klaim asuransi mobil penyok

Asuransi mobil bisa menanggung biaya perbaikan ketika mobil kamu mengalami penyok akibat risiko yang ditentukan dalam polis. Perbaikan mobil bisa ditanggung oleh asuransi mobil dengan melakukan klaim asuransi mobil penyok terlebih dahulu. 

Agar berjalan dengan lancar dan tidak mendapatkan penolakan, penting untuk mengetahui seperti apa prosedur klaim asuransi mobil, syarat hingga apa saja yang kerap jadi penyebab klaim ditolak perusahaan asuransi. Simak dalam artikel Roojai berikut ini, ya!

Konten

  1. Asuransi yang Menanggung Mobil Penyok
  2. Penyebab Mobil Penyok yang Ditanggung Asuransi
  3. Cara Klaim Asuransi Mobil Penyok
    1. Kenapa Klaim Asuransi Mobil Penyok Ditolak?
      1. Asuransi Mobil Terbaik Roojai
      2. Pertanyaan Seputar Klaim Asuransi Mobil Penyok

        Asuransi yang Menanggung Mobil Penyok

        Saat ini ada dua jenis asuransi mobil yang umumnya digunakan pemilik kendaraan yakni asuransi Total Loss Only dan All Risk. Perbedaan kedua jenis asuransi ini terutama pada cakupan pertanggungan yang diberikan.  

        Pada asuransi Total Loss Only, pertanggungan hanya diberikan pada kerusakan mobil akibat risiko yang ditanggung, yang jumlahnya melebihi 75% dari nilai mobil itu sendiri. Sementara asuransi All Risk memberi cakupan perlindungan yang lebih luas, dari kerusakan kecil sampai yang menyebabkan kerusakan mobil dalam skala besar atau kehilangan mobil akibat pencurian. 

        Dalam halnya mobil penyok, bisa diasumsikan kerusakan yang terjadi terhitung minor atau  kurang dari 75% nilai mobil. Dengan demikian, asuransi yang menanggung kerusakan mobil penyok hanya ditanggung oleh asuransi mobil All Risk.

        Penyebab Mobil Penyok yang Ditanggung Asuransi

        Walaupun kerusakan mobil penyok ditanggung asuransi jenis All Risk, ada beberapa hal yang menentukan apakah kerusakan tersebut memenuhi syarat untuk mendapat pertanggungan. Asuransi All Risk menanggung kerusakan pada mobil, termasuk yang membuat mobil penyok, yang disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:  

        Tentu saja, kejadian yang menyebabkan mobil penyok tersebut sebaiknya bukan disengaja. Selain perlindungan atas risiko tersebut, kamu juga bisa menambah perluasan jaminan asuransi All Risk dengan beberapa manfaat berikut:  

        Cara Klaim Asuransi Mobil Penyok

        Untuk melakukan klaim asuransi mobil penyok sebenarnya tidak jauh berbeda dengan klaim kerusakan lain seperti klaim asuransi mobil baret, berikut tahapannya.  

        1. Membuat laporan ke pihak asuransi  

        Segera setelah kejadian yang membuat mobil penyok, buat laporan ke pihak asuransi. Jangan sampai telat, beberapa penyedia asuransi memberi batasan waktu untuk membuat laporan tersebut, biasanya 3 hingga 14 hari kerja. Kamu dapat mengetahui batas waktu klaim ini di dalam dokumen polis asuransi. 

        2. Siapkan bukti dan dokumentasi 

        Siapkan bukti kejadian dengan melampirkan dokumentasi mobil yang penyok. Pihak asuransi perlu melihat bukti-bukti untuk bisa menyetujui proses klaim yang kamu ajukan. Contoh bukti yang bisa kamu sampaikan adalah foto bagian mobil yang penyok.  

        Pihak asuransi nantinya akan mengecek kesesuaian dokumentasi dengan kondisi sebenarnya. Jadi sebaiknya setelah didokumentasikan, jaga kondisi mobil sesuai kondisi pada saat dilaporkan, ya. Jika kecelakaan tersebut melibatkan pihak ketiga, dokumentasi juga diperlukan ketika melapor ke pihak berwenang.  

        3. Lengkapi formulir pengajuan klaim  

        Isi formulir pengajuan klaim dengan tepat, termasuk nomor plat kendaraan, nomor polis, nomor mesin mobil, juga data diri pemilik asuransi. Selain mengisi data terkait asuransi, kamu juga perlu menjawab pertanyaan yang akan menggambarkan kejadian penyebab kerusakan pada mobil. Isi formulir dengan bahasa yang jelas, jujur dan mudah dimengerti dan tidak berupaya untuk melebih-lebihkan. 

        4. Lengkapi dokumen 

        Supaya langkah klaim asuransi mobil penyok berjalan lancar, lengkapi formulir dengan dokumen yang diminta perusahaan asuransi. Beberapa dokumen yang biasanya diminta sebagai syarat klaim asuransi mobil adalah sebagai berikut: 

        Jika kecelakaan ini juga melibatkan pihak ketiga, maka pihak tersebut juga perlu menyiapkan dokumen dan mengisi beberapa formulir. 

        5. Menjelaskan kronologi kejadian 

        Selain menjelaskan kejadian melalui formulir, pihak asuransi juga bisa melakukan wawancara untuk mengetahui kronologi kejadian. Ceritakan kejadian tersebut dengan sejujur-jujurnya dan jelas.  

        6. Gunakan bengkel yang menjadi rekanan 

        Setiap penyedia asuransi mobil memiliki daftar bengkel yang menjadi rekanan. Setelah klaim asuransi diterima, maka kamu akan diarahkan untuk memilih bengkel mobil rekanan terdekat untuk dilakukan perbaikan bodi mobil yang penyok.  

        Sebagai catatan, saat kamu melakukan klaim ada biaya klaim asuransi mobil yang akan dikenakan yang disebut own risk (risiko sendiri) atau deductible. Biasanya, biaya klaim asuransi adalah Rp300 ribu yang dipotong dari biaya tanggungan. 

        Biaya klaim merupakan bentuk manajemen risiko antar tertanggung dengan penanggung (perusahaan asuransi) dan sudah sesuai dengan aturan OJK. Sebagai nasabah, sebaiknya kamu tidak mengajukan klaim untuk perbaikan yang terlalu kecil sehingga nilai perbaikannya malah tidak lebih besar daripada biaya klaimnya. 

        Dapatkan perlindungan asuransi mobil All Risk yang meng-cover risiko kerusakan akibat kecelakaan, termasuk jika kendaraan penyok. Berkendara jadi lebih aman dan nyaman dengan perlindungan asuransi mobil.

        Kenapa Klaim Asuransi Mobil Penyok Ditolak?

        Klaim asuransi mobil penyok yang ditolak bisa terjadi karena beberapa alasan, diantaranya adalah tidak memenuhi syarat beberapa kondisi dibawah ini: 

        1. Polis asuransi lapse 

        Kondisi polis lapse adalah ketika polis tidak aktif atau masa berlakunya sudah lewat. Kondisi inilah yang seringkali menjadi penyebab klaim asuransi mobil ditolak karena nasabah tidak segera melakukan perpanjangan.

        2. Kerusakan terjadi sebelum asuransi aktif 

        Hindari mengajukan klaim untuk kerusakan yang sudah ada sebelum asuransi mobil kamu aktif. Oleh sebab itu, sebaiknya belilah asuransi mobil sebelum kamu menggunakan mobil tersebut untuk beraktivitas.  

        3. Melanggar aturan 

        Kalau kerusakan mobil terjadi karena insiden yang disebabkan pelanggaran hukum, maka kamu tidak berhak mendapat penggantian dari asuransi mobil. Misalnya kalau mobil kamu digunakan oleh pengendara yang tidak punya Surat Izin Mengemudi. 

        4. Polis nggak sedang dalam masa tunggu 

        Klaim asuransi tidak bisa dilakukan kalau polis masih dalam masa tunggu. Setelah membeli asuransi, pihak asuransi akan memberlakukan masa tunggu sampai asuransi berlaku. Masa tunggu biasanya berlaku selama 30 hari. Pastikan masa tunggu asuransi mobil kamu dengan membaca polis asuransi secara mendetail.  

        5. Kerusakan yang disengaja 

        Perusahaan asuransi akan menolak klaim kerusakan mobil yang terjadi karena kesalahan sendiri, khususnya kerusakan yang terjadi secara sengaja. Kondisi ini juga termasuk saat kamu dengan sengaja menerobos jalanan yang banjir. 

        6. Aksesoris tambahan tidak dilaporkan 

        Supaya klaim bisa disetujui tanpa kendala, pastikan kamu selalu melaporkan aksesori tambahan yang dipasang pada mobil kamu kepada pihak asuransi. Tujuannya, supaya pihak asuransi mengetahui kondisi mobil terbaru. Kamu dapat membaca artikel Roojai mengenai apakah mobil yang dimodifikasi bisa klaim asuransi

        Itulah cara klaim asuransi mobil penyok yang bisa terjadi pada kamu. Supaya mendapatkan perlindungan yang kamu perlukan, pastikan kamu memilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebelum membeli asuransi yang pas, kamu bisa mempelajari seluk-beluk asuransi mobil dengan membaca artikel seputar asuransi mobil.

        Asuransi Mobil Terbaik Roojai

        Itulah langkah-langkah klaim asuransi mobil penyok yang perlu kamu ketahui. Agar proses klaim berjalan lancar dan mobil kesayanganmu mendapatkan perlindungan yang maksimal, pastikan kamu memilih jenis asuransi mobil yang sesuai kebutuhan.

        Dapatkan premi hemat hingga 25%, layanan darurat yang tersedia 24/7 hingga akses ke lebih dari 800 bengkel rekanan di seluruh Indonesia. Yuk, lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi Roojai sekarang juga!

        Pertanyaan Seputar Klaim Asuransi Mobil Penyok

        Apakah klaim ringan seperti penyok sedikit ada biaya klaimnya?

        Betul, biaya klaim asuransi mobil atau yang dikenal dengan own risk biasanya dihitung per kejadian. Jadi, manfaatkan layanan klaim dengan sebaik mungkin untuk kerusakan yang benar-benar signifikan saja.

        Apakah ada batas jumlah klaim baret per tahun?

        Kebanyakan polis tidak menetapkan batas eksplisit, namun klaim terlalu sering dapat memengaruhi penilaian saat perpanjangan.


        Heru Panatas

        Ditulis oleh

        Heru Panatas

        Motor Vehicle Claim Manager

        Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

        Bagikan:

        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!