membuka kunci mobil yang tertinggal | roojai.co.id

Cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam terkadang menjadi informasi penting yang harus kita ketahui, agar bisa menentukan langkah apa yang harus dilakukan saat terjebak dalam kondisi seperti ini.

Pasalnya, ketika sedang terburu-buru, bukan tidak mungkin tanpa sadar kamu meninggalkan kunci mobil di dalam yang akhirnya membuat kamu kesulitan untuk mengambilnya kembali.

Namun, saat mengalami hal tersebut hendaknya kamu jangan panik, karena sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Yuk, simak pembahasan mengenai cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam berikut.

Bagaimana cara membuka kunci mobil tertinggal di dalam?

Untuk membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam, kamu sebenarnya bisa menggunakan alat-alat sederhana, seperti misalnya gantungan baju, tali, bola tenis, batang besi, dan sebagainya. 

Jika memang dengan alat-alat itu tetap gagal dan kamu pun menyerah, maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi profesional. Kamu bisa menghubungi teknisi dari perusahaan produsen mobilmu, atau yang paling sederhana adalah dengan menghubungi tukang kunci. 

Nah, khusus untuk penggunaan alat-alat sederhana, untuk tahu bagaimana cara memakainya, simak cara membuka pintu mobil kunci ketinggalan di dalam berikut ini:

Cara Mengatasi kunci tertinggal di dalam mobil

1. Tali sepatu

Kamu bisa memakai tali sepatu. Cara ini memang membutuhkan beberapa waktu dan hanya berfungsi untuk mobil yang memiliki kunci dalam yang dapat ditarik. 

Caranya, ikatlah tali sepatu sehingga membentuk sebuah lingkaran, perlahan masukkan ke dalam mobil melalui celah jendela. Arahkan tali ke kunci dalam. 

Nah, saat tali berhasil masuk ke kunci, tarik kunci secara perlahan dan pintu mobilmu terbuka.

2. Bola tenis

Cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam dengan langkah ini memang tampak meragukan tetapi sebenarnya cukup efektif. 

Caranya, buatlah lubang di bola tenis yang cukup untuk angin keluar. Setelah itu, gunakan sisi bola tenis yang berlubang itu untuk menekan lubang kunci mobil. Tekanan angin yang keluar dari bola seharusnya bisa membuka kunci mobil.

3. Obeng dan alat cungkil

Membuka pintu mobil yang terkunci dengan cara ini memang terkesan sedikit kasar. Itulah sebabnya, kamu wajib berhati-hati jika membuka pintu mobil dengan kedua alat ini karena dapat merusak interior maupun eksterior dari mobil. 

Caranya adalah pakai obeng untuk memberi celah yang cukup untuk kamu memasukkan pencungkil kecil, lalu gunakan pencungkil ini untuk menarik kunci.

4. Inflatable wedge

Penggunaan alat ini pada dasarnya sama dengan obeng. Hanya saja bedanya, alat ini menggunakan udara untuk membuka pintu. 

Dengan alat ini kamu bisa membuka pintu mobil hanya dalam waktu satu menit. Kabar baiknya, penggunaan alat ini minim menimbulkan kerusakan pada interior dan eksterior mobilmu.

5. Tali plastik

Cara buka kunci mobil ketinggalan di dalam dengan tali plastik, pada prinsipnya sama dengan tali biasa. Caranya, lipatlah tali plastik, lalu masukkan ke celah-celah pintu mobil. 

Setelah tali plastik berhasil masuk, arahkan ke kunci mobil, lalu tarik. Pintu mobilmu akan terbuka.

6. Alat pembuka kunci

Ketika kunci tertinggal di dalam mobil, saat ini sudah tersedia alat khusus pembuka kunci. Alat ini biasa dipakai oleh kalangan profesional.

Jika kamu bisa memakai alat ini, maka pintu mobilmu yang terkunci dari dalam, bisa terbuka dengan mudah.

7. Hubungi penyedia bantuan mobil

Cara membuka kunci yang tertinggal di dalam mobil ini bisa kamu pilih ketika kamu sudah menyerah dan putus asa. Cukup dengan menghubungi nomor yang tersedia, petugas akan datang menghampirimu.

8. Spatula

Cara buka kunci mobil ketinggalan di dalam dengan spatula. Alat ini biasa dipakai oleh ibu rumah tangga untuk menggoreng. Ujungnya yang pipih bisa kamu manfaatkan untuk membuka kunci mobil. 

Caranya, kamu buat dulu celah yang cukup di jendela mobil agar spatula bisa masuk. Setelah berhasil masuk, spatula bisa kamu pakai untuk menarik kunci ke atas sehingga pintu mobilmu pun bisa terbuka.

9. Tukang kunci

Menghubungi tukang kunci juga bisa menjadi cara terakhir ketika segala cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam yang kamu sudah lakukan tak berhasil.

Cara membuka kunci mobil dengan HP

Ponsel juga bisa dipakai untuk membuka kunci mobil. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi digital yang sudah banyak tersedia di App Store ataupun Play Store. 

Aplikasi yang biasa disebut dengan Perfectly Keyless ini menggunakan koneksi nirkabel ke sensor yang terdapat di mobil untuk mengetahui seberapa jauh ponsel berada dan mengidentifikasi kunci keamanan.

Begitu jarak antara pengemudi dan kendaraan kurang dari dua meter, maka pintu mobil langsung terbuka. Dengan begini, kebingungan saat mencari kunci pun tak akan terjadi lagi.

Apabila pengunci kendaraan telah dibuka, pengaturan individu yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti misalnya sudut spion dan posisi bangku kemudi bisa segera diaktifkan. 

Jika Perfectly Keyless mendeteksi keberadaan ponsel di dalam mobil, sebuah sentuhan pada tombol start-stop sudah bisa langsung menghidupkan mesin. 

Begitu pula ketika pengemudi keluar dari mobil di akhir perjalanan, sistem Perfectly Keyless akan terus mengawasi keberadaan ponsel secara virtual. Ini adalah salah satu cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam dengan memanfaatkan teknologi terkini.

Pentingnya memiliki asuransi mobil untuk kondisi darurat

Di sinilah letak pentingnya kamu memiliki asuransi mobil. Kunci yang tertinggal di dalam termasuk salah satu kondisi darurat yang bakal merepotkanmu suatu saat. 

Meskipun ada banyak cara membuka kunci mobil yang tertinggal di dalam, tidak ada salahnya berjaga-jaga jika mobilmu sampai rusak karena membukanya secara paksa. 

Asuransi mobil memberikan proteksi terhadap kerugian dan atau kerusakan yang terjadi pada kendaraan bermotor dengan berbagai sebab yang disebutkan di dalam perjanjian polis asuransi.

Beberapa penyebab kerugian yang ditanggung oleh perusahaan asuransi terhadap mobil, di antaranya adalah kecelakaan lalu lintas, tindak kriminal, kebakaran, dan sebagainya. 

Secara umum, manfaat asuransi kendaraan atau mobil adalah menjadi jaminan perlindungan bagi pemilik mobil atas kerugian dengan menutup biaya perbaikan yang dibutuhkan, mulai dari kerusakan akibat perbuatan jahat, kebakaran, saat berada di atas kapal, dan akibat lainnya.

Pertanyaan seputar membuka kunci mobil

Bagaimana cara membuka kunci mobil tanpa remote?

Selain dengan memanfaatkan alat-alat sederhana, membuka kunci mobil tanpa remote bisa kamu lakukan dengan menggunakan kunci cadangan.

Kenapa mobil bisa terkunci sendiri?

Salah satu alasan pintu mobil bisa terkunci sendiri adalah handle pintu yang kotor. Kotoran yang menumpuk bisa menjadi penyebab handle pintu seret dan pada akhirnya bisa memicu pintu mobil mengunci dengan sendirinya.

Bagaimana jika kunci mobil keyless ketinggalan?

Kamu bisa memanfaatkan alat-alat sederhana. Akan tetapi jika tidak mau repot, kamu bisa langsung mencari tukang kunci untuk membuka pintu mobil kamu.

Jika kamu memiliki kendaraan roda empat, jangan lupa lakukan proteksi terhadap kendaraan kesayanganmu. Terlebih saat ini kamu sudah bisa membeli asuransi secara online. Roojai Indonesia, merupakan perusahaan asuransi mobil terpercaya yang sudah bekerjasama dengan lebih dari 750 bengkel, baik bengkel resmi dan bengkel umum yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamu dapat membeli asuransi secara online, dengan proses mudah dan harga yang bersahabat. Tunggu apa lagi? Kunjungi Roojai.co.id sekarang!

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu