Menu

jenis asuransi kecelakaan

Istilah asuransi kecelakaan mengacu ke jenis asuransi yang menanggung kerugian finansial yang dialami ketika seseorang mengalami kecelakaan. Asuransi kecelakaan ini dirancang untuk bisa menjamin biaya perawatan akibat risiko yang dialami tertanggung saat mengalami kecelakaan, baik di tempat kerja ataupun di jalan saat berkendara. Ada beberapa jenis asuransi kecelakaan yang saat ini dikenal. Walaupun memiliki nama yang sama, tiap jenis asuransi kecelakaan ini memiliki perbedaan.  

Apa saja jenis asuransi kecelakaan dan apa perbedaannya?

Manfaat Asuransi Kecelakaan

Kecelakaan adalah sesuatu yang nggak bisa kita hindari, meskipun sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegahnya. Misalnya saja saat berkendara, walaupun menerapkan prinsip kehati-hatian, ada banyak faktor yang nggak bisa kita kontrol yang bisa mencelakakan diri kita.  

Padahal dari kecelakaan tersebut bisa jadi kita harus mengeluarkan uang untuk perawatan medis yang diperlukan. Belum lagi kalau kecelakaan tersebut menyebabkan kondisi yang lebih parah, misalnya cacat permanen atau, amit-amit, sampai kehilangan nyawa.  

Untuk itulah asuransi kecelakaan bisa melindungi kamu. Dengan memiliki asuransi kecelakaan, kamu bisa mengurangi risiko atau kerugian finansial kalau mendapatkan kecelakaan di tempat kerja, ketika berkendara, atau sedang melakukan perjalanan.  

Apa saja yang ditanggung oleh asuransi kecelakaan? Asuransi kecelakaan memberikan manfaat: 

  • Pertanggungan biaya perawatan atau pengobatan medis  yang diperlukan jika seseorang mengalami kecelakaan  
  • Pemberian uang santunan jika tertanggung mengalami cacat sementara atau permanen 
  • Uang santunan bagi keluarga yang ditinggalkan jika tertanggung meninggal dunia 

Untuk mendapatkan manfaat asuransi tersebut, nasabah harus membayar iuran atau premi kepada perusahaan penyedia asuransi dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Besar premi asuransi kecelakaan biasanya ditentukan dari jenis asuransi kecelakaan, periode perlindungan, dan besar perjanjian uang pertanggungan yang akan diberikan.  

4 Jenis Asuransi Kecelakaan

Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, saat dalam perjalanan, di tempat kerja, atau melakukan aktivitas yang menjadi hobi. Oleh sebab itu, perlindungan untuk kecelakaan perlu disiapkan. Asuransi kecelakaan seperti apa yang cocok untuk kamu? Berikut ini adalah jenis asuransi kecelakan:  

1. Asuransi kecelakaan diri  

Jenis asuransi kecelakaan diri adalah tipe yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kecelakaan lalu lintas yang menimpa pengendara seringkali menyebabkan beban atau kerugian material maupun nonmaterial, seperti kondisi luka-luka, cacat, bahkan meninggal dunia.  

Fungsi asuransi kecelakaan diri adalah memberikan uang pertanggungan jika kamu mengalami kecelakaan yang menyebabkan perawatan atau pengobatan medis di fasilitas kesehatan, cacat sementara atau permanen, dan kematian.  

Tergantung dari penyedia atau perusahaan asuransi, umumnya cakupan asuransi ini cukup luas. Beberapa Asuransi Kecelakaan Diri seperti dari Roojai Indonesia juga memberikan opsi perluasan pertanggungan untuk kamu yang mengalami kecelakaan karena melakukan hobi ekstrem dan juga kecelakaan akibat mengendarai kendaraan roda dua.  

Klaim asuransi kecelakaan diri bisa disetujui jika memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:  

  • Kecelakaan yang terjadi adalah benar tidak disengaja dan dari faktor luar 
  • Kecelakaan terjadi tiba-tiba atau mendadak 
  • Sumber kecelakaan disertai dengan kekerasan  
  • Kecelakaan terlihat jelas 
  • Datangnya sumber kecelakaan tidak dikehendaki  
  • Ada luka fisik yang terjadi akibat kecelakaan tersebut 
  • Hubungan sebab-akibat tidak boleh putus

Asuransi kecelakaan diri nggak hanya memberi santunan saat terjadi kecelakaan. Setidaknya ada 5 alasan kenapa asuransi kecelakaan diri penting kamu miliki.

2. Asuransi kecelakaan lalu lintas  

Kecelakaan terjadi setiap harinya di jalan raya. Ya, berkendara di jalan raya memang sangat berisiko untuk terjadi kecelakaan. Maka dari itu, perlindungan dari asuransi kecelakaan lalu lintas merupakan hal yang penting. Kalau kecelakaan lalu lintas itu terjadi, kamu bisa mendapatkan biaya pertanggungan atau santunan untuk biaya perawatan atau kalau, amit-amit, sampai meninggal dunia.  

Asuransi kecelakaan lalu lintas meliputi kecelakaan yang terjadi jika kamu mengendarai motor, mobil, ataupun kecelakaan di kendaraan umum.  

Sekarang ini banyak penyedia asuransi yang juga menawarkan produk asuransi kecelakaan lalu lintas. Salah satunya adalah asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja. Perusahaan asuransi milik pemerintah ini mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas untuk setiap pengguna jalan, dari penumpang angkutan umum, penumpang kendaraan pribadi, sampai pejalan kaki.  

Untuk mendapatkan manfaat uang pertanggungan asuransi kecelakaan lalu lintas ini kamu perlu mengajukan klaim dengan langkah sebagai berikut:  

  • Mengisi formulir klaim  
  • Menyertakan bukti terjadinya kecelakaan, seperti surat keterangan polisi  
  • Penentuan ahli waris yang berasal dari anggota keluarga, jika tertanggung meninggal dunia  
  • Penentuan jenis santunan akan didasarkan pada kondisi yang dialami tertanggung  
  • Penentuan besarnya jumlah santunan disesuaikan dengan risiko yang dialami

Apa dan bagaimana asuransi kecelakaan jasa raharja? Pengguna jalan dan kendaraan umum wajib tahu fakta ini. 

3. Asuransi kecelakaan kerja  

Beberapa tipe pekerjaan, misalnya pekerjaan lapangan, memang lebih berisiko kecelakaan. Oleh sebab itu, beberapa perusahaan memberikan fasilitas asuransi kecelakaan kerja bagi karyawannya. Akan tetapi, asuransi kecelakaan kerja juga bisa dibeli secara mandiri.  

Seperti namanya, asuransi kecelakaan kerja ini akan memberikan manfaat jika kamu mengalami musibah saat melakukan pekerjaan. Jika terjadi kecelakaan di tempat kerja yang menyebabkan luka, tertanggung akan menerima santunan atau tanggungan perawatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang menjadi rekanan.  

Jika tertanggung mengalami kecelakaan sampai meninggal dunia, maka akan ada uang santunan yang diberikan kepada ahli waris.  

Selain itu, sejumlah uang pertanggungan akan diterima nasabah  asuransi kecelakaan kerja jika:  

  • mengalami cacat sebagian namun bersifat permanen 
  • cacat kekurangan fungsi yang menyebabkan hilangnya fungsi anggota tubuh  
  • cacat total yang menyebabkan tertanggung tidak bisa lagi bekerja 

4. Asuransi kecelakaan pesawat 

Asuransi kecelakaan pesawat adalah proteksi yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang bepergian menggunakan pesawat terbang. Asuransi ini biasanya sudah disiapkan oleh maskapai penerbangan dan biayanya sudah masuk ke dalam harga tiket pesawat yang kamu beli. 

Jika terjadi kecelakaan pesawat hingga menyebabkan penumpangnya meninggal dunia maka keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan santunan dari pihak maskapai, yang jumlahnya sudah diatur dalam ketentuan.   

Selain itu, asuransi kecelakaan pesawat juga bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi karena: 

  • penumpang mengalami cacat tetap atau luka-luka  
  • hilang atau rusaknya bagasi kabin  
  • hilang, musnah atau rusaknya bagasi tercatat  
  • keterlambatan angkutan udara 
  • hilang, musnah atau rusaknya kargo  
  • kerugian yang diderita oleh pihak ketiga  

Jika korban kecelakaan pesawat memiliki asuransi lain, seperti asuransi kecelakaan diri, asuransi jiwa atau asuransi perjalanan, maka manfaat asuransi tersebut juga bisa sekaligus.

jenis asuransi kecelakaan
Image by Freepik

Lengkapi perlindungan dengan jenis asuransi kecelakaan yang tepat

Kita memang nggak bisa menduga kapan datangnya musibah. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan persiapan dengan memastikan adanya perlindungan finansial jika musibah seperti kecelakaan itu datang.  

 Asuransi kecelakaan bisa membantu kamu mempersiapkan diri sehingga kamu bisa lebih tenang dalam berkegiatan tanpa rasa khawatir akan risiko finansial yang ditimbulkan kecelakaan.  

 Roojai Indonesia menawarkan asuransi kecelakaan diri yang paling komprehensif dan fleksibel untuk kamu yang punya ragam aktivitas. Kamu bisa memilih satu atau lebih proteksi yang kamu inginkan dan mengatur proteksi serta uang pertanggungan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Selain itu juga ada opsi untuk menambah proteksi tambahan, seperti proteksi untuk olahraga ekstrem dan kecelakaan akibat kendaraan roda dua. 

 Yuk, segera lindungi diri kamu dengan produk harga terbaik dan terjangkau di kelasnya.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!