Blokir STNK Online | roojai.co.id

Untuk menghindari pajak progresif pada kendaraan bermotor, penting untuk mengetahui proses pemblokiran STNK secara online. Pajak progresif adalah tarif pajak yang berdasarkan persentase dari nilai kendaraan dan kuantitasnya.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan yang baru saja menjual mobil atau motor mereka perlu memahami proses pemblokiran STNK secara online. Yuk, simak pembahasan selengkapnya!

Konten

  1. Syarat blokir STNKĀ online
  2. Prosedur dan cara blokir STNKĀ online
  3. Langkah blokir STNK kendaraan yang sudah dijual
    1. Pentingnya asuransi mobil untuk kendaraan

    Syarat blokir STNK online

    Setelah menjual kendaraan, kamu sebaiknya segera melakukan pemblokiran pada STNK. Dengan begitu, kamu dapat menghindari pajak progresif kendaraan kedua, ketiga, kempat, dan seterusnya.

    Perlu diketahui, apabila terkena pajak progresif, maka jumlah tagihan pajak kendaraan kedua, ketiga, maupun seterusnya akan lebih besar dibanding yang pertama. Sebelum melakukan blokir STNK online Jakarta, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan, di antaranya sebagai berikut.

    Dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan ketika akan blokir STNK online Jakarta wajib ada. Jika salinan surat akta penyerahan dan bukti bayar atau salinan STNK/BPKB absen, maka harus memblokir kendaraan secara offline dengan datang ke SAMSAT di mana kendaraan tersebut terdaftar.

    Baca juga: Cara Perpanjangan STNK Online

    Prosedur dan cara blokir STNK online

    Cara blokir STNK mobil online sebenarnya tidaklah sulit. Apabila kamu ingin memastikan proses berjalan lancar tanpa kendala, maka cara blokir STNK di SAMSAT bisa menjadi pilihan.

    Namun, jika ingin lebih simpel dan menghindari kerumunan antrean, metode online merupakan pilihan paling tepat. Prosedur blokir STNK mobil online yang wajib diketahui, antara lain:

    Saat pengajuan blokir STNK mobil online ini sudah disetujui, kamu akan mendapatkan informasi yang dikirim ke alamat email atau notifikasi di kolom PKB. Namun, apabila belum mendapatkan informasi, kamu dapat melakukan pengecekan ulang di website Pajak online atau langsung konfirmasi ke kantor SAMSAT.

    Langkah blokir STNK kendaraan yang sudah dijual

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tanpa pemblokiran STNK, beban pajak progresif akan terbebani pada kendaraan baru. Karena itu, apabila kendaraan sudah dijual, maka wajib untuk melakukan beberapa cara blokir STNK di SAMSAT, seperti berikut:

    1. Siapkan dokumen data diri

    Cara blokir STNK di SAMSAT yang pertama adalah menyiapkan dokumen-dokumen data diri. Dokumen yang perlu dipersiapkan terbilang cukup mudah, yakni hanya fotocopy Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan Kartu Keluarga atau KK.

    Kedua dokumen tersebut menjadi acuan bagi petugas untuk melihat Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang tertera pada KK dan KTP. Selanjutnya, mengacu dari NIK ini, maka akan diketahui nomor kendaraan yang terdaftar.

    Dari situlah, dapat pula mengetahui kendaraan apa saja yang terdaftar atas nama kamu dan anggota keluarga lain dalam KK. Apabila ada kendaraan yang sudah dijual dan masih terdaftar, maka blokir STNK online Jakarta bisa dilakukan. Untuk tahap ini, kamu harus menyambangi loket pengecekan pajak progresif di SAMSAT.

    Baca juga: Cara Mengurus STNK Hilang Serta Syarat dan Biayanya 2024

    2. Ajukan pemblokiran STNK

    Jika sudah mengetahui daftar kendaraan yang terkena pajak progresif, langkah selanjutnya adalah mendatangi loket pemblokiran nomor kendaraan. Dokumen yang dibutuhkan masih sama, yaitu fotocopy KTP dan juga KK.

    Tak hanya itu, kamu juga perlu mengisi formulir blokir STNK yang tersedia. Isilah kotak kosong dengan nomor kendaraan yang ingin dilakukan pemblokiran. Pengisian data kendaraan ini bisa satu atau bahkan lebih.

    Sebelum mengisi formulir blokir STNK, pastikan kamu sudah menyiapkan materai. Setelah melengkapi isian form, kembalikan ke loket untuk kemudian diproses. Biasanya, petugas SAMSAT membutuhkan waktu sekitar 4 hari untuk memproses pemblokiran STNK kendaraan tersebut.

    3. Memastikan hasil pemblokiran

    Saat kedua langkah sebelumnya telah dilewati, sebenarnya kamu sudah selesai melakukan proses pemblokiran nomor kendaraan. Namun, tetap ada tahapan terakhir yang harus dilakukan, yakni memastikan hasil pemblokiran.

    Seperti yang sudah dijelaskan, kamu perlu melakukan pengecekan untuk memastikan hasil pemblokiran 4 hari setelah blokir STNK diajukan. Untuk melakukannya, bawa bukti pengajuan pemblokiran yang sebelumnya sudah diberikan oleh petugas.

    Bukti pemblokiran ini akan menjadi acuan bagi petugas untuk memastikan apakah telah berhasil melakukan blokir STNK. Jika pemblokiran berhasil, maka petugas akan memberikan daftar kepemilikan kendaran yang terbaru.

    Tentunya, kendaraan yang sebelumnya telah diblokir sudah tidak akan muncul dalam daftar. Dengan begitu, pajak progresif yang harus kamu bayarkan bisa berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

    Nah, itu dia beberapa persyaratan dan prosedur atau cara blokir STNK online. Jika tidak ingin membayar pajak progresif lebih mahal, maka pastikan untuk melakukan pemblokiran STNK pada kendaraan yang sudah dijual, ya.

    Pentingnya asuransi mobil untuk kendaraan

    Pastinya kamu sadar bahwa biaya merawat dan memperbaiki mobil kamu itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, jangan sampai kamu merasa terbebani dengan tagihan-tagihan service mobil saat mobil kamu mengalami kerusakan.

    Agar kamu terhindar dari kerugian finansial akibat hal tersebut atau bahkan mengalami kehilangan karena pencurian mobil. Maka jalan satu-satunya adalah mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi.

    Baik mobil baru maupun mobil tua, penting untuk diasuransikan. Pasalnya, kita sendiri tidak tahu hal apa yang akan terjadi kedepannya, entah itu kerugian atas kesalahan pribadi, orang lain atau bencana alam.

    Pilihlah perusahaan asuransi dan polis yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Dengan demikian, kamu akan lebih aman dan tidak was-was apabila ada kerugian menimpamu.

    Asuransi Mobil dari Roojai,  memberikan perlindungan finansial untuk kendaraan dan penumpang di dalamnya. Apabila terjadi kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, pencurian, bencana alam dan lainnya. Roojai juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 800 bengkel, baik bengkel resmi dan bengkel umum yang tersebar diseluruh Indonesia.

    Muhammad Vigo Sofyan

    Ditulis oleh

    Muhammad Vigo Sofyan

    IT QA Specialist

    Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

    Bagikan:

    Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

    Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

    Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

    |

    Lihat premi dalam 30 detik.
    Gak perlu kasih info kontak!