Menu

perpanjang STNK online | roojai.co.id

Perpanjang STNK online adalah salah satu cara mudah untuk memperpanjang masa berlaku surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan mengurus pajak kendaraan bermotor (PKB) milik kamu. Pada awalnya, proses memperpanjang STNK hanya dapat dilakukan dengan datang ke kantor SAMSAT yang berada di wilayah domisili kamu. Belum lagi kamu harus antre sebelum mendapatkan pelayanan. Kadang antreannya panjang sekali sampai-sampai kamu harus cuti satu hari kerja.  

Di zaman serba online, kamu dapat memperpanjang STNK secara online juga. Aplikasi SIGNAL dan e-Samsat memudahkan kamu dalam mengurus perpanjangan STNK. Dengan layanan online, kamu bisa cek pajak kendaraan hingga bayar pajak kendaraan dengan transaksi digital. Nggak perlu antre berlama-lama di kantor SAMSAT, kan? 

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari cara perpanjang STNK online. Yuk, lanjut baca untuk menambah pengetahuan kamu.

STNK dan fungsinya

Menurut website resmi Polri, STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan yang diterbitkan bersamaan dengan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor). BPKB dikeluarkan oleh Satuan lalu Lintas (Satlantas) Polri sebagai bukti bahwa kendaraan bermotor yang dimaksud memang milik kamu.  

Di dalam STNK terdapat informasi mengenai identitas kepemilikan nomor polisi (nama pemilik dan alamat pemilik), serta identitas kendaraan bermotor (merk, jenis, tahun pembuatan, isi silinder, warna, nomor rangka atau NIK, nomor mesin, nomor BPKB, warna plat, bahan bakar, kode lokasi, dsb). Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK mesti dicetak pada plat nomor dan dipasang pada kendaraan bermotor kamu.  

Masa berlaku STNK adalah lima tahun, tetapi kamu harus melakukan perpanjang STNK setiap satu tahun. Biasanya, kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satlantas Polri. 

Di dalam STNK terdapat beberapa singkatan yang perlu kamu pahami apa kepanjangannya. Berikut penjelasannya: 

  • BBN KB
    Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN KB adalah biaya yang ditetapkan jika terjadi perubahan kepemilikan atau pemindahan tangan atas kepemilikan suatu kendaraan bermotor. BBN KB adalah biaya yang dibayarkan agar kendaraan memiliki nama sesuai dengan pemilik atau pembelinya. 
  • PKB
    Pajak Kendaraan Bermotor, yaitu besaran pajak yang harus kamu bayarkan sebagai wajib pajak, dalam hal ini sebagai pemilik kendaraan bermotor. Besarnya tarif PKB adalah sekitar 1 sampai 2 persen dari nilai jual kendaraan dan nominalnya berbeda di setiap daerah tergantung pada kebijakan yang berlaku.  
  • SWDKLLJ
    Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, yaitu sumbangan atau iuran asuransi kecelakaan lalu lintas yang dikelola oleh Jasa Raharja. 

Syarat perpanjang STNK online

Berikut adalah syarat perpanjang STNK online:

  1. Wajib Pajak harus memiliki data NIK yang sama antara data pada kendaraan dan data pada bank untuk pembayaran.  
  2. Pajak kendaraan yang akan dibayar belum masuk masa jatuh tempo dengan 1 (satu) tahun. 
  3. Pembayaran di e-Samsat hanya ditujukan untuk pengesahan tahunan dan bukan untuk perpanjangan setiap masa 5 tahun. 
  4. Nomor polisi hanya dapat dilakukan perpanjangan apabila sudah memasuki masa 40 hari sebelum masa jatuh tempo.

Setelah kamu melengkapi semua yang diperlukan sebagai syarat perpanjang STNK online, ada 2 alternatif yang saat ini umum dilakukan untuk perpanjang stnk online.

Perpanjang STNK online di aplikasi SIGNAL

SIGNAL adalah singkatan dari Samsat Digital Nasional, secara teknis merupakan aplikasi SAMSAT online yang memberikan pelayanan untuk pengesahan STNK tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan (SWDKLLJ).

Seperti kantor SAMSAT fisik, SIGNAL yang merupakan platform SAMSAT online memanfaatkan database kendaraan bermotor (ranmor) yang dimiliki oleh Polri, pangkalan data induk kependudukan di Dirjen Dukcapil Kemendagri, dan sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda provinsi. SIGNAL punya slogan “Di mana saja, kapan saja, dalam satu genggaman, dan one stop service.

Berikut cara penggunaan aplikasi SIGNAL:   

Registrasi pengguna

Jika baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, kamu perlu registrasikan diri sehingga kamu memiliki akun di aplikasi SIGNAL. Caranya mudah, kok. Kamu cukup mengikuti beberapa langkah berikut: 

  1. Masukkan data pribadi kamu seperti NIK, nama sesuai e-KTP, alamat email, nomor ponsel, kata sandi, dan ulangi kata sandi. 
  2. Masukkan foto e-KTP. 
  3. Verifikasi biometrik wajah dengan melakukan swafoto sesuai petunjuk. Jika foto sudah sesuai, klik GUNAKAN FOTO INI. 
  4. Masukkan OTP yang dikirimkan lewat SMS. 
  5. Setelah registrasi berhasil, kamu perlu verifikasi ulang dengan cara klik tautan yang dikirimkan ke email kamu yang terdaftar.  

Tambah data kendaraan

Nah, kamu sudah terdaftar sebagai pengguna di aplikasi tersebut. Kamu tinggal masuk ke aplikasi dengan memasukkan nomor ponsel serta sandi. Jika sudah masuk, kamu tambahkan data kendaraan. Ada dua pilihan, kamu dapat memasukkan data kendaraan sendiri dan juga data kendaraan orang lain dalam satu Kartu Keluarga (KK). 

Berikut langkah memasukkan data kendaraan sendiri: 

  1. Pilih menu ‘Tambah Data Kendaraan Bermotor’. 
  2. Pilih ‘Milik Sendiri’. 
  3. Masukkan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). 
  4. Masukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan. 
  5. Klik LANJUT. 

Sedangkan cara mendaftarkan kendaraan milik orang lain adalah sebagai berikut: 

  1. Pilih menu ‘Tambah Data Kendaraan Bermotor’. 
  2. Masukkan nama pemilik kendaraan. 
  3. Jika kendaraan milik istri atau anak dalam satu KK, pilih ‘Milik Keluarga Satu KK’. 
  4. Masukkan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). 
  5. Masukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan. 
  6. Masukkan NIK pemilik kendaraan dan unggah foto KTP-nya. 
  7. Klik LANJUT. 
  8. Kemudian akan tampil peringatan bahwa dokumen berhasil ditambahkan.
syarat perpanjang stnk online | roojai.co.id

Perpanjang STNK online

Berikut langkah-langkah mudah untuk melakukan perpanjangan STNK online dengan aplikasi SIGNAL:  

  1. Pilih NRKB yang akan dilakukan pengesahan lalu klik LANJUT. 
  2. Informasi surat ketetapan kewajiban pembayaran PKB dan SWDKLLJ akan muncul dengan jumlah yang harus dibayarkan. 
  3. Slide tombol ‘Kirim Dokumen TBPKP’ (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran). 
  4. Masukan alamat pengiriman dan pilih jenis pengiriman. 
  5. Setelah rekap biaya muncul, klik LANJUT. 

Pembayaran dokumen

Berikut cara membayar pajak kendaraan di aplikasi SIGNAL: 

  1. Setelah muncul notifikasi ‘Lanjut Proses Pembayaran’, klik PILIH CARA PEMBAYARAN. 
  2. Salin kode bayar, lalu pilih salah satu bank. 
  3. Klik LANJUT. 
  4. Akan muncul instruksi pembayaran sesuai bank yang kamu pilih.  
  5. Klik LANJUT lalu kamu bisa langsung melakukan pembayaran sesuai instruksi yang sebelumnya. 

Kamu dapat mengecek halaman status transaksi untuk melihat apakah pembayaran kamu sedang diproses atau sudah berhasil. Kamu juga dapat mengecek progres pengiriman di halaman status pengiriman.

Senangnya kamu bisa membeli mobil baru. Jangan lupa berikan proteksi terbaik untuk kendaraan kamu, ya. Ini dia 5 hal yang perlu dipahami dalam memilih asuransi mobil baru.

Perpanjang STNK online di e-Samsat

Dengan e-Samsat, kamu sebagai pemilik kendaraan bermotor dimudahkan dalam proses melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online. Kamu nggak perlu datang dan mengurus persuratan serta persyaratan ke kantor SAMSAT secara langsung. Kamu perlu tahu bahwa setiap provinsi punya situs e-Samsat masing-masing. Kamu nggak bisa menggunakan layanan e-Samsat yang ada di DKI Jakarta seandainya saat ini kamu berdomisili di Jawa Tengah. Jadi peran e-Samsat disini dapat dikatakan hampir sama dengan aplikasi SIGNAL yang merupakan platform SAMSAT online. 

Berikut langkah-langkah melakukan perpanjang STNK online melalui e-Samsat: 

Isi data kendaraan

  1. Buka situs resmi e-Samsat berdasarkan provinsi kamu. 
  2. Isi data kendaraan, yaitu: 
  3. Kota dari kendaraan kamu: jika kendaraan kamu plat B, maka masukkan kota Jakarta ke dalam kolom yang tersedia. 
  4. Samsat: lokasi kantor SAMSAT tempat kamu mengurus STNK kendaraan tersebut pertama kali. 
  5. Nomor polisi: nomor pada plat kendaraan kamu 
  6. Tulis ulang kode captcha yang ada di kotak. 
  7. Klik CARI.  

Jika data sudah benar, kamu akan dihubungkan ke lama baru yang berisi uraian data kendaraan dan jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar. Jika kamu terlambat membayar pajak, laman itu juga menyertakan informasi jumlah denda. Pastikan semua data yang tertulis di laman itu sudah benar. Kemudian, klik kalimat “Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?” 

Pilih Metode Pembayaran

Formulir kedua adalah tentang pemilihan metode pembayaran dan sebagai bukti pembayaran pajak STNK. Ketika mengambil nota pajak, kamu harus membawa print formulir ini.  

Berikut langkah-langkah selengkapnya untuk melakukan pembayaran: 

  1. Masukkan nama kota tempat kamu akan mengambil nota pajak. 
  2. Setelah itu, pilih kantor SAMSAT terdekat dari tempat tinggalmu. 
  3. Pilih bank tujuan kamu akan melakukan pembayaran. 
  4. Selanjutnya, pilih layanan pembayaran yang kamu inginkan. Pilihannya antara lain transfer ATM, m-banking, atau internet banking.  
  5. Klik “Pengajuan Kode Bayar” untuk mendapatkan nomor kode pembayaran. Pada laman baru, ada informasi kode bayar, jumlah uang yang wajib buat kamu bayarkan, dan alamat SAMSAT untuk mengambil nota pajak. Pastikan semua data yang tertera benar, lalu klik tombol PRINT. 

Selanjutnya, kamu membayar sejumlah yang tertera melalui layanan perbankan pilihan kamu. Simpan bukti pembayaran. Terakhir, kamu tinggal menjemput nota pajak di kantor SAMSAT yang juga sudah kamu pilih. Kamu perlu membawa bukti pembayaran, KTP, dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket. 

Biaya perpanjangan STNK online

Berapa biaya perpanjang STNK online? Tarifnya sama saja dengan biaya pengurusan STNK secara langsung. Biaya pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan dihitung dengan mengalikan sekitar 1 sampai 2 persen dari nilai jual kendaraan ditambah biaya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Biaya SWDKLLJ untuk mobil pribadi adalah Rp143.000 dan untuk motor Rp35.000. 

Sedangkan untuk pajak 5 tahunan, rincian biayanya adalah sebagai berikut: 

  1. Biaya penerbitan TNKB atau plat nomor kendaraan, yaitu untuk mobil Rp100.000 dan untuk motor Rp60.000 
  2. Biaya STNK baru atau perpanjangan Rp200.000. 
  3. Biaya pengesahan STNK sebesar Rp50.000 per tahun. 
  4. Biaya pembuatan BPKB sebesar Rp225.000. 
  5. Pada aplikasi SIGNAL, kamu akan dikenakan biaya tambahan Rp10.000 untuk pemeliharaan aplikasi. 

Pentingnya asuransi mobil

Perpanjang STNK online maupun offline memang penting. Dengan pengesahan STNK, kamu bebas secara hukum berkendara di jalanan. Selain itu, kamu juga melunasi pajak kendaraan bermotor sehingga kamu jadi wajib pajak yang taat.  

Satu hal penting lagi bagi kamu sebagai pemilik kendaraan bermotor adalah asuransi mobil. Keuntungan utama memiliki asuransi mobil adalah kamu nggak perlu khawatir jika kendaraan kesayangan kamu mengalami kerusakan di jalan raya atau lokasi lainnya.  

Jika mobil kamu mengalami kerusakan, kamu nggak perlu merogoh tabungan atau dana darurat untuk mengganti biayanya yang cenderung mahal. Kamu tinggal mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Biaya perbaikan atas kerusakan kendaraan kamu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang kamu miliki.  

Dengan demikian, tata keuangan keluarga kamu akan terus aman. Kamu pun dapat melanjutkan hidup dengan senyuman karena pengeluaran serta pemasukan kamu mengalir tanpa ada gangguan. Asuransi mobil akan mencegah goncangan terhadap stabilitas finansial kamu. Kamu pun dapat berkendara dengan perasaan tenang dan nyaman.

Proteksi terbaik untuk kendaraan roda empat kamu dapat dibeli secara online juga. Pahami jenis dan manfaat asuransi mobil online, yuk!

Nah, kamu sudah tahu cara perpanjang STNK online. Baca juga artikel-artikel lain seputar otomotif dan asuransi mobil, jangan lupa siapkan perlindungan terbaik untuk mobil Anda dan rasakan kenyamanan saat berkendara. Cek info selengkapnya tentang Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) Roojai Indonesia untuk melindungi aset berharga Anda dari berbagai risiko di jalan. Percayakan keamanan mobil Anda pada kami. 

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!