Menu

asuransi kombinasi | roojia.co.id

Asuransi mobil kombinasi merupakan pilihan baru yang dapat dipertimbangkan saat seseorang hendak memilih polis asuransi. Meskipun asuransi mobil umumnya terbagi menjadi Total Loss Only (TLO) dan All Risk, asuransi kombinasi menawarkan opsi tambahan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk memahami perbedaan di antara ketiganya dan memilih dengan tepat, mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu asuransi kombinasi pada mobil?

Selain jenis asuransi TLO dan All Risk yang paling populer di masyarakat, nyatanya ada lagi satu jenis proteksi mobil yang dinamakan sebagai asuransi kombinasi.

Sesuai dengan namanya, asuransi kombinasi adalah gabungan antara jenis asuransi TLO dan All Risk dalam satu periode waktu asuransi. Jadi, nasabah dapat menggunakan dua jenis asuransi mobil sekaligus dalam satu waktu yang bersamaan.

Kapan bisa memiliki asuransi kombinasi pada mobil?

Umumnya, asuransi mobil kombinasi ini bisa langsung didapatkan saat nasabah membeli kendaraan baru dengan metode kredit. Di mana, pada dua atau tiga tahun pertama asuransi akan secara otomatis diberikan dengan jenis All risk.


Kemudian barulah periode setelahnya dilanjutkan dengan jenis produk asuransi TLO. Semua hal ini dapat disesuaikan dengan jenis perlindungan yang dibutuhkan serta anggaran biaya yang disediakan oleh nasabah. 


Tetapi perlu diingat, pemilihan jenis asuransi kombinasi tentu akan berpengaruh pada premi yang harus dibayarkan oleh nasabah, mengingat banyaknya jenis perlindungan dan manfaat yang akan diterima saat polis diterbitkan.

Kelebihan asuransi kombinasi pada mobil

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika memilih asuransi kombinasi pada mobil yang kamu miliki, di antaranya adalah:

  • Nasabah bisa mendapatkan semua manfaat yang ditawarkan dari kedua jenis asuransi baik itu All Risk ataupun TLO, mulai dari kerusakan yang kecil seperti lecet hingga kerugian yang besar seperti mobil yang hilang karena dicuri.
  • Nasabah juga dapat memilih jenis asuransi yang ada sesuai dengan kebutuhan, mereka hanya perlu menyesuaikan periode waktunya sesuai kebutuhan dan pertimbangan risiko yang mungkin akan terjadi.

Kekurangan asuransi kombinasi pada mobil

Sama seperti jenis asuransi lainnya, asuransi kombinasi pada mobil juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan. Di mana, kekurangan yang akan paling terasa adalah saat nasabah akan mengajukan klaim.


Seperti yang kita tahu, bahwa asuransi kombinasi ini memiliki dua kategori yang berbeda dan dibagi menjadi dua periode waktu yang berbeda pula. Hal ini membuat beberapa nasabah sering kali lupa bahwa mereka harus mengajukan klaim sesuai dengan kategori perlindungan yang berlaku dalam periode waktu yang telah disepakati.


Jadi, saat nasabah mengajukan klaim kerusakan ringan padahal periode asuransi yang berlaku sedang TLO, maka tentunya pengajuan dari nasabah akan ditolak mentah-mentah oleh pihak asuransi.
Karena itulah, pastikan untuk menentukan dengan bijak dan teliti periode asuransi yang akan diterapkan dalam periode waktu tertentu agar premi yang dibayarkan sebanding dengan benefit yang akan diterima.

Jenis-jenis asuransi mobil

Dari pembahasan mengenai asuransi kombinasi di atas, maka kita sudah mengetahui bahwa pada dasarnya jenis asuransi tersebut merupakan gabungan dari kedua jenis asuransi mobil yang saat ini bisa kamu dapatkan pada hampir semua perusahaan asuransi.


Kedua jenis asuransi tersebut adalah Total Loss Only (TLO) dan juga All Risk. Nah, agar kamu lebih paham, berikut adalah pembahasan selengkapnya mengenai masing-masing jenis asuransi tersebut.

1. Asuransi TLO (Total Loss Only)

Asuransi TLO adalah salah satu jenis asuransi yang akan menjamin adanya ganti rugi jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada mobil yang didaftarkan, dengan syarat total kerusakannya harus di atas 75 persen karena kecelakaan besar ataupun hilang total karena pencurian.

Lantaran manfaat penanggungan hanya bisa didapatkan saat kerusakan mobil lebih dari 75 persen, maka premi yang harus dibayarkan nasabah per tahun menjadi lebih murah bila dibandingkan dengan jenis asuransi All Risk.

2. Asuransi Comprehensive (All Risk)

Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi Comprehensive atau disebut juga All Risk adalah asuransi yang akan menawarkan jaminan perlindungan secara menyeluruh pada kendaraan yang didaftarkan. Baik itu ringan seperti lecet atau spion patah, maupun berat seperti tergelincir dan terperosok. Manfaat yang beragam dan menyeluruh inilah yang membuat premi asuransi All Risk menjadi lebih mahal bila dibandingkan dengan TLO.

Tambahkan proteksi menyeluruh dengan memiliki asuransi mobil

Menawarkan jaminan perlindungan pada mobil kesayangan dari berbagai risiko kerugian yang dapat berdampak pada kondisi finansial seseorang, membuat produk asuransi dinilai begitu penting.
Terlebih bagi kamu yang tidak ingin menanggung pengeluaran tak terduga dalam jumlah besar, lantaran sesuatu yang buruk terjadi pada aset kendaraan mobilmu.


Karena dengan begitu, asuransi mobil dapat menjamin perlindungan dan menanggung ganti rugi dari hal-hal yang tidak diinginkan mulai dari kerusakan yang diakibatkan kecelakaan, kebakaran, sambaran petir, bencana alam hingga kehilangan yang disebabkan oleh adanya pencurian.

Cari asuransi mobil yang pas buat kamu? Sebagai asuransi terpercaya, Roojai bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Roojai sudah bekerja sama dengan 750+ bengkel rekanan terpercaya yang tersebar diseluruh Indonesia. Sebagai asuransi online, Roojai juga menyediakan contact center yang andal dan tersedia selama 24/7. Dengan premi terjangkau dan proses klaim yang cepat dan mudah. Segera daftar sekarang juga untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!