Biaya Balik Nama Mobil | roojai.co.id

Balik nama mobil merupakan langkah formal yang melibatkan perubahan resmi kepemilikan kendaraan bermotor. Ketika kamu membeli mobil bekas, maka terdapat serangkaian proses mencakup perubahan nama pemilik yang terdaftar dalam dokumen resmi seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Menandai transfer sah kendaraan dari pemilik sebelumnya ke pemilik baru.

Jika kamu berniat untuk membeli mobil bekas, maka tentunya harus mengurus dokumen balik nama mobil. Oleh karena itu, berikut Roojai berikan ulasan lengkap mengenai biaya balik nama mobil, syarat, dan caranya di sini.

Konten

  1. Rincian biaya balik nama mobil bekas
  2. Syarat dan dokumen yang diperlukan untuk balik nama mobil
    1. Cara balik nama mobil

      Rincian biaya balik nama mobil bekas

      Biaya balik nama mobil bekas pada 2023 dapat beragam tergantung merek dan tipe kendaraan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang jenis dan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Polri, biaya balik nama mobil dalam proses mutasi terbagi ke dalam beberapa hal, yaitu:

      Rincian biaya yang telah disebutkan diatas belum termasuk biaya lain seperti fotokopi berkas yang diperlukan. Pastikan persiapkan dengan baik agar proses balik nama berjalan lancar. Perlu diingat, biaya PKB yang harus dibayar sebesar 2 persen untuk penyerahan pertama dan tambahan 5 persen untuk setiap penyerahan berikutnya. Biaya merupakan salah satu hal yang perlu kamu  pertimbangkan ketika ingin membeli mobil bekas. Jadi, pastikan kamu menyiapkan uang tambahan untuk biaya balik nama.

      Syarat dan dokumen yang diperlukan untuk balik nama mobil

      Setelah mengetahui rincian biayanya, kini kamu harus mengetahui syarat dan dokumen yang diperlukan untuk balik nama mobil. Berikut penjelasannya!

      1. Syarat balik nama STNK mobil

      Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi jika kamu ingin balik nama STNK mobil. Sebelum berangkat ke kantor Samsat terdekat, persiapkan dahulu sejumlah berkas mulai dari:

      Setelah semua berkas dibawa, jangan lupa untuk melakukan fotokopi atas semua berkas atau dokumen tersebut. Biasanya berkas yang sudah difotokopi akan diserahkan kepada petugas Samsat untuk diurus.

      2. Syarat balik nama BPKB mobil

      Jika balik nama STNK mobil dilakukan di Samsat, lain halnya ketika melakukan balik nama BPKB mobil. Kamu akan diarahkan untuk datang ke Polda dengan membawa sejumlah berkas sebagai syarat, yakni:

      Sama seperti mengurus penggantian nama di STNK, seluruh berkas di atas harus difotokopi. Setelah itu, berkas yang sudah difotokopi tadi akan diserahkan kepada petugas untuk diproses.

      Cara balik nama mobil

      Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka proses balik nama untuk legalitas kepemilikan kendaraan sudah bisa dilakukan. Berikut tahapannya!

      1. Cara balik nama STNK mobil

      Sebelum mengurus balik nama pada BPKB mobil, diwajibkan untuk melakukan penggantian nama di STNK. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan STNK mobil yang sudah balik nama, yakni:

      2. Cara balik nama BPKB mobil

      Bila sudah mendapatkan STNK mobil yang baru, kamu sudah bisa mengurus balik nama BPKB mobil. Ada sejumlah tahap ketika melakukan balik nama BPKB mobil, yaitu:

      Bagaimana menurut kamu, tidak sulit bukan? Perlu diingat, balik nama mobil penting untuk kamu lakukan ketika hendak melakukan klaim asuransi all risk di Roojai yang memberikan banyak keunggulan seperti premi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu, manfaat pertanggungan hingga Rp2 miliar, serta layanan darurat 24/7. Jadi, pastikan kamu yang membeli mobil second, sudah melakukan balik nama mobil, ya!

      Bagikan:

      Sebelumnya

      10 Fakta Menarik Tentang Kopi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

      Berikutnya

      Waspada, Ini Gejala Sakit Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan
      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!

      Menu