perbedaan bengkel umum dan bengkel resmi | roojai.co.id

Ketika mobil mengalami masalah atau memerlukan perawatan rutin, pemilik kendaraan seringkali dihadapkan pada pilihan antara membawa mobil ke bengkel resmi  atau umum. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa memengaruhi keputusan pemilik mobil. 

Dalam artikel ini, Roojai akan membahas perbedaan bengkel umum dan resmi, sehingga kamu dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan sertaanggaranmu. Yuk, cari tahu mana yang lebih cocok untuk perbaikan dan perawatan mobilmu.

Konten

  1. Perbedaan Bengkel Resmi dan Umum
    1. Keunggulan Masing-Masing Jenis Bengkel
      1. Hemat Biaya Perbaikan Mobil dengan Asuransi 

      Perbedaan Bengkel Resmi dan Umum

      Untuk memahami beda bengkel resmi dan bengkel umum, kita bisa melihatnya dari beberapa sisi berikut ini. 

      1. Perbedaan dari segi layanan

      Bengkel resmi mobil biasanya menawarkan layanan yang lebih terstandarisasi dan mengikuti prosedur yang dari masing-masing pabrikan kendaraan. Setiap mekaniknya telah menjalani pelatihan khusus untuk menangani merek dan model kendaraan tertentu. 

      Sementara itu,, bengkel umum cenderung lebih fleksibel dalam hal layanan yang mereka tawarkan. Bengkel umum dapat menangani berbagai merek dan model kendaraan, namun tingkat keahlian dan standar layanan mungkin berbeda-beda tergantung pada pengalaman dan kualifikasi mekaniknya.

      2. Perbedaan dari segi peralatan

      Peralatan yang digunakan di bengkel mobil resmi biasanya adalah peralatan terbaru dan khusus dirancang untuk merek kendaraan tertentu. Hal ini memastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan akurasi dan efisiensi tinggi. 

      Kalau di bengkel umum, meskipun memiliki berbagai peralatan untuk menangani berbagai jenis kendaraan, mungkin tidak selalu memiliki alat khusus yang diperlukan untuk beberapa pekerjaan tertentu. Tentu saja, hal ini bisa mempengaruhi kualitas dan waktu perbaikan.

      3. Perbedaan dari segi suku cadang

      Perbedaan bengkel resmi dan umum lainnya yakni dari suku cadang. Bengkel mobil resmi sudah pasti menggunakan suku cadang asli atau OEM (Original Equipment Manufacturer), yang dijamin kualitas dan kompatibilitasnya dengan kendaraan. 

      Hal ini memberikan keyakinan bagi pemilik mobil terkait daya tahan dan kinerja suku cadang tersebut. Sementara itu, bengkel umum sering menawarkan pilihan suku cadang yang lebih bervariasi, termasuk suku cadang aftermarket yang mungkin lebih murah namun kualitasnya tidak tentu. 

      4. Perbedaan dari segi biaya servis

      Biaya servis di bengkel mobil resmi cenderung lebih tinggi dibandingkan yang umum. Hal ini disebabkan oleh penggunaan suku cadang asli, peralatan canggih, dan tenaga kerja yang terlatih khusus. Namun, biaya yang lebih tinggi ini sering kali diimbangi dengan jaminan kualitas dan garansi purnajual yang ditawarkan. 

      Di sisi lain, bengkel umum biasanya menawarkan biaya servis yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, pemilik kendaraan harus mempertimbangkan risiko penggunaan suku cadang non-original dan variasi kualitas layanan yang mungkin terjadi.

      Keunggulan Masing-Masing Jenis Bengkel

      Ketika memilih tempat perbaikan atau perawatan kendaraan, baik bengkel umum maupun resmi memiliki keunggulan masing-masing. Dengan mengetahui keunggulan dari kedua jenis bengkel ini akan membantu kamu membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kendaraan. 

      Keunggulan Bengkel Umum

      Keunggulan Bengkel Resmi

      Hemat Biaya Perbaikan Mobil dengan Asuransi 

      Di Roojai, saat kamu membeli asuransi mobil All Risk, kamu diberikan kebebasan untuk memilih bengkel perbaikan mobil, apakah ingin diperbaiki di bengkel umum atau di bengkel resmi. Keduanya sama-sama memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dan dapat diandalkan. 

      Tetapi yang lebih penting, saat kamu memiliki asuransi mobil, kamu terhindar dari biaya perbaikan kendaraan yang mahal. Asalkan sebab kerusakan tercantum dalam polis, kendaraan kamu bisa mendapatkan perbaikan secara gratis. 

      Kamu tidak perlu khawatir jika memilih perbaikan di bengkel umum rekanan Roojai, karena beberapa hal berikut ini: 

      Roojai memiliki lebih dari 750 bengkel mobil rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan harga premi mulai dari Rp2,7 juta per tahun, kamu bisa mendapatkan perlindungan maksimal untuk mobil kesayanganmu. Dapatkan penawarannya sekarang di roojai.co.id!

      Muhammad Vigo Sofyan

      Ditulis oleh

      Muhammad Vigo Sofyan

      IT QA Specialist

      Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!