Menu

latihan fisik di rumah | roojai.co.id

Kesehatan jantung adalah bagian penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Salah satu cara efektif menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan olahraga teratur. Namun seringkali saat kita berpikir tentang kesehatan jantung, olahraga yang kerap dikaitkan adalah yang dilakukan di luar ruang seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda. Padahal memasuki musim hujan, berolahraga di rumah jadi pilihan yang lebih aman dan “tahan cuaca.” Tapi apakah latihan fisik di rumah tetap efektif meningkatkan kesehatan jantung?

Peran penting jantung

Jantung adalah organ yang punya peran sangat krusial dalam tubuh manusia. Sebab itu jantung juga kerap disebut sebagai organ vital. Artinya, kalau fungsinya terganggu, maka terganggu pula kondisi kesehatan seseorang. 

Fungsi utama jantung adalah sebagai pusat sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh dengan mengkontraksi dan melepaskan darah ke dalam pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir lancar ke seluruh tubuh. 

Peredaran darah dalam tubuh memiliki arti penting karena darah mengandung oksigen dan nutrisi yang diperlukan sel-sel tubuh untuk bisa berfungsi dan berkembang dengan baik. Jika darah tidak terpompa dengan baik, artinya oksigen dan nutrisi tersebut tidak sampai ke tujuannya. 

Jantung juga berperan dalam mengangkut hasil limbah dari metabolisme tubuh seperti karbon dioksida ke organ-organ yang mengeluarkannya dari tubuh, seperti paru-paru dan ginjal.  Selain itu, organ ini juga membantu mengatur suhu tubuh dengan mendistribusikan suhu dari bagian tubuh yang lebih panas ke bagian tubuh yang lebih dingin, sehingga menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Olahraga dan kesehatan jantung

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berolahraga. Olahraga kardiovaskular membuat jantung bekerja lebih keras sehingga membantu memperkuat otot jantung dan meningkatkan kapasitasnya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

Olahraga juga bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang berperan membantu membersihkan plak di pembuluh darah. Berlawanan dengan LDL yang bisa menyumbat pembuluh darah. 

Selain itu, berolahraga juga dapat membantu berat badan juga lebih terkelola. Kegiatan fisik akan membakar asupan kalori berlebih, sehingga membantu mengontrol berat badan. Seperti kita tahu, obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. 

Manfaat olahraga untuk kesehatan jantung lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Olahraga membantu mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi) sehingga juga membantu mengurangi beban kerja jantung dan risiko penyakit jantung. 

Meski tak berkaitan langsung dengan kesehatan jantung, olahraga membantu memperkuat dinding pembuluh darah, menjaga elastisitasnya dan meningkatkan aliran darah. Dengan demikian, olahraga membantu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. 

Dengan jantung yang lebih sehat, kamu akan memiliki lebih banyak energi, daya tahan yang lebih baik, dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa susah payah. Hal ini tentunya membantu kamu dalam menjalani hidup secara lebih berkualitas. 

Latihan fisik di rumah dan kesehatan jantung

Mengingat pentingnya bagi kesehatan jantung, maka sebaiknya olahraga dilakukan secara rutin. Akan tetapi sebelum berolahraga, pastikan kamu mengetahui kondisi tubuhmu. Mulailah berolahraga secara perlahan dan tingkatkan intensitasnya sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh kamu. 

Namun memasuki musim hujan, pilihan olahraga pun jadi terbatas. Berolahraga di luar ruang memang memberikan sensasi tersendiri, namun olahraga di rumah juga memiliki manfaat yang besar untuk kebugaran dan kesehatan jantung. 

Untuk menjaga kesehatan jantung diperlukan tipe olahraga yang bervariasi untuk manfaat yang lengkap. Bukan hanya olahraga tipe aerobik, diperlukan juga olahraga kekuatan atau strength training dan olahraga yang melatih kelenturan tubuh.

Jika tidak bisa berolahraga di luar karena hujan, berikut ini beberapa pilihan latihan fisik yang efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan secara total, dengan menerapkan pola hidup sehat. Kebiasaan baik seperti sarapan merupakan salah satu cara mengurangi resiko penyakit jantung. Berikut beberapa latihan fisik yang bisa kamu coba di rumah.

Olahraga aerobik

Olahraga aerobik memperbaiki peredaran darah, yang pada akhirnya berdampak pada tekanan darah dan denyut jantung yang lebih rendah. Selain itu, olahraga membantu meningkatkan kemampuan jantung memompa darah. Olahraga aerobik juga mengurangi risiko diabetes tipe 2, serta mengontrol gula darah jika kamu sudah terdiagnosa mengalami diabetes. 

Berapa durasinya: Idealnya olahraga aerobik dilakukan setidaknya 30 menit sehari, 5 kali dalam seminggu. 

Olahraga aerobik yang bisa dilakukan di rumah: lompat tali, zumba, sepeda stationer, berjalan atau berlari di treadmill, atau boot camp. 

Latihan kekuatan

Olahraga beban atau latihan kekuatan bermanfaat menjaga komposisi tubuh. Misalnya bagi mereka dengan persentase lemak tubuh tinggi, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung, olahraga tipe ini bisa membantu mengurangi lemak dan membentuk otot tubuh yang lebih kuat. Penelitian membuktikan bahwa kombinasi olahraga aerobik dan olahraga kekuatan bisa membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengurangi LDL (kolesterol jahat). 

Berapa durasinya: Menurut American College of Sports Medicine, olahraga kekuatan bisa dilakukan setidaknya dua kali per minggu, tapi tidak berturut-turut.

Olahraga kekuatan yang bisa dilakukan di rumah: tidak perlu pergi ke gym untuk melakukan olahraga beban. Cukup bermodal dumbbell atau beban apa pun (kamu bisa menggunakan botol yang diisi air), kamu bisa melakukan olahraga ini di rumah. Kamu juga bisa berlatih kekuatan dengan berat tubuh yaitu dengan melakukan gerakan push-up, squat, atau plank.

Peregangan, kelenturan dan keseimbangan

Olahraga yang melatih kelenturan, misalnya peregangan, memang tidak secara langsung berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Akan tetapi olahraga ini melatih kelenturan dan kekuatan tulang dan otot, yang membantu mencegah kram dan masalah otot lainnya. Kelenturan merupakan bagian yang penting untuk melakukan olahraga aerobik dan latihan beban. 

Bonusnya adalah, olahraga kelenturan dan keseimbangan membantu menjaga kestabilan tubuh dan terhindar dari jatuh. Dengan demikian, hal ini mengurangi risiko cedera saat melakukan olahraga, apapun jenisnya.  

Berapa sering: Setiap hari, sebelum dan sesudah berolahraga. 

Olahraga peregangan yang bisa dilakukan di rumah: Tipe olahraga ini tidak memerlukan alat dan lokasi yang spesifik. Kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika bepergian. Selain gerakan peregangan sederhana, kamu juga bisa melakukan yoga atau mat pilates di rumah. 

Latihan olahraga di rumah secara teratur juga berdampak positif terhadap kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Latihan aerobik, latihan kekuatan dan latihan peregangan bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan melatih kekuatan kardiovaskular dan melatih otot-otot pendukungnya. 

Oleh sebab itu, tak perlu khawatir hujan, menjaga kesehatan jantung tetap bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk dari rumah. Akan tetapi, pastikan untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional sebelum melakukan olahraga tertentu, khususnya kalau kamu punya kondisi medis tertentu. Selain berolahraga, kamu juga harus mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Alpukat yang kaya lemak tak jenuh tunggal merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan jantung.

Olahraga memang jadi pilihan bijak dalam hal pencegahan penyakit jantung. Sebab jika sudah mengalaminya, kamu akan mengalami keterbatasan fisik dan memerlukan pengobatan jangka panjang. Pasien dengan penyakit jantung yang lebih serius bahkan harus menghadapi pilihan operasi atau prosedur pemasangan ring sebagai jalan sembuh. Semua hal tersebut pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pepatah lama yang menyebutkan mencegah lebih baik daripada mengobati memang benar adanya. 

Jadi selain melakukan langkah pencegahan dengan melakukan olahraga yang tepat secara rutin, mempersiapkan diri secara finansial juga perlu. Asuransi Penyakit Jantung dari Roojai memberikan perlindungan finansial dari risiko penyakit jantung koroner. Pemegang polis yang terdiagnosa mengalami penyakit jantung akan mendapatkan santunan tunai sekaligus yang bisa berfungsi sebagai pengganti pendapatan yang hilang akibat perawatan penyakit jantung. Selain itu, manfaat tunai tersebut juga dapat digunakan untuk menanggung biaya pengobatan metode baru yang biasanya tidak ditanggung asuransi kesehatan. Apalagi, manfaat asuransi ini bisa kamu peroleh dengan secara mudah dan online dengan premi mulai dari 20 ribu rupiah per bulan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!