Menu

Asuransi Mobil Comprehensive | roojai.co.id

Asuransi mobil Comprehensive atau biasa disebut juga sebagai asuransi All Risk adalah salah satu jenis asuransi mobil yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Hampir setiap perusahaan asuransi umum, menawarkan jenis asuransi mobil Comprehensive dengan sejumlah manfaat pertanggungan dan keunggulan yang berbeda-beda.

Bagi kamu yang tertarik membeli polis asuransi mobil Comprehensive, simak dulu informasi selengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Apa itu Asuransi Mobil Comprehensive?

Asuransi mobil Comprehensive sering juga disebut All Risk adalah salah satu jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan paling luas dibandingkan dengan jenis asuransi mobil lainnya.

Asuransi jenis ini biasanya melindungi pemilik kendaraan dari segala risiko yang mungkin terjadi pada mobil, baik itu kerusakan karena kecelakaan, pencurian, kebakaran, atau risiko lainnya.

Dari luasnya manfaat pertanggungan yang diberikan tersebut, tentu saja asuransi mobil All Risk berbeda dengan asuransi mobil TLO yang hanya menanggung kerugian atau kerusakan mobil total di atas 75%.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa jenis asuransi mobil ini umumnya memiliki persyaratan usia maksimum kendaraan yang bisa diasuransikan, yaitu maksimal mobil berusia 12 tahun.

Itulah kenapa, asuransi All Risk ini lebih cocok digunakan untuk mobil baru atau mobil dengan mobilitas tinggi yang masih berusia muda.

Premi Asuransi Mobil All Risk (komprehensif)

Menawarkan manfaat pertanggungan luas, tentunya dibarengi juga dengan beban premi yang lebih besar yang wajib disetorkan oleh nasabah.

Berbicara soal ini, harga asuransi mobil Comprehensive sendiri bervariasi dan tidak sama antara nasabah satu dengan lainnya.

Hal ini dikarenakan besarnya nilai premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi umumnya memperhatikan sejumlah faktor, seperti:

  • Kondisi fisik kendaraan
  • Tipe kendaraan
  • Usia kendaraan
  • Lokasi penggunaan
  • Fungsi dan penggunaannya
  • Pengalaman peristiwa kerugian yang pernah dialami
  • Jenis pertanggungan.

Kendati demikian, mengacu pada Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017, perusahaan asuransi mobil di Indonesia memiliki rate asuransi yang ditetapkan oleh OJK.

Di mana, dalam surat edaran tersebut telah diatur bahwa rate tarif atas dan bawah asuransi mobil komprehensif yaitu sebagai berikut:

Kategori KendaraanHarga MobilWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
Kategori 1Rp0-Rp125 juta3,82%-4,20%3,26%-3,59%2,53%-2,78%
Kategori 2>Rp125 juta-Rp200 juta2,67%-2,94%2,47%-2,72%2,69%-2,96%
Kategori 3>Rp200 juta-Rp400 juta2,18%-2,40%2,08%-2,29%1,79%-1,97%
Kategori 4>Rp400 juta-Rp800 juta1,20%-1,32%1,20%-1,32%1,14%-1,25%
Kategori 5>Rp800 juta1,05%-1,16%1,05%-1,16%1,05%-1,16%

Keterangan wilayah

  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Kamu juga bisa melakukan cek premi asuransi mobil lebih jelas dan rinci di website asuransi mobil online Roojai.

Manfaat Comprehensive Asuransi Mobil

Manfaat Comprehensive Asuransi Mobil | roojai.co.id

Salah satu keunggulan yang membuat asuransi Comprehensive banyak diminati adalah karena cakupan perlindungan atau manfaat pertanggungannya yang komprehensif sesuai namanya.

Lau, apa saja yang dapat ditanggung oleh asuransi All Risk (Comprehensive)? Berikut beberapa di antaranya:

  • Penggantian biaya perbaikan mobil akibat kerusakan atau kerugian yang risikonya dijamin di polis asuransi, termasuk hilangnya kendaraan karena pencurian dan tidak dapat ditemukan kembali dalam waktu 60 hari sejak kejadian. 
  • Risiko-risiko yang dijamin meliputi akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran. 
  • Ganti rugi akibat kerugian atau kerusakan karena bencana alam, seperti angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air dan atau tanah longsor, termasuk kerusakan mesin karena masuknya air ke dalam blok mesin melalui saluran saringan udara.
  • Pertanggungan akibat kerusakan atau kerugian pemogokan, kerusuhan dan huru-hara.
  • Ganti rugi tanggung jawab hukum pihak ketiga atas kerusakan atas harta benda atau biaya pengobatan, cedera badan atau kematian yang limit maksimalnya tercantum di polis asuransi per kejadian.
  • Santunan kecelakaan diri akibat cedera badan atau kematian pengemudi dan/atau penumpang dengan limit yang diatur dalam polis untuk setiap orang. 
  • Biaya perawatan atau pengobatan atas cedera badan pengemudi dan atau penumpang yang angkanya dihitung dari limit santunan kecelakaan diri.
  • Perbaikan berlaku di bengkel-bengkel resmi dan umum yang menjadi rekanan perusahaan asuransi umum.
  • Layanan mobil derek dan Emergency Roadside Assistance
  • Santunan uang penggantian akibat kerusakan minor yang nilai limit klaimnya diatur dalam polis asuransi mobil

Contoh Produk Asuransi Mobil Comprehensive

Tertarik untuk membeli polis asuransi kendaraan Comprehensive? Banyaknya pilihan produk pada jenis asuransi mobil satu ini mungkin membuat sebagian dari kamu bingung mana yang harus dipilih.

Inilah contoh produk asuransi mobil comprehensive yang dapat kamu pertimbangkan, antara lain:

Asuransi Comprehensive Roojai (All Risk)

Asuransi mobil comprehensive Roojai menawarkan perlindungan perlindungan asuransi dan premi yang bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan dan harga asuransi yang kamu mau.

Manfaat pertanggungan yang bisa kamu dapatkan:

Memberikan perlindungan finansial dari risiko kerugian atau kerusakan pada mobil, seperti mobil kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, kebakaran, atau pencurian. Di Roojai, kamu bisa mengatur sendiri manfaat perlindungan polis asuransimu sesuai kebutuhan, dan dengan harga asuransi yang terjangkau.

Polis asuransi mobil all risk Roojai mencakup perlindungan utama yang kemudian dapat disesuaikan dengan manfaat tambahan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jaminan yang tersedia adalah:

  • Harga pertanggungan hingga 2 milyar rupiah
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga untuk cedera tubuh dan kerusakan properti. Kamu bisa memilih pertanggungan senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, atau Rp100 juta.
  • Pertanggungan asuransi kecelakaan diri. Kamu bisa memilih pertanggungan senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, atau Rp100 juta per orang.
  • Proteksi kerugian akibat bencana alam, seperti banjir, badai, gempa bumi, erupsi vulkanik, dan tsunami.
  • Proteksi dari kerugian akibat huru-hara.
  • Layanan darurat – dapatkan layanan darurat yang tersedia 24/7 jika mobilmu mengalami masalah di jalan.
  • Santunan uang transportasi apabila mobilmu berada di bengkel lebih dari 5 hari.
  • Proteksi untuk aksesoris mobil. Roojai menyediakan pilihan proteksi untuk body kit, kaca film, pelek & ban, audio & visual sistem, dan kamera dashboard. Segera hadir.

Pertanyaan seputar asuransi mobil comprehensive

Asuransi Comprehensive dan All Risk Apakah Sama?

Asuransi Comprehensive dan All Risk merupakan jenis asuransi mobil yang sama yaitu menanggung atas segala risiko kerugian atau kerusakan ringan maupun berat pada mobil. Namun, banyak orang biaya menyebutnya sebagai asuransi All Risk.

Berapa Persen Biaya Asuransi Mobil Comprehensive?

Biaya asuransi mobil ini berkisar mulai dari 1,05 persen hingga 4,20 persen dari harga mobil yang diasuransikan.

Tertarik menggunakan asuransi mobil all risk untuk mobilmu? Roojai merupakan asuransi mobil online terpercaya yang sudah bekerjasama dengan lebih dari 750 bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan proses yang mudah dan cepat serta premi yang terjangkau, yuk daftarkan mobil kamu sekarang juga!

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!