tempat perpanjangan sim | roojai.co.id

Setiap pengendara yang melintas wajib mengikuti aturan dalam berkendara yang diberlakukan oleh pemerintah. Salah satu peraturan yang wajib ditaati setiap pengendara adalah memiliki SIM sebagai tanda seseorang memenuhi syarat untuk mengemudi. Kamu perlu mengetahui tempat perpanjangan SIM terdekat untuk membuat maupun memperpanjangnya.

Di Indonesia, SIM memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, yaitu SIM A, B, C, dan D. Masing-masing kartu SIM berlaku untuk jenis kendaraan yang berbeda-beda, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga kendaraan alat berat.

Nah, kartu SIM juga memiliki masa berlaku, yaitu selama lima tahun. Jika sudah melewati masa berlaku, maka kartu SIM harus diperpanjang. 

Saat ini, proses pengajuan dan perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online, loh. Jadi lebih praktis, mudah, dan cepat. Tapi, jika kamu ingin melakukannya secara langsung, kamu perlu pahami syarat, tata cara, dan tempat perpanjangan SIM sehingga kamu bisa mengurus penggantian SIM-mu sendiri.

Konten

  1. Tempat perpanjangan SIM
  2. Jenis-jenis SIM dan kegunaannya
    1. Masa berlaku SIM
    2. Cara perpanjang SIM
      1. Syarat dan dokumen perpanjangan SIM
      2. Biaya perpanjangan SIM

      Tempat perpanjangan SIM

      Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SIM atau Surat Izin Mengemudi merupakan kartu yang berfungsi sebagai tanda pengenal dan bukti registrasi resmi yang menyatakan bahwa pemiliknya telah memenuhi syarat administrasi, sehat jasmani dan rohani, serta berkemampuan untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya. 

      Kepemilikan SIM sendiri diatur dalam Pasal 77 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang menyatakan, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.”

      Setiap Warga Negara Indonesia dapat mengajukan permintaan pembuatan SIM ketika sudah menginjak 17 tahun dan telah mengikuti serangkaian tes tulis dan tes praktik. Berikut tempat perpanjangan SIM terdekat diberbagai kota besar:

      JadwalLokasiLayanan
      Tempat Perpanjangan SIM DKI Jakarta08.00 – 14.00Mall Grand CakungMobil SIM Keliling
      Kampus Trilogi Kalibata
      LTC Glodok dan Mall Citraland
      Kantor Pos Lapangan Banteng
      Mall Artha GadingGerai SIM
      Pluit Village
      Lippo Mall Puri
      Gandaria City
      Blok M Square
      Tamini Square
      Mall Taman Palem
      Tempat Perpanjangan SIM DepokSenin (08.00 – 15.00)Honda Motor CareMobil SIM Keliling
      Selasa (08.00 – 15.00)GOR Galaxy Cimanggis
      Rabu (08.00 – 15.00)Giant Bojongsari
      Kamis (08.00 – 15.00)Pos Lantas Bambu Kuning
      Jumat (08.00 – 15.00)Cimanggis Square
      Sabtu (08.00 – 15.00)Margocity
      Senin – Sabtu (08.00 – 15.00)Trans Studio Mall Cibubur
      Senin – Sabtu (10.00 – 16.30)Mal Depok Town SquareGerai SIM
      Tempat Perpanjangan SIM Tangerang Selatan07.00 – 13.00Jl. Cilenggang Ⅱ, Cilenggang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Satpas SIM
      Senin (08.00 – 13.00)Polsek CurugMobil SIM Keliling
      ITC BSD
      Selasa (08.00 – 13.00)Pamulang Square
      ITC BSD
      Rabu (08.00 – 13.00)WTC Serpong
      Bintaro Plaza
      Kamis (08.00 – 13.00)WTC BSD
      Bintaro Plaza
      Jumat (08.00 – 13.00)Pamulang Square
      ITC BSD
      Sabtu (08.00 – 13.00)Pamulang Square
      ITC BSD
      Minggu (08.00 – 10.00)Bintaro Plaza
      Tempat Perpanjangan SIM BekasiSenin (08.00 – 12.00)Carrefour Harapan IndahMobil SIM Keliling
      Selasa (08.00 – 12.00)Mega Bekasi Hypermall
      Rabu (08.00 -12.00)Metropolitan Mall Bekasi
      Kamis (08.00 – 12.00)Bekasi Cyber Park
      Tempat Perpanjangan SIM BandungSenin – Jumat (08.00 – 14.00)Sabtu (08.00 – 11.00)BTC PasteurSatpas Polrestabes Bandung
      Pasar Modern Batununggal
      Tempat Perpanjangan SIM YogyakartaSenin – Sabtu (10.00 – 15.00)Jogja City MallSIM Corner
      Tempat Perpanjangan SIM SemarangSenin – Kamis (08.30 – 13.00)Simpang LimaSAMSAT
      Senin – Selasa (08.00 – 14.00)Simpang LimaMobil SIM Keliling
      Tempat Perpanjangan SIM MedanSenin – Jumat (09.00 – 12.00)Lapangan MerdekaMobil SIM Keliling
      Asia Mega Mas
      Jl. Jamin Ginting – Carrefour
      Jl. Iskandar Muda – Depan RS Vina Estetica
      Jl. William Iskandar – MMTC
      Senin – Jumat (09.00 – 12.00)SAMSAT – Plaza Medan Fair Jl. Gatot SubrotoSAMSAT
      Tempat Perpanjangan SIM SurabayaSenin – Sabtu (09.00 – 14.00)Jatim Expo SurabayaMobil SIM Keliling
      Taman Bungkul Surabaya

      Jenis-jenis SIM dan kegunaannya

      Saat ini, jenis SIM terbagi menjadi dua golongan, yakni SIM perseorangan untuk pengendara yang mengemudikan kendaraan pribadi dan SIM umum untuk pengendara kendaraan umum. 

      SIM perseorangan dan umum ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis:

      SIM perseorangan

      SIM umum

      Masa berlaku SIM

       Setiap SIM memiliki masa berlaku selama lima tahun sejak kartu dibuat. Jika kartu SIM milikmu diterbitkan tanggal 13 Desember 2020, maka SIM akan kadaluarsa pada 13 Desember 2025. 

      Pastikan kamu memperhatikan masa berlaku SIM dan segera melakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya habis. Sebab jika masa berlakunya telah habis, maka SIM dinyatakan hangus dan tak bisa diperpanjang, melainkan harus diganti dengan SIM baru. 

      Cara perpanjang SIM

      Saat ini, ada dua cara perpanjangan SIM yang bisa kamu lakukan, yaitu perpanjangan SIM secara online dan offline. 

      Cara perpanjang SIM offline

      Untuk melakukan perpanjangan SIM secara offline, kamu bisa mendatangi Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas), SIM Corner, atau mobil SIM Keliling terdekat yang disediakan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri).

      Untuk mengurus perpanjangan SIM, yang perlu kamu siapkan adalah persyaratan dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti KTP asli dan fotokopi, SIM asli dan fotokopi, surat keterangan sehat dari dokter, dan surat keterangan lulus ujian keterampilan simulator. 

      Jika dokumen sudah lengkap, datanglah ke kantor Satpas atau gerai SIM terdekat lainnya seperti sim keliling terdekat dan lakukan pendaftaran di loket. Setelahnya, datangi loket kesehatan untuk melakukan cek buta warna dan tekanan darah. 

      Berikan surat hasil tes kesehatan beserta dokumen lainnya ke petugas di ruang informasi dan pendaftaran, kemudian kamu akan diberikan formulir biru beserta kartu asuransi. Kemudian, kamu akan diberi formulir pengajuan perpanjangan SIM di loket pendaftaran. Isilah formulir tersebut dan serahkan ke petugas. 

      Tunggu hingga petugas memanggilmu untuk melakukan sesi foto di ruang rekam, beserta pengisian tanda tangan dan sidik jari. Tak butuh waktu lama, SIM barumu bisa langsung kamu dapatkan.

      Baca juga: Cara mengurus SIM HIlang atau Rusak

      Cara perpanjang SIM online

      Berkat kemajuan teknologi dan informasi, kini sudah banyak layanan sipil yang dipermudah dengan adanya koneksi internet. Salah satunya adalah layanan perpanjangan SIM. 

      Bagi kamu yang tak bisa hadir secara langsung ke kantor Satpas atau gerai layanan perpanjangan SIM lainnya, maka kamu bisa menggunakan layanan perpanjangan SIM secara online. 

      Kamu bisa mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri di Google Play Store atau Apple App Store. Lakukan registrasi dengan memasukkan nomor ponsel aktif beserta data pribadi. Kamu juga akan diminta memenuhi persyaratan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), foto KTP, SIM, juga foto selfie. 

      Lakukan verifikasi dan begitu akunmu terdaftar, kamu bisa mengajukan perpanjangan SIM di menu yang tersedia, kemudian pilih lokasi Satpas terdekat dari domisilimu. Selanjutnya, kamu akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan psikologis secara online melalui e-Rikkes dan ePPsi. 

      Selanjutnya, kamu akan diminta mengisi rekening untuk pembayaran pembuatan SIM. Jika proses perpanjangan ini batal, maka akan ada pengembalian dana. Jangan lupa untuk mengunggah foto diri dan tanda tangan setelah melakukan pembayaran.

      Terakhir, pilih metode pengiriman jika SIM telah selesai diproses. Sim bisa diambil secara langsung di Satpas terdekat atau diwakilkan dengan membawa surat kuasa atau dikirim melalui layanan Pos Indonesia.

      Syarat dan dokumen perpanjangan SIM

      Beberapa syarat perpanjangan SIM yang harus kamu penuhi adalah:

      Pastikan SIM yang ingin kamu perpanjang belum melewati tanggal kadaluarsanya. Sebab jika sudah melewati batas akhir yang ditentukan, kamu akan diminta untuk membuat SIM baru.

      Biaya perpanjangan SIM

      Saat melakukan perpanjangan SIM, kamu tetap akan diminta biaya untuk perpanjangannya. Besarnya biaya perpanjangan SIM telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (PP 60/2016). 

      Rincian biayanya adalah sebagai berikut:

      Dalam pembuatan dan perpanjangan SIM, persyaratan yang diperlukan sangatlah mudah sehingga tidak alasan untuk mengendarai kendaraan tanpa surat izin mengemudi. Tak hanya sebagai bukti kelayakan mengendarai mobil, memiliki SIM juga akan menciptakan keamanan dan kenyamanan berkendara.

      Bukan hanya SIM saja yang menciptakan rasa aman dan nyaman dalam berkendara. Dengan memiliki asuransi mobil, kamu juga akan merasa lebih aman dan nyaman di jalan karena tak perlu takut lagi pada risiko musibah tak terduga di jalan.

      Jadi, jangan lupa untuk lengkapi kendaraanmu dengan asuransi kendaraan terbaikya.

      Muhammad Vigo Sofyan

      Ditulis oleh

      Muhammad Vigo Sofyan

      IT QA Specialist

      Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!