memilih asuransi kesehatan rawat inap

Era pandemi terbukti meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi. Terlebih dengan mahalnya biaya pengobatan yang membuat masyarakat mulai mempertimbangkan dan mencari proteksi yang tepat bagi dirinya dan orang yang tersayang.

Salah satu jenis asuransi dan manfaat yang di tawarkan adalah Hospital Cash Plan atau Asuransi Santunan Rawat Inap yang secara umum memberikan berbagai manfaat ketika seseorang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Konten

  1. Apa Itu Hospital Cash Plan?
  2. Cara Kerja Hospital Cash Plan
  3. Manfaat Hospital Cash Plan
  4. Cara memilih asuransi Hospital Cash Plan terbaik
  5. Proteksi lengkap dari asuransi Hospital Cash Plan dari Roojai
  6. Pilih Hospital Cash Plan dari Roojai Indonesia

Apa Itu Hospital Cash Plan?

Hospital cash plan adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat berupa santunan harian selama tertanggung di rawat dirumah sakit. Besarnya santunan yang diberikan tidak tergantung kepada biaya yang di keluarkan ketika menjalani perawatan di rumah sakit, melainkan sebesar jumlah santunan harian yang telah tercantum dan disepakati dalam perjanjian polis, dikalikan dengan lamanya tertanggung berada di rumah sakit. Jumlah manfaat yang diberikan bisa lebih besar ataupun lebih kecil dari biaya yang di keluarkan untuk biaya rawat inap.

Sebagai contoh, Yuda dirawat di rumah sakit selama 10 hari. Yuda merupakan seorang customer asuransi yang memiliki asuransi Hospital Cash Plan dengan benefit santunan harian sebesar 1 juta. Hal ini berarti Yuda akan mendapatkan 10 juta sebagai uang santunan, terlepas dari besar kecilnya biaya pengobatan yang ia keluarkan selama di rumah sakit.

Namun perlu diperhatikan bahwa asuransi Hospital Cash Plan tidak menanggung biaya rawat jalan maupun kunjungan lain diluar rawat inap, tergantung pada ketentuan dari setiap asuransi yang menanggung.

Baca juga artikel “Apa Itu Asuransi Santunan Rawat Inap?” untuk mempelajari lebih jauh tentang proteksi ini.

Cara Kerja Hospital Cash Plan

Cara kerja dari Hospital Cash Plan ini menggunakan sistem reimbursement. Setelah customer melakukan pembayaran di rumah sakit, klaim dapat diajukan dengan cara melampirkan foto kopi kuitansi biaya rumah sakit kepada perusahaan asuransi untuk pencairan dana.

Berita baiknya, meskipun biaya rumah sakit sudah di-cover oleh perusahaan asuransi lain atau BPJS, customer tetap dapat mengajukan klaim Hospital Cash Plan yang kamu miliki sebagai pengganti biaya yang hilang karena dirawat dirumah sakit.

Manfaat Hospital Cash Plan

Asuransi Hospital Cash Plan menawarkan banyak sekali manfaat untuk membantu kamu menghadapi resiko finansial yang timbul karena menjalani perawatan di rumah sakit. Kamu bisa mendapatkan uang santunan harian selama menjalani masa perawatan di rumah sakit. Beberapa manfaat utama dari Asuransi Hospital Cash Plan yaitu:

  1. Santunan tunai harian. Seperti yang sudah disebutkan diatas, dengan asuransi ini kamu bisa mendapatkan santunan tunai yang tidak tergantung biaya yang dikeluarkan ketika dirawat inap di rumah sakit, dikalikan sejumlah banyaknya hari.
  2. Benefit tambahan ketika biaya perawatan sudah ditanggung oleh BPJS atau asuransi lain.
  3. Sebagai pengganti penghasilan yang hilang.
    Kalangan wirausahawan / entrepreneur yang bisa dipastikan tidak akan mengandalkan coverage asuransi perusahaan dapat memanfaatkan benefit dari asuransi Hospital Cash Plan sebagai pengganti pendapatan yang hilang ketika sedang menjalani rawat inap.
  4. Bisa menjadi pelengkap asuransi yang sudah ada
    Kamu juga bisa menggunakan asuransi ini sebagai asuransi pelengkap dari asuransi yang sudah kamu miliki, sehingga manfaat yang di dapatkan berlipat ganda.
  5. Santunan tetap
    Berbeda dengan produk asuransi kesehatan pada umumnya yang memberikan santunan berdasarkan biaya yang dikeluarkan, dan berdasarkan coverage yang berlaku, dengan Hospital Cash plan kamu tidak perlu khawatir dengan biaya santunan yang kamu dapatkan. Besarnya biaya santunan harian yang kamu terima sesuai dengan benefit yang tertera dalam perjanjian polis.
manfaat asuransi kesehatan rawat inap

Cara memilih asuransi Hospital Cash Plan terbaik

Dalam memilih asuransi Hospital Cash Plan, kamu perlu memperhatikan manfaat dan juga kebutuhanmu untuk mendapatkan proteksi yang sesuai dengan yang kamu inginkan, seperti:

  1. Tentukan proteksi yang ingin kamu miliki.
    Sebelum membeli asuransi Hospital Cash Plan, kamu perlu mengetahui proteksi apa saja yang tersedia. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan manfaat cakupan yang ingin dimiliki dengan besaran santunan tunai yang kamu kehendaki. Proteksi yang disediakan oleh asuransi ini akan diuraikan lebih lanjut.
  2. Sesuaikan paket asuransi berdasarkan dengan budget.
    Sesuaikan paket asuransi berdasarkan dengan budget. Kamu sangat disarankan untuk menyesuaikan manfaat asuransi kamu sesuai dengan budget, terlebih jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan lain dengan manfaat yang lengkap dan menjadikan asuransi Hospital Cash Plan sebagai asuransi tambahan.
  3. Perhatikan proses klaimnya.
    Cara kerja asuransi Hospital Cash Plan adalah dengan sistem reimbursement, sehingga sangat penting untuk memilih asuransi dengan proses klaim yang mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan asuransi Hospital Cash Plan yang terbaik, kamu bisa cek di website Roojai. Kami memiliki beberapa pilihan proteksi yang bisa kamu atur sesuai budget dan kebutuhan dengan proses klaim yang mudah.

Proteksi lengkap dari asuransi Hospital Cash Plan dari Roojai

Berikut adalah sekilas informasi pilihan benefit yang ditawarkan Hospital Cash Plan bagi kamu:

  1. Santunan Tunai Rawat Inap
    Pilihan benefit ini memberikan santunan tunai harian sampai dengan Rp.2,000,000 (Dua juta rupiah) per hari bagi kamu yang menjalani rawat inap di rumah sakit.
  2. Santunan Tunai Unit Perawatan Intensif (ICU) sampai dengan Rp.1,500,000 (Satu juta lima ratus ribu rupiah) per hari saat kamu harus menjalani perawatan ICU di rumah sakit.
  3. Santunan untuk perawatan lanjutan (rawat inap), apabila kamu harus Kembali menjalani rawat inap di rumah sakit untuk kasus yang sama sampai dengan Rp.900,000 (Sembilan ratus ribu rupiah) per hari. *maks 20 hari.
  4. Santunan Biaya Pembedahan, sampai dengan Rp.15,000,000 (Lima belas juta rupiah).
  5. Selain benefit diatas, Hospital Cash Plan juga memberikan kamu kesempatan untuk membayarkan premi lebih murah dengan cara mengurangi waktu (hari) untuk santunan rawat inap.

Pilih Hospital Cash Plan dari Roojai Indonesia

Dari tulisan diatas, bisa kita simpulkan bahwa memiliki asuransi Hospital Cash Plan dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan jika kamu memilih asuransi yang tepat dari provider yang terpercaya.

Di era seperti sekarang ini, mendapatkan asuransi Hospital Cash Plan sangatlah mudah. Berbagai perusahaan asuransi berlomba-lomba dalam memberikan kemudahan untuk para pengguna asuransi dengan menawarkan layanan dan produk secara online, salah satunya adalah asuransi online Roojai yang memberikan kamu asuransi yang mudah diakses, terjangkau, dan dapat diandalkan.

Roojai memberikan kamu kemudahan dalam mendapatkan asuransi Hospital Cash Plan secara online melalui website Roojai Indonesia, cukup dengan menjawab beberapa pertanyaan dan kamu bisa mendapatkan berbagai pilihan paket yang bisa diatur sesuai dengan budget. Kamu juga bisa memilih proteksi tambahan untuk menyesuaikan kebutuhanmu seperti santunan tunai untuk pembedahan, perawatan ICU dan juga perawatan lanjutan. Selain itu, Roojai memiliki fitur no claim bonus dalam produk Hospital Cash Plan kami, berupa potongan harga premi pada saat kamu memperpanjang polis jika kamu tidak mengajukan klaim dalam periode masa aktif polis.

Selain kemudahan dalam membeli asuransi yang Roojai tawarkan seperti diatas, kami juga memberikan berbagai kemudahan untuk kamu, seperti:

  1. Kemudahan dalam mengakses polis
    Kamu bisa mengakses polis dan melihat status klaim kamu kapan saja dan dimana saja selama 24/7 melalui fitur MyAccount yang ada di website kami.
  2. Kemudahan dalam mengajukan klaim
    Sangat mudah untuk mengajukan klaim asuransi Roojai. Kamu bisa menghubungi call center kami, mengirimkan email dokumen klaim ke medicalclaims@roojai.co.id, atau mengirimkan dokumen ke alamat kantor Roojai Indonesia. Kami akan memproses klaim kamu, setelah kami menerima dokumen yang diperlukan.
  3. Call center yang dapat diandalkan
    Kamu bisa meminta kami untuk membantu kamu dalam memilih paket asuransi yang tepat untukmu dengan menghubungi (021) 5089 0822. Kamu bisa menghubungi kami jika kamu membutuhkan bantuan dan pertanyaan seputar produk dan layanan, kami siap untuk membantu kamu.

Jadi gimana, kamu sudah tertarik dengan layanan dan produk asuransi Hospital Cash Plan dari Roojai? Yuk tunggu apalagi, pelajari lebih detil tentang Hospital Cash Plan, atau dapatkan penawaran dari kami sekarang!

Dian Pusparini

Ditulis oleh

Dian Pusparini

Head of Claim

Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!