perbedaan bengkel umum dan bengkel resmi | roojai.co.id

Kecelakaan ketika berkendara memang tidak bisa dihindari. Baik yang mengakibatkan kerusakan kecil hingga kerusakan parah pada mobil, mengharuskan kita untuk segera membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan. Sebagai pemilik mobil, seringkali kita dibingungkan dengan pilihan mau melakukan perbaikan mobil di bengkel umum atau di bengkel resmi. Apa sih perbedaannya? Apa keunggulan dari masing-masing bengkel? Untuk menjawab pertanyaanmu, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan perbaikan mobil di bengkel mobil umum dan bengkel mobil resmi.  Sebelum membahas perbedaannya, kamu perlu mengetahui bahwa untuk memperbaiki mobil di bengkel, mobilmu harus melewati beberapa proses.

Konten

  1. Proses yang harus dilewati mobil seperti:
    1. Perbedaan yang cukup mencolok dari bengkel mobil umum dan bengkel mobil resmi dan dapat dilihat dari:
    2. Apa saja keunggulan bengkel resmi? 
    3. Apa saja keunggulan bengkel umum? 

    Proses yang harus dilewati mobil seperti:

    1. Proses Pengecekan 

    Proses ini merupakan tahapan awal untuk mengetahui kerusakan pada bagian mobil. Mekanik akan mengamati secara detail bagian-bagian mana saja yang mengalami kerusakan dan menentukan cara atau metode yang akan dilakukan untuk memperbaiki mobil. Pada tahapan ini mekanik dapat mengetahui tingkat kerusakan dari bodi mobil, sehingga biasanya di tahapan awal ini sudah bisa diketahui seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan pada bodi mobil. 

    2. Proses Perbaikan 

    Setelah melakukan identifikasi kerusakan dan menandai bagian mana saja yang rusak, mekanik biasanya akan langsung melakukan perbaikan pada bodi mobil. Misalnya, kerusakan yang terjadi adalah bodi mobil penyok, maka tahapan awal dari proses perbaikan tentu saja mengembalikan bentuk bodi yang penyok kembali seperti semula. Setiap bengkel memiliki metode atau cara sendiri untuk mengembalikan bentuk bodi yang penyok. Apabila perbaikan sudah selesai, selanjutnya bagian tersebut akan didempul dengan tujuan agar dapat meratakan permukaan bodi mobil. Jika kamu menggunakan asuransi mobil all risk dari Roojai, perbaikan dapat merangkum banyak hal. Mulai dari kerusakan kecil seperti baret pada mobil, hingga kerusakan yang sangat parah sekalipun. Kamu tetap dapat mengajukan klaim.

    3. Proses Pengecatan 

    Pada proses ini dapat dikatakan merupakan tahapan finishing dari pengerjaan body repair mobil. Permukaan bodi yang sudah kembali normal akan dilakukan pengecatan warna dasar. Warna dasar ini biasanya disesuaikan dengan warna bawaan dari bodi kit tersebut. Apabila proses pengecatan dasar sudah dilakukan, mekanik akan melakukan pengecatan dengan menggunakan warna yang sama dengan warna mobil tersebut. Bengkel profesional umumnya menggunakan cat oven berbahan dasar Polyurethane. Pengerjaanya memang lebih lama, namun hasilnya lebih keras, berkilap, dan tahan goresan. Bengkel yang menggunakan cat premium dan memiliki fasilitas lengkap akan memberikan jaminan garansi cat 3-6 bulan tergantung dari masing-masing bengkel. Apabila kerusakan mobil cukup parah, melakukan cat full body mobil menjadi opsi yang baik untuk mengembalikan tampilan mobil menjadi seperti baru kembali. Dari proses di atas, baru akan ditemukan perbedaannya.

    Perbedaan yang cukup mencolok dari bengkel mobil umum dan bengkel mobil resmi dan dapat dilihat dari:

    1. Merk mobil yang diperbaiki: Bengkel resmi hanya menerima 1 merk mobil, sedangkan bengkel umum dapat menerima perbaikan dari semua merk mobil. 
    1. Jadwal perbaikan: Untuk mendapatkan perbaikan di bengkel resmi kamu harus membuat jadwal terlebih dahulu, sedangkan di bengkel umum jadwal masuk mobil lebih fleksibel atau bisa kapan saja. 
    1. Teknisi: Para teknisi di bengkel resmi biasanya sudah bersertifikat, sedangkan teknisi di bengkel umum kebanyakan mengandalkan pengalaman dari jam terbang yang tinggi, tapi tidak sedikit juga teknisi bengkel umum yang sudah bersertifikat. 
    1. Fasilitas bengkel: Biasanya, fasilitas yang diberikan oleh bengkel resmi lebih memadai dan lebih lengkap dibandingkan dengan fasilitas yang ada di bengkel umum. Bengkel resmi memiliki peralatan-peralatan canggih juga seperti scanner, hidrolik, dan lain-lain, tidak heran harga perbaikan di bengkel resmi biasanya lebih mahal. 
    1. Area perbaikan: Bengkel resmi dapat menawarkan area perbaikan yang lebih luas, sedangkan bengkel umum hanya menawarkan pada area tertentu saja. Hal ini dikarenakan peralatan dan fasilitas yang tersedia di bengkel umum terkadang masih terbatas.  
    1. Fasilitas antar jemput: Ketika harus mendapatkan perbaikan karena kerusakan yang cukup parah, jika kamu memilih bengkel resmi, maka kamu perlu mengantarkan mobilmu sendiri ke bengkel, sedangkan jika kamu memilih bengkel umum, kamu bisa mendapatkan layanan antar jemput mobil untuk perbaikan. 

    Meskipun memiliki perbedaan, bengkel resmi dan bengkel umum memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini bisa dijadikan pertimbangan kenapa kamu harus ke bengkel resmi atau ke bengkel umum saat memerlukan perbaikan atau body repair pada mobilmu. 

    Apa saja keunggulan bengkel resmi? 

    Apa saja keunggulan bengkel umum? 

    Hal yang memengaruhi keberhasilan perbaikan mobil sebenarnya ada pada pemilihan produk berkualitas, dan teknisi yang berpengalaman terlepas dari jenis bengkel yang kamu pilih. Pastikan kedua hal ini ada di bengkel yang akan kamu pilih. Dengan begitu, dapat dipastikan mobilmu akan kembali seperti baru setelah perbaikan dan keluar dari bengkel. 

    Di Roojai sendiri, saat kamu membeli asuransi mobil all risk, kamu diberikan kebebasan untuk memilih bengkel perbaikan mobil, apakah ingin diperbaiki di bengkel umum atau di bengkel resmi. Keduanya sama-sama memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dan dapat diandalkan. 

    Kamu tidak perlu khawatir jika memilih perbaikan di bengkel umum rekanan Roojai, karena beberapa hal berikut ini: 

    Roojai memiliki lebih dari 750 bengkel mobil rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan harga premi mulai dari Rp2,7 juta per tahun, kamu bisa mendapatkan perlindungan maksimal untuk mobil kesayanganmu. Dapatkan penawarannya sekarang di roojai.co.id!

    Muhammad Vigo Sofyan

    Ditulis oleh

    Muhammad Vigo Sofyan

    IT QA Specialist

    Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

    Bagikan:

    Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

    Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

    Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

    |

    Lihat premi dalam 30 detik.
    Gak perlu kasih info kontak!