kapan ban mobil harus diganti | roojai.co.id

Kapan ban mobil harus diganti? Umumnya dilakukan ketika pemakaian ban mobil kurang lebih 3 tahun. Waktu tersebut bisa kamu jadikan patokan untuk mengganti ban mobil milikmu.

Ada ciri-ciri tertentu ketika ban mobil harus diganti, dari atas usia pemakaian an, ketebalan melampaui indikator, hingga intensitas an terbentur sesuatu.

Nah, untuk lebih jelasnya tentang kapan ban mobil harus diganti, simak informasinya di bawah ini lengkap dengan rincian biaya penggantian, merek terbaik, dan bengkel mobil terdekat.

Kapan ban mobil harus diganti?

Sebagai pemilik mobil, alangkah baiknya mengetahui ciri-ciri ban mobil harus diganti agar berkendara tetap aman dan tidak mengganggu aktivitas. Berikut ciri-ciri ban mobil harus diganti.

1. Pemakaian ban melebihi 3 tahun

Seiring berjalannya waktu dan intensitas pemakaian, ban mobil akan berkurang kelenturannya hingga berakhir mengeras.

Umumnya pemakaian ban mobil kurang lebih 3 tahun. Jika melebihi waktu pemakaian tersebut, segeralah ganti ban dengan yang baru. Bagaimana dengan masa pakai ban mobil tertentu seperti Dunlop?

Umur pakai ban mobil Dunlop yaitu jika mobil sudah menempuh jarak 100 ribu km. Walaupun demikian, Dunlop mengatakan bahwa angka tersebut hanyalah rata-rata, bukan acuan yang pasti.

Oh iya, usia ban mobil tubeless juga bisa dilihat dari intensitas pemakaiannya, yaitu 3 tahun. Walaupun demikian, banyak juga pemilik mobil meyakini jika usia ban mobil tubeless dan lainnya yaitu 5 tahun.

2. Pemakaian mobil melebihi 40.000 km

Selain ciri-ciri ban mobil harus diganti di atas, saat mobil penggunaannya telah melebihi 40.000 km, gantilah dengan yang baru, walaupun usia pakainya belum 3 tahun. 

Walaupun elastisitas ban masih normal, pemilik mobil harus tetap ingat kalau keausan akan tetap melanda mengingat ban sudah melebihi jarak tempuh maksimal kapan ban mobil harus diganti.

Secara umum, kisaran normal penggunaan mobil yaitu antara 15.000 sampai 20.000 ribu km per tahunnya. Jika sudah mencapai 40.000 km, maka mobil sudah dipakai minimal 2 tahun dan maksimal 3 tahun.

3. Ketebalan ban melampaui indikator

Tread Wear Indicator (TWI) adalah batas atau indikator keausan ban mobil yang boleh digunakan. Jika kembang ban mobil sudah mencapai segitiga TWI, maka ban harus diganti. 

Indikator TWI bisa kamu lihat di tepian ban berupa segitiga kecil di bawah kembang ban serta di tengah telapak ban dalam bentuk tonjolan kecil.

Sebagai pemilik mobil, kamu harus rutin memeriksa tapak ban agar mobil aman dikendarai. Ban mobil aus berpengaruh pada proses pengereman dan pengendalian sehingga sangat berisiko saat mobil melaju di jalanan yang licin.

4. Ban sudah gundul atau halus di tengahnya

Kapan ban mobil harus diganti? Indikator lainnya adalah ketika ban sudah gundul di tengah, walaupun tepiannya masih oke.

Indikator tersebut bisa kamu pakai sebagai patokan masa pakai ban mobil Bridgestone dan bahkan merek lainnya. 

Jika ketebalan ban tidak sama lagi dan menipis hanya di bagian tertentu, seperti di bagian luar, telapak, atau sisi dalam ban, itu tandanya harus diganti.

5. Terdapat benjolan pada ban

Benjolan sering muncul pada ban karena terputusnya anyaman benang dan kawat penguat ban. Kondisi tersebut menjadikan ketahanan ban tidak lagi sama sehingga perlu diganti. 

Benjolan pada ban sebagai salah satu ciri-ciri ban mobil harus diganti terjadi karena berbagai macam hal, seperti tekanan angin pada ban mobil yang kurang sehingga beban beberapa bagian ban lebih berat dari yang lainnya.

Jika kondisi di atas menimpa ban mobilmu, segera bawa mobilmu ke bengkel ban mobil terdekat dari tempat tinggalmu.

6. ​​Ban mengalami keretakan

Sisi samping pada ban merupakan bagian yang sering terkena panas permukaan aspal sehingga mudah retak. 

Jika sudah retak, ban akan rapuh dengan mudahnya walaupun ban masih cukup baru atau belum lama diganti.

7. Terjadi kondisi Heel Toe Wear

Heel Toe Wear merupakan keadaan di mana kembang ban terangkat karena mobil sering dipakai di jalanan yang rusak dan berlubang atau saat dipacu dengan kecepatan yang tinggi. 

Karenanya, pengereman mendadak kerap dilakukan dan ball joint serta bearing pun berpotensi aus. Di samping itu, suspensi bisa bushing saat kembang ban terangkat.

8. Terlalu sering ditambal

Sebagian dari kamu mungkin sering menambal ban ketika ban bocor. Perlu diingat bahwa sering menambal ban mengurangi kekuatan ban itu sendiri.

Ban yang sudah terlalu sering ditambal bisa kamu jadi acuan kapan ban mobil harus diganti, apalagi para pengguna ban tubeless yang mana fungsinya bisa sama seperti semula usai prosedurnya dilakukan. Ketahui juga perbedaan ban tubless dan ban biasa agar kamu bisa dengan bijak segera mengganti ban mobilmu.

9. Sering terbentur sehingga lecet

Ban yang kerap kali terbentur sesuatu yang padat, seperti trotoar, akan mudah lecet. Kondisi tersebut memang tidak bisa dihindari.

Selain itu, faktor lainnya yaitu saat ban terperosok atau melewati jalanan berlubang dan rusak. Kelecetan yang timbul bisa sampai ke tahap serius dan ban harus diganti.

Berapa biaya ganti ban mobil?

Harga ganti ban mobil antara satu jenis atau merek ban dengan yang lainnya tentu berbeda. Akan ada biaya jasa pemasangan yang dikenakan, dimulai sekitar Rp100 ribu saja.

Bengkel yang kamu datangi akan menentukan harga tersebut. Sebaiknya pilihlah bengkel mobil yang terpercaya dan sudah terbukti kualitas pengerjaannya.

Tidak hanya penggantian ban, nantinya akan ada juga spooring balancing untuk meluruskan dan menyeimbangkan posisi roda secara keseluruhan. Biaya spooring dan balancing berkisar di angka Rp150 ribu – Rp500 ribu. 

Baca juga: 12 Tips Perawatan Mobil untuk Pemula supaya Awet

Merek ban mobil dan harganya

Selain informasi kapan ban mobil harus diganti, ketahui juga merek ban mobil terbaik dan harganya. Setiap merek ban dan ukurannya akan berbeda-beda harganya. Berikut perkiraan harga ban mobil berdasarkan mereknya.

  • Bridgestone Ecopia EP150 175/65 R14: Rp595 ribu
  • Achilles Platinum 175-70/R13: Rp478 ribu.
  • Champiro SX2 195/55 R15: Rp808 ribu.
  • Champiro SX-R 195/50 R15: Rp1,35 juta.
  • CHAMPIRO GTX PRO 185/65 R14: Rp520 ribu.
  • Michelin Energy XM2 195/70 R14: Rp820 ribu.
  • Accelera Gamma 165/65 R13: Rp390 ribu.

Bengkel ban mobil area Jakarta

Melengkapi pembahasan umur ban mobil kapan harus diganti dengan jenis ban tubeless dan merek Bridgestone, di artikel ini disajikan juga rekomendasi bengkel ban mobil untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

  • TireZone Citra Jaya Ban: Jalan Muara Karang No.133, RT.20/RW.2, 12, Pluit, Jakarta Utara, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460, (021) 6631144.
  • Holy Ban Tire Center & Auto Service: Jalan Pluit Karang Timur Blok O8 No. 41 Pluit Penjaringan RT.5, RT.5/RW.14, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450, (021) 6601968.
  • Warna Warni Ban Kebon Jeruk: Jalan Panjang Arteri Klp. Dua Raya No.54, RT.2/RW.2, Klp. Dua, Jakarta, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11550, (021) 22127777.
  • Kemala Ban: Jalan Raya Pos Pengumben Raya No.30, RW.3, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11630, (021) 5868523.
  • Bravo Motorsport – Toko Velg & Ban Mobil Jakarta Pusat: Jalan Sukarjo Wiryopranoto No.12-B, RW.1, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120, 0811-9621-2490.
  • Nawilis Ban: Jalan Tanah Abang I No.12, RT.11/RW.8, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160, (021) 3850025.
  • Metro Rims: Jalan H. Nawi Raya No.5a, RW.2, Gandaria, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420, 0811-1390-6884.
  • TRIPANCA Tire Service: Jalan Raya Kby. Lama No.01, RW.1, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560, (021) 7397326.
  • Trijaya Ban 83: Jalan Otista Raya No.83, RW.9, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330, (021) 8198681.
  • Formula Ban: Jalan Pramuka No.66, RT.1/RW.2, Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120, (021) 8509748.

Dari informasi alamat dan nomor kontak bengkel ganti ban di atas, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk bertanya terlebih dahulu seputar kapan ban mobil harus diganti dan berapa perkiraan biayanya.

Baca juga: Kenapa kamu harus mengganti oli mobil secara rutin.

Begini pentingnya punya asuransi mobil

Tidak hanya biaya ganti ban mobil yang harus dipersiapkan, biaya ganti oli, serta biaya kerusakan dan perawatan mobil lainnya juga harus dipikirkan.

Kerusakan bisa terjadi kapan saja termasuk yang disebabkan oleh kecelakaan yang risikonya tidak bisa dihindari dan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. 

Maka dari itu, untuk meminimalisir pengeluaran yang besar dari perbaikan mobil di bengkel, sangat disarankan memiliki asuransi mobil.

Asuransi mobil akan memberikan kamu jaminan atas kerugian finansial yang terjadi akibat berbagai kerusakan dan bahkan saat mobil hilang dicuri.

Ada dua pilihan jenis asuransi mobil yang ditawarkan kepada calon pengguna, yaitu asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil total loss only (TLO).

Asuransi mobil all risk memberikan pertanggungan biaya ganti rugi untuk semua jenis kerusakan mobil mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Sementara asuransi mobil TLO berfokus hanya pada ganti rugi mobil baru bila mobil yang diasuransikan rusak parah sampai tidak bisa dipakai lagi, atau bila mobil tersebut hilang.

Demikian informasi seputar kapan ban mobil harus diganti dengan yang baru yang mana jawabannya adalah ketika masa pakai mobil sudah berusia 3 tahun lebih. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan Seputar Penggantian Ban Mobil

Berapa lama ban mobil harus diganti?

Umumnya pemakaian ban mobil kurang lebih 3 tahun. Jika melebihi waktu pemakaian tersebut, segeralah ganti ban dengan yang baru.

Bolehkah mengganti ban mobil hanya 1?

Tidak masalah jika kamu hanya ingin mengganti 1 ban mobil saat dirasa kondisi ban lainnya masih bagus.

Ban mobil merk apa yang bagus?

Merek ban mobil yang bagus, di antaranya:

  • Bridgestone.
  • GT Radial.
  • Corsa.
  • GoodYear.
  • Yokohama.
  • Hankook.
  • Toyo.
  • Falken.
  • Achilles.
  • Continental.
  • Dunlop.

Berapa km ban diganti?

Saat mobil penggunaannya telah melebihi 40.000 km, gantilah dengan yang baru, walaupun usia pakainya belum 3 tahun.

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu