Asuransi Kecelakaan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Klaim

Desember 15, 2022  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan diri adalah salah satu asuransi yang penting dimiliki setiap orang. Pasalnya, kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Salah satu manfaat utama dari asuransi kecelakaan diri adalah biaya perawatan ketika tertanggung mengalami kecelakaan. 

Adapun risiko kecelakaan yang ditanggung asuransi ini bukan hanya kecelakaan lalu lintas. Risiko yang ditanggung asuransi kecelakaan diri adalah segala bentuk kecelakaan termasuk terpeleset di kamar mandi atau terjatuh dari tangga. 

Bagi kamu yang tertarik memiliki asuransi kecelakaan, simak pengertian asuransi kecelakaan diri, manfaat, perbedaannya dengan asuransi kecelakaan lain, cara mendapatkannya, hingga cara klaim asuransi kecelakaan diri dalam ulasan berikut ini.

Apa Itu asuransi kecelakaan diri? 

Asuransi kecelakaan diri adalah produk perlindungan yang menjamin risiko kematian, cacat tetap, hingga biaya pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh kekerasan fisik atau kimia, kecelakaan tiba-tiba atau tidak terduga, eksternal, kecelakaan terlihat yang telah terjadi secara langsung pada tertanggung dan menyebabkan tertanggung langsung menderita cedera badan yang sifat dan letaknya dapat diidentifikasi oleh ilmu kedokteran. 

Dengan kata lain, asuransi kecelakaan diri adalah jenis asuransi yang memberikan uang pertanggungan (UP) jika terjadi risiko cacat tetap atau meninggal dunia akibat kecelakaan. Risiko yang dijamin termasuk biaya perawatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan.

Kamu juga mungkin ingin tahu lebih jauh tentang 5 Alasan Pentingnya Asuransi Kecelakaan Diri.

Manfaat asuransi kecelakaan 

Manfaat asuransi kecelakaan diri yang utama adalah biaya perawatan hingga santunan ketika tertanggung mengalami kecelakaan. Berikut ini manfaat asuransi kecelakaan diri beserta penjelasannya: 

1. Santunan uang pertanggungan jiwa 

Santunan ini diberikan kepada keluarga atau ahli waris jika tertanggung utama meninggal dunia dalam masa pertanggungan asuransi. Atau, tertanggung hilang lebih dari 60 hari setelah terjadinya kecelakaan, maka santunan dibayarkan kepada keluarga tertanggung utama dalam bentuk uang pertanggungan. 

2. Santunan cacat tetap 

Santunan ini diberikan kepada tertanggung yang mengalami cacat total atau tetap akibat kecelakaan. Berikut penjelasannya: 

Cacat tetapÔÇ» (Jaminan B) 

Jaminan B akan diberikan dalam hal tertanggung mengalami cacat tetap sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin dalam polis, yang terdiri atas: 

Cacat tetap keseluruhan yang meliputi: 

  • Kehilangan penglihatan kedua belah mata, atau 
  • Hilang atau tidak berfungsinya kedua lengan, atau 
  • Hilang atau tidak berfungsinya kedua tungkai kaki, atau 
  • Hilang atau tidak berfungsinya: penglihatan satu mata dan satu lengan; penglihatan satu mata dan satu tungkai kaki; atau satu tungkai kaki dan satu lengan. 
  • Dapat diartikan pula sebagai cacat tetap keseluruhan, dalam hal kegilaan atau kelumpuhan total yang diderita tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu kecelakaan yang dijamin polis. 
  • Cacat tetap ini harus terjadi dalam waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan. 

Besarnya santunan untuk cacat tetap keseluruhan adalah: santunan sebesar 100% (seratus persen) nilai pertanggungan untuk Jaminan B akan dibayarkan kepada tertanggung. 

3. Pertanggungan biaya perawatan 

Pertanggungan biaya perawatan atas risiko kecelakaan termasuk biaya rawat jalan, rawat, inap, hingga operasi dan obat-obatan. Besaran manfaat ini disesuaikan dengan kesepakatan yang tercantum dalam polis asuransi kecelakaan diri. 

Jenis asuransi kecelakaan 

Selain asuransi kecelakaan diri yang telah dijelaskan di atas, terdapat jenis asuransi kecelakaan lain. Berikut penjelasannya: 

1. Asuransi kecelakaan kerja 

Asuransi kecelakaan kerja adalah jenis asuransi kecelakaan untuk karyawan atau pekerja. Salah satu contoh jaminan asuransi kecelakaan kerja adalah program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Manfaat asuransi kecelakaan kerja antara lain: 

  • Biaya perawatan di fasilitas kesehatan akibat kecelakaan. 
  • Santunan meninggal dunia dan biaya pemakaman. 
  • Santunan kecacatan. 

2. Asuransi kecelakaan pesawat 

Asuransi kecelakaan pesawat adalah asuransi yang memberikan jaminan berupa santunan kepada penumpang atau keluarga tertanggung jika pesawat mengalami kecelakaan. Secara umum, asuransi ini diberikan oleh tiga pihak yang bertanggung jawab yaitu: 

  • Maskapai penerbangan 
  • Pemerintah 
  • Asuransi milik pemerintah yaitu Jasa Raharja. 

3. Asuransi kecelakaan lalu lintas 

Asuransi kecelakaan lalu lintas adalah asuransi sosial kecelakaan penumpang angkutan umum baik darat, laut, maupun udara. Asuransi ini memberikan jaminan atas risiko meninggal dunia, cedera, dan cacat tetap total akibat kecelakaan.

Free Stock photos by Vecteezy

Bagaimana cara mendapatkan asuransi kecelakaan? 

Asuransi kecelakaan diri cukup penting bagi kamu yang memiliki kesibukan atau berisiko tinggi terhadap kecelakaan. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengecek produk personal accident insurance dari Roojai. Asuransi ini memberikan manfaat cukup banyak termasuk: 

Cara klaim asuransi kecelakaan 

Untuk melakukan klaim asuransi kecelakaan diri, tertanggung dengan bantuan keluarga perlu melengkapi sejumlah dokumen yang diperlukan. Berikut ini cara klaim asuransi kecelakaan diri: 

  1. Melaporkan kejadian dalam hal ini kecelakaan yang dialami. 
  2. Mengisi dokumen klaim termasuk kronologi kecelakaan seperti waktu, tempat, dan penyebab. 
  3. Lengkapi berkas formulir klaim, identitas diri, dan dokumen pendukung seperti polis. 
  4. Kirim dokumen ke perusahaan asuransi. 

Catatan: jika tertanggung meninggal dunia, maka ahli waris atau keluarga perlu menyertakan dokumen pendukung lain seperti: 

  • Surat keterangan pemeriksaan jenazah (Visum et Repertum). 
  • Salinan surat keterangan meninggal dunia dari lurah atau kepolisian. 
  • Surat keterangan meninggal dan penyebab meninggal dari rumah sakit jika meninggal di rumah sakit. 

Melihat penjelasan tersebut, asuransi kecelakaan diri cukup penting, bukan? Temukan asuransi kecelakaan yang sesuai kebutuhan kamu dan keluarga di Roojai!