asuransi mobil online

Zaman sekarang semua serba online, beragam produk dan jasa bisa dibeli lewat online, termasuk asuransi. Salah satu kelebihan asuransi online adalah kamu bisa mendapatkan informasi sendiri dan memutuskan membeli tanpa paksaan dari agen atau siapa pun. Kamu tinggal membuka perangkat yang terhubung ke internet, lalu langsung meluncur melihat berbagai macam produk asuransi apa saja yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.  

Pastinya, asuransi mobil online memberikan jaminan proteksi finansial dari risiko tak terduga yang dapat terjadi atas aset kendaraan kamu, seperti kecelakaan, pencurian kendaraan, vandalisme, maupun kerusakan akibat bencana alam, dan lain-lain. Asuransi mobil online juga akan mengganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan ringan seperti lecet, penyok, hingga rusak parah atau total sekalipun, sesuai dengan polis yang kamu miliki.  

Jadi, apa itu asuransi mobil online? Yuk, lanjut baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Asuransi mobil online

Menurut Investopedia, asuransi mobil secara umum adalah perjanjian antara kamu (Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung), yang mana kamu bersedia atau setuju untuk membayar premi dengan harapan perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan, kehilangan, atau kerusakan lain atas kendaraan yang diasuransikan.  

Asuransi mobil online adalah asuransi mobil yang tersedia secara online. Kamu bisa memperoleh informasi dan melakukan pembelian secara online. Insurtech seperti Roojai Indonesia memberikan kemudahan bagi kamu dalam proses memiliki asuransi mobil. Selain website, tersedia juga kontak center yang dapat membantu kamu dalam memilih produk asuransi sesuai kebutuhan kamu. 

Jenis dan manfaat asuransi mobil online

Berdasarkan jenis manfaat pertanggungannya, asuransi mobil terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: 

Asuransi all risk 

Merujuk pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), asuransi all-risk (nama lainnya asuransi comprehensive) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 10 tahun.  

Asuransi TLO 

Jenis asuransi mobil TLO, merujuk PSAKBI, adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Sesuai dengan namanya, jaminan pertanggungan diberikan hanya ketika mobil mengalami kerugian total (total loss) dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil. Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 15 tahun, baik mobil baru maupun mobil bekas. 

Premi asuransi all risk lebih besar daripada premi asuransi TLO, tetapi asuransi all risk menanggung segala jenis kerusakan. Sedangkan TLO hanya menanggung kerusakan total atau di atas 75% nilai kendaraan. Pastinya, biaya asuransi sepadan dengan manfaat yang akan kamu peroleh.

Apakah biaya premi asuransi mobil itu mahal atau murah? Pelajari di sini berapa biaya asuransi mobil all risk dan TLO. Kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Perluasan jaminan

Selain dua jenis asuransi mobil di atas, ada juga asuransi tambahan atau rider. Kamu juga perlu mempertimbangkan asuransi tambahan ini sebagai perluasan jaminan pertanggungan. Dengan demikian, proteksi untuk mobil kamu semakin kuat dan luas. Ada beberapa pilihan perluasan jaminan, yaitu:  

Misalnya, komplek perumahan atau kantor kamu merupakan kawasan rawan banjir. Kamu dapat mempertimbangkan untuk menambah manfaat asuransi yang mengcover kerusakan akibat banjir.  

Jika kamu merasa diri sebagai tipe pengemudi ceroboh dan khawatir mengalami kecelakaan yang melibatkan pengendara lain, mungkin kamu bisa menambah manfaat tanggung jawab hukum pihak ketiga.

penyakit kritis

Membeli asuransi mobil online

Kelebihan lainnya membeli asuransi mobil online adalah pilihan produk yang beragam dengan premi sangat bersaing. Kamu dapat menentukan sendiri mau jenis yang mana dengan premi sesuai kemampuanmu finansialmu. 

Pada dasarnya, proses pembelian asuransi mobil online hampir sama di semua platform insurtech. Beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara membeli asuransi mobil online adalah: 

  1. Persiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, seperti tanda pengenal (KTP) dan dokumen kendaraan (STNK).  
  2. Kunjungi website insurtech atau perusahaan asuransi yang menyediakan pembelian asuransi online. 
  3. Pilih jenis dan manfaat asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. 
  4. Isi data pada formulir digital secara lengkap dan benar.  
  5. Simpan data dan kirim untuk proses pengajuan asuransi mobil online. 
  6. Tunggu balasan melalui email atau pihak asuransi akan menghubungi kamu secara langsung untuk membahas pengajuan yang kamu lakukan.  
  7. Pilih metode pembayaran dan lakukan transaksi premi pertama.  

Setelah mengetahui tahapan di atas, ternyata membeli asuransi mobil secara online terasa mudah, kan?

Kamu masih belum terbiasa membeli asuransi secara online? Simak 5 tips ketika belanja asuransi online.

Klaim asuransi online

Selain pembelian asuransi online yang cepat dan mudah, proses klaim juga cepat dan mudah. Semua dilakukan secara online. Kamu tidak perlu lagi mengirimkan dokumen kertas ketika mengajukan klaim. Semua komunikasi antara kamu dan perusahaan asuransi juga dilakukan secara online. Jangan khawatir klaimmu tidak diproses. Kamu bisa mengecek perkembangan klaim secara online dan real time. 

Sebagai insurtech, Roojai memungkinkan kamu dapat mengajukan klaim dengan cepat dan mudah. Kamu cukup mengirimkan dokumen yang diperlukan melalui email. Kami akan memproses klaim setelah menerima semua dokumen secara lengkap, lalu mengirimkan jumlah klaim yang disetujui ke rekening kamu.  

Tips membeli asuransi mobil online

Perhatikan hal-hal berikut agar kamu dapat memilih asuransi mobil online yang sesuai dengan kamu. 

1. Biaya premi 

Pastikan kamu sudah menyisihkan dana untuk membayar premi asuransi. Pilih asuransi dengan premi yang sesuai dengan kemampuan kantongmu. Premi asuransi mobil online dipengaruhi oleh nilai pertanggungan dan wilayah tempat kamu membeli mobil.  

2. Reputasi perusahaan asuransi 

Kamu dapat mengecek testimoni yang diberikan nasabah perusahaan asuransi melalui internet ataupun dari keluarga, kerabat, dan teman kamu. Kamu dapat melihat juga seberapa banyak bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.  

3. Bandingkan polis dari beberapa perusahaan asuransi 

Kamu dapat membandingkan biaya premi dan isi polis dari beberapa perusahaan asuransi online. Dengan demikian, kamu memperoleh yang terbaik dan cocok bagimu.  

4. Lengkapi syarat mendaftar  

Setelah memilih produk asuransi mobil  online yang cocok untuk kamu, lengkapi syarat dokumennya. Berikut dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran asuransi mobil online

5. Pahami cara klaim asuransi 

Perhatikan batas waktu klaim dari waktu risiko terjadi. Bacalah semua syarat dan ketentuan yang berlaku pada polis asuransi. Kamu bisa menghubungi kontak center untuk penjelasan lebih mendetail.

Setelah memiliki asuransi mobil, pelajari bagaimana cara klaim apabila kecelakaan terjadi menimpa kendaraanmu. Biar kamu tetap siaga dan semakin nyaman ketika berkendara.

Nah, kamu sudah tahu cara tentang asuransi mobil online, cara membeli dan klaimnya. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!