Menu

Alasan Kamu Harus Memiliki Asuransi All Risk untuk Mobilmu | Roojai.co.id

Selamat buat mobil baru kamu, ya! Untuk proteksi kendaraan menyeluruh, kamu perlu memiliki asuransi all risk untuk mobil baru tersebut. Eh, memangnya sepenting itu, ya? Mungkin kamu akan bertanya begitu. Kamu juga berpikir bahwa mobil baru kan masih gres dan nggak bakal cepat rusak. Hmm, coba dipikir lagi, deh.

Ketika berkendara, masalah tak terduga bisa saja terjadi meskipun kamu sudah ekstra hati-hati. Tabrakan yang tak terhindarkan akan membuat mobil baret, penyok, bahkan rusak parah. Kejadiannya bermacam-macam, mulai dari kecelakaan tunggal ringan, diserempet pengendara lain, bahkan bisa saja mobil rusak karena ulah usil tangan manusia ketika mobil kamu terparkir. 

Mungkin kamu bisa membayar sendiri biaya perbaikan baret atau lecet yang kecil. Namun, untuk kerusakan mobil sedang atau parah, kamu membutuhkan bantuan mekanik bengkel, sedangkan biaya perbaikan kendaraan cukup tinggi. Jangan sampai kamu merogoh isi tabungan atau dana darurat terlalu dalam. Apalagi kalau sudah berencana mau ambil cuti dan liburan ke luar negeri sekeluarga. Sayang uangnya, kan?

Nah, kamu harus tahu apa saja alasan untuk membeli asuransi mobil yang komprehensif. Asuransi all risk pastinya memiliki banyak sekali manfaat. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja alasan-alasan membeli asuransi all risk untuk mobil baru kamu. Yuk, lanjut baca untuk menambah pengetahuan kamu.

Alasan 1: asuransi mobil yang menyeluruh

Asuransi all risk, atau disebut juga dengan asuransi komprehensif, adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Asuransi ini sangat cocok untuk mobil baru. Kondisi mobil pada usia tersebut tergolong masih mulus sehingga butuh perlindungan secara menyeluruh (comprehensive). Mobil baru biasanya memiliki potensi kerusakan minor hingga mayor, utamanya karena kecelakaan. Dengan asuransi all risk, kerusakan parsial dan minor masih bisa diklaim dan diperbaiki di bengkel yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. 

Beda dengan asuransi TLO (total loss only) yang hanya bisa diklaim jika kerusakan minimal 75 persen sampai kerusakan total. Jika kerusakan mobil kamu sekadar lecet akibat diserempet atau spion patah saat berusaha masuk gang sempit, kerusakan-kerusakan kecil seperti itu tidak ditanggung asuransi TLO karena kurang dari 75 persen kerugian total. Memang premi asuransi TLO lebih murah daripada asuransi all-risk, tetapi perlindungan yang kamu dapatkan dari asuransi all risk tentunya lebih luas dan menyeluruh. 

Alasan 2: proteksi kecelakaan diri

Asuransi mobil all risk memiliki beberapa perluasan jaminan, salah satunya asuransi kecelakaan diri. Selain memberikan proteksi atas kendaraan kamu, asuransi ini juga menyediakan jaminan biaya pengobatan cedera yang dialami oleh pengemudi ataupun penumpang. Biasanya mencakup 1 orang pengemudi dan 4 orang penumpang. 

Alasan 3: tanggung jawab hukum pihak ketiga

Apakah kamu merasa cukup ceroboh ketika berkendara dan berisiko merugikan pengguna jalan lainnya? Jika kamu mengangguk, inilah satu alasan kenapa kamu membutuhkan asuransi all risk untuk mobil baru kamu. Selain pertanggungan untuk kecelakaan tunggal, asuransi ini juga memberikan proteksi kerugian finansial akibat kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. 

Pertanggungan asuransi komprehensif atau all risk biasanya menyediakan jaminan perlindungan dari risiko finansial jika kamu menyebabkan kerugian pada orang lain atau harta benda mereka. Asuransi ini akan menanggung biaya ganti rugi terhadap pihak ketiga tersebut, antara lain tanggung jawab hukum pihak ketiga untuk cedera tubuh dan kerusakan properti. 

Alasan 4: ganti rugi atas kehilangan

Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) biasanya menyasar mobil baru. Dengan memiliki asuransi mobil all risk, kamu akan memperoleh proteksi ekstra dari tindakan kriminal tersebut. Asuransi all risk juga menanggung kerugian karena pencurian dan pembobolan mobil. Misalnya, seseorang mencuri ban serepmu, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk

Namun, kamu perlu ingat bahwa pertanggungan hanya berlaku untuk kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada mobilmu saja. Apabila pencuri memecahkan jendela mobil kamu dan mengambil laptop yang tergeletak di dalamnya, asuransi all risk akan mengganti biaya kerusakan jendela tersebut. Sedangkan untuk kehilangan laptop, kamu memerlukan produk asuransi yang berbeda, ya.

Alasan 5: perbaikan di bengkel rekanan

Alasan selanjutnya untuk memiliki asuransi all risk adalah layanan perbaikan kendaraan di bengkel rekanan perusahaan asuransi kamu. Bengkel rekanan meliputi bengkel umum maupun bengkel resmi sesuai merek mobil (dealer). Dengan memperbaiki kerusakan kendaraan kamu di bengkel mobil terbaik yang terdaftar di polis asuransi, kamu akan memperoleh garansi penggantian suku cadang asli sesuai dengan jenis dan merek mobil kamu. No abal-abal!

Apalagi kalau perusahaan asuransi all risk kamu memberikan jaminan atau garansi perbaikan selama 6 bulan yang berlaku sejak mobil selesai diperbaiki dan diserahterimakan kepada kamu. Lebih keren lagi, nih! Jadi, misalkan selama masa garansi 6 bulan, mobil baru kamu mengalami kerusakan lagi setelah perbaikan di bengkel rekanan akibat kelalaian atau kesalahan pengerjaan oleh petugas bengkel, kamu bisa datangi lagi bengkel rekanan tersebut. Mobilmu akan diperbaiki ulang tanpa kamu keluar biaya lagi.

Alasan 6: santunan uang transportasi

Kamu bisa memperoleh santunan atau uang tunjangan dengan perluasan manfaat asuransi all risk ini ketika mobil kamu sedang diperbaiki di bengkel. Jika perbaikan atas kerusakan kendaraan kamu membutuhkan waktu lebih dari lima hari, kamu akan memperoleh santunan uang transportasi. Misalnya, asuransi mobil all risk Roojai memberikan santunan Rp150 ribu per hari mobil di bengkel, dimulai dari hari ke-6 hingga maksimal 5 hari selanjutnya. 

Contoh: mobil kamu mulai diperbaiki di bengkel rekanan pada tanggal 1 Oktober, tetapi pada hari ke-5 atau tanggal 5 Oktober proses perbaikan kendaraan kamu belum selesai. Dengan begitu, santunan uang transportasi sebesar Rp150 ribu/hari akan kamu terima pada hari ke-6 perbaikan atau di tanggal 6 Oktober hingga 5 hari ke depan, dengan syarat perbaikan mobil masih belum selesai. 

Alasan 7: proteksi kerusakan akibat berbagai hal

Alasan lain untuk memiliki asuransi all risk adalah jaminan proteksi dari kerusakan mobil karena berbagai hal. Ada beberapa risiko yang dijamin asuransi all risk, seperti kerugian akibat kebakaran, sedangkan perlindungan dari banjir dan bencana alam termasuk ke dalam perluasan manfaat. 

Kamu juga bisa memperoleh tambahan perlindungan asuransi all risk untuk mobil baru kamu berupa penggantian kerugian yang terjadi pada mobilmu akibat bencana alam seperti badai, gempa bumi, erupsi vulkanik, dan tsunami. Kamu bisa pula menambahkan perlindungan kendaraan dari kerusakan akibat huru-hara, yakni jaminan penggantian terhadap kerusakan mobil atau kehilangan yang diakibatkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, dan/atau revolusi makar.

Alasan 8: layanan darurat 24/7

Asuransi all risk juga menyediakan manfaat asuransi tambahan berupa layanan darurat yang tersedia selama 24/7 ketika mobil kamu mengalami masalah di jalan. Layanan ini memberikan bantuan apabila mobil baru kamu yang diasuransikan mengalami kecelakaan atau mogok karena baterai lemah, kehabisan bahan bakar, ban kempes, bahkan jika kunci kamu tertinggal di dalam mobil.

Alasan 9: rasa aman finansial

Karena asuransi mobil all risk memberikan proteksi dari berbagai risiko, kamu akan memperoleh rasa aman dan tenang ketika berkendara. Kamu juga mendapatkan rasa aman secara finansial. Semua atau sebagian biaya perbaikan kerusakan kendaraan kamu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Kamu pun dapat menjalani kegiatan sehari-hari dengan hati tenang. Isi dompet dan tabunganmu aman! Kamu dan keluarga dapat mewujudkan rencana jalan-jalan ke luar negeri yang sudah lama kamu idam-idamkan.

Tips membeli asuransi all risk

Tips membeli asuransi all risk | Roojai.co.id

Perhatikan hal-hal berikut agar kamu dapat memilih asuransi all risk yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cek harga premi

Pastinya kamu sudah menyisihkan dana untuk membayar premi asuransi. Kamu bisa mengecek premi dan biaya-biaya lainnya secara online. Pilih manfaat asuransi dengan premi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Premi asuransi mobil all risk dipengaruhi oleh nilai pertanggungan, luas manfaat, dan wilayah tempat kamu membeli mobil. Kamu bisa bandingkan harga premi dari beberapa perusahaan asuransi.

Cek reputasi perusahaan asuransi

Kamu dapat mengecek kredibilitas perusahaan asuransi melalui testimoni yang diberikan oleh nasabahnya di internet ataupun dari keluarga, kerabat, dan teman kamu. Kamu dapat melihat juga seberapa banyak bengkel rekanan umum maupun resmi yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Bandingkan manfaat dan nilai pertanggungan dari beberapa perusahaan asuransi agar kamu memperoleh asuransi all risk yang terbaik dan cocok bagimu. 

Lengkapi syarat asuransi mobil

Setelah memilih asuransi all risk yang cocok untuk kamu, lengkapi syarat dokumennya, ya. Berikut dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran asuransi mobil all risk:

  • Formulir pendaftaran yang disediakan oleh perusahaan asuransi kendaraan
  • Foto Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Untuk Warga Negara Asing wajib menyertakan foto KITAS atau KITAP

Pahami cara klaim asuransi

Meskipun risiko yang merugikan belum terjadi, kamu harus memahami proses klaim. Utamanya, perhatikan batas waktu klaim dari saat risiko terjadi. Bacalah semua syarat dan ketentuan yang berlaku pada polis asuransi. Pada umumnya, kamu harus melengkapi beberapa dokumen berikut ketika mengajukan klaim asuransi mobil, yaitu:

  • Dokumen klaim yang diisi dan ditandatangani
  • Foto SIM dan STNK
  • Laporan polisi tentang kecelakaan jika diperlukan
  • Kronologi kejadian tertulis
  • Foto atau video kerusakan (jika diminta oleh pihak asuransi)

Roojai menyediakan kebutuhan kamu, yaitu Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) untuk proteksi mobil baru yang menyeluruh. Roojai bekerja sama dengan 750+ bengkel rekanan terpercaya untuk perbaikan, perawatan mobil, dan layanan lainnya. Roojai juga menyediakan contact center yang andal serta proses klaim yang cepat dan mudah. Kamu bisa menentukan sendiri uang pertanggungan sampai dengan Rp2 miliar. Preminya murah dan terjangkau. Dapatkan diskon untuk pembayaran penuh atau pilih pembayaran secara cicilan tanpa harus pengajuan ke bank. Yuk, daftarkan diri dan mobil baru kamu secara online sekarang juga untuk mendapatkan perlindungan lengkap dan layanan berkualitas.

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!