Syarat Klaim Asuransi Mobil I Roojai.co.id

Syarat klaim asuransi mobil meliputi: polis aktif, laporan tepat waktu, klaim sesuai jenis asuransi, serta dokumen lengkap seperti KTP, STNK, dan formulir klaim.

Klaim asuransi mobil merupakan proses yang dilakukan pemegang polis untuk mendapatkan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan kendaraan yang dijamin dalam polis. Setelah menerima laporan dan dokumen pendukung, perusahaan asuransi akan memverifikasi dan menyetujui klaim jika semua syarat terpenuhi.

Dalam artikel ini, Roojai akan mengulas secara lengkap apa saja syarat klaim asuransi mobil agar prosesnya berjalan lancar dan tidak mengalami penolakan.

Konten

  1. 5 Syarat Klaim Asuransi Mobil
    1. Proses Klaim Asuransi Mobil
      1. Asuransi Mobil Terbaik Roojai
      2. Pertanyaan Seputar Syarat Klaim Asuransi Mobil

        5 Syarat Klaim Asuransi Mobil

        Agar klaim asuransi mobil kamu diproses dengan lancar, penting untuk memahami dan memenuhi beberapa syarat utama. Berikut ini adalah poin-poin penting yang wajib diperhatikan sebelum kamu mengajukan klaim:

        1. Polis asuransi mobil kamu aktif

        Sebelum mengajukan klaim, kamu harus memastikan status polis aktif dan memahami secara rinci jenis kerusakan yang ditanggung polis. Dengan begitu, kamu dapat menghindari risiko penolakan klaim dan memastikan bahwa perlindungan yang diberikan sesuai dengan kebutuhanmu.

        2. Laporan disampaikan dalam batas waktu

        Kamu juga perlu memperhatikan batas waktu untuk melapor klaim. Jangan menunda-nunda, segera laporkan sebelum terlambat. Setelah kejadian kecelakaan, yang menyebabkan mobil rusak, atau kehilangan mobil, kamu mesti segera mendokumentasikan dan menuliskan kronologinya (laporkan ke pihak kepolisian).

        Ambil video atau foto keadaan kendaraan kamu terutama pada bagian yang mengalami kerusakan. Langsung isi formulir yang disediakan oleh perusahaan asuransi dan kirimkan melalui email.

        3. Klaim berdasarkan jenis asuransi mobil

        Pastikan juga klaim kamu sesuai dengan isi polis yang kamu punya. Jika asuransi yang kamu miliki adalah jenis TLO, maka kamu tidak bisa mengajukan klaim untuk kerusakan yang kecil atau sedang. Asuransi mobil TLO mensyaratkan mobil mengalami kerusakan minimal 75% dari nilai kendaraan tersebut. Asuransi ini hanya untuk kerusakan parah hingga total, termasuk kehilangan/pencurian mobil yang tidak disengaja.

        Sedangkan untuk asuransi mobil All Risk, kamu dapat mengajukan klaim untuk kerusakan kecil seperti spion patah ketika masuk gang atau mobil terserempet pengendara lain di jalan raya. Namun, sekali lagi cek apakah jenis kerusakan itu ditanggung sesuai polis asuransi yang kamu miliki.

        Kejadian risiko tidak termasuk pengecualian

        Syarat berikutnya adalah mobil kamu tidak sedang digunakan untuk perbuatan yang termasuk pengecualian pertanggungan. Berikut daftar pengecualian pertanggungan asuransi mobil, baik asuransi All Risk maupun asuransi TLO:

        4. Kelengkapan dokumen klaim terpenuhi

        Kamu harus segera melengkapi semua dokumen wajib klaim asuransi yang diminta oleh pihak perusahaan. Dokumen-dokumen ini penting untuk memastikan kelengkapan dan kelancaran proses pengajuan klaim asuransi mobil, antara lain:

        1. Polis asuransi mobil yang masih aktif
        2. Formulir pengajuan klaim
        3. Fotokopi KTP, SIM, dan STNK
        4. Formulir klaim lengkap dengan tanda tangan
        5. Bukti laporan kepolisian (jika terjadi kecelakaan)
        6. Kronologi tertulis terjadinya kecelakaan (jika terjadi kecelakaan)
        7. Dokumentasi kondisi kendaraan pasca kejadian dan ketika kejadian (jika memungkinkan)

        Jika kejadian seperti kecelakaan melibatkan tuntutan hukum dari pihak ketiga (pengguna jalan lainnya), maka kamu perlu melengkapi tambahan dokumen berikut:

        1. Fotokopi KTP, SIM serta STNK pihak ketiga
        2. Surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang ditandatangani di atas meterai
        3. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi kendaraan bermotor
        4. Surat keterangan polisi berisi kronologi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga

        Sedangkan apabila mobil kamu hilang karena curanmor, kamu perlu melengkapi dokumen syarat klaim asuransi kehilangan mobil seperti berikut ini.

        5. Prinsip niat baik (utmost good faith)

        Prinsip niat baik merupakan dasar penting dalam asuransi. Artinya, jangan ada niat untuk mengelabui satu pihak oleh pihak lainnya dengan memberikan informasi yang tidak benar atau palsu. Petugas klaim akan melakukan pengecekan kebenaran dan keabsahan dokumen pada klaim yang kamu ajukan. Jika menimbulkan kecurigaan, petugas klaim akan melakukan penyelidikan hingga tervalidasi apakah klaim tersebut benar sesuai atau tidak.

        Proses Klaim Asuransi Mobil

        Tidak hanya mengetahui apa saja syarat klaim asuransi mobil, kamu pun perlu paham bagaimana berjalannya proses klaim. Pada umumnya, proses klaim asuransi mobil adalah sebagai berikut:

        1. Laporan kepada perusahaan asuransi

        Untuk melakukan klaim, haruslah terjadi risiko yang menyebabkan kerugian finansial. Contohnya, mobil nasabah mengalami kerusakan karena kecelakaan di jalan raya. Laporkan kejadian tersebut sesegera mungkin, jangan menunda-nunda. Segera dokumentasikan (rekam atau foto) bagian-bagian yang rusak.

        Dengan kemajuan teknologi informasi, klaim dapat dilakukan dari mana dan kapan saja secara online. Persiapkan dokumen dan informasi yang diperlukan, lalu isi formulir klaim asuransi digital yang telah disediakan secara praktis oleh perusahaan asuransi. Jika klaim asuransi berupa tagihan perbaikan di bengkel, pastikan struk tagihan asli memiliki penanda validasi resmi.

        2. Pengecekan laporan klaim

        Begitu perusahaan asuransi menerima laporan beserta dokumen dan data pendukung, departemen klaim asuransi akan melakukan pengecekan (validasi) terhadap laporan tersebut. Apakah kerusakan mobil atau kecelakaan itu benar-benar terjadi? Apakah sesuai dengan syarat dan jenis tanggungan dalam polis kamu? Apakah dokumen yang dilampirkan sah alias valid?

        Petugas klaim dapat pula melakukan penyelidikan lebih lanjut jika laporan kamu menimbulkan pertanyaan atau kecurigaan. Jika masih ada dokumen yang kurang, kamu wajib melengkapinya.

        3. Penentuan klaim diterima atau ditolak

        Kemudian, perusahaan asuransi akan memutuskan menerima atau menolak klaim asuransi mobil yang kamu ajukan. Semua keputusan tersebut berdasarkan proses pengecekan dan validasi yang telah dilakukan sebelumnya. Pastikan semua syarat dan dokumen klaim terpenuhi agar klaim kamu tidak ditolak.

        4. Pembayaran jika klaim diterima

        Berdasarkan keputusan klaim diterima, perusahaan asuransi akan mengganti kerugian finansial yang kamu alami. Pembayaran dilakukan dalam rentang waktu yang telah ditentukan dan langsung ke rekening Pemegang Polis. Tentunya jumlah yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan di dalam polis yang sudah kamu setujui sebelumnya.

        Selain itu, jika klaim berupa proses perbaikan di bengkel rekanan, mobil kamu akan segera diperbaiki setelah klaim dinyatakan diterima. Dengan demikian, proses klaim kamu selesai. Sebaiknya kamu juga menyimpang bukti klaim asuransi yang sudah kamu lakukan.

        Asuransi Mobil Terbaik Roojai

        Mengetahui syarat klaim asuransi mobil adalah langkah awal agar proses klaim berjalan lancar dan tidak ditolak. Kabar baiknya, prosedur klaim mobil online kini semakin mudah dan bisa dilakukan langsung dari rumah.

        Roojai menawarkan asuransi mobil dengan fitur klaim digital yang cepat, transparan, dan praktis. Untuk perlindungan menyeluruh terhadap kerusakan ringan maupun berat, kamu bisa memilih asuransi mobil All Risk yang siap memberikan manfaat maksimal dan layanan klaim online yang efisien.

        Pertanyaan Seputar Syarat Klaim Asuransi Mobil

        Berapa lama proses klaim asuransi mobil?

        Proses klaim asuransi mobil umumnya memakan waktu 3–14 hari kerja tergantung kelengkapan dokumen dan jenis klaim. Klaim kehilangan bisa memakan waktu lebih lama karena proses investigasi. Untuk klaim asuransi mobil di Roojai, kamu berkomitmen menyelesaikannya dalam waktu 3-5 hari kerja setelah dokumen lengkap kami terima.

        Kenapa klaim saya bisa ditolak?

        Penolakan klaim asuransi bisa terjadi karena beberapa sebab, misalnya polis tidak aktif, dokumen tidak lengkap, atau kejadian tidak termasuk dalam pertanggungan. Usaha pemalsuan data juga jadi alasan utama penolakan klaim kendaraan.

        Apa bedanya klaim asuransi TLO dan All Risk?

        Klaim TLO hanya berlaku jika kerusakan mencapai minimal 75% atau kehilangan total. Sementara itu, All Risk memungkinkan nasabah untuk mengajukan klaim kerusakan ringan seperti goresan atau spion patah, sehingga perlindungan yang diberikan menjadi lebih menyeluruh.

        Mengapa ada biaya klaim asuransi mobil?

        Menurut ketentuan OJK, pengajuan klaim asuransi mobil yang disetujui akan dikenakan biaya risiko sendiri atau deductible asuransi mobil sebesar minimal Rp300.000 per kejadian untuk kendaraan pribadi. Ketentuan ini bertujuan agar tertanggung turut berbagi tanggung jawab atas klaim yang diajukan.

        Apakah bisa klaim asuransi mobil karena kesalahan sendiri?

        Klaim karena kerusakan sendiri seperti menabrak pagar rumah sendiri atau menyenggol tembok saat parkir bisa ditanggung jika kamu memiliki asuransi All Risk. Pastikan kerusakan tidak termasuk dalam pengecualian dan dokumentasi lengkap tersedia.

        Heru Panatas

        Ditulis oleh

        Heru Panatas

        Motor Vehicle Claim Manager

        Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

        Bagikan:

        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!