Menu

cara menghilangkan goresan di mobil | roojai.co.id

Seringkali orang kebingungan mencari cara menghilangkan goresan di mobil. Tak hanya membuat jengkel, goresan atau baret pada mobil juga bisa merusak penampilan.

Kondisi jalanan yang ramai dan macet, seringkali memunculkan risiko gesekan dengan kendaraan lain. Alhasil, mobil pun rentan mengalami baret atau goresan.

Selain itu, parkir di pinggir jalan dengan kondisi lingkungan yang padat juga berpotensi sebabkan lecet pada mobil. Lalu, apakah goresan pada bodi mobil bisa dihilangkan? Artikel ini akan membahas penyebab dan cara menghilangkan baret di mobil tanpa mengajukan klaim asuransi mobil.

Penyebab baret pada mobil

  1. Goresan yang disebabkan oleh cabang pohon dapat terjadi saat kamu memarkir mobil di samping jalan dengan banyak pepohonan. Meskipun mungkin terlihat seperti cabang kecil, tetapi cabang pohon dapat menyebabkan kerusakan mobil yang cukup mahal untuk diperbaiki. 
  1. Goresan yang disebabkan oleh batu. Ini adalah kejadian yang paling sering terjadi ketika kamu mengemudi di belakang truk yang membawa batu atau berkendara di jalanan jelek dan berbatu. Batu-batu tersebut bisa saja terlempar dan menyebabkan goresan pada mobilmu. 
  1. Bersenggolan dengan mobil atau struktur bangunan: Penyebab goresan mobil yang paling umum lainnya adalah ketika kamu berkendara di jalan yang sempit. Kadang-kadang, kamu mungkin menggores mobilmu ke pagar rumah yang ada di gang sempit atau bersenggolan dengan mobil lain dari lawan arah.

Cara menghilangkan goresan di mobil

Dengan asumsi bahwa goresan tersebut tidak terlalu dalam dan belum menembus cat dasar atau primer, kamu masih dapat memperbaikinya sendiri. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memperbaiki goresan mobil: 

1. Gunakan touch pen mobil untuk menutupi goresan

Untuk menggunakan cara ini, kamu perlu mempersiapkan empat hal; cairan pencuci mobil, kain, busa pencuci mobil, dan touch pen. Kamu bis mulai dengan mencuci mobil dan memastikan bahwa area sekitar goresan bersih dan kering.

Kemudian gunakan touch pen untuk mengisi goresan secara lembut dan perlahan. Kamu perlu membersihkan goresan terlebih dahulu karena goresan mungkin mengandung partikel debu yang dapat bercampur dengan tinta dari pen dan akan membuat goresan terlihat lebih buruk.  

2. Cara menghilangkan baret mobil dengan pasta gigi

Cuci mobilmu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa area sekitar goresan bersih dan kering. Kemudian aplikasikan pasta gigi ke goresan menggunakan kain lembut atau spons. Gosok pasta gigi dengan gerakan melingkar sampai goresan pudar. Setelah itu, bilas area tersebut dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

cara menghilangkan baret mobil

3. Gosok dengan pembersih cat mobil

Cuci mobilmu hingga bersih terlebih dahulu dan keringkan. Kemudian oleskan pembersih cat mobil ke kain dan gosok daerah yang tergores dengan gerakan melingkar. Kamu juga bisa menggunakan alat poles (tersedia di toko perlengkapan otomotif) untuk mempercepat prosesnya.

Terus gosok sampai goresan mulai memudar, namun perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak dapat mengembalikan tampilan asli mobil sepenuhnya. Jika mobilmu mengalami goresan ringan, metode ini bisa membantu mengembalikan tampilan mobilmu sedekat mungkin dengan tampilan aslinya. 

4. Hilangkan goresan di mobil dengan kompon putih 

Penghilang baret mobil paling ampuh lainnya adalah kompon putih. Benda satu ini memang terkenal sebagai penghilang goresan pada mobil paling dahsyat.

Kompon putih merupakan krim yang dapat mengikis goresan di kendaraan. Penggunaan kompon putih untuk mobil lecet pun terbilang sederhana dan mudah.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bodi mobil terlebih dulu, khususnya di area yang tergores. Selanjutnya lap area tersebut sampai kering untuk kemudian dioleskan kompon pada bagian yang tergores. Terakhir, basuh area yang sudah diberi kompon dengan air bersih dan handuk kering. 

Kamu ingin melindungi mobilmu dari goresan? kamu bisa melakukan Glass Coating pada mobilmu loh!

5. Menghilangkan goresan di mobil dengan minyak rem 

Siapa sangka bila minyak rem memiliki fungsi untuk pembersih baret pada bodi mobil? Meski terbilang ampuh, namun saat menggunakan minyak rem kamu harus hati-hati, karena sifatnya yang keras. 

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan menuangkan minyak rem sesuai kebutuhan pada kanebo. Oleskan perlahan pada bagian yang ada baret. 

Setelah itu, langsung bilas dengan air dan kanebo yang bersih. Ulangi beberapa kali bila hasilnya belum sempurna. 

6. Cara menghilangkan baret di mobil dengan obat nyamuk cair 

Peralatan rumah tangga lain yang bisa digunakan untuk mengobati luka mobil adalah obat nyamuk cair. Kandungan bahan yang ada pada obat nyamuk bisa ternyata bisa menghilangkan lapisan baret di mobil. 

Langkah membersihkannya pun cukup mudah. Tuang obat nyamuk cair pada lap bersih. Pastikan lap yang kamu gunakan benar-benar kering dan berbahan halus.

Usapkan pada bodi mobil yang tergores dan tunggu sekitar 15-20 detik. Kemudian bilas bagian tersebut dan keringkan dengan lap yang kering.

7. Scratch remover, hilangkan goresan pada body mobil

Scratch remover atau penghilang goresan pada mobil bisa jadi pilihan untuk kamu yang bermaksud membersihkan baret. Benda ini pun bisa dibeli di toko aksesoris mobil. 

Oleskan scratch remover pada bagian mobil yang ada baret. Gosok perlahan menggunakan kain micro fiber sambil ditekan agar cairan berfungsi dengan baik. 

Kamu bisa mengulangi cara tadi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

8. Cairan amonia untuk menghilangkan goresan di kaca mobil

Selain menggunakan air, cairan amonia juga bisa digunakan sebagai pembersih goresan pada mobil. Khususnya di bagian kaca mobil. 

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampur 15 ml cairan amonia dengan air sebanyak 0,5 liter, aduk hingga rata. 

Celupkan kain lap lembut ke dalam campuran cairan tadi dan gosokkan pada bagian bodi atau kaca yang terbaret. 

Diamkan selama 30-40 detik sebelum mengolesnya secara perlahan secara melingkar hingga baret terangkat. 

9. Tipe wax, sebagai penghilang baret mobil

Selain kompon putih dan scratch remover, benda lain yang dikenal ampuh membersihkan goresan adalah tipe wax. Biasanya penggunaan tipe wax untuk goresan atau baret yang dalam dan parah. 

Tipe wax sendiri terdiri dari dua jenis yaitu padat dan cair. Untuk tipe wax cair membuat baret atau goresan terlihat samar. 

Hanya saja untuk tipe cair ini hindari menggosok terlalu keras, sebab berpotensi memperpanjang atau menambah baret pada bodi mobil.

Adapun untuk tipe wax jenis padat terbilang lebih aman dibanding yang jenisnya cair dan bersifat abrasif. 

10. Cara menghilangkan baret di mobil dengan spidol cat 

Buat kamu yang menginginkan cara mudah dan murah membersihkan baret, spidol cat bisa jadi alternatif. Sesuaikan warna spidol cat dengan warna mobil yang tergores. 

Caranya pun mudah, cukup dengan mengoleskan spidol cat di bagian yang terbaret. Maka goresan pun langsung tersamarkan. Kamu bisa mendapatkan spidol cat di toko atau swalayan. 

11. Cara menghilangkan goresan di mobil dengan minyak kayu putih 

Selain pasta gigi, peralatan rumah tangga yang bisa dipakai untuk membersihkan goresan di mobil adalah minyak kayu putih. 

Akan tetapi, cairan minyak kayu putih hanya bisa untuk menyamarkan atau membersihkan goresan lembut saja. Langkah pembersihannya pun sama seperti kamu menggunakan minyak rem atau obat nyamuk cair. 

12. Cara menghilangkan goresan di salon mobil 

Buat kamu yang memiliki keterbatasan waktu dan tidak mau ribet, menghilangkan goresan di salon mobil adalah cara paling praktis. Terlebih bila baret atau goresan pada mobil kamu dalam dan parah. 

Kelebihan lain yang ditawarkan salon mobil adalah kendaraan kamu pun jadi lebih wangi dan bersih. Karena mereka tidak hanya memperbaiki bagian yang rusak saja, tapi juga memberi penampilan mobil lebih fresh

Hanya saja, kamu harus menyiapkan dana khusus untuk pergi ke salon mobil. Layanan untuk menghilangkan baret di salon mobil berkisar mulai dari Rp.1 juta hingga Rp.2 juta.

13. Cara menghilangkan baret di ketok magic 

Ketok magic seringkali dipilih pemilik kendaraan dengan goresan dalam dan parah. Apalagi bila mobil mengalami penyok atau remuk di bagian tertentu, ketok magic jadi tempat yang tepat untuk memperbaikinya. 

Dibanding salon mobil, ketok magic menawarkan harga yang lebih murah. Untuk biaya perbaikan bodi mobil berbahan besi atau plat, ketok magic membanderol harga sekitar Rp.400.000 – Rp.600.000 per panel atau per bagian. 

Sementara untuk yang berbahan fiberglass dipatok harga Rp.100.000 sampai Rp.200.000. 

14. Cara menghilangkan goresan dengan cat ulang 

Baret yang dalam dan parah bisa diperbaiki dengan cara mengecat ulang bodi mobil. Cara ini termasuk rumit bila dikerjakan sendiri.

Paling tidak kamu harus mempercayakannya ke bengkel langganan untuk menghilangkan baret pada mobil.

Langkah pertama yang akan dilakukan teknisi adalah mengamplas bodi mobil yang berbaret. Hal ini dilakukan agar tidak membuat warna mobil berbeda. Selanjutnya baru dilakukan pengecatan ulang pada bodi mobil.  Jika kamu memiliki asuransi, kamu bisa klaim untuk melakukan cat full body mobil.

15. Cara menghilangkan goresan dengan poles bodi mobil 

Untuk mobil yang baret parah atau kamu memiliki bujet khusus dan menginginkan hasil yang maksimal, poles bodi mobil bisa jadi jawabannya. 

Selain itu, poles mobil juga bisa melindungi cat mobil kesayangan kamu karena diberi lapisan pelindung. 

Hanya saja, untuk menghilangkan baret pada mobil dengan cara ini terbilang mahal. Paling tidak kamu harus menyiapkan dana Rp. 500.000 hingga Rp. 1 juta

Selain hal-hal yang dapat kamu atasi sendiri, beberapa hal juga ternyata tidak di-cover oleh asuransi mobil, baca selengkapnya dalam artikel Wajib Paham! 9 Risiko yang Tidak Ditanggung Asuransi Mobil.

Kesimpulan

Kesimpulannya, goresan-goresan pada mobilmu mungkin memang kecil tapi bisa cukup menjengkelkan untuk dilihat. Untuk memperbaikinya, ketiga metode sederhana di atas bisa kamu coba tanpa memerlukan bantuan profesional. Memperbaiki goresan-goresan itu sendiri tidak hanya akan menghemat uang, tetapi juga membantu kamu belajar beberapa keterampilan dasar perawatan mobil. 

Namun, tetap perlu diingat bahwa jika goresannya terlalu parah, lebih baik membawanya ke bengkel perbaikan mobil professional agar goresan tidak semakin parah.

Jadi, agar bisa merasa lebih aman dan tenang selama berkendara, jangan lupa untuk memiliki Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai. Kamu dapat dengan mudah memeriksa harga dan membeli asuransi mobil secara online, dengan manfaat yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan budgetmu. Selain itu, Roojai juga memiliki layanan Contact Center yang tersedia 24/7 serta pilihan pembayaran premi asuransi secara cicilan hingga 6 bulan. Jika membutuhkan bantuan dalam keadaan darurat saat berkendara, Roojai juga menyediakan Emergency Roadside Asisstance di jalan raya yang tersedia selama 24 jam.

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!