Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Gaya Hidup & Kesehatan | November 15, 2022

manfaat olahraga

Manfaat olahraga cukup banyak bagi kesehatan tubuh baik fisik maupun mental. Salah satu alasan aktivitas fisik ini bisa menyehatkan tubuh adalah meningkatnya kekuatan otot dan daya tahan tubuh. 

Kegiatan olahraga juga membantu menjaga organ penting dalam tubuh termasuk jantung dan paru-paru. Pasalnya, ketika berolahraga, asupan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh meningkat dan membantu kerja sistem kardiovaskular lebih efisien. 

Lalu, apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan fisik dan mental? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Manfaat olahraga teratur untuk fisik 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat olahraga teratur adalah kesehatan fisik. Berikut ini beberapa manfaat olahraga teratur bagi kesehatan fisik. 

  1. Mengontrol berat badan. 
    Manfaat olahraga yang pertama adalah membantu mengontrol berat badan. Sekadar informasi, berat badan berpotensi meningkat ketika kalori yang dikonsumsi lebih banyak dibandingkan kalori yang dibakar. Salah satu cara menyeimbangkan kalori yang dikonsumsi dengan yang dibakar adalah dengan cara olahraga teratur. Beberapa kegiatan yang bisa membakar kalori antara lain lari, berenang, yoga, dan membersihkan rumah. 
  1. Menjaga imun agar tidak mudah sakit. 
    Manfaat olahraga selanjutnya adalah menjaga daya tahan tubuh atau imun, sehingga tidak mudah sakit. Orang yang rutin melakukan olahraga cenderung jarang terkena sakit flu karena kegiatan ini menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih. 
  1. Menurunkan risiko penyakit kritis. 
    Penyakit jantung dan stroke adalah dua penyebab utama kematian di dunia. Berolahraga minimal 150 menit dalam sepekan membantu menurunkan risiko terkena penyakit kritis tersebut. Dengan teratur berolahraga, tekanan darah akan menurun dan kadar kolesterol sehat meningkat. 
  1. Meningkatkan massa tulang dan otot. 
    Nyeri sendi atau otot terasa lemas bukanlah suatu penyakit yang mendadak datangnya. Hal ini disebabkan jarangnya otot dilatih, terutama ketika masih muda. Untuk itu, melakukan olahraga rutin bisa membantu meningkatkan massa tulang dan otot. 
     
  2. Meningkatkan kesehatan seksual. 
    Olahraga teratur membantu menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan menjaga kesehatan dan performa seksual. Orang yang rutin melakukan olahraga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik sehingga berdampak juga pada performa seksual. 

Memutuskan untuk berolahraga lagi? Bersepeda bisa jadi pilihan tepat dengan banyak manfaat yang dimilikinya, termasuk Manfaat Bersepeda Yang Ternyata Belum Kamu Tahu Ada di Sini.

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental 

Selain manfaat pada fisik, manfaat olahraga untuk kesehatan mental juga cukup banyak. Berikut beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur. 
    Kurang tidur menjadi salah satu penyebab stres yang jika dibiarkan bisa mengganggu kesehatan mental. Untuk itu, berolahraga teratur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan bangun tidur terasa segar. 
  1. Memperbaiki suasana hati. 
    Selama berolahraga, tubuh melepaskan bahan kimia yang dapat meningkatkan mood dan membuat tubuh serta pikiran lebih rileks. Hal tersebut bisa membantu mengatasi stres, mengurangi risiko depresi, dan tentunya suasana hati. 
  1. Meningkatkan rasa percaya diri. 
    Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Sebab, aktivitas fisik dapat menambah kekuatan, keterampilan, dan stamina. Sedikit banyak olahraga bermanfaat membangun rasa percaya diri, penerimaan diri, dan rasa bangga atas konsistensi menjaga gaya hidup sehat.
manfaat olahraga bagi kesehatan mental

Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk berolahraga 

Dengan sejumlah manfaat olahraga yang telah disebutkan di atas, ada baiknya kamu mulai rutin berolahraga saat ini. Tidak perlu memaksa tubuh untuk berolahraga 1-2 jam per hari. Dalam sebuah penelitian, berjalan cepat selama 15-20 menit per hari akan menurunkan berbagai risiko penyakit. 

Secara umum, orang dewasa yang berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis latihan fisik yaitu aerobik dan latihan kekuatan otot. Setidaknya, tubuh membutuhkan dua latihan ini sekitar 150 menit per minggu. Misalnya 30 menit per hari dengan 15 menit lari atau berjalan kaki dan 15 menit lainnya melakukan latihan kekuatan otot seperti sit up, push up, dan plank.

Excited untuk langsung berolahraga, jangan lupa Pentingnya Pemanasan sebelum Berolahraga supaya kamu bisa melakukannya dengan tepat.

Gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah 

Manfaat olahraga untuk kesehatan jantung lebih disarankan dengan cara bersepeda atau berjalan cepat. Tapi, ini tidak menutup kemungkinan kamu melakukan beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah: 

  • Plank yaitu telungkup menghadap lantai seperti push up dengan menumpukan badan pada lengan bawah dan jari kaki. Lakukan gerakan ini selama 30-45 detik, kemudian istirahat, dan ulangi lagi. 
  • Squat yaitu gerakan berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu dan menekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat hingga berat badan bertumpu pada lutut. Lakukan 25 kali dalam sehari untuk memperkuat otot paha belakang dan bokong.

Masih mager untuk berolahraga, coba simak tips berikut untuk mengatasi mager demi kesehatan, terutama dalam mencegah penyakit jantung dan resikonya.

Selain melakukan olahraga, kamu juga perlu menjaga asupan makanan sehat dan bergizi. Pastikan juga kamu memiliki asuransi kesehatan. Asuransi ini memberikan beragam manfaat termasuk santunan harian, double claim, hingga pengganti pemasukan selama dirawat di rumah sakit. Asuransi Hospital Cash Plan Roojai menjadi pelengkap asuransi kesehatan lain seperti BPJS.

Tags