabel jumper yang tidak berkualitas dapat mengakibatkan konslet dan kebakaran. Pastikan semua kabel sudah terpasang dengan baik dan benar sebelum memulai prosesnya.

2. Siapkan aki mobil lain yang masih bagus

Gunakan aki mobil lain yang masih bagus dan mempunyai kapasitas mesin yang lebih besar atau sama dengan mobil yang akinya tekor untuk mengangkat daya di awal, sehingga kelistrikan mobil bisa berfungsi normal lagi.

3. Dekatkan mobil atau aki yang masih bagus ke mobil yang mogok

Cara selanjutnya adalah dengan mendekatkan mobil dengan aki yang masih bagus dengan mobil mogok. Begini cara-caranya:

  • Dekatkan mobil dengan aki lebih bagus ke mobil yang akinya tekor.
  • Posisikan keduanya untuk saling berhadapan atau bersebelahan.
  • Jika tidak memungkinkan, atau kabel jumper terlalu pendek, maka lepas aki dari mobil yang bagus untuk didekatkan ke mobil yang mogok agar penghantaran daya listrik optimal dan memudahkan ruang gerak.

4. Hubungkan kedua kutub aki

Menghubungkan kabel jumper dengan kedua kutub aki adalah cara selanjutnya. Ingat ya, kabel yang bermuatan positif dihubungkan dengan kutub aki yang bermuatan positif juga. Begitu juga dengan kabel dengan kutub negatif.

Cara menjumper aki mobil yang benar saat menghubungkan kedua kutub aki adalah:

  • Matikan mobil secara secara keseluruhan.
  • Periksalah kedua kutub aki.
  • Hubungkan kabel jumper yang bermuatan positif (berwarna merah) dengan kutub positif aki mobil yang akinya tekor
  • Hubungkan juga kabel jumper yang bermuatan negatif (berwarna hitam) dengan kutub negatif aki mobil yang akinya tekor.
  • Pastikan aki dan kabel sudah terhubung dengan baik dan kuat.
  • Nyalakan mobil yang kondisi akinya baik selama 1-2 menit dan injak gasnya secara perlahan.
  • Hidupkan kembali mesin, jika berhasil tunggu beberapa saat.
  • Jika berhasil hidup, biarkan minimal 5 menit sambil menginjak pedal gas dengan putaran 2000 rpm
  • Kemudian mulai lepaskan kabel jumpernya mulai dari yang bermuatan negatif pada aki mobil yang tekor
  • Lanjutkan melepas kabel yang positifnya
  • Biasanya di awal akan sulit mengangkat dayanya, maka kamu perlu mengulangi beberapa kali.

5. Tunggu sekitar 10 detik agar aki terisi

Setelah semua langkah tersebut di atas dilakukan, tunggulah sekitar 10 detik. Biarkan mesin tetap menyala selama 10 menit agar aki mobil yang tekor sedikit sedikit mulai terisi.

6. Nyalakan mesin mobil yang mogok

Cara melakukan jumper aki mobil berikutnya adalah dengan menghidupkan mesin mobil yang mogok. Jika berhasil menyala, segera bawa ke bengkel jumper accu mobil terdekat agar mobil mendapatkan perawatan dan perbaikan secara profesional.

Cara jumper aki mobil dengan power bank

Cara yang lainnya adalah dengan charger atau power bank. Saat ini banyak power bank yang sudah dilengkapi dengan fitur khusus serta kapasitas yang besar.

Cara jumper menggunakan power bank ini hampir sama dengan saat menggunakan aki mobil. Namun, cara jumper menggunakan power bank prosesnya justru jauh lebih mudah. Tapi, kamu harus tetap hati-hati karena kalau salah bisa konslet.

Jumper aki mobil dengan power bank hanya untuk mobil yang menggunakan mesin bensin atau gasolin dengan kapasitas tidak lebih dari 4000 cc.

Pakailah power bank yang memiliki kapasitas daya yang besar dan juga sudah dilengkapi dengan fitur khusus. Namun, sebelum dipakai, pastikan kapasitas daya terpenuhi dengan baik. Sehingga proses jumper lebih mudah.

Berikut beberapa uraian mengenai cara melakukan jumper aki mobil menggunakan power bank yang sudah dilengkapi indikator pengaman agar power bank lebih awet dan tidak mengembung.

  • Pilih power bank jumper aki mobil terbaik.
  • Pastikan terlebih dulu daya power bank terisi penuh.
  • Lakukan penyambungan kabel.
  • Penjepit yang berwarna merah untuk yang bermuatan positif dan yang hitam bermuatan negatif.
  • Sambungkan dengan kutub aki sesuai dengan muatannya.
  • Pastikan indikator pengaman dalam keadaan mati.
  • Pencet tombol power yang ada di power bank.
  • Starter mobil.

Cara jumper aki mobil tanpa kabel

Cara ini bisa dilakukan jika tidak ada kabel atau power bank untuk jumper mobil. Proses jumper mobil tanpa kabel ini sangat sederhana, hanya memerlukan satu mobil yang masih hidup untuk melakukan jumper aki. Berikut langkah-langkah melakukan jumper mobil tanpa kabel:

1. Jika ada mobil serupa dengan mobil Anda, pinjam aki mobil tersebut yang masih hidup. Lepaskan terminal dan aki, lalu pindahkan ke mobil Anda.

2. Hubungkan baut terminal aki yang baru ke mobil Anda. Terminal berwarna merah ke positif dan warna hitam ke negatif.

3. Tempelkan terminal dengan kuat menggunakan tangan. Minta bantuan seseorang untuk menyalakan mobil.

4. Setelah mobil menyala, lepaskan terminal aki yang baru. Pastikan tidak ada kabel yang menyentuh bodi mobil untuk menghindari konslet.

5. Pasang kembali aki lama pada mobil Anda dan kencangkan terminalnya. Selama mesin masih hidup, aki akan terisi.

6. Jika Anda yakin aki sudah soak, segera bawa mobil ke bengkel. Namun, jika aki hanya kurang tenaga, periksa indikator aki untuk mengetahui apakah sudah terisi penuh atau belum.

Cara jumper aki mobil dengan motor

Selain itu melakukan jumper aki dengan mobil lain dan power bank, kamu juga bisa lho pakai aki motor. Caranya hampir sama dengan cara melakukan jumper aki mobil dengan menggunakan aki mobil lain yaitu mendekatkan motor atau akinya ke mobil yang mogok, lalu sambungkan kabel jumpernya.

Cara di atas bisa dijadikan sebagai jalan keluar kalau kamu mengalami mobil mogok karena aki mobil aus. Sebaiknya, untuk menghindari hal tersebut terjadi, rajinlah membawa kendaraan ke bengkel untuk dicek.

Nah, itulah beberapa informasi seputar jumper aki mobil, mulai dari persiapan dan caranya. Jangan lupa untuk selalu merawat mobilmu meskipun mobil jarang digunakan untuk menghindari aki mudah soak. Lengkapi perlindungan dengan asuransi mobil untuk menekan mahalnya biaya perawatan kendaraan di bengkel. Selain itu, asuransi mobil juga akan menanggung risiko mobil hilang dan rusak akibat kecelakaan sesuai polis.

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!