Produk asuransi

Setiap perusahaan asuransi mungkin memiliki produk asuransi yang sama. Namun, manfaat pertanggungannya pasti berbeda-beda.

Manfaat pertanggungan yang ditawarkan ini juga akan berpengaruh pada besar kecilnya biaya premi yang nantinya harus dibayar si pemegang polis.

Apa saja sih produk asuransi yang umumnya laris manis dicari masyarakat Indonesia? Simak ragam produk asuransi dan manfaatnya berikut ini yuk!

Konten

  1. Produk asuransi konvensional, asuransi syariah, dan Digital
    1. Contoh perusahaan asuransi dan produknya

      Produk asuransi konvensional, asuransi syariah, dan Digital

      Secara umum, produk asuransi konvensional, asuransi syariah dan digital tidaklah berbeda jauh. Tidak semua perusahaan asuransi memiliki jenis asuransi syariah. Dan tidak semua asuransi juga memiliki produk digital.

      Produk asuransi syariah memberi manfaat pertanggungan yang berasaskan tolong-menolong antar pemegang polis sesuai syariah Islam. 

      Selain itu, persetujuan dan pengawasan produknya pun harus melalui DSN-MUI dan sesuai dengan fatwa-fatwa yang dikeluarkan.

      Sebagai bentuk pertanggungan terbaik, asuransi nggak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga keluarga atau orang-orang yang kamu cintai, keuangan, dan harta benda yang dimiliki.

      Sedang mencari produk asuransi? Berikut ini adalah beberapa produk asuransi konvensional ataupun syariah yang umumnya dicari banyak orang di Indonesia.

      1. Asuransi jiwa

      Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberi pertanggungan untuk pemegang polis jika mengalami risiko cacat total/sebagian dan kematian atau meninggal dunia.

      Manfaat pertanggungan di sini terkadang memang tidak dirasakan si pemegang polis langsung, tapi untuk ahli waris yang ditinggalkannya.

      Oleh karena itu, produk asuransi jiwa sangat cocok dimiliki pencari nafkah utama di dalam keluarga. 

      Jika si pencari nafkah ini meninggal dunia secara tiba-tiba, keluarga yang ditinggalkan setidaknya dapat melanjutkan hidupnya dari uang santunan yang diterima.

      2. Asuransi kesehatan

      Asuransi kesehatan memberi pertanggungan terhadap biaya pengobatan atas berbagai jenis penyakit dan risiko kecelakaan.

      Asuransi kesehatan yang wajib dimiliki masyarakat Indonesia dan merupakan jaminan sosial program pemerintah adalah BPJS Kesehatan.

      Meskipun BPJS dapat menanggung hampir semua jenis penyakit, nggak ada salahnya juga kalau kamu tetap memiliki asuransi kesehatan swasta.

      Dengan asuransi kesehatan swasta, administrasi dan pelayanan yang bisa kamu dapatkan pun bisa lebih baik dan disesuaikan dengan manfaat perlindungan yang kamu pilih.

      3. Asuransi pendidikan

      Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberi jaminan uang pertanggungan untuk pendidikan anak sebagai pihak terjamin di masa depan.

      Asuransi pendidikan di Indonesia biasanya dalam bentuk dua jenis, yaitu:

      4. Asuransi kendaraan bermotor (mobil)

      Asuransi mobil umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu asuransi All Risk (memberikan manfaat perlindungan dari risiko kerusakan ringan, berat hingga kehilangan atau pencurian) dan TLO (memberikan manfaat perlindungan untuk kerusakan >75% hingga pencurian). 

      Ada juga manfaat tambahan, seperti manfaat pertanggungan akibat bencana alam, kerusuhan dan huru-hara (SRCC), kebakaran, hingga tanggung jawab pihak ketiga.

      Sebelum memilih jenis asuransi mobil yang tepat, sesuaikan juga dengan usia kendaraan, wilayah, dan manfaat yang dibutuhkan.

      5. Asuransi perjalanan

      Memiliki hobi jalan-jalan atau sering keluar kota maupun luar negeri untuk urusan bisnis? Jangan lupa untuk selalu gunakan asuransi perjalanan. 

      Asuransi perjalanan memberi manfaat berupa pertanggungan biaya medis wisatawan selama perjalanan.

      Namun, ada juga manfaat perlindungan tambahan, seperti keterlambatan/kehilangan bagasi, penundaan jadwal perjalanan, pembatalan penerbangan, hingga perlindungan terhadap rumah apabila bepergian meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

      Jenis asuransi perjalanan yang umumnya ditawarkan adalah single trip (menjamin satu kali perjalanan dengan maksimum 180 hari per perjalanan) atau tahunan (menjamin setiap perjalanan maksimal 90 hari/perjalanan sepanjang tahun).

      6. Asuransi properti

      Sebagai aset yang memiliki nilai jual semakin tinggi tiap tahunnya, jangan anggap sepele asuransi properti karena penting untuk kamu miliki. 

      Nggak cuma untuk bangunan yang sudah jadi, bangunan yang masih dalam proses pembangunan pun sudah bisa kamu lindungi dengan asuransi properti ya.

      Biasanya produk ini terdiri dari dua jenis: asuransi rumah dan asuransi bisnis. Asuransi properti adalah proteksi terhadap aset properti, seperti rumah, apartemen, ruko, perkantoran, dan lain-lain dari risiko kerusakan, pencurian, bencana alam, hingga kebakaran. 

      7. Asuransi hari tua

      Asuransi hari tua atau jaminan hari tua serta tabungan dana pensiun adalah produk yang dapat memberikan nasabah rasa aman dan tenang ketika menghadapi masa tuanya.

      Meskipun umur di tangan Tuhan, nggak ada salahnya buat kamu yang masih dalam usia produktif untuk menyiapkan masa tua dengan finansial yang cukup dengan asuransi hari tua.

      Contoh perusahaan asuransi dan produknya

      Kalau ditotal, ada ratusan jumlah perusahaan asuransi jiwa, asuransi umum, asuransi sosial, asuransi wajib, dan reasuransi yang ada di Indonesia.

      Produk asuransi yang ditawarkan bisa untuk individu, keluarga, hingga kumpulan atau korporasi. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh perusahaan asuransi dan produknya! Siapa tahu bisa jadi referensi kamu dalam memilih.

      1. Produk asuransi Roojai Indonesia

      Roojai Indonesia merupakan asuransi online paling terjangkau dan inovatif di Asia Tenggara. Roojai memiliki 7 produk utama. Mulai dari asuransi mobil all risk, asuransi penyakit kritis, asuransi kanker, asuransi penyakit jantung, asuransi penyakit akibat gigitan nyamuk, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi hospital cash plan (HCP).

      Roojai merancang produk asuransi yang terjangkau, mudah digunakan, dan mudah dipahami dengan tetap mempertahankan kualitas layanan terbaik.

      Sehingga, kamu bisa membeli asuransi secara online kapanpun, dengan premi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Roojai juga memiliki berbagai perluasan asuransi di polisnya, sehingga memiliki banyak manfaat.

      1. Produk asuransi Sinar Mas 

      Ada 12 produk utama yang ditawarkan asuransi Sinar Mas, seperti Accident and Health, Penjaminan, Tanggung gugat, Rekayasa, Fired and Allied Perils, Pengangkutan, Aviation, Satelit, Kendaraan Bermotor, Asuransi Sinar Mas Syariah, Miscellaneous, dan Asuransi Mikro. 

      Di balik 12 produk tersebut, ada lebih banyak lagi pilihan produk di dalamnya yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu.

      2. Produk asuransi Prudential

      Sebagai salah satu asuransi terkemuka, Prudential memang terkenal dengan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

      Namun, ternyata ada enam pilihan produk lainnya lho, yaitu Pendidikan, Perlindungan Bebas Premi, Dana Investasi, Produk Syariah, Bancassurance dan Perlindungan Karyawan.

      3. Produk asuransi Allianz

      Allianz juga nggak kalah lengkap nih untuk kamu yang sedang mencari asuransi. Empat produk utamanya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi syariah, dan asuransi umum. 

      Asuransi umumnya juga terdiri dari beberapa pilihan, seperti asuransi kendaraan, asuransi bangunan, asuransi perjalanan, dan asuransi diri.

      4. Produk asuransi Generali

      Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Eropa, Generali nggak perlu diragukan lagi. Produknya juga banyak nih, yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, investasi, pendidikan, pensiun, dan solusi perusahaan.

      5. Produk asuransi Manulife

      Buat kamu yang nggak mau ribet dan apa-apa serba online, kayaknya cocok dengan asuransi yang satu ini. Sebab kalau kamu kena musibah, kamu bisa dengan mudah mengajukan klaim lewat platform digital MiEClaim.

      6. Produk asuransi AIA

      Asuransi AIA memberi layanan produknya untuk individu dan korporasi. Untuk individu, pilihan produknya meliputi proteksi jiwa, kesehatan, penyakit kritis, proteksi dengan manfaat investasi, dan proteksi secara digital.

      7. Produk asuransi Jiwasraya

      Jiwasraya adalah salah satu perusahaan BUMN jasa keuangan dan termasuk asuransi tertua di Indonesia yang didirikan sejak 1978. Tiga produk utamanya adalah individu, kumpulan, dan DPLK atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

      8. Produk asuransi BNI Life

      Nggak cuma di sektor perbankan, BNI juga menawarkan ragam produk asuransi melalui BNI Life. Pilihan produknya sendiri cukup lengkap, yaitu:

      9. Produk asuransi CAR

      Ada delapan produk utama yang ditawarkan PT AJ Central Asia Raya atau asuransi CAR ini, yaitu individu, group, bancassuranceretail insurance, asuransi mikro, dana pensiun, syariah, dan BPJS Kesehatan.

      10. Produk asuransi BRI Life

      Punya rekening BRI? Coba juga produk asuransinya di BRI Life. Ada enam produk yang ditawarkan yaitu Perlindungan Jiwa dan Kesehatan, Proteksi dan Investasi, Perlindungan Jiwa dan Kecelakaan, Perlindungan Hari Tua, Perlindungan Penyakit Kritis, dan Dana Pendidikan.

      Tenang, BRI Life juga memiliki program syariah yang pastinya bikin kamu yang muslim jadi lebih tenang. Cari tahu berbagai pilihan produk dan manfaat yang ditawarkan di https://brilife.co.id/produk-perlindungan.

      11. Produk asuransi MNC Life

      Kalau yang satu ini mungkin kamu lebih familiar dengan stasiun TVnya, tapi ternyata MNC juga punya perusahaan asuransi melalui MNC Life lho.

      12. Produk asuransi Bumiputera

      Serupa tapi tak sama, asuransi Bumiputera juga menawarkan 3 pilihan produk utama seperti Jiwasraya yaitu Asuransi Jiwa Perorangan, Asuransi Jiwa Kumpulan, dan DPLK AJB Bumiputera 1912.

      13. Produk asuransi Sun Life

      Sun Life menawarkan dua produk utama yaitu proteksi dan investasi. Untuk proteksi, kamu bisa memilih produk Jiwa, Kesehatan, Penyakit Kritis, serta Kecelakaan dan Cacat Tubuh.

      14. Produk asuransi AXA Mandiri

      Seperti BNI dan BRI, Mandiri juga menawarkan produk asuransinya melalui AXA Mandiri nih. 

      Pilihan produknya juga lengkap banget sampai sebelas, seperti Perlindungan Jiwa, Perlindungan Kesehatan, Perlindungan Penyakit Kritis, Perlindungan Asuransi Masa Depan Anak, Perlindungan Asuransi Masa Depan, Perlindungan Prestige, Perlindungan Syariah, Perlindungan Umum, Perlindungan Aset, Perlindungan Mikro, dan Corporate Solution.

      15. Produk asuransi Tokio Marine

      Sebagai asuransi pertama di Jepang dan sudah berada di 38 negara, Tokio Marine akan menawarkan kamu pilihan produk berupa perlindungan Jiwa, Kesehatan, Rumah dan Keluarga, Kecelakaan, Kendaraan Bermotor Pribadi, dan Asuransi Tambahan.

      Pentingnya asuransi untuk perlindungan keuangan

      Kalau kamu perhatikan, semua contoh perusahaan asuransi di atas pasti menawarkan asuransi jiwa ataupun kesehatan.

      Nggak heran. Sebab manusia hidup cuma sekali. Kalau aset atau harta benda yang rusak dan hilang bisa dicari lagi, beda halnya dengan manusia yang kalau menderita sakit kritis hingga meninggal dunia nggak bisa kembali lagi.

      Itulah kenapa sangat penting memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Kalau kamu bingung mana yang harus didahulukan antara asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, coba pikirkan hal berikut ini!

      Setiap orang membutuhkan asuransi kesehatan karena penyakit dan kecelakaan bisa terjadi kapan saja kepada siapa saja.

      Namun, kalau kamu adalah pencari nafkah utama di keluarga, lebih baik utamakan terlebih dahulu asuransi jiwa. Kalau pun ada dana lebih, kamu bisa menambah manfaat tambahan (rider asuransi) kesehatan.

      Hal ini karena kalau misalnya kamu tiba-tiba meninggal dunia, setidaknya ada dana santunan dari asuransi jiwa yang dapat diberikan kepada ahli waris yang ditinggalkan.

      Jangan ambil risiko hidup tanpa asuransi! Sayangi diri dan orang-orang sekitar yang kamu cintai!

      image: freepik.com

      Heru Panatas

      Ditulis oleh

      Heru Panatas

      Motor Vehicle Claim Manager

      Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!