Menu

Manfaat asuransi jiwa | roojai.co.id

Manfaat asuransi jiwa sebagai salah satu cara untuk memastikan keamanan finansial di masa yang akan datang, menjadi pertimbangan mengapa orang memutuskan untuk membeli produk asuransi tersebut. 

Salah satu fungsi asuransi jiwa dalam menjamin keamanan finansial yang paling mendasar adalah memberikan jaminan bagi ahli waris yang ditinggal agar tetap dapat melanjutkan hidup dengan manfaat uang pertanggungan.

Asuransi jiwa memiliki jenis yang berbeda-beda, sehingga memiliki manfaat yang berbeda pula. Secara garis besar, ada beberapa contoh asuransi jiwa yang ada di Indonesia. Seperti Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance), Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance), Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance), dan Asuransi Unit Link. Beberapa produk asuransi jiwa juga dapat berperan sebagai instrumen investasi.

Tak heran jika kemudian banyak orang yang menganggap bahwa investasi asuransi jiwa sebagai bentuk proteksi finansial yang tepat khususnya untuk kamu yang menjadi tulang punggung utama keluarga.

Lalu, apa saja manfaat asuransi jiwa dalam menjamin kesejahteraan finansial di masa depan dan juga bagaimana tips untuk memilih produk asuransi jiwa yang tepat? Simak ulasan berikut. 

Manfaat Asuransi Jiwa untuk Perlindungan Finansial Keluarga 

Ada beragam manfaat asuransi jiwa, salah satu di antaranya adalah asuransi jiwa sebagai solusi perlindungan finansial bagi keluarga.

Jika dilihat dari aspek ini, maka ada beberapa manfaat asuransi jiwa dalam menjamin kesejahteraan finansial di masa depan seperti misalnya:

1. Manfaat Asuransi Jiwa yang Dapat Dijadikan Warisan

Manfaat asuransi jiwa yang paling umum adalah uang pertanggungan tunai yang akan diberikan kepada ahli waris ketika tertanggung meninggal dunia.

Besarnya uang pertanggungan dari asuransi jiwa ini sesuai dengan perjanjian dalam polis yang disepakati bersama antara pihak perusahaan asuransi dan tertanggung.

Ahli waris yang berhak menerima warisan uang pertanggungan ini biasanya sudah ditentukan sejak awal pembelian polis asuransi.

Sehingga, nantinya pembagian uang pertanggungan ini akan disesuaikan dengan yang tertera di polis. 

Dengan adanya warisan uang pertanggungan ini maka ahli waris tak perlu mengkhawatirkan finansial mereka.

Sebab, uang pertanggungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk biaya hidup, biaya pendidikan, modal usaha atau keperluan lainnya. 

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini saat Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

2. Manfaat Santunan Cacat Total Tetap atau Sebagian

Kondisi finansial keluarga bisa goyah bukan hanya ketika tulang punggung meninggal dunia, namun juga ketika pencari nafkah tidak dapat lagi mencari penghasilan karena mengalami cacat tetap total atau sebagian. 

Umumnya hal ini terjadi karena kecelakaan, hingga akhirnya tulang punggung keluarga kehilangan kemampuan mencari nafkah di usia produktifnya. 

Salah satu manfaat asuransi jiwa adalah memberikan santunan ketika tertanggung mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap total atau sebagian. 

Artinya, meskipun tertanggung yang berperan sebagai tulang punggung utama keluarga kehilangan kemampuan untuk mencari nafkah, namun kondisi finansial keluarga masih sangat terbantu dengan adanya uang santunan dari asuransi jiwa tersebut.

3. Membantu Pengelolaan Finansial yang Lebih Baik untuk Masa Depan

Banyak orang yang memiliki penghasilan cukup besar namun sebagian besar hanya dihabiskan untuk memenuhi gaya hidup. 

Dengan membeli asuransi jiwa, kamu akan dipaksa untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk pembayaran premi asuransi jiwa. 

Meski awalnya terasa berat, namun manfaat asuransi jiwa akan sangat terasa ketika terjadi risiko yang tidak diharapkan.

Misalnya saja ketika tertanggung mengalami musibah seperti kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia atau cacat. 

Pada kondisi tersebut, manfaat asuransi jiwa diberikan dalam bentuk uang pertanggungan yang dapat diwariskan untuk ahli waris, baik itu orang tua, anak, pasangan, dan lain sebagainya. 

4. Tabungan Masa Depan

Sering kali orang merasa keberatan untuk menabung, padahal menabung adalah salah satu cara agar kamu tetap dapat hidup layak saat memasuki usia pensiun.

Manfaat asuransi jiwa lainnya ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai tabungan, seperti misalnya pada produk asuransi jiwa dwiguna yang menawarkan manfaat proteksi sekaligus dana tabungan.

Selain itu, ada juga berbagai pilihan produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat pengembalian premi atau biasa dikenal sebagai asuransi jiwa RoP (Return of Premium).

Artinya apabila tertanggung tidak melakukan klaim selama masa pertanggungan, maka sejumlah uang premi yang sudah dibayarkan akan dikembalikan kepada tertanggung.

Dengan begitu, ada atau tidaknya klaim asuransi jiwa akan tetap memberikan manfaat finansial di masa yang akan datang. 

Manfaat Asuransi Jiwa Sebagai Investasi

Manfaat asuransi jiwa sebagai investasi biasa ditemukan pada produk asuransi jiwa unit link.

Di mana, sebagian premi yang dibayarkan oleh nasabah atau tertanggung akan dialokasikan untuk pos investasi dan sebagian lagi untuk asuransi. 

Fitur utama dari asuransi jiwa unit link adalah tetap pada proteksi diri terhadap risiko meninggal dunia atau cacat, hanya saja asuransi ini dipadukan dengan investasi agar memberikan manfaat yang lebih luas. 

Besarnya persentase investasi dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, sedangkan untuk hasil dari investasi dapat dicairkan sesuai dengan nilai tunainya. 

Salah satu kelebihan ketika kamu memutuskan untuk membeli asuransi jiwa sebagai investasi, di antaranya masa pertanggungan yang lebih lama yaitu hingga 100 tahun atau seumur hidup. 

Tips Memilih Asuransi Jiwa untuk Perlindungan Finansial yang Tepat

Agar bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa yang tepat utamanya sebagai perlindungan finansial, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Berikut pembahasan selengkapnya:

1. Pilih Produk Asuransi Jiwa Sesuai Target Manfaat yang Ingin Dicapai

Saat akan membeli produk asuransi jiwa, pastikan untuk menentukan terlebih dahulu target apa yang ingin dicapai. 

Misalnya saja jika kamu menginginkan asuransi jiwa yang dapat memberikan manfaat perlindungan keuangan dan investasi sekaligus, maka kamu bisa memilih asuransi jiwa unit link. 

Jika kamu menginginkan perlindungan keuangan dan juga manfaat tabungan atau pengembalian premi, maka kamu juga bisa memilih produk yang sesuai dengan target tersebut. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua produk asuransi jiwa memberikan manfaat pengembalian premi jika tidak terjadi klaim. 

2. Kenali dan Pelajari Kredibilitas Perusahaan

Salah satu tujuan memiliki asuransi jiwa tentunya adalah agar dapat memberikan jaminan perlindungan finansial bagi keluarga.

Oleh karena itu, pastikan kamu membeli produk dari perusahaan asuransi jiwa yang sudah terpercaya kredibilitasnya. 

Jangan sampai kamu membeli asuransi dari perusahaan abal-abal yang justru dapat merugikan di masa yang akan datang. 

Untuk mengetahui bagaimana kredibilitas perusahaan tersebut kamu bisa mencari informasi dari internet maupun bertanya pada teman atau kerabat yang pernah menjadi nasabah.

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum.

3. Tentukan Besarnya Uang Pertanggungan

Manfaat utama asuransi jiwa yaitu berupa uang pertanggungan yang nantinya akan diberikan kepada ahli waris. 

Saat akan membeli asuransi jiwa, pastikan untuk menentukan besaran uang pertanggungan sesuai kebutuhan.

Perlu diingat juga bahwa semakin besar uang pertanggungan asuransi jiwa yang diharapkan, maka akan semakin besar juga premi yang harus dibayarkan.

Namun, tentunya dengan  uang pertanggungan yang lebih besar juga dapat memberikan manfaat yang lebih banyak bagi para ahli warisnya. 

Baca juga: Investasi dalam Asuransi, Apakah Tepat?

Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa

Salah satu alasan pentingnya asuransi jiwa ialah karena kita selalu berhadapan dengan risiko kematian. Dan ini merupakan salah satu risiko yang sama sekali tidak dapat diprediksi oleh siapa pun, serta bisa terjadi kapan saja dan bahkan di mana saja. 

Seseorang mungkin dapat berusia panjang hingga usia pensiun, namun banyak juga yang meninggal di usia muda saat usia produktif dan harus meninggalkan keluarga atau orang-orang tersayangnya. 

Untuk menjamin agar kehidupan orang tersayang tetap dapat berlanjut dengan baik, maka salah satu perencanaan yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki asuransi jiwa. 

Asuransi jiwa memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah uang pertanggungan yang dapat diwariskan ke ahli waris baik itu orang tua, anak, pasangan, atau yang lainnya. Uang pertanggungan ini yang nantinya dapat dipergunakan untuk melanjutkan hidup ahli waris, misalnya untuk biaya hidup, membayar hutang, biaya pendidikan, dan sebagainya. 

Selain asuransi jiwa, ada baiknya kamu juga memiliki asuransi penyakit kritis. Asuransi penyakit kritis berbeda dengan asuransi kesehatan. Asuransi sakit kritis memberikan perlindungan terhadap resiko penyakit kritis berupa uang petanggungan. Uang ini dapat digunakan untuk biaya pengobatan medis, mengganti penghasilan yang hilang, atau pengeluaran lainnya yang muncul akibat penyakit kritis. Terlebih lagi, biaya pengobatan penyakit kritis yang tidak sedikit. Sehingga asuransi sakit kritis ini akan sangat membantu kamu dalam pegolahan keuangan.

image: freepik.co

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!